RPP TEKS PROPOSAL KELAS XI SEMSETER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019


RPP KELAS XI SEMESTER 2





RENCANAPELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah
:
SMA …………….
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
:
XI / Genap
Tahun Pelajaran
:
2018 / 2019
Materi Pokok
:
Proposal
Alokasi Waktu
:
4 Minggu x 4Jam pelajaran @ 45Menit

A.KompetensiInti

·KI-1:Menghayati danmengamalkan ajaran agama yg dianutnya.

·KI-2:Menghayati dan mengamalkan konduite jujur, disiplin, santun, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, hening), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktifdalam berinteraksi secara efektif sinkron dengan perkembangan anak dilingkungan, famili, sekolah, rakyat dan lingkungan alam lebih kurang, bangsa,negara, kawasan regional, serta kawasan internasional”.

·KI3:Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni, budaya, dan humaniora menggunakan wawasan humanisme, kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab kenyataan serta kejadian, sertamenerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yg khusus sesuaidengan talenta serta minatnya buat memecahkan masalah

·KI4:Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret serta ranah tak berbentuk terkaitdengan pengembangan berdasarkan yg dipelajarinya pada sekolah secara berdikari, bertindaksecara efektif serta kreatif, dan mampu menggunakan metode sinkron kaidahkeilmuan

B.KompetensiDasar serta Indikator Pencapaian Indikator

Kompetensi Dasar Pengetahuan
Kompetensi Dasar Keterampilan
1.
2.
3.
3.1.
3.dua.
3.3.
3.4.
3.lima.
3.6.
3.7.
3.8.
3.9.
3.10.
3.11.
3.12.Mengidentifikasi gugusan krusial yg ada pada proposal aktivitas atau penelitian yg dibaca
4.
4.1.
4.dua.
4.tiga.
4.4.
4.lima.
4.6.
4.7.
4.8.
4.9.
4.10.
4.11.
4.12.Melengkapi warta dalam proposal secara lisan agar lebih efektif
IPK Pengetahuan
IPK Keterampilan
1.
2.
3.
3.1.
3.dua.
3.3.
3.4.
3.lima.
3.6.
3.7.
3.8.
3.9.
3.10.
3.11.
3.12.
3.12.1.Mengidentifiksi isi tiap-tiap unsur proposal.
3.12.2.Menyunting proposal yang dibaca menggunakan cara melengkapi berita yg kurang lengkap.
4.12.1.Mempresentasikan hasil kerja pada diskusi kelas.
Kompetensi Dasar Pengetahuan
Kompetensi Dasar Keterampilan
1.
2.
3.
3.1.
3.dua.
3.3.
3.4.
3.lima.
3.6.
3.7.
3.8.
3.9.
3.10.
3.11.
3.12.
3.13.Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal
4.
4.1.
4.dua.
4.tiga.
4.4.
4.lima.
4.6.
4.7.
4.8.
4.9.
4.10.
4.11.
4.12.
4.13.Merancang sebuah proposal karya ilmiah dengan memerhatikan warta, tujuan, dan esensi karya ilmiah yg diperlukan
IPK Pengetahuan
IPK Keterampilan
1.
2.
3.
3.1.
3.dua.
3.3.
3.4.
3.lima.
3.6.
3.7.
3.8.
3.9.
3.10.
3.11.
3.12.
3.13.
3.13.1.Mengidentifikasi isi, sistematika, dan kebahasaan proposal.
3.13.dua.Membuat proposal dari unsur-unsur proposal, pendahuluan, latar belakang perkara, metode, pelaksanaan (loka, saat, biaya , dan pelaksana)menggunakan memperhati-kan isi dan kebahasaannya.
4.13.1.Mempresentasikan,menanggapi, dan merevisi hasil kerja pada diskusi kelas.

C.TujuanPembelajaran

Melaluipendekatan saintifik dengan memakai model pembelajaran buatan pedagogegenre, problem based learning danCLIL, peserta didik bisa mengidentifiksi isi tiap-tiap unsur proposal,menyunting proposal yg dibaca menggunakan cara melengkapi berita yang kuranglengkap, Mengidentifikasi isi,sistematika, serta kebahasaan proposal, membuat proposal menurut unsur-unsurproposal, pendahuluan, latar belakang perkara, metode, pelaksanaan (tempat,waktu, porto, dan pelaksana)denganmemperhati-kan isi dan kebahasaannya, mempresentasikan, menanggapi, danmerevisi output kerja dalam diskusi kelas.dengan rasa syukur, ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab,bersikap bersahabat/ komunikatif, dan dapat bekerja sama.

D.MateriPembelajaran

Fakta

Topik : Proposal

·isiproposal;

Konsep

Unsur Kebahasaan

·unsurkebahasaan proposal.

·unsur-unsurproposal

Prinsip

Fungsi Sosial

·informasidalam proposal

Prosedur

Sturktur

·sistematikaproposal

E.MetodePembelajaran

Pendekatan: Scientific Learning

Model Pembelajaran: Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) danProblem

BasedLearning (Pembelajaran Berbasis Masalah )/ projek

F.MediaPembelajaran

Media/Alat:

ØWorksheet atau lbr kerja (anak didik)

ØLembar penilaian

ØPenggaris,spidol, papan tulis

ØLaptop &infocus

ØAudio: kaset serta CD.

ØAudio-cetak: kaset atau CD audio yg dilengkapi menggunakan teks.

ØProyeksi visual membisu: OUT dan film bingkai.

ØProyeksi audio visual: film serta bingkai (slide) bersuara.

ØAudio visual gerak: VCD, DVD, serta W.

ØVisual mobilitas: film bisu.

ØObjek fisik: Benda nyata, contoh, serta spesimen.

ØKomputer.

ØCetak: buku, modul, brosur, leaflet, serta gambar.

Bahan :

ØSpidol /kapur berwarna

G.SumberBelajar

1.Kosasih,E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam MataPelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya

2.Suherli,dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa IndonesiaKelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum serta Perbukuan, Balitbang,Kemendikbud.

3.Suherli,dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XIRevisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum serta Perbukuan, Balitbang,Kemendikbud.

H.KegiatanPembelajaran

PertemuanKe – 1Materi : Proposal

KEGIATAN PEMBELAJARAN
Waktu
Sintak Model Pembelajaran
90 menit
KEGIATAN PENDAHULUAN
15 menit
Stimulation (stimullasi/ pemberianrangsangan)
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan menggunakan salam pembuka dan berdoauntukmemulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran siswa menjadi perilaku disiplin
  • Menyiapkan fisik serta psikis peserta didikdalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yg akan dilakukan menggunakan pengalaman siswa dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : ulasan terhadap buku fiksi
  • Mengingatkan balik materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yg terdapat keterkaitannya menggunakan pelajaran yg akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan citra tentang manfaat mengusut pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
  • Apabila materi / tema / projek ini kerjakandengan baik dan sungguh-benar-benar ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat mengungkapkan mengenai materi informasi pada proposal
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada rendezvous yangberlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukanmateri pelajaran yg akan dibahas pada rendezvous ketika itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, serta KKM dalam pertemuan yangberlangsung
  • Pembagian grup belajar
  • Menjelaskan mekanisme aplikasi pengalaman belajarsesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

ProblemStatemen(pertanyaan/ identifikasi perkara)
KEGIATAN LITERASI
Guru menaruh kesempatan pada siswa buat mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan menggunakan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·Melihat (tanpa atau menggunakan alat)
Menayangkan gambar/foto/video mengenai materi informasi pada proposal
“Apa yang kalian pikirkan mengenai foto/gambar tadi?”
  • Mengamati
Ølembar kerja materi informasi pada proposal
Øpemberian contoh-contoh materi informasi pada proposal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
  • Membaca (dilakukan pada rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi informasi pada proposal dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan
  • Mendengar
pemberian materi informasi pada proposal oleh guru
·Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar /dunia mengenai materi pelajaranmengenai materiinformasi pada proposal, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari liputan.
·Menulis
Peserta didik menulis resume mengenai apa yang sudah dibaca, diamati dan didengarkan menjadi pembiasaan dalam membaca serta menulis (Literasi)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·Mengajukan pertanyaan mengenai materi informasi pada proposal yang nir dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan berita tambahan tentang apa yang diamati (dimulai berdasarkan pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yg bersifat hipotetik) untuk berbagi kreativitas, rasa ingin memahami, kemampuan merumuskan pertanyaan buat membentuk pikiran kritis yg perlu buat hayati cerdas serta belajar sepanjang hayat. Misalnya :
ØApa yang dimaksud dengan informasi pada proposal?
ØTerdiri dari apakah informasi pada proposaltersebut?
ØSeperti apakah informasi pada proposal tersebut?
ØBagaimana informasi pada proposal itu bekerja?
ØApa fungsi informasi pada proposal?
ØBagaimanakah materi informasi pada proposal itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?

KEGIATAN INTI
60 menit
Data Collection (pengumpulandata)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan keterangan yg relevan buat menjawab pertanyan yang sudah diidentifikasi melalui aktivitas:
  • Mengamati obyek/insiden,
mengamati dengan seksama materi informasi pada proposal yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
  • Membaca asal lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai materi informasi pada proposal yang sedang dipelajari
  • Aktivitas
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi informasi pada proposal yang sedang dipelajari
  • Wawancara/tanya jawab menggunakan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi informasi pada proposal yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa grup buat:
  • Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi informasi pada proposal
  • Mengumpulkan informasi
mencatat semua informasi mengenai materi informasi pada proposal yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materiinformasi pada proposal sesuai dengan pemahamannya

Data Processing (pengolahan Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) serta CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik pada kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
·Saling tukar berita tentangmateriinformasi pada proposal dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sebagai akibatnya diperoleh sebuah pengetahuan baru yg dapat dijadikan sebagai bahan diskusi grup kemudian, menggunakan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada kitab pegangan siswa atau dalam lbr kerja yg disediakan menggunakan cermat buat mengembangkan sikap teliti, amanah, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan berita melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan norma belajar serta belajar sepanjang hayat.
  • Berdiskusi mengenai datadari materi informasi pada proposal yang telah dikumpulkan / terangkum pada aktivitas sebelumnya.
  • Mengolah informasi menurut materi informasi pada proposal yang telah dikumpulkan dari output kegiatan/rendezvous sebelumnya mau pun output berdasarkan kegiatan mengamati dan aktivitas mengumpulkan warta yang sedang berlangsung menggunakan donasi pertanyaan-pertanyaan pada lbr kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal tentang materi informasi pada proposal

KEGIATAN PENUTUP
15 menit
Verification(verifikasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) serta COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya serta memverifikasi buat menyimpulkan output pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
  • Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan mengenai materi : informasi pada proposal, antara lain dengan : Peserta didik dan pengajar secara beserta-sama membahas jawaban soal-soal yg sudah dikerjakan oleh siswa.
  • Menyampaikan output diskusitentang materi informasi pada proposal berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya buat menyebarkan sikap amanah, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, menyampaikan pendapat dengan sopan
  • Mempresentasikan hasil diskusi gerombolan secara klasikal tentang mteri : informasi pada proposal
  • Mengemukakanpendapatatas presentasi yg dilakukan tentanag materi informasi pada proposal dan ditanggapi oleh grup yang mempresentasikan
  • Bertanya atas presentasi mengenai materi informasi pada proposal yang dilakukan serta siswa lain diberi kesempatanuntuk menjawabnya.
  • Menyimpulkantentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yg baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentanginformasi pada proposal
  • Menjawab pertanyaan mengenai informasi pada proposal yang terdapat dalam buku pegangan siswa atau lbr kerja yang telah disediakan.
  • Bertanya mengenai hal yg belum dipahami, atau pengajar melemparkanbeberapa pertanyaan kepada anak didik berkaitan dengan materi informasi pada proposal yang akan terselesaikan dipelajari
  • Menyelesaikanuji kompetensi buat materiinformasi pada proposal yang terdapat pada kitab pegangan peserta didik atau dalam lembar lerja yang telah disediakan secara individu buat mengecek penguasaan murid terhadap materi pelajaran

Generalizatio (menarik konklusi)
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik :
  • Membuat resume menggunakan bimbingan guru tentang point-point penting yang ada pada aktivitas pembelajaran informasi pada proposal yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan tempat tinggal buat materi pelajaran informasi pada proposal yang baru diselesaikan.
  • Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yg wajib mempelajarai pada pertemuan berikutnya pada luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswayang selesailangsung diperiksa buat materi pelajaran informasi pada proposal.
  • Peserta didik yangselesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja menggunakan benar diberi paraf dan diberi angka urut peringkat,buat evaluasi tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada bahan ajar informasi pada proposal
  • Memberikan penghargaan buat bahan ajar informasi pada proposal kepada kelompok yg memiliki kinerja dan kerjasama yg baik

CATATAN :
Selama pembelajaran informasi pada proposal berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, serta Kewirausahaan)




PertemuanKe – 2Materi : Proposal

KEGIATAN PEMBELAJARAN
Waktu
Sintak Model Pembelajaran
90 menit
KEGIATAN PENDAHULUAN
15 menit
Stimulation (stimullasi/ pemberianrangsangan)
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan menggunakan salam pembuka dan berdoauntukmemulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran siswa menjadi perilaku disiplin
  • Menyiapkan fisik serta psikis peserta didikdalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yg akan dilakukan menggunakan pengalaman siswa dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : informasi pada proposal
  • Mengingatkan balik materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yg terdapat keterkaitannya menggunakan pelajaran yg akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan citra tentang manfaat mengusut pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
  • Apabila materi / tema / projek ini kerjakandengan baik dan sungguh-benar-benar ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat mengungkapkan mengenai materi unsur-unsur proposal
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada rendezvous yangberlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukanmateri pelajaran yg akan dibahas pada rendezvous ketika itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, serta KKM dalam pertemuan yangberlangsung
  • Pembagian grup belajar
  • Menjelaskan mekanisme aplikasi pengalaman belajarsesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

ProblemStatemen(pertanyaan/ identifikasi perkara)
KEGIATAN LITERASI
Guru menaruh kesempatan pada siswa buat mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan menggunakan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·Melihat (tanpa atau menggunakan alat)
Menayangkan gambar/foto/video mengenai materi unsur-unsur proposal
“Apa yang kalian pikirkan mengenai foto/gambar tadi?”
  • Mengamati
Ølembar kerja materi unsur-unsur proposal
Øpemberian contoh-contoh materi unsur-unsur proposal buat bisa dikembangkan peserta didik, berdasarkan media interaktif, dsb
  • Membaca (dilakukan pada rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi unsur-unsur proposal berdasarkan kitab paket atau buku-kitab penunjang lain, berdasarkan internet/materi yg berhubungan dengan lingkungan
  • Mendengar
pemberian materi unsur-unsur proposal sang guru
·Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar /dunia mengenai materi pelajaranmengenai materiunsur-unsur proposal, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari liputan.
·Menulis
Peserta didik menulis resume mengenai apa yang sudah dibaca, diamati dan didengarkan menjadi pembiasaan dalam membaca serta menulis (Literasi)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·Mengajukan pertanyaan mengenai materi unsur-unsur proposal yang nir dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan berita tambahan tentang apa yang diamati (dimulai berdasarkan pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yg bersifat hipotetik) untuk berbagi kreativitas, rasa ingin memahami, kemampuan merumuskan pertanyaan buat membentuk pikiran kritis yg perlu buat hayati cerdas serta belajar sepanjang hayat. Misalnya :
ØApa yg dimaksud menggunakan unsur-unsur proposal?
ØTerdiri menurut apakah unsur-unsur proposaltersebut?
ØSeperti apakah unsur-unsur proposal tadi?
ØBagaimana unsur-unsur proposal itu bekerja?
ØApa fungsi unsur-unsur proposal?
ØBagaimanakah materi unsur-unsur proposal itu berperan pada kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?

KEGIATAN INTI
60 menit
Data Collection (pengumpulandata)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan keterangan yg relevan buat menjawab pertanyan yang sudah diidentifikasi melalui aktivitas:
  • Mengamati obyek/insiden,
mengamati menggunakan akurat materi unsur-unsur proposal yg sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
  • Membaca asal lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai materi unsur-unsur proposal yang sedang dipelajari
  • Aktivitas
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yg belum dapat dipahami menurut aktivitas mengmati serta membaca yg akan diajukan kepada guru berkaitan menggunakan materi unsur-unsur proposal yang sedang dipelajari
  • Wawancara/tanya jawab menggunakan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan menggunakan materi unsur-unsur proposal yang tekah disusun pada daftar pertanyaan kepada guru

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa grup buat:
  • Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara beserta-sama membahas model pada kitab paket mengenai materi unsur-unsur proposal
  • Mengumpulkan informasi
mencatat semua informasi mengenai materi unsur-unsur proposal yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materiunsur-unsur proposal sesuai dengan pemahamannya
Data Processing (pengolahan Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) serta CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik pada kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
·Saling tukar berita tentangmateriunsur-unsur proposal dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sebagai akibatnya diperoleh sebuah pengetahuan baru yg dapat dijadikan sebagai bahan diskusi grup kemudian, menggunakan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada kitab pegangan siswa atau dalam lbr kerja yg disediakan menggunakan cermat buat mengembangkan sikap teliti, amanah, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan berita melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan norma belajar serta belajar sepanjang hayat.
  • Berdiskusi mengenai datadari materi unsur-unsur proposal yang telah dikumpulkan / terangkum pada aktivitas sebelumnya.
  • Mengolah informasi menurut materi unsur-unsur proposal yang telah dikumpulkan dari output kegiatan/rendezvous sebelumnya mau pun output berdasarkan kegiatan mengamati dan aktivitas mengumpulkan warta yang sedang berlangsung menggunakan donasi pertanyaan-pertanyaan pada lbr kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal tentang materi unsur-unsur proposal

KEGIATAN PENUTUP
15 menit
Verification(verifikasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) serta COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya serta memverifikasi buat menyimpulkan output pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
  • Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan mengenai materi : unsur-unsur proposal, antara lain dengan : Peserta didik dan pengajar secara beserta-sama membahas jawaban soal-soal yg sudah dikerjakan oleh siswa.
  • Menyampaikan output diskusitentang materi unsur-unsur proposal berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya buat menyebarkan sikap amanah, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, menyampaikan pendapat dengan sopan
  • Mempresentasikan hasil diskusi gerombolan secara klasikal tentang mteri : unsur-unsur proposal
  • Mengemukakanpendapatatas presentasi yg dilakukan tentanag materi unsur-unsur proposal dan ditanggapi oleh grup yang mempresentasikan
  • Bertanya atas presentasi mengenai materi unsur-unsur proposal yang dilakukan serta siswa lain diberi kesempatanuntuk menjawabnya.
  • Menyimpulkantentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yg baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentangunsur-unsur proposal
  • Menjawab pertanyaan mengenai unsur-unsur proposal yang terdapat dalam buku pegangan siswa atau lbr kerja yang telah disediakan.
  • Bertanya mengenai hal yg belum dipahami, atau pengajar melemparkanbeberapa pertanyaan kepada anak didik berkaitan dengan materi unsur-unsur proposal yang akan terselesaikan dipelajari
  • Menyelesaikanuji kompetensi buat materiunsur-unsur proposal yang terdapat pada kitab pegangan peserta didik atau dalam lembar lerja yang telah disediakan secara individu buat mengecek penguasaan murid terhadap materi pelajaran

Generalizatio (menarik konklusi)
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik :
  • Membuat resume menggunakan bimbingan guru tentang point-point penting yang ada pada aktivitas pembelajaran unsur-unsur proposal yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan tempat tinggal buat materi pelajaran unsur-unsur proposal yg baru diselesaikan.
  • Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yg wajib mempelajarai pada pertemuan berikutnya pada luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswayang selesailangsung diperiksa buat materi pelajaran unsur-unsur proposal.
  • Peserta didik yangselesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja menggunakan benar diberi paraf dan diberi angka urut peringkat,buat evaluasi tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada bahan ajar unsur-unsur proposal
  • Memberikan penghargaan buat bahan ajar unsur-unsur proposal kepada kelompok yg memiliki kinerja dan kerjasama yg baik

CATATAN :
Selama pembelajaran unsur-unsur proposal berlangsung, guru mengamati perilaku murid pada menumbuhkembangkan keimanan serta ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku amanah, tangguh menghadapi kasus, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, serta bangsa Indonesia, serta kemampuan buat menciptakan sesuatu yg baru yg sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, serta Kewirausahaan)



PertemuanKe – 3Materi : Proposal

KEGIATAN PEMBELAJARAN
Waktu
Sintak Model Pembelajaran
90 menit
KEGIATAN PENDAHULUAN
15 menit
Stimulation (stimullasi/ pemberianrangsangan)
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan menggunakan salam pembuka dan berdoauntukmemulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran siswa menjadi perilaku disiplin
  • Menyiapkan fisik serta psikis peserta didikdalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yg akan dilakukan menggunakan pengalaman siswa dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : unsur-unsur proposal
  • Mengingatkan balik materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yg terdapat keterkaitannya menggunakan pelajaran yg akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan citra tentang manfaat mengusut pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
  • Apabila materi / tema / projek ini kerjakandengan baik dan sungguh-benar-benar ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat mengungkapkan mengenai materi isi proposal
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada rendezvous yangberlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukanmateri pelajaran yg akan dibahas pada rendezvous ketika itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, serta KKM dalam pertemuan yangberlangsung
  • Pembagian grup belajar
  • Menjelaskan mekanisme aplikasi pengalaman belajarsesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

ProblemStatemen(pertanyaan/ identifikasi perkara)
KEGIATAN LITERASI
Guru menaruh kesempatan pada siswa buat mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan menggunakan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·Melihat (tanpa atau menggunakan alat)
Menayangkan gambar/foto/video mengenai materi isi proposal
“Apa yang kalian pikirkan mengenai foto/gambar tadi?”
  • Mengamati
Ølembar kerja materi isi proposal
Øpemberian model-contoh materi isi proposal buat bisa dikembangkan siswa, dari media interaktif, dsb
  • Membaca (dilakukan pada rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi isi proposal berdasarkan buku paket atau buku-kitab penunjang lain, berdasarkan internet/materi yg herbi lingkungan
  • Mendengar
pemberian materi isi proposal oleh guru
·Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar /dunia mengenai materi pelajaranmengenai materiisi proposal, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari liputan.
·Menulis
Peserta didik menulis resume mengenai apa yang sudah dibaca, diamati dan didengarkan menjadi pembiasaan dalam membaca serta menulis (Literasi)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·Mengajukan pertanyaan mengenai materi isi proposal yang nir dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan berita tambahan tentang apa yang diamati (dimulai berdasarkan pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yg bersifat hipotetik) untuk berbagi kreativitas, rasa ingin memahami, kemampuan merumuskan pertanyaan buat membentuk pikiran kritis yg perlu buat hayati cerdas serta belajar sepanjang hayat. Misalnya :
ØApa yg dimaksud menggunakan isi proposal?
ØTerdiri berdasarkan apakah isi proposaltersebut?
ØSeperti apakah isi proposal tadi?
ØBagaimana isi proposal itu bekerja?
ØApa fungsi isi proposal?
ØBagaimanakah materi isi proposal itu berperan pada kehidupan sehari-hari dan karir masa depan siswa?

KEGIATAN INTI
60 menit
Data Collection (pengumpulandata)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan keterangan yg relevan buat menjawab pertanyan yang sudah diidentifikasi melalui aktivitas:
  • Mengamati obyek/insiden,
mengamati menggunakan seksama materi isi proposal yang sedang dipelajari pada bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
  • Membaca asal lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai materi isi proposal yang sedang dipelajari
  • Aktivitas
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum bisa dipahami menurut aktivitas mengmati dan membaca yg akan diajukan pada pengajar berkaitan menggunakan materi isi proposal yg sedang dipelajari
  • Wawancara/tanya jawab menggunakan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan menggunakan materi isi proposal yang tekah disusun pada daftar pertanyaan pada guru

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa grup buat:
  • Mendiskusikan
Peserta didik serta guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi isi proposal
  • Mengumpulkan informasi
mencatat semua informasi mengenai materi isi proposal yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materiisi proposal sesuai menggunakan pemahamannya

Data Processing (pengolahan Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) serta CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik pada kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
·Saling tukar berita tentangmateriisi proposal dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sebagai akibatnya diperoleh sebuah pengetahuan baru yg dapat dijadikan sebagai bahan diskusi grup kemudian, menggunakan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada kitab pegangan siswa atau dalam lbr kerja yg disediakan menggunakan cermat buat mengembangkan sikap teliti, amanah, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan berita melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan norma belajar serta belajar sepanjang hayat.
  • Berdiskusi mengenai datadari materi isi proposal yang telah dikumpulkan / terangkum pada aktivitas sebelumnya.
  • Mengolah informasi menurut materi isi proposal yang telah dikumpulkan dari output kegiatan/rendezvous sebelumnya mau pun output berdasarkan kegiatan mengamati dan aktivitas mengumpulkan warta yang sedang berlangsung menggunakan donasi pertanyaan-pertanyaan pada lbr kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal tentang materi isi proposal

KEGIATAN PENUTUP
15 menit
Verification(verifikasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) serta COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya serta memverifikasi buat menyimpulkan output pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
  • Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan mengenai materi : isi proposal, antara lain dengan : Peserta didik dan pengajar secara beserta-sama membahas jawaban soal-soal yg sudah dikerjakan oleh siswa.
  • Menyampaikan output diskusitentang materi isi proposal berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya buat menyebarkan sikap amanah, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, menyampaikan pendapat dengan sopan
  • Mempresentasikan hasil diskusi gerombolan secara klasikal tentang mteri : isi proposal
  • Mengemukakanpendapatatas presentasi yg dilakukan tentanag materi isi proposal dan ditanggapi oleh grup yang mempresentasikan
  • Bertanya atas presentasi mengenai materi isi proposal yang dilakukan serta siswa lain diberi kesempatanuntuk menjawabnya.
  • Menyimpulkantentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yg baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentangisi proposal
  • Menjawab pertanyaan mengenai isi proposal yang terdapat dalam buku pegangan siswa atau lbr kerja yang telah disediakan.
  • Bertanya mengenai hal yg belum dipahami, atau pengajar melemparkanbeberapa pertanyaan kepada anak didik berkaitan dengan materi isi proposal yang akan terselesaikan dipelajari
  • Menyelesaikanuji kompetensi buat materiisi proposal yang terdapat pada kitab pegangan peserta didik atau dalam lembar lerja yang telah disediakan secara individu buat mengecek penguasaan murid terhadap materi pelajaran

Generalizatio (menarik konklusi)
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik :
  • Membuat resume menggunakan bimbingan guru tentang point-point penting yang ada pada aktivitas pembelajaran isi proposal yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan tempat tinggal buat materi pelajaran isi proposal yg baru diselesaikan.
  • Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yg wajib mempelajarai pada pertemuan berikutnya pada luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswayang selesailangsung diperiksa buat materi pelajaran isi proposal.
  • Peserta didik yangselesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja menggunakan benar diberi paraf dan diberi angka urut peringkat,buat evaluasi tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada bahan ajar isi proposal
  • Memberikan penghargaan buat bahan ajar isi proposal kepada kelompok yg memiliki kinerja dan kerjasama yg baik

CATATAN :
Selama pembelajaran isi proposal berlangsung, guru mengamati perilaku murid pada menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan pada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku amanah, tangguh menghadapi perkara, tanggungjawab, rasa ingin memahami, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, dan kemampuan buat membangun sesuatu yg baru yang sangat bernilai serta bermanfaat bagi dirinya serta orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, serta Kewirausahaan)



PertemuanKe – 4Materi : Proposal

KEGIATAN PEMBELAJARAN
Waktu
Sintak Model Pembelajaran
90 menit
KEGIATAN PENDAHULUAN
15 menit
Stimulation (stimullasi/ pemberianrangsangan)
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan menggunakan salam pembuka dan berdoauntukmemulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran siswa menjadi perilaku disiplin
  • Menyiapkan fisik serta psikis peserta didikdalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yg akan dilakukan menggunakan pengalaman siswa dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : isi proposal
  • Mengingatkan balik materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yg terdapat keterkaitannya menggunakan pelajaran yg akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan citra tentang manfaat mengusut pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
  • Apabila materi / tema / projek ini kerjakandengan baik dan sungguh-benar-benar ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat mengungkapkan mengenai materi sistematika proposal
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada rendezvous yangberlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukanmateri pelajaran yg akan dibahas pada rendezvous ketika itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, serta KKM dalam pertemuan yangberlangsung
  • Pembagian grup belajar
  • Menjelaskan mekanisme aplikasi pengalaman belajarsesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

ProblemStatemen(pertanyaan/ identifikasi perkara)
KEGIATAN LITERASI
Guru menaruh kesempatan pada siswa buat mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan menggunakan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·Melihat (tanpa atau menggunakan alat)
Menayangkan gambar/foto/video mengenai materi sistematika proposal
“Apa yang kalian pikirkan mengenai foto/gambar tadi?”
  • Mengamati
Ølembar kerja materi sistematika proposal
Øpemberian model-contoh materi sistematika proposal buat bisa dikembangkan peserta didik, berdasarkan media interaktif, dsb
  • Membaca (dilakukan pada rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi sistematika proposal menurut kitab paket atau buku-kitab penunjang lain, dari internet/materi yg berhubungan dengan lingkungan
  • Mendengar
pemberian materi sistematika proposal oleh guru
·Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar /dunia mengenai materi pelajaranmengenai materisistematika proposal, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari liputan.
·Menulis
Peserta didik menulis resume mengenai apa yang sudah dibaca, diamati dan didengarkan menjadi pembiasaan dalam membaca serta menulis (Literasi)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·Mengajukan pertanyaan mengenai materi sistematika proposal yang nir dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan berita tambahan tentang apa yang diamati (dimulai berdasarkan pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yg bersifat hipotetik) untuk berbagi kreativitas, rasa ingin memahami, kemampuan merumuskan pertanyaan buat membentuk pikiran kritis yg perlu buat hayati cerdas serta belajar sepanjang hayat. Misalnya :
ØApa yg dimaksud menggunakan sistematika proposal?
ØTerdiri dari apakah sistematika proposaltersebut?
ØSeperti apakah sistematika proposal tadi?
ØBagaimana sistematika proposal itu bekerja?
ØApa fungsi sistematika proposal?
ØBagaimanakah materi sistematika proposal itu berperan pada kehidupan sehari-hari serta karir masa depan siswa?

KEGIATAN INTI
60 menit
Data Collection (pengumpulandata)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan keterangan yg relevan buat menjawab pertanyan yang sudah diidentifikasi melalui aktivitas:
  • Mengamati obyek/insiden,
mengamati dengan seksama materi sistematika proposal yg sedang dipelajari pada bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
  • Membaca asal lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai materi sistematika proposal yang sedang dipelajari
  • Aktivitas
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami berdasarkan aktivitas mengmati dan membaca yang akan diajukan pada guru berkaitan dengan materi sistematika proposal yg sedang dipelajari
  • Wawancara/tanya jawab menggunakan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi sistematika proposal yg tekah disusun pada daftar pertanyaan pada guru

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa grup buat:
  • Mendiskusikan
Peserta didik serta pengajar secara beserta-sama membahas contoh dalam kitab paket mengenai materi sistematika proposal
  • Mengumpulkan informasi
mencatat semua informasi mengenai materi sistematika proposal yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materisistematika proposal sinkron dengan pemahamannya

Data Processing (pengolahan Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) serta CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik pada kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
·Saling tukar berita tentangmaterisistematika proposal dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sebagai akibatnya diperoleh sebuah pengetahuan baru yg dapat dijadikan sebagai bahan diskusi grup kemudian, menggunakan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada kitab pegangan siswa atau dalam lbr kerja yg disediakan menggunakan cermat buat mengembangkan sikap teliti, amanah, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan berita melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan norma belajar serta belajar sepanjang hayat.
  • Berdiskusi mengenai datadari materi sistematika proposal yang telah dikumpulkan / terangkum pada aktivitas sebelumnya.
  • Mengolah informasi menurut materi sistematika proposal yang telah dikumpulkan dari output kegiatan/rendezvous sebelumnya mau pun output berdasarkan kegiatan mengamati dan aktivitas mengumpulkan warta yang sedang berlangsung menggunakan donasi pertanyaan-pertanyaan pada lbr kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal tentang materi sistematika proposal

KEGIATAN PENUTUP
15 menit
Verification(verifikasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) serta COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya serta memverifikasi buat menyimpulkan output pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
  • Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan mengenai materi : sistematika proposal, antara lain dengan : Peserta didik dan pengajar secara beserta-sama membahas jawaban soal-soal yg sudah dikerjakan oleh siswa.
  • Menyampaikan output diskusitentang materi sistematika proposal berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya buat menyebarkan sikap amanah, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, menyampaikan pendapat dengan sopan
  • Mempresentasikan hasil diskusi gerombolan secara klasikal tentang mteri : sistematika proposal
  • Mengemukakanpendapatatas presentasi yg dilakukan tentanag materi sistematika proposal dan ditanggapi oleh grup yang mempresentasikan
  • Bertanya atas presentasi mengenai materi sistematika proposal yang dilakukan serta siswa lain diberi kesempatanuntuk menjawabnya.
  • Menyimpulkantentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yg baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentangsistematika proposal
  • Menjawab pertanyaan mengenai sistematika proposal yang terdapat dalam buku pegangan siswa atau lbr kerja yang telah disediakan.
  • Bertanya mengenai hal yg belum dipahami, atau pengajar melemparkanbeberapa pertanyaan kepada anak didik berkaitan dengan materi sistematika proposal yang akan terselesaikan dipelajari
  • Menyelesaikanuji kompetensi buat materisistematika proposal yang terdapat pada kitab pegangan peserta didik atau dalam lembar lerja yang telah disediakan secara individu buat mengecek penguasaan murid terhadap materi pelajaran

Generalizatio (menarik konklusi)
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik :
  • Membuat resume menggunakan bimbingan guru tentang point-point penting yang ada pada aktivitas pembelajaran sistematika proposal yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan tempat tinggal buat materi pelajaran sistematika proposal yg baru diselesaikan.
  • Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yg wajib mempelajarai pada pertemuan berikutnya pada luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswayang selesailangsung diperiksa buat materi pelajaran sistematika proposal.
  • Peserta didik yangselesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja menggunakan benar diberi paraf dan diberi angka urut peringkat,buat evaluasi tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada bahan ajar sistematika proposal
  • Memberikan penghargaan buat bahan ajar sistematika proposal kepada kelompok yg memiliki kinerja dan kerjasama yg baik

CATATAN :
Selama pembelajaran sistematika proposal berlangsung, pengajar mengamati perilaku murid dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan pada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan pada sesama insan, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi perkara, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, serta bangsa Indonesia, dan kemampuan buat menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai serta berguna bagi dirinya serta orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, serta Kewirausahaan)


PertemuanKe – 5Materi : Proposal

KEGIATAN PEMBELAJARAN
Waktu
Sintak Model Pembelajaran
90 menit
KEGIATAN PENDAHULUAN
15 menit
Stimulation (stimullasi/ pemberianrangsangan)
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan menggunakan salam pembuka dan berdoauntukmemulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran siswa menjadi perilaku disiplin
  • Menyiapkan fisik serta psikis peserta didikdalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yg akan dilakukan menggunakan pengalaman siswa dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : sistematika proposal
  • Mengingatkan balik materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yg terdapat keterkaitannya menggunakan pelajaran yg akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan citra tentang manfaat mengusut pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
  • Apabila materi / tema / projek ini kerjakandengan baik dan sungguh-benar-benar ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat mengungkapkan mengenai materi unsur kebahasaan proposal
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada rendezvous yangberlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukanmateri pelajaran yg akan dibahas pada rendezvous ketika itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, serta KKM dalam pertemuan yangberlangsung
  • Pembagian grup belajar
  • Menjelaskan mekanisme aplikasi pengalaman belajarsesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

ProblemStatemen(pertanyaan/ identifikasi perkara)
KEGIATAN LITERASI
Guru menaruh kesempatan pada siswa buat mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan menggunakan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·Melihat (tanpa atau menggunakan alat)
Menayangkan gambar/foto/video mengenai materi unsur kebahasaan proposal
“Apa yang kalian pikirkan mengenai foto/gambar tadi?”
  • Mengamati
Ølembar kerja materi unsur kebahasaan proposal
Øpemberian model-contoh materi unsur kebahasaan proposal buat bisa dikembangkan siswa, dari media interaktif, dsb
  • Membaca (dilakukan pada rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi unsur kebahasaan proposal berdasarkan buku paket atau buku-buku penunjang lain, berdasarkan internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan
  • Mendengar
pemberian materi unsur kebahasaan proposal sang guru
·Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar /dunia mengenai materi pelajaranmengenai materiunsur kebahasaan proposal, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari liputan.
·Menulis
Peserta didik menulis resume mengenai apa yang sudah dibaca, diamati dan didengarkan menjadi pembiasaan dalam membaca serta menulis (Literasi)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·Mengajukan pertanyaan mengenai materi unsur kebahasaan proposal yang nir dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan berita tambahan tentang apa yang diamati (dimulai berdasarkan pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yg bersifat hipotetik) untuk berbagi kreativitas, rasa ingin memahami, kemampuan merumuskan pertanyaan buat membentuk pikiran kritis yg perlu buat hayati cerdas serta belajar sepanjang hayat. Misalnya :
ØApa yg dimaksud menggunakan unsur kebahasaan proposal?
ØTerdiri dari apakah unsur kebahasaan proposaltersebut?
ØSeperti apakah unsur kebahasaan proposal tadi?
ØBagaimana unsur kebahasaan proposal itu bekerja?
ØApa fungsi unsur kebahasaan proposal?
ØBagaimanakah materi unsur kebahasaan proposal itu berperan dalam kehidupan sehari-hari serta karir masa depan peserta didik?

KEGIATAN INTI
60 menit
Data Collection (pengumpulandata)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan keterangan yg relevan buat menjawab pertanyan yang sudah diidentifikasi melalui aktivitas:
  • Mengamati obyek/insiden,
mengamati menggunakan seksama materi unsur kebahasaan proposal yg sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan serta mencoba menginterprestasikannya
  • Membaca asal lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai materi unsur kebahasaan proposal yang sedang dipelajari
  • Aktivitas
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum bisa dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan menggunakan materi unsur kebahasaan proposal yang sedang dipelajari
  • Wawancara/tanya jawab menggunakan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan menggunakan materi unsur kebahasaan proposal yg tekah disusun pada daftar pertanyaan kepada guru

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa grup buat:
  • Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara beserta-sama membahas model pada buku paket tentang materi unsur kebahasaan proposal
  • Mengumpulkan informasi
mencatat semua informasi mengenai materi unsur kebahasaan proposal yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materiunsur kebahasaan proposal sinkron dengan pemahamannya

Data Processing (pengolahan Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) serta CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik pada kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
·Saling tukar berita tentangmateriunsur kebahasaan proposal dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sebagai akibatnya diperoleh sebuah pengetahuan baru yg dapat dijadikan sebagai bahan diskusi grup kemudian, menggunakan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada kitab pegangan siswa atau dalam lbr kerja yg disediakan menggunakan cermat buat mengembangkan sikap teliti, amanah, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan berita melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan norma belajar serta belajar sepanjang hayat.
  • Berdiskusi mengenai datadari materi unsur kebahasaan proposal yang telah dikumpulkan / terangkum pada aktivitas sebelumnya.
  • Mengolah informasi menurut materi unsur kebahasaan proposal yang telah dikumpulkan dari output kegiatan/rendezvous sebelumnya mau pun output berdasarkan kegiatan mengamati dan aktivitas mengumpulkan warta yang sedang berlangsung menggunakan donasi pertanyaan-pertanyaan pada lbr kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal tentang materi unsur kebahasaan proposal

KEGIATAN PENUTUP
15 menit
Verification(verifikasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) serta COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya serta memverifikasi buat menyimpulkan output pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
  • Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan mengenai materi : unsur kebahasaan proposal, antara lain dengan : Peserta didik dan pengajar secara beserta-sama membahas jawaban soal-soal yg sudah dikerjakan oleh siswa.
  • Menyampaikan output diskusitentang materi unsur kebahasaan proposal berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya buat menyebarkan sikap amanah, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, menyampaikan pendapat dengan sopan
  • Mempresentasikan hasil diskusi gerombolan secara klasikal tentang mteri : unsur kebahasaan proposal
  • Mengemukakanpendapatatas presentasi yg dilakukan tentanag materi unsur kebahasaan proposal dan ditanggapi oleh grup yang mempresentasikan
  • Bertanya atas presentasi mengenai materi unsur kebahasaan proposal yang dilakukan serta siswa lain diberi kesempatanuntuk menjawabnya.
  • Menyimpulkantentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yg baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentangunsur kebahasaan proposal
  • Menjawab pertanyaan mengenai unsur kebahasaan proposal yang terdapat dalam buku pegangan siswa atau lbr kerja yang telah disediakan.
  • Bertanya mengenai hal yg belum dipahami, atau pengajar melemparkanbeberapa pertanyaan kepada anak didik berkaitan dengan materi unsur kebahasaan proposal yang akan terselesaikan dipelajari
  • Menyelesaikanuji kompetensi buat materiunsur kebahasaan proposal yang terdapat pada kitab pegangan peserta didik atau dalam lembar lerja yang telah disediakan secara individu buat mengecek penguasaan murid terhadap materi pelajaran

Generalizatio (menarik konklusi)
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik :
  • Membuat resume menggunakan bimbingan guru tentang point-point penting yang ada pada aktivitas pembelajaran unsur kebahasaan proposal yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan tempat tinggal buat materi pelajaran unsur kebahasaan proposal yg baru diselesaikan.
  • Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yg wajib mempelajarai pada pertemuan berikutnya pada luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswayang selesailangsung diperiksa buat materi pelajaran unsur kebahasaan proposal.
  • Peserta didik yangselesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja menggunakan benar diberi paraf dan diberi angka urut peringkat,buat evaluasi tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada bahan ajar unsur kebahasaan proposal
  • Memberikan penghargaan buat bahan ajar unsur kebahasaan proposal kepada kelompok yg memiliki kinerja dan kerjasama yg baik

CATATAN :
Selama pembelajaran unsur kebahasaan proposal berlangsung, pengajar mengamati perilaku murid dalam menumbuhkembangkan keimanan serta ketaqwaan pada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan pada sesama insan, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku amanah, andal menghadapi perkara, tanggungjawab, rasa ingin memahami, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, dan kemampuan buat membangun sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, serta Kewirausahaan)


I.Penilaian

Sikap

Jurnal
LEMBAR PENILAIANSIKAP- JURNAL

Nama Siswa:………………..
Kelas:………………

No.
Hari/Tanggal
Sikap/Perilaku
Ket.
Positif
Negatif











Kesimpulan:
……………………………………………………………………………………………………………

Penilaian Sikap - Jurnal

Nama Peserta Didik: …………...........................................……..
Kelas: …………...........................................……..
Aspek yg diamati: …………...........................................……..

No
Hari/tanggal
Kejadian
Keterangan /
Tindak Lanjut
1



….



Nilai jurnal menggunakan skala Sangat Baik (SB)= 100, Baik (B) = 75, Cukup (C) = 50, dan Kurang (K) = 25


Pengetahuan

-Tertulis Pilihan Ganda (lihat lampiran)

-Tertulis Uraian(lihat lampiran)

-Tes Lisan / Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab serta Percakapan

Praktek Monolog atau Dialog

Penilaian AspekPercakapan

No
Aspek yg Dinilai
Skala
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
25
50
75
100
1
Intonasi







2
Pelafalan




3
Kelancaran




4
Ekspresi




5
Penampilan




6
Gestur






-Penugasan(lihat lampiran)

Tugas Rumah

a)Peserta didik menjawab pertanyaan yg terdapatpada buku peserta didik

b)Peserta didik memnta pertanda tangan orangtua sebagaibukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas tempat tinggal dengan baik

c)Peserta didik mengumpulkan jawaban menurut tugas rumahyang sudah dikerjakan buat menerima penilaian

Keterampilan

-Penilaian Unjuk Kerja

Contoh instrumen evaluasi unjuk kerja dapat dipandang pada instrumenpenilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:

InstrumenPenilaian

No
Aspek yg Dinilai
Sangat
Baik
(100)
Baik
(75)
Kurang
Baik
(50)
Tidak
Baik
(25)
1
Kesesuaian respon menggunakan pertanyaan




2
Keserasian pemilihan kata




3
Kesesuaian penggunaan tata bahasa




4
Pelafalan





Kriteria penilaian (skor)

100= Sangat Baik50=KurangBaik

75=Baik25=TidakBaik

Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh murid dibagi jumlahskor aporisma dikali skor ideal (100)

100
75
50
25
1
Penguasaan materi diskusi




2
Kemampuan menjawab pertanyaan




3
Kemampuan memasak kata




4
Kemampuan menuntaskan masalah






Keterangan :

100= Sangat Baik50=KurangBaik

75=Baik25=TidakBaik

-Penilaian Proyek(lihat lampiran)

Membuat denah sekolah, jadwal aktivitas sekolah, dll

-Penilaian Produk(lihat lampiran)

-Penilaian Portofolio

Kumpulan seluruh tugas yg sudah dikerjakan siswa, misalnya catatan,PR, dll

Instrumen Penilain 

No
Aspek yg Dinilai
100
75
50
25
1





2





3





4







Mengetahui, …………,………….

Kepala SekolahGuruMata Pelajaran


……………..…………………………


UNDUH FILE WORD RPP TEKS PROPOSAL KLIK //drive.google.com/open?Id=1L8j7oTNwXuk6z7GQe_RwCljF_B1-vLyA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel