RPP BAHASA INDONESIA SMA KELAS X SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 TEKS NEGOSIASI


RENCANAPELAKSANAANPEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah : SMA …………..
Mata Pelajaran: BahasaIndonesia
Kelas/Semester: X / Genap

Materi Pokok:Isiteks negosiasi

Alokasi Waktu:2Minggu x 4 Jam pelajaran @ 45 Menit

A.KompetensiInti

1.menghayati serta mengamalkan ajaran agamayang dianutnya

2.menunjukkan konduite amanah, disiplin,tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, tenang), santun,responsive, serta agresif menjadi bagian dari solusi atas banyak sekali permasalahandalam berinteraksi secara efektif menggunakan lingkungan social dan alam sertamenempatkan diri menjadi cerminan bangsa pada pergaulan dunia

3. Memahami, menerapkan,menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingintahunya mengenai ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, serta humaniora denganwawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebabfenomena serta insiden, dan menerapkan pengetahuan prosedural pada bidangkajian khusus menggunakan talenta dan minatnya buat memecahkan masalah.

4. Mengolah, menalar, serta menyajidalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait menggunakan pengembangan berdasarkan apa yangdipelajarinya pada sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuaikaidah keilmuan.

B.KompetensiDasar serta Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.10 Mengevaluasipengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks perundingan mulut juga tertulis.
3.10.1 Mendata pengajuan, penawaran dan persetujuan pada teks perundingan mulut juga tertulis
3.10.dua Mengevaluasipengajuan, penawaran dan persetujuan pada teks perundingan mulut juga tertulis.
4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan serta epilog pada teks negosiasi secara verbal atau tulis
4.10.1 Merancang pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara verbal atau tulis
4.10.2 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup pada teks perundingan secara lisan atau tulis

C.TujuanPembelajaran

Melalui kegiatanpembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan model pedagoge genre,saintifik, dan CLIL siswa bisa mengevaluasipengajuan, penawaran dan persetujuan dalamteks perundingan ekspresi juga tertulisdan menyampaikan pengajuan, penawaran,persetujuan dan penutup pada teks perundingan secara lisan atau tulisdenganrasa ingin tahu, tanggung jawab, displin dan kreatif(Integritas) selama prosespembelajaran dan bersikap jujur, percayadiri serta pantang menyerah

D.Materipembelajaran

Isi teks negosiasi:

·permasalahan;

·pengajuan;

·penawaran;

·persetujuan/ konvensi yg tercapai. 

Fakta : Teks Negosisasi

Konsep : Negosisasi

Prinsip :IsiTeks Negosiasi

Prosedur : Permasalahan,Pengajuan, Penawaran, serta Persetujuan / kesepakatan yg terpacai


E.MetodePembelajaran

Pendekatan: ScientificLearning

Model Pembelajaran:Discovery Learning (PembelajaranPenemuan) serta Problem

Based Learning (PembelajaranBerbasis Masalah )/ projek

F.Media/alat,Bahan

Media :

ØWorksheet atau lbr kerja (siswa)

Ølembar penilaian

ØCetak: kitab , modul,brosur, leaflet, dan gambar.

ØManusia dalam lingkungan:pengajar, pustakawan, laboran, serta penutur nativ.


Alat/Bahan :

ØPenggaris, spidol, papan tulis

ØLaptop & infocus

ØAudio: kaset dan CD.

ØAudio-cetak: kaset atauCD audio yg dilengkapi dengan teks.

ØProyeksi visual membisu: OUTdan film bingkai.

ØProyeksi audio visual:film dan bingkai (slide) bersuara.

ØAudio visual gerak: VCD,DVD, serta W.

ØVisual gerak: film bisu.

ØObjek fisik: Benda konkret,model, serta spesimen.

ØKomputer.


G.SumberBelajar

1.Suherli,dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa IndonesiaKelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum serta Perbukuan, Balitbang,Kemendikbud.

2.Suherli,dkk. Buku Pengajar Bahasa Indonesia Kelas XRevisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum serta Perbukuan, Balitbang,Kemendikbud.

3.Kosasih,E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata PelajaranBahasa Indoneisa Sekolah Menengah Atas/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya

H.KegiatanPembelajaran

Pertemuan Ke-1 ( 4 x 45 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan menggunakan salam pembuka dan berdoauntukmemulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran siswa menjadi sikap disiplin
  • Menyiapkan fisik dan psikis peserta didikdalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatanpembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman siswa dengan materi/tema/kegiatansebelumnya, yaitu : Ikhtisar
  • Mengingatkan balik materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya menggunakan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran mengenai manfaat memeriksa pelajaran yang akan dipelajari pada kehidupan sehari-hari.
  • Apabila materi / tema / projek ini kerjakandengan baik dan sungguh-benar-benar ini dikuasai menggunakan baik, maka peserta didik dibutuhkan bisa mengungkapkan tentang materiisi teks perundingan : perseteruan serta pengajuan
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada rendezvous yangberlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukanmateri pelajaran yg akan dibahas dalam rendezvous waktu itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, serta KKM dalam rendezvous yangberlangsung
  • Pembagian kelompok belajar
  • Menjelaskan prosedur pelaksanaan pengalaman belajarsesuai menggunakan langkah-langkah pembelajaran.

15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan buat memusatkan perhatian pada topik materiisi teks perundingan : perseteruan serta pengajuan menggunakan cara :
·Melihat (tanpa atau dengan indera)
Menayangkan gambar/foto/video mengenai materi isi teks perundingan : perseteruan serta pengajuan
“Apa yg kalian pikirkan mengenai foto/gambar tersebut?”
  • Mengamati
Ølembar kerja materi isi teks perundingan : perseteruan serta pengajuan
Øpemberian contoh-contoh materi isi teks perundingan : perseteruan serta pengajuan untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
  • Membaca (dilakukan di tempat tinggal sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung),
membaca materi isi teks perundingan : perseteruan serta pengajuan dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan
  • Mendengar
pemberian materi isi teks perundingan : perseteruan serta pengajuan oleh guru
·Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis akbar/global mengenai materi pelajaranmengenai materiisi teks perundingan : perseteruan serta pengajuan, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari keterangan.
vMenulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati serta didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)

Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru menaruh kesempatan pada peserta didik buat mengidentifikasi sebesar mungkin pertanyaan yang berkaitan menggunakan gambar yang tersaji serta akan dijawab melalui aktivitas belajar, misalnya :
·Mengajukan pertanyaan mengenai materi isi teks perundingan : perseteruan serta pengajuan yang nir dipahami menurut apa yg diamati atau pertanyaan buat menerima liputan tambahan tentang apa yg diamati (dimulai menurut pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) buat mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yg perlu buat hayati cerdas serta belajar sepanjang hayat. Misalnya :
ØApa yg dimaksud dengan isi teks perundingan pada pertarungan dan pengajuan?
ØTerdiri dari apakah isi teks perundingan dalam konflik serta pengajuantersebut?
ØSeperti apakah isi teks negosiasi dalam permasalahan serta pengajuan tersebut?
ØBagaimana isi teks negosiasi dalam pertarungan serta pengajuan itu bekerja?
ØApa fungsi isi teks perundingan dalam pertarungan dan pengajuan?
ØBagaimanakah materi isi teks negosiasi pada pertarungan serta pengajuan itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan siswa?
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan berita yg relevan buat menjawab pertanyan yang sudah diidentifikasi melalui kegiatan:
  • Mengamati obyek/insiden,
mengamati dengan seksama materi isi teks perundingan : perseteruan serta pengajuan yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
  • Membaca asal lain selain kitab teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai materi isi teks perundingan : perseteruan serta pengajuan yang sedang dipelajari
  • Aktivitas
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi isi teks perundingan : perseteruan serta pengajuan yang sedang dipelajari
  • Wawancara/tanya jawab menggunakan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi isi teks perundingan : perseteruan serta pengajuan yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibuat pada beberapa grup buat:
  • Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi isi teks perundingan : perseteruan serta pengajuan
  • Mengumpulkan informasi
mencatat semua informasi mengenai materi isi teks perundingan : perseteruan serta pengajuan yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materiisi teks perundingan : perseteruan serta pengajuan sesuai dengan pemahamannya
  • Saling tukar keterangan tentangmateriisi teks perundingan : perseteruan serta pengajuan dengan ditanggapi aktif sang siswa menurut grup lainnya sebagai akibatnya diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi gerombolan lalu, menggunakan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan siswa atau dalam lbr kerja yang disediakan dengan cermat buat berbagi sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan kabar melalui banyak sekali cara yang dipelajari, mengembangkan norma belajar serta belajar sepanjang hayat.

Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) serta CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik pada kelompoknya berdiskusi mengolah data output pengamatan dengan cara :
  • Berdiskusi tentang datadari materi isi teks perundingan : perseteruan serta pengajuan yang telah dikumpulkan / terangkum dalam aktivitas sebelumnya.
  • Mengolah informasi menurut materi isi teks perundingan : perseteruan serta pengajuan yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/rendezvous sebelumnya mau pun output berdasarkan kegiatan mengamati serta aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung menggunakan bantuan pertanyaan-pertanyaan dalam lembar kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi isi teks perundingan : perseteruan serta pengajuan

Verification
(pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan output pengamatannya serta memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui aktivitas :
  • Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan mengenai materi : isi teks perundingan : perseteruan serta pengajuan, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara beserta-sama membahas jawaban soal-soal yg telah dikerjakan sang siswa.

Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi buat menyimpulkan
·Menyampaikan output diskusitentang materi isi teks perundingan : perseteruan serta pengajuan berupa kesimpulan menurut output analisis secara verbal, tertulis, atau media lainnya buat menyebarkan perilaku amanah, teliti, toleransi, kepandaian sistematis, membicarakan pendapat menggunakan sopan
·Mempresentasikan hasil diskusi gerombolan secara klasikal tentang mteri : isi teks perundingan : perseteruan serta pengajuan
·Mengemukakanpendapatatas presentasi yang dilakukan tentanag materi isi teks perundingan : perseteruan serta pengajuan dan ditanggapi sang gerombolan yg mempresentasikan
·Bertanya atas presentasi mengenai materi isi teks perundingan : perseteruan serta pengajuan yang dilakukan dan siswa lain diberi kesempatanuntuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
·Menyimpulkantentang point-point penting yang timbul pada aktivitas pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan output pengamatan secara tertulis tentangisi teks perundingan : perseteruan serta pengajuan
·Menjawab pertanyaan tentang isi teks perundingan : perseteruan serta pengajuan yang terdapat pada kitab pegangan peserta didik atau lbr kerja yang telah disediakan.
·Bertanya tentang hal yg belum dipahami, atau pengajar melemparkanbeberapa pertanyaan kepada anak didik berkaitan menggunakan materi isi teks perundingan : perseteruan serta pengajuan yang akan terselesaikan dipelajari
·Menyelesaikanuji kompetensi buat materiisi teks perundingan : perseteruan serta pengajuan yang masih ada pada kitab pegangan peserta didik atau dalam lembar lerja yg telah disediakan secara individu buat mengecek dominasi anak didik terhadap bahan ajar

150
menit
Catatan :
Selama pembelajaran isi teks perundingan : perseteruan serta pengajuan berlangsung, pengajar mengamati sikap murid pada pembelajaran yg meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi perkara tanggungjawab, rasa ingin memahami, peduli lingkungan

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume menggunakan bimbingan pengajar tentang point-point krusial yang ada pada kegiatan pembelajaran isi teks perundingan : perseteruan serta pengajuan yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan tempat tinggal buat bahan ajar isi teks perundingan : perseteruan serta pengajuan yg baru diselesaikan.
  • Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada rendezvous berikutnya pada luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswayang selesailangsung diperiksa buat materi pelajaran isi teks perundingan : perseteruan serta pengajuan.
  • Peserta didik yangselesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,buat penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada bahan ajar isi teks perundingan : perseteruan serta pengajuan
  • Memberikan penghargaan buat materi pelajaran isi teks perundingan : perseteruan serta pengajuan kepada gerombolan yg mempunyai kinerja serta kerjasama yg baik

15
menit





Pertemuan Ke-2 ( 4 x 45 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan menggunakan salam pembuka dan berdoauntukmemulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran siswa menjadi sikap disiplin
  • Menyiapkan fisik dan psikis peserta didikdalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatanpembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman siswa dengan materi/tema/kegiatansebelumnya, yaitu : isi teks perundingan : perseteruan serta pengajuan
  • Mengingatkan balik materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya menggunakan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran mengenai manfaat memeriksa pelajaran yang akan dipelajari pada kehidupan sehari-hari.
  • Apabila materi / tema / projek ini kerjakandengan baik dan sungguh-benar-benar ini dikuasai menggunakan baik, maka peserta didik dibutuhkan bisa mengungkapkan tentang materiisi teks negosiasi : penawaran serta persetujuan / konvensi yg tercapai
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada rendezvous yangberlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukanmateri pelajaran yg akan dibahas dalam rendezvous waktu itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, serta KKM dalam rendezvous yangberlangsung
  • Pembagian kelompok belajar. @aminyusuf
  • Menjelaskan prosedur pelaksanaan pengalaman belajarsesuai menggunakan langkah-langkah pembelajaran.

15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan buat memusatkan perhatian pada topik materiisi teks negosiasi : penawaran serta persetujuan / konvensi yg tercapai menggunakan cara :
·Melihat (tanpa atau dengan indera)
Menayangkan gambar/foto/video mengenai materi isi teks negosiasi : penawaran serta persetujuan / konvensi yg tercapai
“Apa yg kalian pikirkan mengenai foto/gambar tersebut?”
  • Mengamati
Ølembar kerja materi isi teks negosiasi : penawaran serta persetujuan / konvensi yg tercapai
Øpemberian contoh-contoh materi isi teks negosiasi : penawaran serta persetujuan / konvensi yg tercapai untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
  • Membaca (dilakukan di tempat tinggal sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung),
membaca materi isi teks negosiasi : penawaran serta persetujuan / konvensi yg tercapai dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan
  • Mendengar
pemberian materi isi teks negosiasi : penawaran serta persetujuan / konvensi yg tercapai oleh guru
·Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis akbar/global mengenai materi pelajaranmengenai materiisi teks negosiasi : penawaran serta persetujuan / konvensi yg tercapai, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari keterangan.
vMenulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati serta didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)

Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru menaruh kesempatan pada peserta didik buat mengidentifikasi sebesar mungkin pertanyaan yang berkaitan menggunakan gambar yang tersaji serta akan dijawab melalui aktivitas belajar, misalnya :
·Mengajukan pertanyaan mengenai materi isi teks negosiasi : penawaran serta persetujuan / konvensi yg tercapai yang nir dipahami menurut apa yg diamati atau pertanyaan buat menerima liputan tambahan tentang apa yg diamati (dimulai menurut pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) buat mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yg perlu buat hayati cerdas serta belajar sepanjang hayat. Misalnya :
ØApa yang dimaksud menggunakan isi teks negosiasi dalam penawaran dan persetujuan / konvensi yg tercapai?
ØTerdiri menurut apakah isi teks perundingan dalam penawaran serta persetujuan / kesepakatan yg tercapaitersebut?
ØSeperti apakah isi teks negosiasi pada penawaran dan persetujuan / kesepakatan yang tercapai tadi?
ØBagaimana isi teks negosiasi dalam penawaran serta persetujuan / konvensi yg tercapai itu bekerja?
ØApa fungsi isi teks perundingan dalam penawaran dan persetujuan / kesepakatan yang tercapai?
ØBagaimanakah materi isi teks perundingan dalam penawaran serta persetujuan / kesepakatan yang tercapai itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?

Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan berita yg relevan buat menjawab pertanyan yang sudah diidentifikasi melalui kegiatan:
  • Mengamati obyek/insiden,
mengamati dengan seksama materi isi teks negosiasi : penawaran serta persetujuan / konvensi yg tercapai yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
  • Membaca asal lain selain kitab teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai materi isi teks negosiasi : penawaran serta persetujuan / konvensi yg tercapai yang sedang dipelajari
  • Aktivitas
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi isi teks negosiasi : penawaran serta persetujuan / konvensi yg tercapai yang sedang dipelajari
  • Wawancara/tanya jawab menggunakan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi isi teks negosiasi : penawaran serta persetujuan / konvensi yg tercapai yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibuat pada beberapa grup buat:
  • Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi isi teks negosiasi : penawaran serta persetujuan / konvensi yg tercapai
  • Mengumpulkan informasi
mencatat semua informasi mengenai materi isi teks negosiasi : penawaran serta persetujuan / konvensi yg tercapai yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materiisi teks negosiasi : penawaran serta persetujuan / konvensi yg tercapai sesuai dengan pemahamannya
  • Saling tukar keterangan tentangmateriisi teks negosiasi : penawaran serta persetujuan / konvensi yg tercapai dengan ditanggapi aktif sang siswa menurut grup lainnya sebagai akibatnya diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi gerombolan lalu, menggunakan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan siswa atau dalam lbr kerja yang disediakan dengan cermat buat berbagi sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan kabar melalui banyak sekali cara yang dipelajari, mengembangkan norma belajar serta belajar sepanjang hayat.

Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) serta CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik pada kelompoknya berdiskusi mengolah data output pengamatan dengan cara :
  • Berdiskusi tentang datadari materi isi teks negosiasi : penawaran serta persetujuan / konvensi yg tercapai yang telah dikumpulkan / terangkum dalam aktivitas sebelumnya.
  • Mengolah informasi menurut materi isi teks negosiasi : penawaran serta persetujuan / konvensi yg tercapai yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/rendezvous sebelumnya mau pun output berdasarkan kegiatan mengamati serta aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung menggunakan bantuan pertanyaan-pertanyaan dalam lembar kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi isi teks negosiasi : penawaran serta persetujuan / konvensi yg tercapai

Verification
(pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan output pengamatannya serta memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui aktivitas :
  • Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan mengenai materi : isi teks negosiasi : penawaran serta persetujuan / konvensi yg tercapai, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara beserta-sama membahas jawaban soal-soal yg telah dikerjakan sang siswa.

Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi buat menyimpulkan
·Menyampaikan output diskusitentang materi isi teks negosiasi : penawaran serta persetujuan / konvensi yg tercapai berupa kesimpulan menurut output analisis secara verbal, tertulis, atau media lainnya buat menyebarkan perilaku amanah, teliti, toleransi, kepandaian sistematis, membicarakan pendapat menggunakan sopan
·Mempresentasikan hasil diskusi gerombolan secara klasikal tentang mteri : isi teks negosiasi : penawaran serta persetujuan / konvensi yg tercapai
·Mengemukakanpendapatatas presentasi yang dilakukan tentanag materi isi teks negosiasi : penawaran serta persetujuan / konvensi yg tercapai dan ditanggapi sang gerombolan yg mempresentasikan
·Bertanya atas presentasi mengenai materi isi teks negosiasi : penawaran serta persetujuan / konvensi yg tercapai yang dilakukan dan siswa lain diberi kesempatanuntuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
·Menyimpulkantentang point-point penting yang timbul pada aktivitas pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan output pengamatan secara tertulis tentangisi teks negosiasi : penawaran serta persetujuan / konvensi yg tercapai
·Menjawab pertanyaan tentang isi teks negosiasi : penawaran serta persetujuan / konvensi yg tercapai yang terdapat pada kitab pegangan peserta didik atau lbr kerja yang telah disediakan.
·Bertanya tentang hal yg belum dipahami, atau pengajar melemparkanbeberapa pertanyaan kepada anak didik berkaitan menggunakan materi isi teks negosiasi : penawaran serta persetujuan / konvensi yg tercapai yang akan terselesaikan dipelajari
·Menyelesaikanuji kompetensi buat materiisi teks negosiasi : penawaran serta persetujuan / konvensi yg tercapai yang masih ada pada kitab pegangan peserta didik atau dalam lembar lerja yg telah disediakan secara individu buat mengecek dominasi anak didik terhadap bahan ajar

150
menit
Catatan :
Selama pembelajaran isi teks negosiasi : penawaran serta persetujuan / konvensi yg tercapai berlangsung, pengajar mengamati sikap murid pada pembelajaran yg meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi perkara tanggungjawab, rasa ingin memahami, peduli lingkungan

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume menggunakan bimbingan pengajar tentang point-point krusial yang ada pada kegiatan pembelajaran isi teks negosiasi : penawaran serta persetujuan / konvensi yg tercapai yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan tempat tinggal buat bahan ajar isi teks negosiasi : penawaran serta persetujuan / konvensi yg tercapai yg baru diselesaikan.
  • Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada rendezvous berikutnya pada luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswayang selesailangsung diperiksa buat materi pelajaran isi teks negosiasi : penawaran serta persetujuan / konvensi yg tercapai.
  • Peserta didik yangselesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,buat penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada bahan ajar isi teks negosiasi : penawaran serta persetujuan / konvensi yg tercapai
  • Memberikan penghargaan buat materi pelajaran isi teks negosiasi : penawaran serta persetujuan / konvensi yg tercapai kepada gerombolan yg mempunyai kinerja serta kerjasama yg baik

15
menit

I.Penilaian,Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

1.TeknikPenilaian (terlampir)

a.Sikap

-Penilaian Observasi

Penilaianobservasi berdasarkan pengamatan perilaku dan konduite peserta didik sehari-hari,baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara generik. Pengamatan langsungdilakukan oleh guru. Berikut model instrumen penilaian sikap

No
Nama Siswa
Aspek Perilaku yg Dinilai
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
BS
JJ
TJ
DS
1
Zuhri
75
75
50
75
275
68,75
C
2

...
...
...
...
...
...
...


Keterangan:

•BS : Bekerja Sama

•JJ : Jujur

•TJ : Tanggun Jawab

•DS : Disiplin

Catatan:

1.aspek perilaku dievaluasi menggunakan kriteria:

100 = Sangat Baik

75= Baik

50 = Cukup

25 = Kurang

2.skor aporisma = jumlah perilaku yang dinilaidikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400

3.skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikapyang dievaluasi = 275 : 4 = 68,75

4.kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00= Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00= Baik (B)

25,01 – 50,00 = Cukup (C)

00,00 –25,00=Kurang (K)

5.format pada atas dapat diubah sesuai dengan aspekperilaku yg ingin dinilai

-Penilaian Diri

Seiringdengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru pada siswa, makapeserta didik diberikan kesempatan buat menilai kemampuan dirinya sendiri.namun supaya evaluasi tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskanterlebih dahulu tujuan menurut evaluasi diri ini, memilih kompetensi yg akandinilai, lalu menentukan kriteria penilaian yang akan dipakai, danmerumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkanoleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :

No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Selama diskusi, aku ikut dan mengusulkan wangsit/gagasan.
50

250
62,50
C
2
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan buat berbicara.

50
3
Saya ikut dan dalam membuat kesimpulan output diskusi grup.
50

4
...
100


Catatan:

1.skor penilaian Ya = 100 serta Tidak = 50

2.skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikanjumlah kriteria = 4 x 100 = 400

3.skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimaldikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50

4.kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00= Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00= Baik (B)

25,01 – 50,00 = Cukup (C)

00,00 –25,00=Kurang (K)

5.format di atas dapat juga digunakan untukmenilai kompetensi pengetahuan serta keterampilan

-Penilaian Teman Sebaya

Penilaianini dilakukan menggunakan meminta siswa buat menilai temannya sendiri. Samahalnya menggunakan evaluasi hendaknya pengajar sudah menyebutkan maksud dan tujuanpenilaian, membuat kriteria penilaian, serta juga memilih format penilaiannya.berikut Contoh format evaluasi teman sebaya:

Nama yangdiamati : ...

Pengamat : ...


No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Mau mendapat pendapat sahabat.
100

450
90,00
SB
2
Memberikan solusi terhadap permasalahan.
100

3
Memaksakan pendapat sendiri pada anggota kelompok.

100
4
Marah saat diberi kritik.
100

5
...

50

Catatan:

1.skor penilaian Ya = 100 serta Tidak = 50 untukpernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 danTidak = 100

2.skor aporisma = jumlah pernyataan dikalikanjumlah kriteria = lima x 100 = 500

3.skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimaldikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00

4.kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00= Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00= Baik (B)

25,01 – 50,00 = Cukup (C)

00,00 –25,00=Kurang (K)

-Penilaian Jurnal(Lihatlampiran)

b.Pengetahuan

-Tertulis Uraian serta atau Pilihan Ganda(Lihat lampiran)

-TesLisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan

Praktek Monolog atau Dialog

PenilaianAspek Percakapan

No
Aspek yg Dinilai
Skala
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
25
50
75
100
1
Intonasi







2
Pelafalan




3
Kelancaran




4
Ekspresi




5
Penampilan




6
Gestur






-Penugasan(Lihat Lampiran)

Tugas Rumah

a.peserta didikmenjawab pertanyaan yang masih ada pada kitab peserta didik

b.peserta didikmemnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugasrumah menggunakan baik

c.peserta didikmengumpulkan jawaban menurut tugas tempat tinggal yg sudah dikerjakan buat mendapatkanpenilaian.

c.Keterampilan

-Penilaian Unjuk Kerja

Contohinstrumen penilaian unjuk kerja dapat dicermati pada instrumen penilaian ujianketerampilan berbicara menjadi Berikut:

InstrumenPenilaian

No
Aspek yg Dinilai
Sangat
Baik
(100)
Baik
(75)
Kurang
Baik
(50)
Tidak
Baik
(25)
1
Kesesuaian respon dengan pertanyaan




2
Keserasian pemilihan kata




3
Kesesuaian penggunaan tata bahasa




4
Pelafalan





Kriteriapenilaian (skor)

100 = Sangat Baik

75= Baik

50 = Kurang Baik

25 = Tidak Baik

Cara mencari nilai (N) = Jumalahskor yg diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)

InstrumenPenilaian Diskusi

No
Aspek yg Dinilai
100
75
50
25
1
Penguasaan materi diskusi




2
Kemampuan menjawab pertanyaan




3
Kemampuan memasak kata




4
Kemampuan menyelesaikan masalah





Keterangan:

100 = Sangat Baik

75= Baik

50 = Kurang Baik

25 = Tidak Baik

-Penilaian Proyek(Lihat Lampiran)

-Penilaian Produk(Lihat Lampiran)

-Penilaian Portofolio

Kumpulansemua tugas yang telah dikerjakan siswa, seperti catatan, PR, dll

Instrumen Penilain

No
Aspek yg Dinilai
100
75
50
25
1





2





3





4






2.InstrumenPenilaian (terlampir)

a.PertemuanPertama

b.PertemuanKedua

c.PertemuanKetiga

3.PembelajaranRemedial dan Pengayaan

a.Remedial

Bagi siswa yg belum memenuhi kriteriaketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa menaruh soal tambahan misalnyasebagai berikut :

1)Jelaskantentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!

2)Jelaskantentang Kedudukan serta Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan LembagaPemerintah Non Kementerian!

3)Jelaskantentang Nilai-nilai Pancasila pada Penyelenggaraan pemerintahan!


CONTOH PROGRAM REMIDI

Sekolah:……………………………………………..

Kelas/Semester:……………………………………………..

Mata Pelajaran:……………………………………………..

Ulangan Harian Ke :……………………………………………..

Tanggal Ulangan Harian:……………………………………………..

Bentuk Ulangan Harian:……………………………………………..

Materi Ulangan Harian:……………………………………………..

(KD / Indikator):……………………………………………..

KKM:……………………………………………..


No
Nama Peserta Didik
Nilai Ulangan
Indikator yang Belum Dikuasai
Bentuk Tindakan Remedial
Nilai Setelah Remedial
Keterangan
1






2






3






4






5






6






dst








b.Pengayaan

Guru memberikan petuah agar tetap rendah hati, karenatelah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Pengajar menaruh soalpengayaan menjadi berikut :

1)Membaca buku-buku mengenai Nilai-nilai Pancasiladalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yg relevan.

2)Mencari informasi secara online tentang Nilai-nilaiPancasila pada kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

3)Membaca surat informasi, majalah, serta liputan onlinetentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraanpemerintahan Negara

4)Mengamati langsung tentang Nilai-nilai Pancasiladalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yg ada dilingkungan lebih kurang.

Mengetahui, ………….., ………..

Kepala SekolahGuru Mata Pelajaran




………………………………………

UNDUH FILE WORD RPP TEKS NEGOSIASI KLIK //drive.google.com/open?Id=1kuyn2wmVf6HhgJ94IW5c7YFxVzmAQ_bn


SILA BACA DAN UNDUH FILE WORD RPPBAHASA INDONESIA SMA KELAS X, XI, XII SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019KURIKULUM 2013 EDISI REVISI









9. RPP Buku PengayaanFiksi/Nonfiksi KD 3.18 dab 4.18 Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2019/01/rpp-analisis-kitab -fiksi-dan-nonfiksi.html

B. RPP KELAS XI SEMESTER dua (fileword)





C. RPP KELAS XII SEMESTER dua (fileword)



3. RPP Teks Kritik dan Esai KD3.12, 4.12, 3.13, dan 4.13 Klik //cara-pramuka.blogspot.com/2018/12/rpp-teks-kritik-dan-esai-kelas-xii.html



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel