RPP TEKS NEGOSIASI KD 3.11 DAN 4.11 KURIKULUM 2019 EDISI REVISI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA ………...
Mata Pelajaran: BahasaIndonesia
Kelas/Semester: X / Genap
Materi Pokok:Strukturdan Kebahasaan Teks Negosiasi
Alokasi Waktu:2Minggu x 4 Jam pelajaran @ 45 Menit

A.Kompetensi Inti
1.menghayatidan mengamalkan ajaran agama yg dianutnya
2.menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotongroyong, kerja sama, toleransi, hening), santun, responsive, dan agresif sebagaibagian dari solusi atas aneka macam perseteruan pada berinteraksi secara efektifdengan lingkungan social dan alam dan menempatkan diri menjadi cerminanbangsa pada pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuafaktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya mengenai ilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, serta peradaban terkait penyebab fenomena dan peristiwa,dan menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik denganbakat dan minatnya buat memecahkan kasus.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranahkonkret serta ranah tak berbentuk terkait dengan pengembangan dari apa yangdipelajarinya di sekolah secara mandiri, serta mampu menggunakan metoda sesuaikaidah keilmuan.

B.KompetensiDasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.11Menganalisisisi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran,persetujuan,penutup) serta kebahasaan teksnegosiasi.
3.11.1 Menelaah isi teks perundingan
3.11.dua Mengelompokkanstruktur teks perundingan dari unsur strukturnya
3.11.tiga Menemukan pasangan tuturan teks perundingan
3.11.4 Menemukan kalimat persuasif teksnegosiasi
4.11Mengkonstruksikan teks perundingan menggunakan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran,persetujuan,penutup) dan kebahasaan.
4.11.1Menentukan topikteks negosiasi
4.11.2Menyusun kerangkan teks negosiasi
4.11.3Menyusun teks perundingan sesuai kerangka.
4.11.4Menyajikan teks yang sudah disusun dalam bentuk memerankan negosiasi

C.Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifikdengan contoh pedagoge aliran, saintifik, serta CLIL siswa dapatmenganalisisisi, struktur dan kebahasaan teks perundingan serta terampil menyusun teks negosiasi danmempraktikanya secara lisanatau tulisdengan rasa ingin tahu, tnggung jawab, displin dan kreatif(integritas)selama proses pembelajaran dan bersikapjujur, percaya diri serta pantangmenyerah.

D.Materi pembelajaran
Struktur teksnegosiasi:
·orientasi dan
·permasalahan(pengajuan, penawaran, danpersetujuan).
Kebahasaan 
·pasangan tuturan dalam teks negosisidan
·bahasa yg santun.

Fakta: Teks Negosisasi

Konsep: Negosisasi

Prinsip:Strukturdan Kebahasaan Teks Negosiasi

Prosedur: orientasidan pertarungan (pengajuan, penawaran, serta persetujuan)

pasangantuturan dalam teks negosisi serta bahasa yg santun


E.Metode Pembelajaran

Pendekatan: ScientificLearning

Model Pembelajaran: Discovery Learning(Pembelajaran Penemuan) serta Problem

BasedLearning (Pembelajaran Berbasis Masalah )/ projek

F.Media/alat, Bahan
Media
ØWorksheet atau lbr kerja (murid)
Ølembar penilaian
ØCetak: buku, modul,brosur, leaflet, dan gambar.
ØManusia dalam lingkungan:guru, pustakawan, laboran, dan penutur nativ.
Alat/Bahan :
ØPenggaris, spidol, papan tulis
ØLaptop & infocus
ØAudio: kaset serta CD.

ØAudio-cetak: kaset atauCD audio yg dilengkapi menggunakan teks.

ØProyeksi visual diam: OUTdan film bingkai.

ØProyeksi audio visual:film dan bingkai (slide) bersuara.

ØAudio visual gerak: VCD,DVD, serta W.
ØVisual gerak: film bisu.
ØObjek fisik: Benda nyata,model, serta specimen.
ØKomputer.

G.Sumber Belajar

1.Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun2017. Jakarta: Pusat Kurikulum serta Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

2.Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun2017. Jakarta: Pusat Kurikulum serta Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

3.Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks pada Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK.bandung: Yrama Widya

H.Kegiatan Pembelajaran

PERTEMUAN KE-1 ( 4 X 45 MENIT )
WAKTU
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka serta berdoauntukmemulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai perilaku disiplin
  • Menyiapkan fisik dan psikis peserta didikdalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatanpembelajaran yg akan dilakukan dengan pengalaman siswa menggunakan materi/tema/kegiatansebelumnya, yaitu : Isi teks negosiasi
  • Mengingatkan pulang materi prasyarat menggunakan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yg ada keterkaitannya menggunakan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan citra mengenai manfaat mempelajari pelajaran yg akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
  • Apabila materi / tema / projek ini kerjakandengan baik serta sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik dibutuhkan bisa mengungkapkan tentang materistruktur teks negosiasi : orientasi serta konflik (pengajuan, penawaran, dan persetujuan)
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran dalam rendezvous yangberlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukanmateri pelajaran yg akan dibahas dalam rendezvous ketika itu.
  • Memberitahukan mengenai kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, serta KKM pada pertemuan yangberlangsung
  • Pembagian gerombolan belajar
  • Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajarsesuai menggunakan langkah-langkah pembelajaran.

15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan buat memusatkan perhatian dalam topik materistruktur teks negosiasi : orientasi serta konflik (pengajuan, penawaran, dan persetujuan) dengan cara :
·Melihat (tanpa atau menggunakan alat)
Menayangkan gambar/foto/video mengenai materi struktur teks negosiasi : orientasi serta konflik (pengajuan, penawaran, dan persetujuan)
“Apa yg kalian pikirkan tentang foto/gambar tadi?”
  • Mengamati
Ølembar kerja materi struktur teks negosiasi : orientasi dan konflik (pengajuan, penawaran, dan persetujuan)
Øpemberian model-model materi struktur teks perundingan : orientasi dan konflik (pengajuan, penawaran, serta persetujuan)buat bisa dikembangkan peserta didik, menurut media interaktif, dsb
  • Membaca (dilakukan pada rumah sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung),
membaca materi struktur teks negosiasi : orientasi dan pertarungan (pengajuan, penawaran, serta persetujuan)berdasarkan buku paket atau buku-buku penunjang lain, menurut internet/materi yang herbi lingkungan
  • Mendengar
pemberian materi struktur teks perundingan : orientasi serta pertarungan (pengajuan, penawaran, dan persetujuan)sang guru
·Menyimak,
penjelasan pengantar aktivitas secara garis besar /dunia mengenai materi pelajaranmengenai materistruktur teks negosiasi : orientasi serta konflik (pengajuan, penawaran, dan persetujuan) , untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari keterangan.
vMenulis
Peserta didik menulis resume mengenai apa yang telah dibaca, diamati serta didengarkan menjadi pembiasaan dalam membaca serta menulis (Literasi)

Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik buat mengidentifikasi sebesar mungkin pertanyaan yg berkaitan menggunakan gambar yang tersaji dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, contohnya :
·Mengajukan pertanyaan tentang materi struktur teks perundingan : orientasi dan konflik (pengajuan, penawaran, serta persetujuan)yang tidak dipahami berdasarkan apa yg diamati atau pertanyaan untuk menerima warta tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) buat mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yg perlu buat hidup cerdas serta belajar sepanjang hayat. Misalnya :
ØApa yang dimaksud dengan struktur teks negosiasi : orientasi serta konflik (pengajuan, penawaran, dan persetujuan) ?
ØTerdiri dari apakah struktur teks perundingan : orientasi dan konflik (pengajuan, penawaran, serta persetujuan)tersebut?
ØSeperti apakah struktur teks perundingan : orientasi dan konflik (pengajuan, penawaran, serta persetujuan)tersebut?
ØApa fungsi struktur teks negosiasi : orientasi serta konflik (pengajuan, penawaran, dan persetujuan) ?
ØBagaimanakah materi struktur teks perundingan : orientasi dan konflik (pengajuan, penawaran, serta persetujuan)itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?

Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan kabar yang relevan buat menjawab pertanyan yang sudah diidentifikasi melalui aktivitas:
  • Mengamati obyek/peristiwa,
mengamati dengan seksama materi struktur teks perundingan : orientasi dan konflik (pengajuan, penawaran, serta persetujuan)yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
  • Membaca sumber lain selain kitab teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi struktur teks perundingan : orientasi dan konflik (pengajuan, penawaran, serta persetujuan)yang sedang dipelajari
  • Aktivitas
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi struktur teks perundingan : orientasi dan konflik (pengajuan, penawaran, serta persetujuan)yang sedang dipelajari
  • Wawancara/tanya jawab menggunakan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi struktur teks perundingan : orientasi dan konflik (pengajuan, penawaran, serta persetujuan)yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibuat pada beberapa gerombolan buat:
  • Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi struktur teks negosiasi : orientasi serta konflik (pengajuan, penawaran, dan persetujuan)
  • Mengumpulkan informasi
mencatat semua informasi tentang materi struktur teks perundingan : orientasi dan konflik (pengajuan, penawaran, serta persetujuan)yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materistruktur teks perundingan : orientasi dan konflik (pengajuan, penawaran, serta persetujuan)sesuai dengan pemahamannya
  • Saling tukar berita tentangmateristruktur teks perundingan : orientasi dan konflik (pengajuan, penawaran, serta persetujuan)dengan ditanggapi aktif oleh siswa berdasarkan gerombolan lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yg dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, menggunakan memakai metode ilmiah yg terdapat pada kitab pegangan siswa atau dalam lbr kerja yang disediakan dengan cermat buat menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan kabar melalui banyak sekali cara yg dipelajari, mengembangkan norma belajar serta belajar sepanjang hayat.

Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) serta CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi memasak data output pengamatan dengan cara :
  • Berdiskusi mengenai datadari materi struktur teks perundingan : orientasi dan konflik (pengajuan, penawaran, serta persetujuan)yang telah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
  • Mengolah informasi menurut materi struktur teks perundingan : orientasi dan konflik (pengajuan, penawaran, serta persetujuan)yang telah dikumpulkan berdasarkan hasil aktivitas/rendezvous sebelumnya mau pun hasil menurut aktivitas mengamati dan kegiatan mengumpulkan liputan yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal tentang materi struktur teks negosiasi : orientasi serta konflik (pengajuan, penawaran, dan persetujuan)

Verification
(verifikasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya serta memverifikasi hasil pengamatannya menggunakan data-data atau teori pada kitab asal melalui kegiatan :
  • Menambah keluasan serta kedalaman sampai kepada pengolahan berita yang bersifat mencari solusi menurut berbagai asal yg memiliki pendapat yang tidak sama hingga kepada yg bertentangan untuk berbagi perilaku amanah, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur serta kepandaian induktif serta deduktif pada menerangkan tentang materi : struktur teks negosiasi : orientasi serta konflik (pengajuan, penawaran, dan persetujuan) , antara lain dengan : Peserta didik dan pengajar secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yg sudah dikerjakan oleh siswa.

Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi buat menyimpulkan
·Menyampaikan output diskusitentang materi struktur teks perundingan : orientasi dan konflik (pengajuan, penawaran, serta persetujuan)berupa konklusi dari hasil analisis secara verbal, tertulis, atau media lainnya buat membuatkan perilaku amanah, teliti, toleransi, akal budi sistematis, menyampaikan pendapat menggunakan sopan
·Mempresentasikan output diskusi kelompok secara klasikal mengenai mteri : struktur teks negosiasi : orientasi serta konflik (pengajuan, penawaran, dan persetujuan)
·Mengemukakanpendapatatas presentasi yg dilakukan tentanag materi struktur teks perundingan : orientasi dan konflik (pengajuan, penawaran, serta persetujuan)dan ditanggapi oleh kelompok yg mempresentasikan
·Bertanya atas presentasi mengenai materi struktur teks perundingan : orientasi dan konflik (pengajuan, penawaran, serta persetujuan)yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatanuntuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
·Menyimpulkantentang point-point krusial yg timbul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentangstruktur teks negosiasi : orientasi serta konflik (pengajuan, penawaran, dan persetujuan)
·Menjawab pertanyaan mengenai struktur teks perundingan : orientasi dan konflik (pengajuan, penawaran, serta persetujuan)yang masih ada pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
·Bertanya mengenai hal yg belum dipahami, atau guru melemparkanbeberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan menggunakan materi struktur teks perundingan : orientasi dan konflik (pengajuan, penawaran, serta persetujuan)yang akan terselesaikan dipelajari
·Menyelesaikanuji kompetensi buat materistruktur teks perundingan : orientasi dan konflik (pengajuan, penawaran, serta persetujuan)yang terdapat dalam kitab pegangan siswa atau dalam lbr lerja yg telah disediakan secara individu buat mengecek dominasi anak didik terhadap materi pelajaran

150
menit
Catatan :
Selama pembelajaran struktur teks perundingan : orientasi dan konflik (pengajuan, penawaran, serta persetujuan)berlangsung, guru mengamati perilaku siswa pada pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku amanah, andal menghadapi perkara tanggungjawab, rasa ingin memahami, peduli lingkungan

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume menggunakan bimbingan guru mengenai point-point krusial yang timbul pada aktivitas pembelajaran struktur teks perundingan : orientasi dan konflik (pengajuan, penawaran, serta persetujuan)yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan tempat tinggal buat materi pelajaran struktur teks negosiasi : orientasi serta konflik (pengajuan, penawaran, dan persetujuan) yang baru diselesaikan.
  • Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang wajib mempelajarai pada rendezvous berikutnya pada luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswayang selesailangsung diperiksa buat materi pelajaran struktur teks negosiasi : orientasi serta konflik (pengajuan, penawaran, dan persetujuan) .
  • Peserta didik yangselesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan sahih diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,untuk evaluasi tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran struktur teks negosiasi : orientasi serta konflik (pengajuan, penawaran, dan persetujuan)
  • Memberikan penghargaan buat materi pelajaran struktur teks perundingan : orientasi dan konflik (pengajuan, penawaran, serta persetujuan)kepada gerombolan yg memiliki kinerja serta kerjasama yg baik

15
menit









Pertemuan Ke-2 ( 4 x 45 mnt )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka serta berdoauntukmemulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai perilaku disiplin
  • Menyiapkan fisik dan psikis peserta didikdalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatanpembelajaran yg akan dilakukan dengan pengalaman siswa menggunakan materi/tema/kegiatansebelumnya, yaitu : struktur teks perundingan : orientasi dan konflik (pengajuan, penawaran, serta persetujuan)
  • Mengingatkan pulang materi prasyarat menggunakan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yg ada keterkaitannya menggunakan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan citra mengenai manfaat mempelajari pelajaran yg akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
  • Apabila materi / tema / projek ini kerjakandengan baik serta sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik dibutuhkan bisa mengungkapkan tentang materikebahasaan teks negosiasi : pasangan tuturan dalam teks negosisi serta bahasa yang santun
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran dalam rendezvous yangberlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukanmateri pelajaran yg akan dibahas dalam rendezvous ketika itu.
  • Memberitahukan mengenai kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, serta KKM pada pertemuan yangberlangsung
  • Pembagian gerombolan belajar
  • Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajarsesuai menggunakan langkah-langkah pembelajaran.

15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan buat memusatkan perhatian dalam topik materikebahasaan teks negosiasi : pasangan tuturan dalam teks negosisi serta bahasa yang santun menggunakan cara :
·Melihat (tanpa atau menggunakan alat)
Menayangkan gambar/foto/video mengenai materi kebahasaan teks negosiasi : pasangan tuturan dalam teks negosisi serta bahasa yang santun
“Apa yg kalian pikirkan tentang foto/gambar tadi?”
  • Mengamati
Ølembar kerja materi kebahasaan teks negosiasi : pasangan tuturan dalam teks negosisi serta bahasa yang santun
Øpemberian contoh-contoh materi kebahasaan teks negosiasi : pasangan tuturan dalam teks negosisi serta bahasa yang santun untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
  • Membaca (dilakukan pada rumah sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung),
membaca materi kebahasaan teks negosiasi : pasangan tuturan dalam teks negosisi serta bahasa yang santun dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan
  • Mendengar
pemberian materi kebahasaan teks negosiasi : pasangan tuturan dalam teks negosisi serta bahasa yang santun oleh guru
·Menyimak,
penjelasan pengantar aktivitas secara garis besar /dunia mengenai materi pelajaranmengenai materikebahasaan teks negosiasi : pasangan tuturan dalam teks negosisi serta bahasa yang santun, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari keterangan.
vMenulis
Peserta didik menulis resume mengenai apa yang telah dibaca, diamati serta didengarkan menjadi pembiasaan dalam membaca serta menulis (Literasi)

Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik buat mengidentifikasi sebesar mungkin pertanyaan yg berkaitan menggunakan gambar yang tersaji dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, contohnya :
·Mengajukan pertanyaan tentang materi kebahasaan teks negosiasi : pasangan tuturan dalam teks negosisi serta bahasa yang santun yang tidak dipahami berdasarkan apa yg diamati atau pertanyaan untuk menerima warta tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) buat mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yg perlu buat hidup cerdas serta belajar sepanjang hayat. Misalnya :
ØApa yang dimaksud dengan kebahasaan teks negosiasi : pasangan tuturan dalam teks negosisi serta bahasa yang santun?
ØTerdiri dari apakah kebahasaan teks negosiasi : pasangan tuturan dalam teks negosisi serta bahasa yang santuntersebut?
ØSeperti apakah kebahasaan teks negosiasi : pasangan tuturan dalam teks negosisi serta bahasa yang santun tersebut?
ØBagaimana kebahasaan teks negosiasi : pasangan tuturan dalam teks negosisi serta bahasa yang santun itu bekerja?
ØApa fungsi kebahasaan teks negosiasi : pasangan tuturan dalam teks negosisi serta bahasa yang santun?
ØBagaimanakah materi kebahasaan teks negosiasi : pasangan tuturan dalam teks negosisi serta bahasa yang santun itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?

Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan kabar yang relevan buat menjawab pertanyan yang sudah diidentifikasi melalui aktivitas:
  • Mengamati obyek/peristiwa,
mengamati dengan seksama materi kebahasaan teks negosiasi : pasangan tuturan dalam teks negosisi serta bahasa yang santun yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
  • Membaca sumber lain selain kitab teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi kebahasaan teks negosiasi : pasangan tuturan dalam teks negosisi serta bahasa yang santun yang sedang dipelajari
  • Aktivitas
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi kebahasaan teks negosiasi : pasangan tuturan dalam teks negosisi serta bahasa yang santun yang sedang dipelajari
  • Wawancara/tanya jawab menggunakan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi kebahasaan teks negosiasi : pasangan tuturan dalam teks negosisi serta bahasa yang santun yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibuat pada beberapa gerombolan buat:
  • Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi kebahasaan teks negosiasi : pasangan tuturan dalam teks negosisi serta bahasa yang santun
  • Mengumpulkan informasi
mencatat semua informasi tentang materi kebahasaan teks negosiasi : pasangan tuturan dalam teks negosisi serta bahasa yang santun yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materikebahasaan teks negosiasi : pasangan tuturan dalam teks negosisi serta bahasa yang santun sesuai dengan pemahamannya
  • Saling tukar berita tentangmaterikebahasaan teks negosiasi : pasangan tuturan dalam teks negosisi serta bahasa yang santun dengan ditanggapi aktif oleh siswa berdasarkan gerombolan lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yg dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, menggunakan memakai metode ilmiah yg terdapat pada kitab pegangan siswa atau dalam lbr kerja yang disediakan dengan cermat buat menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan kabar melalui banyak sekali cara yg dipelajari, mengembangkan norma belajar serta belajar sepanjang hayat.

Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) serta CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi memasak data output pengamatan dengan cara :
  • Berdiskusi mengenai datadari materi kebahasaan teks negosiasi : pasangan tuturan dalam teks negosisi serta bahasa yang santun yang telah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
  • Mengolah informasi menurut materi kebahasaan teks negosiasi : pasangan tuturan dalam teks negosisi serta bahasa yang santun yang telah dikumpulkan berdasarkan hasil aktivitas/rendezvous sebelumnya mau pun hasil menurut aktivitas mengamati dan kegiatan mengumpulkan liputan yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal tentang materi kebahasaan teks negosiasi : pasangan tuturan dalam teks negosisi serta bahasa yang santun

Verification
(verifikasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya serta memverifikasi hasil pengamatannya menggunakan data-data atau teori pada kitab asal melalui kegiatan :
  • Menambah keluasan serta kedalaman sampai kepada pengolahan berita yang bersifat mencari solusi menurut berbagai asal yg memiliki pendapat yang tidak sama hingga kepada yg bertentangan untuk berbagi perilaku amanah, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur serta kepandaian induktif serta deduktif pada menerangkan tentang materi : kebahasaan teks negosiasi : pasangan tuturan dalam teks negosisi serta bahasa yang santun, antara lain dengan : Peserta didik dan pengajar secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yg sudah dikerjakan oleh siswa.

Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi buat menyimpulkan
·Menyampaikan output diskusitentang materi kebahasaan teks negosiasi : pasangan tuturan dalam teks negosisi serta bahasa yang santun berupa konklusi dari hasil analisis secara verbal, tertulis, atau media lainnya buat membuatkan perilaku amanah, teliti, toleransi, akal budi sistematis, menyampaikan pendapat menggunakan sopan
·Mempresentasikan output diskusi kelompok secara klasikal mengenai mteri : kebahasaan teks negosiasi : pasangan tuturan dalam teks negosisi serta bahasa yang santun
·Mengemukakanpendapatatas presentasi yg dilakukan tentanag materi kebahasaan teks negosiasi : pasangan tuturan dalam teks negosisi serta bahasa yang santun dan ditanggapi oleh kelompok yg mempresentasikan
·Bertanya atas presentasi mengenai materi kebahasaan teks negosiasi : pasangan tuturan dalam teks negosisi serta bahasa yang santun yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatanuntuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
·Menyimpulkantentang point-point krusial yg timbul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentangkebahasaan teks negosiasi : pasangan tuturan dalam teks negosisi serta bahasa yang santun
·Menjawab pertanyaan mengenai kebahasaan teks negosiasi : pasangan tuturan dalam teks negosisi serta bahasa yang santun yang masih ada pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
·Bertanya mengenai hal yg belum dipahami, atau guru melemparkanbeberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan menggunakan materi kebahasaan teks negosiasi : pasangan tuturan dalam teks negosisi serta bahasa yang santun yang akan terselesaikan dipelajari
·Menyelesaikanuji kompetensi buat materikebahasaan teks negosiasi : pasangan tuturan dalam teks negosisi serta bahasa yang santun yang terdapat dalam kitab pegangan siswa atau dalam lbr lerja yg telah disediakan secara individu buat mengecek dominasi anak didik terhadap materi pelajaran

150
menit
Catatan :
Selama pembelajaran kebahasaan teks negosiasi : pasangan tuturan dalam teks negosisi serta bahasa yang santun berlangsung, guru mengamati perilaku siswa pada pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku amanah, andal menghadapi perkara tanggungjawab, rasa ingin memahami, peduli lingkungan

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume menggunakan bimbingan guru mengenai point-point krusial yang timbul pada aktivitas pembelajaran kebahasaan teks negosiasi : pasangan tuturan dalam teks negosisi serta bahasa yang santun yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan tempat tinggal buat materi pelajaran kebahasaan teks negosiasi : pasangan tuturan dalam teks negosisi serta bahasa yang santun yang baru diselesaikan.
  • Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang wajib mempelajarai pada rendezvous berikutnya pada luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswayang selesailangsung diperiksa buat materi pelajaran kebahasaan teks negosiasi : pasangan tuturan dalam teks negosisi serta bahasa yang santun.
  • Peserta didik yangselesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan sahih diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,untuk evaluasi tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran kebahasaan teks negosiasi : pasangan tuturan dalam teks negosisi serta bahasa yang santun
  • Memberikan penghargaan buat materi pelajaran kebahasaan teks negosiasi : pasangan tuturan dalam teks negosisi serta bahasa yang santun kepada gerombolan yg memiliki kinerja serta kerjasama yg baik

15
menit



I.Penilaian, Pembelajaran Remedialdan Pengayaan

1.Teknik Penilaian (terlampir)

a.Sikap

-Penilaian Observasi

Penilaian observasi berdasarkan pengamatan perilaku danperilaku siswa sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaranmaupun secara generik. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contohinstrumen penilaian sikap

No
Nama Siswa
Aspek Perilaku yang Dinilai
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
BS
JJ
TJ
DS
1
Endah
75
75
50
75
275
68,75
C
2

...
...
...
...
...
...
...


Keterangan :

•BS :Bekerja Sama

•JJ : Jujur

•TJ :Tanggun Jawab

•DS :Disiplin

Catatan:

1.aspekperilaku dinilai menggunakan kriteria:

100 =Sangat Baik

75=Baik

50 =Cukup

25 =Kurang

2.skormaksimal = jumlah sikap yg dievaluasi dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400

3.skor perilaku =jumlah skor dibagi jumlah perilaku yg dievaluasi = 275 : 4 = 68,75

4.kode nilai /predikat :

75,01 – 100,00= Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00= Baik (B)

25,01 – 50,00 = Cukup (C)

00,00 –25,00= Kurang (K)

5.format diatas dapat diubah sinkron dengan aspek perilaku yang ingin dinilai

-Penilaian Diri

Seiring menggunakan bergesernya pusat pembelajaran menurut gurukepada siswa, maka siswa diberikan kesempatan buat menilaikemampuan dirinya sendiri. Namun supaya evaluasi tetap bersifat objektif, makaguru hendaknya menyebutkan terlebih dahulu tujuan menurut evaluasi diri ini, menentukankompetensi yg akan dinilai, lalu menentukan kriteria evaluasi yg akandigunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya formatpenilaiannya disiapkan sang pengajar terlebih dahulu. Berikut Contohformat evaluasi :



No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Selama diskusi, saya ikut dan mengusulkan ide/gagasan.
50

250
62,50
C
2
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota menerima kesempatan buat berbicara.

50
3
Saya ikut dan pada membuat kesimpulan hasil diskusi grup.
50

4
...
100




Catatan :

1.skorpenilaian Ya = 100 dan Tidak = 50

2.skormaksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400

3.skor perilaku =(jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50

4.kode nilai /predikat :

75,01 – 100,00= Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00= Baik (B)

25,01 – 50,00 = Cukup (C)

00,00 –25,00= Kurang (K)

5.format diatas bisa jua digunakan buat menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan

-Penilaian Teman Sebaya

Penilaian ini dilakukan menggunakan meminta peserta didikuntuk menilai temannya sendiri. Sama halnya menggunakan penilaian hendaknya gurutelah mengungkapkan maksud serta tujuan evaluasi, membuat kriteria evaluasi, danjuga memilih format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian temansebaya:

Nama yang diamati :...

Pengamat :...

No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Mau mendapat pendapat teman.
100

450
90,00
SB
2
Memberikan solusi terhadap perseteruan.
100

3
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok.

100
4
Marah saat diberi kritik.
100

5
...

50


Catatan :

1.skorpenilaian Ya = 100 serta Tidak = 50 buat pernyataan yang positif, sedangkanuntuk pernyataan yg negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100

2.skormaksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = lima x 100 = 500

3.skor perilaku =(jumlah skor dibagi skor aporisma dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00

4.kode nilai /predikat :

75,01 – 100,00= Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00= Baik (B)

25,01 – 50,00 = Cukup (C)

00,00 –25,00= Kurang (K)

-Penilaian Jurnal(Lihatlampiran)

b.Pengetahuan

-Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda(Lihat lampiran)

-TesLisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab serta Percakapan

PraktekMonolog atau Dialog

Penilaian Aspek Percakapan

No
Aspek yg Dinilai
Skala
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
25
50
75
100
1
Intonasi







2
Pelafalan




3
Kelancaran




4
Ekspresi




5
Penampilan




6
Gestur






-Penugasan(Lihat Lampiran)

TugasRumah

a.peserta didik menjawab pertanyaan yangterdapat dalam kitab peserta didik

b.peserta didik memnta indikasi tangan orangtuasebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik

c.peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugasrumah yg sudah dikerjakan buat menerima penilaian.

c.Keterampilan

-Penilaian Unjuk Kerja

Contoh instrumen evaluasi unjuk kerja bisa dipandang padainstrumen penilaian ujian keterampilan berbicara menjadi berikut:

Instrumen Penilaian

No
Aspek yg Dinilai
Sangat
Baik
(100)
Baik
(75)
Kurang
Baik
(50)
Tidak
Baik
(25)
1
Kesesuaian respon menggunakan pertanyaan




2
Keserasian pemilihan kata




3
Kesesuaian penggunaan tata bahasa




4
Pelafalan





Kriteria penilaian (skor)

100 = SangatBaik

75= Baik

50 =Kurang Baik

25 = TidakBaik

Caramencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skormaksimal dikali skor ideal (100)

Instrumen Penilaian Diskusi

No
Aspek yg Dinilai
100
75
50
25
1
Penguasaan materi diskusi




2
Kemampuan menjawab pertanyaan




3
Kemampuan memasak kata




4
Kemampuan menuntaskan masalah






Keterangan :

100 = SangatBaik

75= Baik

50 =Kurang Baik

25 = TidakBaik

-Penilaian Proyek(Lihat Lampiran)

-Penilaian Produk(Lihat Lampiran)

-Penilaian Portofolio

Kumpulan seluruh tugas yang sudah dikerjakan siswa,misalnya catatan, PR, dll

InstrumenPenilain

No
Aspek yg Dinilai
100
75
50
25
1





2





3





4






2.Instrumen Penilaian (terlampir)

a.Pertemuan Pertama

b.Pertemuan Kedua

c.Pertemuan Ketiga

3.Pembelajaran Remedial serta Pengayaan

a.Remedial

Bagi siswa yangbelum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru sanggup memberikansoal tambahan contohnya sebagai berikut :
1)Jelaskan tentang Sistem Pembagian KekuasaanNegara!

2)Jelaskan tentang Kedudukan serta FungsiKementerian Negara Republik Indonesia serta Lembaga Pemerintah Non Kementerian!

3)Jelaskan tentang Nilai-nilai Pancasila dalamPenyelenggaraan pemerintahan!


CONTOH PROGRAM REMIDI

Sekolah:……………………………………………..

Kelas/Semester:……………………………………………..

Mata Pelajaran:……………………………………………..

Ulangan Harian Ke :……………………………………………..

Tanggal Ulangan Harian:……………………………………………..

Bentuk Ulangan Harian:……………………………………………..

Materi Ulangan Harian:……………………………………………..

(KD / Indikator):……………………………………………..

KKM:……………………………………………..


No
Nama Peserta Didik
Nilai Ulangan
Indikator yang Belum Dikuasai
Bentuk Tindakan Remedial
Nilai Setelah Remedial
Keterangan
1






2






3






4






5






6






dst







b.Pengayaan

Guru memberikan nasihatagar permanen rendah hati, karena telah mencapai KKM (Kriteria KetuntasanMinimal). Pengajar menaruh soal pengayaan menjadi berikut :

1)Membaca kitab -buku mengenai Nilai-nilai Pancasiladalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yg relevan.

2)Mencari berita secara online tentang Nilai-nilaiPancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

3)Membaca surat kabar, majalah, dan kabar onlinetentang Nilai-nilai Pancasila pada kerangka praktik penyelenggaraanpemerintahan Negara

4)Mengamati pribadi tentang Nilai-nilai Pancasiladalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yg terdapat dilingkungan sekitar.

Mengetahui,……………., ………

KepalaSekolahGuru Mata Pelajaran

………………………….……………………………

………………………….

UNDUH FILE WORD RPP TEKS NEGOSIASI KLIK //drive.google.com/open?Id=1KUIPjhXp3mfNjs63MagMpXqr9EiXcHxc

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel