SEJARAH ADANYA KAPAL SELAM DI DUNIA

Kapal selam merupakan kapal yang bergerak di bawah permukaan air, umumnya dipakai buat tujuan serta kepentingan militer. Sebagian besar Angkatan Laut memiliki dan mengoperasikan kapal selam sekalipun jumlah dan populasinya masing-masing negara tidak sama. Selain dipakai untuk kepentingan militer, kapal selam juga digunakan buat ilmu pengetahuan laut dan air tawar dan buat bertugas pada kedalaman yg nir sesuai buat penyelam insan.
sejarah kapal selam pertama di dunia ditemukan oleh Seorang penemu menurut Nuremberg pada Jerman bernama Keyser tahun 1465 dilaporkan telah merancang sebuah bahtera yg dapat menyelam dalam air. Tetapi yang secara sadar merancang sebuah kapal yang menyelam buat menghindari musuh adalah seseorang inggris yang kreatif, William Bourne.
Pada tahun 1578 beliau membuat planning kapal selam dengan relatif rinci. Dilengkapi menggunakan tangki-tangki (ballast) yang bisa pada isi air dan pada kosongkan lagi untuk mengapung. Namun rancangan ini tidak mewujudkan secara nyata, melainkan hanya pada tuangkan dalam kitab Inventions of Devices. Padahal sistem tanki balas tersebulah yg pada lalu hari sebagai suatu kunci terpenting dalam kapal selam.

dalam perkembangan sejarah kapal selam pada global Seorang investor Belanda bernama Cornelius Drebbel, 50 tahun kemudian memberanikan diri mewujudkan sebuah kapal selam yg berbentuk seperti 2 perahu yg di susun yang pada tutup menggunakan kulit agar rapat air. Lubang-lubang dayungannya jua dibuat sedemikian rupa sehingga tidak kemasukan air . Drebbel tidak memakai sistem ballast kapal, melainkan dengan pemberat biasa seperti besi agar perahunya menyelam.
Pada 1620 ia mendemokan kapal selam di sungai Themes di London, dan syahdan pada situ dia dikabarkan sudah memakai pipa serta katup buat memasukkan udara bersih ke kabin dan mengeluarkan udara kotor. Sehingga beliau adalah pioner pemakaian schnorkel, alat kapal selam terbaru yg pada temukan jua sang orang Belanda 3 abad kemudian, Adapula orang Prancis, de Son yg membantu membuat kapal selam buat membantu Belanda dalam perang dengan inggris tahun 1652-54. Kapalnya di buat di Rotterdam, diperkuat menggunakan tombak-tombak besi pada tabrakkan ke kapal musuh. De Son mengkalim kapalnya bisa mengaramkan 100 kapal musuh setiap harinya dan bisa mencapai kepulawan jajahan belanda pada Indonesia hanya pada enam pekan saja, Namun kenyataannya, kapal tadi tidak mampu berkecimpung serta hanya menjadi tontonan saja.
Selang 30 tahun lalu pada sejarah kapal selam, seseorang pastor Italia Giovanni Alfonso Borelli pada 1680 jua merancang kapal selam yg di gerakkan menggunakan dayung dan memakai kantung-kantung pengapung dari kulit kambing . Pastor itu merancang kapal lantaran sebagai ilmuan ia ingin mengamati kehidupan dalam bahari dengan kapalnya. Namun rancangan itu permanen tinggal di atas kertas, dan baru mewujud waktu orang inggris, Nethaniel Symons mengkopinya tahun 1747 serta menguji perahunya di S. Themes. Laporan pada masa itu menyebutkan kapal ini bisa bertahan di dalam air selama 45 mnt.
Seorang produsen kapal Inggris lainnya bernama kapalnya Day pada 1773 berhasil menyelamkan kapalnya sedalam 30 kaki. Ia menggunakan pemberat batu yg dapat di tanggal dari pada kapal. Setahun kemudian beliau mencoba lagi di perairan yg lebih dalam, Day bersama awaknya menyelamkan kapal mereka dalam kedalaman 132 kaki tanpa memperhitungkan bahaya tekanan air yg makin dalam. Kapal beserta awaknya tidak ada kepermukaan, dan usaha buat menolong mereka gagal lantaran cuaca kemudian memburuk. Di duga kapal selam Day tergencet tekanan air, dan ini adalah kecelakaan fatal pertama sejarah kapal selam.
Dalam bepergian sejarahnya yang telah relatif panjang tadi, penggunaan kapal selam dengan tujuan militer buat menenggelamkan kapal musuh, pertama kali pada uji coba dalam 1776 sang seorang pejuang kemerdekaan Amerika, David Bushnel. Lawannya merupakan AL Kerjaan Inggris yg paling bertenaga pada global. Tatkala Revolusi Amerika dimulai pada tahun itu, Inggris pun menggunakan kekuatan lautnya memblokade Amerika. Untuk menebus dan melawan blokade itulah Bushnell membuat kapal selam yg dinamainya Turtle.
Kapal selam mini ini direncanakan untuk menyerang musuh menggunakan mendekatinya menurut pada air, kemudian melekatkan peledak dalam tubuh kapal lawan. Dengan memicu pemicu ledak selesainya 30 mnt bom itu dilekatkan, dibutuhkan kapal selam mini itu sudah menghindar cukup jauh apabila musuh mengejarnya.
Pada bulan Agustus 1776, kapal selam yg diawaki Sersan Ezra Lee tersebut di tugaskan buat menyerang kapal perang Inggris HMS Eagle yang pada lengkapi menggunakan 64 pucuk meriam, yang adalah kapal bendera Laksamana Earl Howe. Kapal Perang ini bertugas memblokade New York.
Namun Ezra merupakan orang pertama pada sejarah yang menyerang musuh dengan kapal selam, tidak begitu beruntung. Karena orang inggris keburu mengetahui dan mengejarnya menggunakan sekoci. Ezra pun melepaskan peledaknya serta bom itu meletus di depan para pengejarnya sehingga Ezra berhasil Lolos.
Dua kali percobaan menyerang menggunakan kapal selam dilakukan lagi, namun gagal semua. Pada perang Inggris versus Amerika tahun 1812-13, Bushnell mencoba menyerang lagi dengan dengan Turtle yg telah di tingkatkan. Sasaran kali ini frigat inggris HMS Ramillies yang berada pada perairan Connecticut. Awak kapal selam ini berhasil merapat pada bawah kapal inggris itu serta berusaha melubangi lunasnya buat menempatkan peledak.
Pada saat ini tahun inggris akan meluncurkan kapal selam terbarunya, Kamis (16/12/10) di Barrow-in-Furness di Cumbria. Kapal selam berbiaya 1,2 miliar poundsterling atau sekitar Rp22,5 triliun itu diklaim sebagai kapal selam terbesar Inggris di dunia.
Kapal selam bernama Ambush ini mempunyai ukuran 50 persen lebih besar menurut pendahulunya, Swiftsure dan Trafalgar. Panjangnya sekitar 291 kaki, setara menggunakan panjang lapangan sepak bola. Berakibat kapal selam airbush menjadi kapal selam terbesar di dunia.
Hebatnya, kapal selam terbesar ini sanggup membarui air bahari sebagai oksigen serta air tawar sehingga mampu mempertahankan 98 kru-nya permanen hayati. Selain itu, kapal selam ini jua nyaris tidak bersuara sehingga tidak gampang dideteksi musuh.
Sonar serta radar kapal selam Ambush sanggup mendeteksi kapal lain yg berjarak 3.000 nautikal mil (lima.556 kilometer). Jadi, bila berada di wilayah bahari yg memisahkan Inggris dengan Perancis, kapal selam ini sanggup mendeteksi kapal yg berada pada New York, Alaihi Salam.
Kapal selam ini tidak butuh pengisian ulang bahan bakar dan mampu menyerang menggunakan misilnya hingga sejauh 1.000 mil (1.609 kilometer). Yang terhebat, misi kapal selam biasanya hanya 10 minggu, namun secara teori kapal selam ini mampu bertahan pada pada air tanpa perlu muncul ke bagian atas seumur hidupnya, 25 tahun.
Ambush nantinya akan membawa 38 misil, yakni misil penjelajah Tomahawk yg punya daya jelajah hingga 1.240 mil (1.996 kilometer). Selain itu, kapal selam ini pula akan dilengkapi menggunakan torpedo kelas berat buat menghancurkan kapal serta kapal selam lain.
Mesinnya yang bertenaga nuklir bisa menggerakkan kapal menggunakan kecepatan sampai 20 knot, memungkinkan kapal menempuh jeda 500 mil (805 kilometer) sehari. Saking besarnya, energi nuklirnya dikatakan sanggup menghidupi seluruh kota Southampton.
Ambush akan diluncurkan dan dinamai secara resmi oleh Lady Anne Soar, istri Kepala Panglima Angkatan Laut Sir Trevor Soar. Selanjutnya, kapal selam ukuran 7.400 metrik ton ini akan diujicobakan.
Sekadar diketahui, kapal selam ini mampu membawa 98 kru. Selain itu, Ambush pula dilengkapi gudang yang sanggup menyimpan makanan buat kebutuhan selama 3 bulan, terdiri dari 18.000 sosis serta 4.200 bungkus sereal Weetabix.
Referensi:
//warta-kapal.blogspot.com/2011/11/mengenal-sejarah-kapal-selam.html
//id.wikipedia.org/wiki/Kapal_selam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel