SEJARAH AWAL BERDIRI NEGARA ARAB SAUDI

Negara Arab Saudi adalah keliru satu negara pada Dunia Islam yang cukup strategis, terutama karena pada negara tersebut terdapat Baitullah di Makkah yg sebagai sentra ibadah haji kaum Muslim seluruh dunia. Apalagi bepergian Islam nir sanggup dilepaskan menurut wilayah Arab Saudi. Sebab, pada sanalah Rasulullah saw. Lahir dan Islam bermula hingga sebagai peradaban besar global. Arab Saudi juga tak jarang sebagai rujukan pada global pendidikan Islam lantaran pada negara tadi terdapat beberapa universitas seperti King Abdul Aziz pada Jeddah dan Ummul Qura di Makkah yg sebagai loka belajar banyak pelajar Islam dari seluruh global.
Pemerintah Saudi bermula menurut bagian tengah semenanjung (jazirah) Arab yakni dalam tahun 1750 waktu Muhammad bin Sa’ud bersama dengan Muhammad bin Abdul Wahhab bekerja sama buat memurnikan kepercayaan Islam yg lalu dilanjutkan sang Abdul Aziz Al Sa’ud atau Abdul Aziz Ibnu Su’ud menggunakan menyatukan semua daerah Hijaz yang dulu dikuasai oleh Syarif Husain menggunakan Najd.
Pada tahun 1902 Abdul Aziz menguasai Riyadh dari penguasa Al-Rashid, kemudian Al-Ahsa kemudian daerah nejed antara tahun 1913-1926. Pada tanggal 8 Januari 1926, Abdul Aziz menjadi penguasa daerah Najd. Dengan menandatangani perjanjian di Jeddah pada lepas 20 Mei 1927 Arab Saudi menyatakan kemerdekaannya. Pada tahun 1936 daerah itu diresmikan menjadi Kerajaan Arab Saudi.
Referensi:
//marihanafiah.wordpress.com/2008/08/11/sejarah-arab-saudi/
//www.indoforum.org/t79391/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel