SEJARAH BERDIRI BOYBAND SUPER JUNIOR SUJU

Sejarah Berdiri BoyBand Super Junior (SUJU)- Super Junior, biasa disingkat SJ atau kadang SuJu, merupakan sebuah boyband asal Korea Selatan jebolan SM Entertainment (punya Lee Soo Man). Jumlah personelnya ada banyak, yaitu 13 orang.
Awalnya grup ini cuma beranggotakan 12 orang, yaitu Leeteuk (leader), Heechul, Hankyung (satu-satunya berdasarkan China), Yesung, Kangin, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Shiwon, Ryeowook dan Kibum, tetapi semenjak bulan Mei 2006, ditambah lagi satu anggota yaitu Kyuhyun, sampai Super Junior kini berjumlah 13 orang.
Semua member SuJu ini masuk ke SM lewat audisi-audisi yg dilakukan oleh SM. Setelah menjalani pelatihan-training yang lama , akhirnya mereka debut dalam tahun 2005 (tanpa Kyuhyun) dengan membawakan single pertama mereka TWINS (Knock Out) pada lepas 6 November 2005 pada SBS Ingigayo. Hingga kini lepas 6 November jadi disebut sebagai Hari Super Junior, dan tiap tahunnya dirayakan bersama fans.
Fans? Kalau sebutan fans Dong Bang Shin Ki artinya Cassiopeian, maka sebutan bagi fans SuJu adalah E.L.F, kependekan menurut Ever Lasting Friends... Fanclub resmi didirikan dalam tahun 2006.
Dan warna perwakilannya adalah Mutiara Biru Safir... Atau Pearl Sapphire Blue... Jadi jangan heran kalo terdapat SuJu, samudera biru safir akan terlihat....
Tadinya gerombolan ini mau dibikin sebagai grup rotasi, jadi nantinya akan ada member baru, dan member yg lama keluar, bahkan Super Junior dulunya bernama Super Junior 05, nanti ada Super Junior 06 serta seterusnya, tapi setelah penambahan Kyuhyun itu, Super Junior akhirnya jadi gerombolan permanen, beranggotakan 13 orang serta embel-embel 05 dihilangkan. Dan hingga kini nama mereka permanen Super Junior
Tahun 2005.
Pada tanggal 8 November 2005, dirilis sebuah single digital berisi lagu TWINS, You Are the One, dan tiga track tambahan. Dan dalam tanggal 5 Desember 2005 dirilis album lengkap yang diberi nama Super Junior 05 (TWINS). Album debut pertama mereka ini terjual 28.536 copy serta menduduki posisi ke-tiga pada chart Desember 2005. Di bulan yang sama, SuJu berkolaborasi menggunakan gerombolan "se-pabrik" mereka, Dong Bang Shin Ki (DBSK) membawakan lagu Show Me Your Love...
Show Me Your Love adalah lagu buat menyambut Natal, dan sebagai lagu paling laku selama Desember, dan single ini terjual nyaris 50.000 copy pada kurun waktu kurang dari 30 hari.
Setelah promo TWINS dan Show Me Your Love terselesaikan, mereka melanjutkan menggunakan single ke 2, Miracle, di bulan Februari 2006 (masih tanpa Kyuhyun). Video musik lagu ini dibentuk pada saat animo dingin loh... Disaat cuaca dingin, dan bibir pun terasa beku... SuJu menggunakan pakaian yang tipis, dan permanen berjingkrak-jingkrak happy, menari serta menyanyi. Dalam MV, gak keliatan banget kalo mereka lagi kedinginan.... Bener-bener hebat!! Profesional... ^^
Single Miracle ini berhasil menduduki posisi pertama pada banyak sekali chart musik Korea serta chart musik Thailand. Single ini pula adalah single terakhir bagi Super Junior menggunakan embel-embel 05.
Tahun 2006
Bulan Mei 2006, lepas 23, Kyuhyun resmi ditambahkan menjadi anggota ke-13 dan beserta-sama menggunakan 12 member lainnya, mereka merilis single terkini yaitu U. Single tadi dirilis secara online serta dapat didownload secara perdeo pada tanggal 25 Mei 2006. U telah didownload sebanyak 400.000 kali dalam saat lima jam sesudah dirilis serta akhirnya melebihi 1,7 juta kali download, hingga-sampai server situs tersebut menjadi gangguan.
Lalu versi CD dari U ini dirilis lepas 6 Juni 2006 serta terjual lebih menurut 81.000 copy sampai tahun 2007.
U berada di posisi pertama selama 5 minggu berturut-turut pada 2 program musik top Korea. Lagu U itu kemudian menerima Mutizen Award pada SBS Ingigayo dalam minggu ke 2 perilisannya serta bertahan selama tiga minggu berturut-turut dapet Mutizen Award. Selain itu dapat penghargaan lain di M.net's M! Countdown... Selama dua minggu.
Setelah promo U berakhir, SuJu lalu merilis single Dancing Out pada lepas 20 Juli 2006. Single ini merupakan single trend panas yg dimasukkan dalam album 06 Summer SM Town. Single ini jua menerima dua penghargaan begitu dirilis.
Super Junior total menerima lebih menurut 7 penghargaan pada lima ajang penghargaan musik top pada Korea, keliru satunya Best New Group.
Mendekati tahun 2007, subgrup pertama dibuat.
Subgrup Super Junior K.R.Y (Kyuhyun, Ryeowook, Yesung) dibentuk dalam lepas 5 November 2006. Tiga orang member yg tergabung dalam subgrup ini dikenal memiliki kemampuan vokal paling baik... Aliran musiknya ballad, RnB. Subgrup ini tidak punya album resmi, mereka hanya berpartisipasi dalam album kolaborasi atau soundtrack drama.
Tahun 2007
Februari 2007, subgrup ke 2 dibuat, Super Junior T (Trot). Dengan jumlah personel 6 orang, yaitu Leeteuk, Heechul, Kangin, Shindong, Sungmin, serta Eunhyuk, mereka membawakan lagu-lagu beraliran trot. Dibentuknya kelompok ini bertujuan buat menerangkan bahwa Super Junior mampu membawakan lagu jenis lain selain pop yang biasa mereka bawakan, jua untuk mengajak balik anak muda buat menikmati musik jenis trot...
Sugbgrup ini merilis single Rokkugo pada tanggal 23 Februari 2007. Tanggal 25-nya, mereka resmi debut di SBS Ingigayo, membawakan lagu Rokkugo serta Chot Cha bersama menggunakan penyanyi trot Bang Shilyi. Debut subgrup mereka ini juga menandai kembalinya Kim Hee Chul sehabis kecelakaan mobil yang menimpanya pada lepas 10 Agustus 2006 sesudah Heechul menghadiri pemakaman Ayah Donghae pada Mokpo.
Rokkugo menduduki posisi pertama pada chart musik tiga hari selesainya dirilis. Dan 2 bulan lalu menduduki posisi pertama pada stasiun musik berbasis Tahiland serta bertahan selama beberapa minggu.
Single ini terjual hampir 46.000 copy dan sebagai single terlaris pada Korea tahun itu.
Car Accident
Tanggal 19 April 2007, 4 member Super Junior mengalami kecelakaan hebat setelah melakukan program radio Super Junior Kiss the Radio, pada pukul 1 pagi... Mobil yang mereka tumpangi terguling lantaran mengalami ban pecah setelah supir mengemudikan kendaraan beroda empat dengan kecepatan tinggi.
Kyuhyun, anggota termuda dan terbaru yang duduk sempurna dibelakang pak supir, mengalami luka paling parah, beliau mengalami patah tulang pinggul, patah tulang iga, dan beberapa luka memar dan luka gores di wajah, bahkan ketika dibawa ke rumah sakit pun beliau perlu bantuan oksigen, karena paru-parunya mengalami pendarahan. Kyuhyun bahkan sempat mengalami koma. Kyuhyun pada rawat selama 78 hari, masuk tempat tinggal sakit lepas 19 April dan keluar lepas lima Juli.
Leeteuk, leader dan juga anggota tertua mengalami luka yang parah pula, tapi tidak separah Kyuhyun. Teukky terkena pecahan kaca di seluruh punggungnya serta pada kurang lebih matanya. Total Teukky wajib mendapat 170 jahitan. Teukky keluar berdasarkan rumah sakit pada tanggal 30 April, ad interim Eunhyuk dan Shindong boleh pulang dalam lepas 23 April.
Karena kondisi Kyuhyun yang nir memungkinkan, Kyuhyun jadi tidak ikut berpartisipasi dalam lagu Haengbok (Full of Happiness) yang dimasukkan pada album 07 Summer SM Town.
Super Junior jua merilis film perdana mereka berjudul Attack on the Pin Up Boys, sebuah film bergenre lawak remaja... Ceritanya mengenai laki-laki -pria anggun yg diserang teroris. Karena telah ada tiga korban, maka anak-anak sekolah jadi berharap mereka diserang teroris pula. Kalau diserang teroris berarti mereka diakui jikalau mereka pria anggun (OK).
Karena Kyuhyun masih sakit, maka dia jua tidak ikut berpartisipasi pada film pertama mereka. Leeteuk juga hanya tampil pada MV Wonder Boys nya saja... Total penampilan Leeteuk yang wajahnya nongol ke bagian atas cuma lima dtk. Untuk pertanda bila dia merupakan si panda. Padahal sebenarnya panda itu dimainkan sang Ryeowook.
Film ini terbilang gagal di pasaran, kalo gak keliru saat itu ditayangkan bersamaan menggunakan film D-War, dan film-film berbudget tinggi, sementara film ini cuma film sederhana.
Versi DVD yang dirilis SM justru laris pada Korea serta pada mancanegara, bahkan penjualannya lebih menurut cukup buat menutupi kerugian 8.500.000.000 Won.
Setelah proyek film selesai, SuJu kemudian melanjutkan menggunakan proyek album ke-2 mereka. Harusnya album ini dirilis setahun yg lalau, berhubung Heechul kecelakaan ditambah kecelakaan yang menimpa 4 member, akhirnya album ini tertunda.
Album ke-2 ini diberi judul Don't Don, sama dengan judul lagu andalan mereka. Dirilis lepas 21 September 2007. Super Junior pulang tampil lengkap ber-13 pada KBS MUsic Bank. Dan dalam tiga hari semenjak dirilis, album Don't Don ini berhasil melampaui nomor penjualan 11.000 copy serta debut di posisi pertama bersaing ketat menggunakan Lee Soo Young. Don't Don jadi album terlaris sepanjang bulan September. Sejumlah 60.000 copy album dikirim minggu pertama dan lalu dicetak ulang. Setelah 3 bulan dipasarkan, Don't Don terjual 164.058 copy, membuatnya jadi album terlaris.
Namun buat album terlaris sepanjang tahun 2007 hanya menduduki urutan ke-dua, kalah berdasarkan SG Wannabe dengan The Sentimental Chord-nya.
Penampilan mereka pada album ke-dua ini relatif menciptakan shock... Gaya mereka berubah drastis berdasarkan awalnya TWINS bergaya rock, pindah ke Miracle jadi lucu-lucu serta imut, beralih lagi ke gaya dewasa di U, pindah ke Don't Don jadi gaya-gaya punk atau apa itu?? Rambutnya poly yg dicat agak-relatif putih, baju-bajunya jua, kesannya gelap lah pokoknya!! Tapi emang, lagunya yg berisi tentang issue-issue sosial, menggunakan paduan musik serta tarian mereka... Jadi lagu favorit gw sepanjang masa.... Hot!!!
Baru sementara waktu promo, Super Junior mengalihkan promo mereka ke single berikutnya, Marry U yang bergenre ballad dan RnB... Dengan balutan jas putih.... Semuanya tampil manis serta romantis, jauh dari kesan garang pada lagu Don't Don.
Super Junior memperoleh tiga menurut 7 nominasi di ajang penghargaan M.net/KM Music Festival (MKMF). SuJu jua menerima penghargaan menjadi Best Artist of the Year (Daesang Award) yg adalah penghargaan tertinggi di ajang tadi.
Oh iya, pada lagu Don't Don itu terdapat seorang pemain biola yang ikut tampil. Namanya Henry Lau, E.L.F heboh waktu itu, bertanya-tanya apakah ada penambahan member ke-14?? E.L.F menentang keras adanya penambahan member. Dengan membawa jargon "Only 13", E.L.F kompakan buat demo pada depan tempat kerja SM Entertainment. E.L.F bahkan bekerja sama buat patungan beli saham SM Entertainment. Tetapi, lantaran rata-rata E.L.F merupakan anak sekolahan, saham mereka hanya lebih kurang 0,3%, tidak relatif kuat buat memberi impak bagi SM.
Akhirnya SM mengumumkan dibentuknya sub gerombolan baru, Super Junior M yang nantinya dikhususkan buat menembus pasar China, serta SM mengumumkan adanya penambahan member lagi, member ke-15, Zhou Mi. Dibentuknya subgrup baru ini, ditambah dengan adanya member lain, mengakibatkan kontroversi di antara fans. Terlepas menurut itu semua, SuJu M kini sukses-sukses saja di China, bahkan jadi boyband paling populer di China. SuJu M ini terdiri menurut Hankyung (yang China itu, dia jadi leader), Shiwon, Ryeowook, Donghae, Kyuhyun, serta 2 member baru, Henry Lau serta Zhou Mi. Grup ini resmi dibentuk tangal dua Oktober 2007 membawakan lagu andalan, Me.
Tahun 2008
5 orang member aktif pada China, supaya member yg masih pada Korea gak kehilangan job, maka subgrup dibentuk lagi, Super Junior Happy, biasa dianggap Supi atau SuJu- H. Terdiri dari Leeteuk (jadi leader juga), Yesung, Kangin, Shindong, Sungmin serta Eunhyuk. Hampir sama menggunakan SuJu-T, cuma posisi Heechul diganti ma Yesung. Subgrup ini membawakan lagu-lagu menggunakan jenis musik Bubblegum-pop yang ceria, membawa kebahagiaan bagi yang mendengarkannya...
SuJu-H ini tampil pertama kali pada Dream Concert tanggal tiga Mei 2008, namun ta’aruf resmi menjadi sebuah subgrup dilakukan dalam tanggal 30 Mei 2008 sang SM lewat website Newsen. Mini albumnya, Cooking? Cooking!, dirilis tanggal 5 Juni 2008.
Setelah Super Junior mengalami kesuksesan selama kurang lebih 3 tahun, Super Junior menggelar tur Asia pertama mereka bertajuk Super Show the 1st Asia Tour. Tur mereka ini dimulai berdasarkan lepas 22 Mei 2008. Digelar pada beberapa kota pada Asia, seperti Seoul, Beijing, Bangkok, Shanghai, Nanjing, dll. Tiap konsernya sukses besar ... Bahkan kabarnya, putri Thailand jua ikut nonton Super Show pada Bangkok...
Tanggal 8 dan 9 Juli, perluasan Super Junior ke Jepang dilakukan menggunakan menggelar Premium Live Event di Nippon Budokan, Tokyo, sebagai seremoni atas dibukanya fansite Jepang resmi tanggal 1 April 2008. Tiket 12.000 buat penonton, terjual habis!!!
Tanggal dua Agustus, Super Junior datang ke Genting, Malaysia untuk menghadiri MTV Music Award (MAA --> yang bikin gw jadi dewas!! Ckckckc....). SuJu datang sebagai tamu istimewa beserta-sama dengan The Pussycat Dolls, One Republic, dll, dan satu-satunya perwakilan dari Korea. Mereka menenangkan Favorite Artist Korea disana...
Tahun 2009
Selesai menggelar Super Show di semua negara tujuan, dan selesainya Super Show Encore pada bulan Januari 2009, Super Junior bersiap buat meluncurkan album ke-3 mereka...
Album ketiga ini dirilis tanggal 12 Maret 2009 menggunakan lagu andalan Sorry, Sorry yg tariannya sekarang jadi demam isu, mulai dari pemain sepakbola, bapak-bapak kantoran, pemain volley perempuan , jua menarikan Sorry, Sorry.
Sorry, Sorry mendapatkan 4 Mutizen Award di SBS Ingigayo serta 6 menurut KBS Music Bank... Setelah sukses menggunakan Sorry, Sorry, Super Junior mengeluarkan album Repackage nya menggunakan 4 lagu tambahan, dan Neorago (It's You) lagu andalannya... Neorago hanya menerima 2 Mutizen di SBS serta KBS....
Sukses menggunakan album ketiga mereka, Super Show dua digelar di Olympic Stadium Seoul selama tiga hari menurut tanggal 17 Juli sampai 19 Juli 2009...
Tak terdapat bangku kosong yang E.L.F sisakan di tiap konser Super Junior...
Selang 2 minggu, Premium Live Event ke-dua jua digelar pada Jepang...
Tanggal 18 September kemudian, Super Junior sukses juga menggelar SuShow dua nya pada Hongkong (pertama kali pada HK, tahun lalu HK tak masuk list kota tujuan SuShow). Dan esok harinya, lepas 19 September mereka kemballi ke Seoul buat tampil di Asia Song Festival... (yg bikin heboh, cuz E.L.F Indonesia dalam ngiri ma Agnes... Ckckckc...). Super Junior memenangkan Best Asian Singer pada ASF itu...
SuShow 2 akan digelar lagi lepas 18 Oktober nanti di Shanghai..
Kritikan
Sebagai sebuah gerombolan dan artis, Super Junior tak lepas berdasarkan kritikan. Banyak yg mengungkapkan kalo Super Junior kurang memiliki kualitas vokal... Kritik parah mereka peroleh saat tampil pada MBC Music Core dalam bulan Juli 2006. Di acara itu dipastikan semua tampil Live, tapi Super Junior tampil lipsync... Fans mencoba membela SuJu dengan mengungkapkan kalo Heechul sedang sakit. Tetapi yang mengkritik gak mampu nerima gitu aja, SuJu kan ada 13 member, 1 orang sakit gak perlu mereka semua jadi lipsync.
Walaupn poly yg mengkritik, Super Junior tetap aja terkenal, fansnya makin poly serta makin banyak lagi.... Dan buat pertanda kalo Super Junior itu mampu menyanyi, Super Junior comeback dengan membawakan lagu Don't Don secara LIVE!!! (pada KBS Music Bank) Wooowww... Lagu bertempo cepat tapi dibawakan dengan Live, walau gw sendiri liat Sungmin agak kehabisan napas, overall bagusss.... SuJu jjang! SuJu jjang! SuJu jjang!!
Dari 30 lagu yang mereka bawakan waktu konser pun, hanya 6 lagu yg dibikin lipsync, sisanya LIVE.... Menciptakan Super Junior bisa sambutan positif atas konser mereka....
Awards
2006.06.25 SBS Inkigayo Mutizen Song
2006.07.06 Mnet M!Countdown 1st Place
2006.07.09 SBS Inkigayo Mutizen Song
2006.07.16 SBS Inkigayo Mutizen Song
2006.07.20 Mnet M!Countdown 1st Place
2006.08.20 SBS Inkigayo Mutizen Song
2006.08.31 Mnet M!Countdown 1st Place
2006.10.31 The 13th Korean Television Arts Festival - Male Group Award
2006.11.08 The 7th Korean Visual Arts Festival - Photogenic Group Award
2006.11.25 2006 Mnet KM Music Festival (MKMF) - Best New Group
2006.12.01 The 16th MTV Seoul Gayo Daesang - Best New Group
2006.12.01 The 16th MTV Seoul Gayo Daesang - Mobile Popularity Award
2006.12.14 The 21st M.net Golden Disk Awards - Best New Group
2006.12.14 The 21st M.net Golden Disk Awards - PAVV Most Popular Music Video
2006.12.22 Jukeon Digital Music Awards - Best New Group
2006.12.29 SBS Gayo Daejeon - Best New Male Group
2007.01.31 The 2nd Asia SEED Awards (Thailand) - Best New Asian Artist
2007.08.21 2007 Mnet 20's Choice - Most Popular Group
2007.08.21 2007 Mnet 20's Choice - Best Performance
2007.08.21 2007 Mnet 20's Choice - Best Good Looking Guy (HeeChul)
2007.08.21 070821 2007 Mnet 20's Choice – Best Bad Guy (KangIn)
2007.08.21 070821 2007 Mnet 20's Choice - Best Dresser On The Blue Carpet
2007.11.17 071117 2007 MKMF - Auction Popularity Award
2007.11.17 071117 2007 MKMF - Mobile Popularity Award
2007.11.17 071117 2007 MKMF - Artist Of The Year
2007.12.14 2007 Golden Disk Award - Best New Group
2007.12.14 2007 Golden Disk Award - Golden Awards
2007.12.17 2007 QQ Tencent (China) - Asian Best Group
2008.01.18 2007 Asian Model Award - Asian Special Arts Department
2008.01.31 2008 Gayo Daejeon - Mobile Popularity Award
2008.01.31 2008 Gayo Daejeon - Artist of the Year
2009.03.27 KBS Music Bank Mutizen Song
2009.03.29 SBS Inkigayo Mutizen Song
2009.04.05 SBS Inkigayo Mutizen Song
2009.04.09 Mnet M!Countdown 1st place
2009.04.12 SBS Inkigayo Mutizen Song
2009.04.23 Mnet M!Countdown 1st place
2009.04.24 KBS Music Bank Mutizen Song
2009.04.26 Channel V The best of Asian Pop
2009.05.01 KBS Music Bank Mutizen Song
2009.05.08 KBS Music Bank Mutizen Song
2009.05.15 KBS Music Bank Mutizen Song
2009.05.22 KBS Music Bank Mutizen Song
2009.06.07 SBS Inkigayo Mutizen Song
2009.09.19 Asian Music Festival - Asian Best Singer
Referensi:
//mydelusion.multiply.com/journal/item/79/Sejarah_Singkat_Nan_Panjang_Super_Junior?&show_interstitial=1&u=%2Fjournal%2Fitem
's>'s>,sorry>,sorry>,sorry>,sorry>,sorry>,sorry>,sorry>,sorry>,sorry>,sorry>

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel