SEJARAH DAN PERKEMBANGAN WEB JOOMLA

Sejarah Dan Perkembangan Web Joomla - Joomla adalah software buat manajemen konten web atau acapkali jua di sebut dengan CMS ( Content Management System ). Konten yg mampu di tangani Joomla antara lain publikasi web, mengedit web, menghapus web serta lain-lain. CMS waktu ini semakin terkenal kemudahan pada menggunakannya.
Dahulu bila kita ingin membuat web, kita wajib bersusah payah belajar bahasa pemrograman web misalnya ASP, PHP, serta Java. Dengan adanya CMS khususnya Joomla, orang umum dapat menciptakan web menggunakan gampang dan cepat. CMS yang sejenis Joomla banyak, diantaranya Mamboo, PHPNuke, AuraCMS serta masih poly yg lainnya.
Asal istilah Joomla sendiri berasal menurut istilah Swahili yang mengandung arti "kebersamaan".
Secara garis akbar dan gamblang, Joomla! Terdiri dari tiga elemen dasar, yaitu server web (webserver), skrip PHP dan basisdata MySQL. Server web diasumsikan terhubung dengan Internet/Intranet yg berfungsi sebagai penyedia layanan situs. Skrip PHP terdiri dari kode acara dalam bahasa PHP dan basisdata adalah tempat penyimpanan konten. Joomla menggunakan Apache sebagai server web dan MySQL buat basisdatanya.
Pertamakali, pengguna meminta akses terhadap halaman Joomla dengan mengeksekusi URL dalam browser web yang kemudian terhubung menggunakan server web. Permintaan ini yg pada istilah teknis lebih dikenal dengan query string selain masih ada URL jua mengandung parameter konten (section, category, ID article serta lain-lain). Berdasarkan parameter tadi, sistem skrip Joomla melakukan hubungan dengan basisdata dan mengambil konten yg dimaksud berdasarkan parameternya. Terakhir, konten dan templat (template) digabung bersama dan kembali menjadi page html, gambar, css dan javascript.
Paket Joomla! Terdiri berdasarkan beberapa bagian yg terpisah dan termodul yang sangat fleksibel, bisa dengan mudah dikembangkan serta diintegrasikan. Sebagai model "plugins" WikiBot yg memperbolehkan penulis pada Joomla memakai "Wikitags" pada bagian artikel yg fungsinya secara otomatis membuat pranala bergerak maju ke artikel Wikipedia pada ketika ditampilkan. Ada lebih tersedia 1,700 "plugins" yg secara resmi didelegasikan sang OpenSourceMatters tersedia di //extensions.joomla.org/ serta ketika ini secara resmi dipindahkan ke //joomlacode.org dengan dukungan server yg lebih lengkap.
17 September 2005 merupakan sejarah awal diluncurkannya Joomla pertama kali. Versi
awal ditetapkan 1.0.0 yang sangat mirip menggunakan mambo 4.lima.2.3
Andrew Eddie saat itu menjadi Pimpinan Tim Inti Pengembang Mambo sampai agustus
2005 memilih meninggalkan Mambo menggunakan menulis surat terbuka pada komunitas dan
diumumkan pada forum mamboserver.com. Selanjutnya Tim pengembang ini menciptakan situs
opensourcematters.com buat mendistribusikan warta ke seluruh pengembang,
desain web dan komunitas.
Pengembangan Joomla sejak versi 1.0.0 sampai ke versi 1.0.15 mengalami laju
pertumbuhan yg luar biasa hingga menjadi kiblat pengembangan website yang
paling gampang serta paling banyak didukung sang pengembang pihak ke-3. Sampai pada
sekitar tahun 2007 Tim menetapkan pengembangan joomla 1.lima.X yg memiliki
persamaan dan perbedaan yg relatif jauh. Dan ketika ini versi Joomla sudah mencapai 2.5.4
Referensi:
//www.kudaliar.com/sejarah-joomla-dan-perkembangannya/
//www.ahmadyunus.com/section-blog/43-membuat-website-menggunakan-joomla-15/66-sejarah-jomla.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel