SEJARAH AWAL TERCIPTANYA MOTOR HARLEY DAVIDSON

Sejarah Awal Terciptanya Motor Harley Davidson - Debutnya dimulai dari kaleng bekas buat mesin. Persaingan menggunakan sepeda motor bikinan Jepang, membuatnya harus mengganti pola manajemen agar sanggup kembali bangkit dari krisis. Inilah perjuangan Harley Davidson, yg lebih berdasarkan 100 tahun sebagai ikon maskulinitas.
Sejarah motor Harley-Davidson dimulai di Milwaukee dalam tahun 1903. Saat itu, Bill Harley dan Arthur Walter Davidson yg berbagi sebuah motor satu silinder. Dan hebatnya, seseorang membelinya ! Pada tahun 1905, mereka kemudian berhasil menciptakan 11 unit motor, pada tahun 1908 semakin tinggi menjadi 154 motor….akhirnya mereka memiliki sebuah pabrik motor, yang awalnya hanya terbuat berdasarkan papan, kebetulan yang membuat adalah ayah menurut Davidson. Pabrik mini ini kemudian berkembang, galat satu anggota famili Davidson, William, kemudian ikut bergabung. Akhirnya mereka merekrut 20 orang karyawan, buat memenuhi kebutuhan tenaga kerja.
Tahun 1909, Bill Harley menciptakan proyek mesin V twin 1000 cc. Kala itu mesin ini bisa membentuk 7 horsepower. Mesin dengan konfigurasi V-twin 45 derajat menjadi karakteristik spesial menurut motor Harley-Davidson.
Tahun 1910, adalah awal pemasangan logo yang legendaries “Bar and Shield” di motor Harley-Davidson. Pada tahun ini, beberapa lomba balap motor, ketahanan motor serta lomba naik bukit dimenangkan oleh Harley-Davidson.
Tahun 1912 dicirikan dengan pertumbuhan yang pesat menurut pabrik motor Harley-Davidson. Pada ketika itu, mulai dibangun 6 pabrik baru, bahkan dalam ketika itu sudah mulai dilakukan ekspor ke Jepang. Di Amerika Serikat sendiri sudah berdiri lebih berdasarkan 200 dealer penjualan motor Harley Davidson.
Tahun 1914 mulai diperkenalkan sidecar.
Tahun 1915 mulai diperkenalkan transmisi sliding gear tiga kecepatan. Tahun 1917, satu berdasarkan 3 motor dikirim buat kepentingan Militer Amerika Serikat. Pada tahun berikutnya, jumlah yg dikirim buat kepentingan militer malah semakin tinggi menjadi 50 % dari total produksi. Pada akhir tahun itu, diperkirkan lebih dari 20.000 unit motor Harley-Davidson yang dipakai oleh pihak militer.
Tahun 1918, Harley-Davidson merupakan pabrik motor terbesar pada global. Namun lalu datanglah masa suram bagi Harley-Davidson, yaitu saat harga mobil semakin murah (lahirnya kendaraan beroda empat tipe T-Ford), dan poly orang menilai motor telah ketinggalan jaman.
Tahun 1920, diperkenalkan tanki tipe tear drop, menggantikan tanki yang menggantung pada backbone. Pada tahun 1926, motor dengan satu silinder kemudian muncul lagi, setelah produksinya berhenti pada tahun 1918. Pada tahun 1928, pertama kali diperkenalkan mesin Twin-cam dan rem roda depan di motor Harley-Davidson. Dengan perubahan ini, motor bisa dipacu sampai 85 mil per jam.
1930 mulai diperkenalkan motor trike (roda 3) sebagai motor Service-Car, bahkan banyak yg dipakai untuk kepentingan komersil serta kepentingan bagi kepolisian. Pada saat itu, logo sayap elang mulai digambar pada tangki, beberapa perubahan jua dilakukan pada sector mesin.
Tahun 1936 sangat istimewa bagi Harley-Davidson, lantaran pada waktu itu lahirlah mesin 1340 cc. Mesin ini lalu diaplikasikan ke Harley-Davidson tipe Knucklehead. Pada tahun 1947, tipe Panhead pertama kali diluncurkan berdasarkan pabrik, menandai Harley-Davidson menjadi satu-satunya motor bangsa Amerika.
Tahun 1940-an, merupakan masa-masa patriotic bagi Harley-Davidson, lantaran seluruh produksi ditujukan buat membantu pihak militer berperang. Bahkan dalam tahun 1941, produksi Harley-Davidson buat sipil dilarang, semua produksi diarahkan pada buat kebutuhan militer.
Pada tahun 1945, produksi motor buat konsumsi sipil dibuka pulang. Harley-Davidson membeli pabrik tua A.O. Smith Propeller Plant, spesifik buat pembuatan mesin. Mesin ini lalu dikirim ke pabrik usang di Juneau Avenue buat dirakit. Pada tahun 1949, system hidrolik rem depan diperkenalkan pada model Hydra-Glide.
Tahun 1950-an adalah tahun yang buruk bagi Harley-Davidson. Saat itu Inggris menguasasi 40 % pangsa pasar dengan motor contoh Triumph. Tapi untunglah, pada tahun 1957, Sporster sudah lahir, merupakan motor Harley tercepat menurut yg sudah ada selama itu.
Tahun 1969, adalah saat saat Harley-Davidson melakukan merger menggunakan American Machine and Foudry Compaly (AMF). Namun kualitas yg didapatkan sangat menurun, sebagai akibatnya produk Super Glide dan SLCR Caferacer dalam tahun 1970 mendapat nama yang jelek. Kemudian manjemen Harley Davidson berhasil keluar menurut merger dan bertekad menghasilkan motor yang terkini namun permanen bercirikan Harley-Davidson.
Awal tahun 1970-an merupakan periode revolusi bagi Harley Davidson. Tahun 1971, tipe cruiser telah lahir yg bercirikan dengan mesin yang sporti namun sasis dan penggerak permanen memakai produk tipe Flathead. Tahun 1973, operasi perakitan dipindah ke lokasi baru pada Pennsylvania. Tahun 1975, Harley-Davidson memperoleh penghargaan AMA dalam ajang Grand National Championships lomba dirt track. Tahun 1977,diperkenalkan FXS Low Rider serta LHS Electra Glide. FXS adalah tipe posisi loka duduk yg rendah (sebagai akibatnya dikenal dengan istilah : Low Rider).
Tahun 1980, diperkenalkan FLT dengan lima kecepatan dan perubahan penggunaan belt dengan menggunakan merek Kevlar.
Pada tahun 1982, Harley-Davidson menerapkan system Materials as Needed (MAN) di line produksinya. Sistem ini mengurangi biaya produksi dan meningkatkan kualitas. Tahun 1983, pertama kali diperkenalkan H.O.G yg disupport sang Harley-Davidson. Tahun 1984, diperkenalkan contoh Softail.
Tahun 1987, Harley Davidson melakukan listing di bursa saham New York Stock Exchange. Pada waktu itu, diperkenalkan tipe FXSTS Springer Softail, yang adalah motor klasik 1340 cc dalam era modern.
Pada tahun 1990-an, diperkenalkan desain Fat Boy. Nama Fat Boy sendiri diambil dari kombinasi nama pesawat pembom yang menjatuhkan bom atom pada Hirosima serta Nagasaki, yaitu berdasarkan pesawat pembom : “Fat man” serta “Little Boy”.
Tahun 1991 dipernalkan FXDB Dyna Glide Sturgis. Tahun 1994 merupakan masa Harley-Davidson masuk ke era contoh Superbike menggunakan meluncurkan tipe : VR1000. Tipe VR1000 dicirikan menggunakan doble overhead cam serta pendingin mesin cair.
Tahun 1996 dibuka pabrik di Franklin, Winconsin buat Asesories serta Art Part motor Harley-Davidson. Pada tahun yg sama, kemudian menambah fasilitas Pusat Pengembangan Produk di Milwoukee. Tahun 1997, pabrik baru di Kansas City, pertama kali membentuk model Sporter baru. Tahun 1998, dibuka pabrik perakitan di Brazil, yang menghasilkan produk tipe Softail dengan fuel injection.
Saat ini pada Amerika Serikat, Harley-Davdson menguasai 62 % pangsa pasar motor dengan cc diatas 850 cc.
Referensi:
//ch0ky.wordpress.com/2007/10/31/sejarah-motor-harley/
//era90.blogspot.com/2010/04/sejarah-singkat-motor-harley-davidson.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel