SEJARAH AWAL BERDIRI KLUB ARSENAL THE GUNNERS

Sejarah Awal Berdiri Klub Arsenal (THE GUNNERS) - Arsenal F.C. (biasa dipanggil The Gunners) merupakan sebuah klub sepak bola papan atas di Inggris yang berbasis di London Utara, London.
Arsenal didirikan pada daerah Woolwich, bagian tenggara kota London pada 1886 dengan nama Dial Square, kemudian menggunakan cepat berganti nama menjadi Royal Arsenal. Tahun 1891 nama mereka diganti menjadi Woolwich Arsenal. Pada tahun 1913, klub ini pindah ke utara, yaitu ke Stadion Highbury, yang menjadi markas mereka sampai Mei 2006. Saat pindah lapangan, nama depan klub mereka, yaitu Woolwich dihapus sehingga hanya nama Arsenal yang tersisa. Selain itu karena dekat menggunakan markas Tottenham Hotspur, maka tidak heran bila pertandingan Arsenal vs Tottenham Hotspur disebut “North London derby“.

Kejayaan Arsenal pertama kali diawali oleh pelatih Herbert Chapman yg melatih pada tahun 1925-1935 dan berhasil menjuarai beberapa kompetisi domestik Inggris (Piala FA, titel Liga Utama, serta Charity Shield) sekaligus mendominasinya. Sedangkan prestasi terbaik Arsenal di Eropa pertama kali terjadi pada musim 1969/70, pada ajang Fairs Cup (pendahulu Pala UEFA). Arsenal sebagai kampiun buat pertama kalinya dan sekaligus terakhir di ajang Fairs Cup (Fairs Cup diganti Piala UEFA semenjak musim 1971/72) sehabis berhasil mengalahkan R.S.C. Anderlecht dengan agregat 4-3 yang pada waktu itu klub ini dilatih oleh Bertie Mie. Sepanjang tahun 1980an Arsenal berhasil menambah koleksi Arsenal dengan beberapa gelar domestik.
Di tahun 1991, Arsenal menjadi kampiun beserta menggunakan Tottenham di Community Shield sehabis output kedudukan imbang. Prestasi Arsenal di Eropa pulang membaik setelah dalam tahun 1994, ditangan pelatih George Graham, Arsenal kembali juara di kancah Eropa sehabis mengalahkan Parma FC menggunakan skor 1-0. Arsenal berhasil pulang ke final dalam tahun berikutnya, 1995, namun kali ini dikalahkan olehReal Zaragoza dengan skor dua-1.
Kedatangan instruktur Arsene Wenger ke Arsenal pada tahun 1996 berhasil menciptakan Arsenal kembali berjaya serta berhasil merusak penguasaan Manchester United di Liga Utama Inggris saat itu. Arsenal berhasil sebagai runner-up di ajang Piala UEFA pada tahun 2000 sesudah melawan Galatasaray lewat adu penalti 4-1. Pada musim 2003-2004 hingga awal musim 2004-2005, Arsenal berhasil mencetak rekor 49 pertandingan tak terkalahkan serta mematahkan rekor milik Nottingham Forest F.C. (42 kali) yg adalah rekor tak terkalahkan terpanjang pada pada sejarah sepakbola Inggris. Pada musim 2005-2006, Arsenal pulang meraih prestasi pada kancah Eropa dengan sebagai finalis Liga Champions sesudah dikalahkan  FC Barselona dua-1 pada Stade de France, Paris.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel