SEJARAH ASAL USUL AWAL SISTEM OPERASI ANDROID

Sejarah Asal Usul Awal Sistem Operasi Android - Android merupakan sistem operasi yg berbasis Linux buat telepon seluler misalnya telepon pintar dan personal komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat membentuk pelaksanaan mereka sendiri buat dipakai oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. Membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian buat berbagi Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium menurut 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, serta telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, serta Nvidia.

Pada ketika perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android beserta Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan baku terbuka dalam perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android pada bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak serta standar terbuka perangkat seluler.

Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).Sejarah Dari Android Inc.

Pada Juli 2005, Google berafiliasi dengan Android Inc., perusahaan yg berada pada Palo Alto, California Amerika Serikat. Para pendiri Android Inc. Bekerja dalam Google, di antaranya Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Saat itu banyak yang menduga fungsi Android Inc. Hanyalah sebagai aplikasi dalam telepon seluler. Sejak saat itu muncul rumor bahwa Google hendak memasuki pasar
telepon seluler. Di perusahaan Google, tim yg dipimpin Rubin bertugas berbagi program perangkat seluler yang didukung oleh kernel Linux. Hal ini menampakan pertanda bahwa Google sedang bersiap menghadapi persaingan pada pasar telepon seluler.

Produk Awal Android
Sekitar September 2007 sebuah studi melaporkan bahwa Google mengajukan hak paten pelaksanaan telepon seluler (akhirnya Google mengenalkan Nexus One, keliru satu jenis telepon pandai GSM yang memakai Android dalam sistem operasinya. Telepon seluler ini diproduksi oleh HTC Corporation serta tersedia di pasaran dalam 5 Januari 2010).

Pada 9 Desember 2008, diumumkan anggota baru yang bergabung pada acara kerja Android ARM Holdings, Atheros Communications, diproduksi sang Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp, dan Vodafone Group Plc. Seiring pembentukan Open Handset Alliance, OHA mengumumkan
produk perdana mereka, Android, perangkat bergerak (mobile) yang merupakan modifikasi kernel Linux 2.6. Sejak Android dirilis sudah dilakukan banyak sekali pembaruan berupa pemugaran bug serta penambahan fitur baru.

Telepon pertama yang memakai sistem operasi Android adalah HTC Dream, yg dirilis dalam 22 Oktober 2008. 

Pada kuartal ke 2 tahun 2013 ini, sistem operasi Android masih menguasai pangsa pasar menggunakan market-share 79 %, naik berdasarkan 64,dua persen pada kuartal ke 2 tahun 2012.

NAMA YANG UNIK
Google selalu memakai nama dessert atau kuliner epilog buat setiap sistem operasinya. Uniknya, pengguna nama Android berurutan sesuai abjad, yaitu C, D, E, F, G, H, I, J, serta K. Sebagai pengecualian, sistem Android pertama yaitu Android 1.0 dan 1.1 nir menggunakan abjad A dan B sebagai nama depannya. Setelah Key Lime Pie, Android akan mengincar kuliner penutup yg berawalan “L”. Beberapa kuliner penutup yg menggunakan huruf L serta cukup terkenal di Alaihi Salam adalah Lemon Marange Pie,
Lemon Cheesecake, atau Lollipop.

Berikut sejarah nama-nama Android :

1. Android versi 1.0 - 1.1
(tanpa nama)Pada Oktober 2008, HTC adalah penghasil pertama yg memakai sistem operasi Android 1.0 pada HTC Dream (T-Mobile G1 pada versi Alaihi Salam). Update Android versi 1.1 dirilis pada Februari 2009.

2. Android 1.5 Cupcake
Android 1.lima Cupcake adalah sistem operasi Android versi pertama yg sahih-sahih memamerkan kekuatan platformnya. Cupcake adalah kudapan manis mini yang sangat populer di seluruh global. Biasanya cupcake dibentuk dalam wadah berbentuk cetakan serta disajikan menggunakan frosting pada atasnya. Cupcake itu mengawali penamaan sistem operasi Android dengan nama dessert atau kuliner epilog.

3. Android 1.6 Donut
Google meluncurkan Android versi 1.6 Donut dalam September 2009. Sistem operasi itu memperbaiki bug OS yang tak jarang reboot menggunakan fitur foto serta video dan integrasi pencarian yg lebih baik. Donut jua mendukung berukuran layar yg lebih besar dan memiliki fitur navigasi turn-by-turn. Donat merupakan kuliner atau kue menggunakan lubang di tengahnya dan cokelat di atasnya.

4. Android dua.0 - 2.1 Eclair
Android dua.0 Eclair dirilis pada Oktober 2009 dengan versi dua.0.1 dalam Desember 2009 dan Android 2.1 pada Januari 2010. Eclair mempunyai fitur tambahan, yaitu Bluetooth 2.1, flash, kamera menggunakan digital zoom,
multi-touch, live wallpaper dan lainnya. Eclair merupakan kuliner yang berbentuk persegi panjang dengan krim di tengah dan lapisan cokelat pada atasnya.

5. Android dua.2 - 2.2.tiga Froyo  
 Google meluncurkan Android 2.2 Froyo dalam Mei 2010 menggunakan peningkatkan kecepatan serta pengadopsian Javascript berdasarkan browser Google Chrome. Froyo adalah kependekan dari Frozen Yoghurt. Froyo adalah yoghurt yang sudah mengalami proses pendinginan sebagai akibatnya terlihat sama seperti es krim. 

6. Android dua.3 - 2.4 Gingerbread
Pada 7 Desember 2010, Google secara resmi mengumumkan ponsel pintar Samsung Nexus S menggunakan sistem operasi Android 2.tiga Gingerbread sekaligus menjadikannya menjadi smartphone pertama yg mengadopsi Gingerbread. Gingerbread memiliki fitur tambahan SIP internet calling, kemampuan nirkabel NFC, dukungan buat sensor giroskop, fitur download manager serta sejumlah tweak untuk penggunaan di tablet.gingerbread merupakan kue jahe atau cookie menggunakan rasa khas jahe. Kue itu sering dibuat untuk merayakan liburan akhir tahun di Alaihi Salam dan dibentuk misalnya bentuk manusia.

7. Android 3.0 - tiga.dua Honeycomb
Honeycomb dirilis dalam Februari 2011, lalu disusul cepat menggunakan Honeycomb versi 3.1 serta 3.dua. Android versi ini khusus dan benar-benar dioptimalkan buat tablet.honeycomb adalah sereal cantik yang terkenal semenjak 1965 serta berupa sereal jagung dengan rasa madu yang berbentuk sarang lebah.

8. Android 4.0 Ice Cream Sandwich
Ice Cream Sandwich adalah sistem operasi Android buat smartphone, tablet, serta lainnya. Google memperkenalkan Ice Cream Sandwich pada 19 Oktober 2011 menggunakan kemampuan primer yaitu pengoptimalan multitasking, poly notifikasi serta layar beranda yang dapat disesuaikan. Ice Cream Sandwich adalah lapisan es krim berupa vanila menggunakan 2 cookies cokelat berbentuk persegi panjang.

9. Android 4.1 - 4.2 Jelly Bean
Google meluncurkan Android 4.1 Jelly Bean dalam konferensi Google l/O 27 Juni 2012. Jelly Bean merupakan sistem operasi Android tercepat, termudah, dan terhalus, dibanding sistem operasi Android lainnya. Tampilan antarmuka Jelly Bean jauh lebih keren dibanding Ice Cream Sandwich. Pada 29 Oktober 2012, Google mengumumkan ketersediaan Android 4.2 Jelly Bean dengan peningkatkan kecepatan dan mencakup semua fitur baru misalnya Photo Sphere serta desain pelaksanaan kamera terbaru, keyboard Gesture Typing, Google Now serta lainnya. Jelly Bean adalah sejenis permen yang pula populer serta acapkali disebut kacang jeli.

10. Android 5.0 Key Lime Pie
Menurut rumor, Google akan meluncurkan sistem operasi Android modern Key Lime Pie dalam konferensi Google l/O tahun ini. Perkembangan terakhir, Key Lime Pie akan mempunyai fitur Bluetooth Smart, sebuah fitur Bluetooth yang hemat daya baterai. Key Lime Pie adalah kuliner epilog khas Amerika yang terbuat dari jus jeruk nipis, kuning telur serta susu kental dalam pie crust manis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel