SEJARAH ASAL USUL MASUKNYA PASTA GIGI ATAU ODOL DI INDONESIA

Sejarah Asal Usul Masuknya Pasta Gigi atau Odol di Indonesia - Merk pasta gigi bernama ’Odol’ yg amat tersohor di zaman dahulu, termasuk di tanah air kita yg kala itu masih di bawah penjajahan Belanda. Pasta gigi menggunakan wadah berwarna biru muda sanggup menggeser pemakaian tumbukan batu-bata dan bubuk butir pinang (areca nut) yang kala itu masih banyak digunakan penduduk kita buat menggosok gigi.
Seperti layaknya menggunakan kata-istilah bahasa Belanda lainnya, rakyat kesulitan buat mengucapkan kata tandpasta (tand = gigi) ini. Alhasil, diambillah jalan termudah dengan menyebut nama merknya, yaitu ’odol’.
Pada gambar terlihat dua model iklan zaman baheula pasta gigi ’Odol’ ini. Iklan yg di sebelah kiri bertuliskan Mooi Tanden yg bermakna ’gigi geligi yg latif’, sedangkan iklan kuno pada sebelah kanan bertuliskan zahnpasta yang merupakan kata bahasa Jerman dengan makna yg sama.
Ya, nampaknya ’Odol’ ini diproduksi di Jerman, tetapi tidak selaras menggunakan di Indonesia yg telah usang tidak beredar lagi, di negara asalnya hingga waktu ini pasta gigi ’Odol’ ini masih tetap eksis. Bahkan pasta gigi ’Odol’ ini juga dipasarkan di daerah negara-negara Eropa misalnya Ceko, Hungaria, Belanda dan sebagainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel