SEJARAH AWAL ADANYA POS RONDA DI INDONESIA

Sejarah Awal Adanya Pos Ronda pada Indonesia - Mungkin sebagian telah ada yg tahu apa itu Post Ronda, serta saya sebagai mimin websejarah akan memberitahu pada sebagian yang tidak tahu apa itu Pos Ronda. Post Ronda merupakan sebuah tempat penjagaan, umumnya di setiap kampung yg terdapat pada Indonesia masih ada Pos Ronda serta para penjaga yang melakukan ronda setiap malamnya berkeliling melihat lebih kurang kampungnya melihat apakah pada kampugnya kondusif.

Tahu Tidak pos ronda berawal dari pos-pos penjaga pada jaman kolonial. Ketika itu pos jaga berfungsi sebagai perpanjangan dari menara-menara berdasarkan kekuasaan kolonial buat mengekang mobilitas pribumi. Fungsinya lebih seperti pos supervisi terhadap pribumi yg melewati wilayah eksklusif. Hal serupa juga terjadi ketika Jepang berkuasa di Indonesia.

Tapi sejak era kemerdekaan bekas pos-pos penjagaan Belanda atau Jepang diambil alih sang pribumi. Pengambilalihan itu disertai menggunakan perubahan fungsi. Bila pada era sebelumnya penguasa kolonial yang mengawasi pribumi, maka sejak era kemerdekaan orang Belanda atau Jepang yg diawasi.

Gardu mengalami perubahan fungsi lagi pada era presiden Soeharto berkuasa. Gardu lagi-lagi sebagai perpanjangan tangan kekuasaan. Keberadaan gardu mengukuhkan bentuk militerisme pada bungkus yang lebih sederhana dan terasa merakyat. Soeharto menerapkan model pertahanan semesta yang berfungsi sebagai pendukung legitimasi kekuasaaannya menggunakan dalih Sistem Keamanan Lingkungan (Sisklamling).

Referensi:
//boscopas.blogspot.com/2013/05/inilah-sejara-pos-ronda-kamling.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel