SEJARAH TERCIPTA MOBIL TOYOTA AVANZA DI INDONESIA

Sejarah Tercipta Mobil Toyota Avanza pada Indonesia - Siapa yg nir kenal menggunakan brand mobil avanza keluaran dari keliru satu perusahaan mobil terbesar pada dunia yaitu Toyota. Avanza pada Indonesia telah menjadi primadona dan dicari poly orang karena kendaraan beroda empat ini tergolong relatif baik serta berkelas namun menggunakan harga yang masih relatif terjangkau. Untuk itu mimin catatansejarah bakalan menguak tentang kendaraan beroda empat avanza tesebut. Mari disimak ya pembaca catatansejarah.

Semenjak dilahirkan pada Gaikindo Auto Expo (sekarang diklaim Indonesia International Motor Show) pada 2003, nama MPV yang satu ini terus dikenal sang masyarakat Indonesia. 

Inilah MPV Toyota Avanza. Meski lahir di Indonesia, nama Avanza yg dalam bahasa Inggris Advance ini asal menurut bahasa latin yg adalah 'maju'.� 

Saat Avanza lahir, harganya cukup murah dibandingkan dengan kendaraan beroda empat MPV merek lainnya. Bagaimana tidak harga Avanza dalam saat peluncurannya ditaksir hanya berkisar Rp 80 - Rp 90 juta on the road Jakarta.

Avanza di pasar MPV tanah air pun terus menerangkan kesuksesannya, bahkan kini Toyota Avanza menjadi tunggangan penumpang berkategori MPV paling banyak di jalanan Indonesia.

Data penjualan Gaikindo pun menunjukan MPV merek Avanza terpampang angka urut satu setiap bulannya. Di akhir 2004 versi khusus menurut Avanza (S Type) diluncurkan menggunakan menggunakan mesin VVT-i.

Dan sampai sekarang PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku pemegang merek Avanza terus menghadirkan Avanza dengan varian transmisi tidak sama pada setiap tipenya (G M/T, G
A/T, S M/T, S A/T, E M/T dan akan mengikuti E A/T pada ketika beberapa bulan kedepan). 

Lebih menurut itu, konsumen pun rela berlama-usang menunggu hingga tiba ke garasi rumah sampai tiga-4 bulan lamanya. Meski harganya sekarang melonjak hampir 100 % buat varian teratas.

Namun apa sebenarnya di kembali kesuksesan Toyota Avanza saat permintaan di tanah air tiada henti-henti?

Kita balik dulu flashback ke tahun 1998, ketika krisis moneter tengah menggila, di ketika rupiah terpuruk terhadap mata uang dolar Alaihi Salam, harga kendaraan beroda empat-mobil dinilai telah nir masuk akal bagi kantong warga waktu itu. 

Saat itu pun tidak ada penghasil mobil lainnya menyediakan kendaraan penumpang yg kompetitif. Namun Toyota menyiasati buat memproduksi mobil MPV yang terjangkau.

Meski pada ketika itu Toyota memiliki produk anyar yakni Toyota Kijang Generasi 4. Namun harga kendaraan beroda empat tersebut dievaluasi masih terlalu tinggi. Dari segi konsumsi BBM pun kendaraan beroda empat MPV yang memiliki tag line "Dari Buyut Sampai Cicit" itu bersahabat alias memberatkan isi kantong. Nah, menurut situlah Toyota berencana menghasilkan kendaraan beroda empat murah yg akhirnya baru muncul beberapa tahun kemudian lewat Avanza.

"Kembali ke market. Pada ketika itu sesudah krismon lantaran harga kendaraan beroda empat naik seluruh, rupiah terapresiasi dollar AS. Kita melihat income (pendapatan) warga menengah Indonesia nir seimbang dengan harga mobil. Meski terdapat Kijang, konsumen enggan beli contoh itu karena cukup mahal. Nah, disitu lah awal Toyota mengambil peluang. Kita koreksi kenyataan ini," istilah Product Planning Department PT Toyota-Astra Motor (TAM) Bansar Maduma yg ikut berperan pada kelahiran Avanza kepada detikOto.

Bagaimana Toyota Indonesia menciptakan prinsipalnya setuju menelurkan Avanza? Simak artikel berikutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel