SEJARAH AWAL ADANYA HARI AYAH NASIONAL DI INDONESIA

Selamat hari ayah nasional yang jatuh pada tanggal 13 November 2015 yg bertujuan untuk mempertingati jasa para ayah yg pada Indonesia. Sebenarnya buat peringatan hari ayah masih hal yang asing  lantaran belum sepopuler hari bunda. Hal ini terkait dengan deklarasi yg dilakukan sang PPIP (Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi) di Pendapi Gede Balai Kota Solo, Jawa Tengah.

Deklarasi serupa juga dilaksanakan sang anggota PPIP lainnya pada Maureme, Flores, NTT. Deklarasi tadi dilaksanakan dalam 12 November 2006.

Semenjak waktu itu, muncul kesepakatan bahwa Hari Ayah Nasional di rayakan dalam setiap lepas 12 November. Gress Raja, Ketua PPIP kala itu mengungkapkan, sosok ayah nir bisa dipisahkan sang sosok mak . Terlebih, dari Raja, sosok ayah merupakan sosok penting pada menciptakan karakter keluarga.

Kemudian, buat mengindikasikan seremoni tadi paten di Indonesia, PPIP mengirimkan piagam hari ayah ke mantan Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono. Piagam tadi pula dikirim ke empat bupati yang ada di Sabang, Merauke, Talaud, dan Pulau Rote. Dengan dasar tadi, Indonesia memastikan Hari Ayah Nasional dirayakan dalam tanggal 12 November. Tetapi, penetapan tadi tidak selaras menggunakan yang ada di Amerika.

Sedangkan Di AS serta lebih dari 75 negara lainnya, misalnya Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Turki, Pakistan, Malaysia, Singapura, Taiwan, Filipina, serta Hongkong, Hari Ayah dirayakan dalam hari Minggu pada pekan ke 3 bulan Juni.

Di puluhan negara tersebut, perayaan Hari Ayah sudah dimulai sejak awal abad ke-12. Biasanya, Hari Ayah dirayakan menggunakan anugerah hadiah pada ayah serta aktivitas kekeluargaan. Di Indonesia masih belum usang ini pada peringati hari ayah nasional.

Selamat Hari Ayah Nasional, Wahai Para Ayah di Indonesia! 

Referensi:
//teknologi.inilah.com/read/lebih jelasnya/2251912/google-doodle-rayakan-hari-ayah-nasional
//www.selasar.com/gaya-hidup/sejarah-hari-ayah-nasional

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel