PENGERTIAN ANIMISME DAN DINAMISME SECARA UMUM ADALAH

Pengertian Animisme Secara umum serta Pengertian Animisme berdasarkan definisi para ahli mengungkapkan bahwa Pengertian Animisme adalah kepercayaan bahwa roh (jiwa) itu nir hanya berada dalam makhluk hayati, tetapi juga dalam benda-benda tertentu. Roh-roh itu dapat berbuat baik, tetapi pula bisa berbuat jahat. Manusia perlu memujanya sambil memberi sesajen agar roh itu tidak berbuat dursila. Jika insan ayo maka rohnya meninggalkan badan buat selama-lamanya. Roh yang meinggalkan badan insan buat selamanya itu dianggap arwah. Menurut kepercayaan , arwah tersebut hayati terus pada negeri arwah serupa menggunakan hidup manusia. 
Animisme dari berdasarkan bahasa latin yaitu anima yg berarti Roh, agama animisme merupakan suatu agama bahwa segala sesuatu yang ada dibumi baik itu hidup ataupun tewas memiliki roh. Kepercayaan animisme mempercayai bahwa setiap benda di Bumi ini (seperti kawasan eksklusif, gunung, laut, sungai, gua, pohon dan batu akbar) memiliki jiwa yang wajib dihormati supaya tidak mengganggu manusia, Tetapi malah membantu kehidupan mereka.
Menghormati dengan cara melakukan pemujaan dan menaruh sesaji biasa pada lakukan oleh penganut animisme. Bagian dari kepercayaan ini merupakan adanya roh-roh orang yg sudah meninggal, kepercayaan ini mempercayai bila roh orang yang sudah mangkat bisa masuk ke tubuh fauna.
Mereka dianggap jua  dapat berdiam di pada kubur sebagai akibatnya mereka ditakuti. Oleh warga saat itu, arwah orang-orang terkemuka seperti kepala suku serta nenek moyang dianggap suci. Oleh karenanya, orang-orang terkemuka itu dihormati. Dengan demikian, timbullah kepercayaan yang memuja arwah menurut nenek moyang yang dianggap animisme. Karena arwah itu tinggal di global arwah (kahyangan) yang letaknya pada atas gunung maka tempat pemujaan arwah pada zaman Megalithikum juga dibangun pada atas gunung atau bukit. Budaya ini terus berlanjut sampai masa Hindu-Buddha  serta Islam.

Pengertian Dinamisme
Dinamisme asal menurut bahasa yunani dunamos yg memiliki arti kekuatan atau daya, Kepercayaan dinamisme adalah agama yg menyakini bahwa semua benda-benda yg ada pada global ini baik hidup atau tewas memiliki daya dan kekuatan ghaib. Benda-benda tersebut dianggap bisa memberi impak baik serta efek jelek bagi insan.
Benda-benda yang dianggap mempunyai kekuatan contohnya : Benda pusaka, tombak, keris, gamelan dan lambang kerajaan.
Animisme serta Dinamisme merupakan kepercayaan yang telah ada semenjak zaman insan purba Dan memiliki akar budaya yg kuat di indonesia, sampai ketika ini terdapat rakyat yg mempercayai agama ini. Semoga pembahasan tentang pengertian animisme serta dinamisme ini berguna bagi pembaca seluruh.
Sekian artikel singkat tentang Pengertian Animisme secara generik, semoga bermanfaat dan terima kasih.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel