PENGERTIAN DEMOKRASI SECARA UMUM ADALAH

Menurut para pakar, bahwa pengertian demokrasi terbagi 2 yakni pengertian demokrasi secara sederhana dan pengertian demokrasi secara kompleks. Pengertian demokrasi secara sederhana merupakan pemerintahan dari masyarakat, oleh masyarakat, serta buat warga , sedangkan pengertian demokrasi secara kompleks adalah suatu sistem pemerintahan yg mengabdi pada kepentingan warga dengan tanpa memandang partisipasi mereka dalam kehidupan politik, ad interim pengisian jabatan-jabatan publik dilakukan dengan dukungan bunyi rakyat serta mereka mempunyai hak buat memilih dan dipilih. Berikut penerangan demokrasi misalnya dibawah ini..
Seceara Umum Istilah demokrasi berasal berdasarkan bahasa Yunani demos artinya masyarakat serta kratein artinya pemerintah, adalah demokrasi berarti pemerintahan dari warga , dalam hal itu kekuasaan tertinggi berada di tangan masyarakat.  demokrasi mempunyai poly pengertian dalam perkembangannya, tetapi mungkin pengertian demokrasi dari Abraham Lincoln bisa merangkumnya menggunakan kalimat sederhana. Menurut Abraham Lincoln demokrasi adalah pemerintahan yang berasal berdasarkan warga , oleh masyarakat, serta buat rakyat. 
Salah satu pilar demokrasi merupakan prinsip trias politica yang membagi ketiga kekuasaan politik negara (eksekutif, yudikatif dan legislatif) buat diwujudkan pada tiga jenis lembaga negara yang saling tanggal (independen) serta berada dalam peringkat yang sejajar satu sama lain. Kesejajaran dan independensi ketiga jenis forum negara ini diperlukan agar ketiga forum negara ini mampu saling mengawasi dan saling mengontrol dari prinsip checks and balances.
Ketiga jenis forum-forum negara tersebut adalah forum-forum pemerintah yg memiliki kewenangan buat mewujudkan dan melaksanakan wewenang eksekutif, lembaga-lembaga pengadilan yang berwenang menyelenggarakan kekuasaan judikatif dan forum-lembaga perwakilan warga (DPR, buat Indonesia) yg mempunyai kewenangan menjalankan kekuasaan legislatif. Di bawah sistem ini, keputusan legislatif dibuat oleh warga atau oleh wakil yang wajib bekerja serta bertindak sinkron aspirasi masyarakat yang diwakilinya (konstituen) serta yg memilihnya melalui proses pemilihan generik legislatif, selain sinkron aturan serta peraturan.
Selain pemilihan umum legislatif, banyak keputusan atau output-hasil krusial, contohnya pemilihan presiden suatu negara, diperoleh melalui pemilihan generik. Pemilihan umum tidak wajib atau nir mesti diikuti sang seluruh warganegara, tetapi sang sebagian rakyat yang berhak serta secara sukarela mengikuti pemilihan generik. Sebagai tambahan, tidak semua warga negara berhak buat menentukan (mempunyai hak pilih).
Kedaulatan rakyat yang dimaksud pada sini bukan pada arti hanya kedaulatan menentukan presiden atau anggota-anggota parlemen secara langsung, tetapi dalam arti yang lebih luas. Suatu pemilihan presiden atau anggota-anggota parlemen secara pribadi nir mengklaim negara tadi menjadi negara demokrasi karena kedaulatan warga menentukan sendiri secara pribadi presiden hanyalah sedikit menurut sekian poly kedaulatan masyarakat. Walapun perannya dalam sistem demokrasi tidak akbar, suatu pemilihan generik acapkali dijuluki pesta demokrasi. Ini adalah dampak cara berpikir lama dari sebagian rakyat yang masih terlalu tinggi meletakkan tokoh idola, bukan sistem pemerintahan yg rupawan, menjadi tokoh virtual ratu adil. Padahal sebaik apa pun seseorang pemimpin negara, masa hidupnya akan jauh lebih pendek daripada masa hidup suatu sistem yang sudah teruji bisa membentuk negara. Banyak negara demokrasi hanya menaruh hak pilih pada masyarakat yang telah melewati umur tertentu, misalnya umur 18 tahun, dan yang tidak memliki catatan kriminal (misal, narapidana atau bekas narapidana).


Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli :
Aristoteles, Demokrasi merupakan suatu kebebasan, yg adalah kebebasan setiap masyarakat negara bisa berbagi kekuasan, Aristoteles mengutarakan bahwa setiap masyarakat negara itu setara pada jumlah, yaitu satu individu, pada demokrasi nir ada evaluasi terhadap tingginya nilai individu tadi, setiap rakyat negara sama.

Abraham Lincoln, Demokrasi merupakan sistem pemerintahan dari rakyat, sang warga , dan untuk masyarakat.
Sidney Hook, Demokrasi adalah bentuk pemerintahan dimana keputusan penting pada suatu pemerintah yg baik secara eksklusif juga nir pribadi berdasarkan oleh kepentingan dominan dengan berdasarkan hak yg diberikan kepada rakyat biasa.

Samuel Huntington, Demokrasi ada jika setiap pemegang kekuasaan pada suatu negara dipilih secara umum, adil, serta jujur, para peserta boleh bersaing secara bersih, dan semua rakyat memiliki hak setara dalam pemilihan.

PRINSIP-PRINSIP DEMOKRASI
Prinsip terpenting demokrasi ada 3, yaitu :
Persamaan Diantara Warga Negara, Setiap warga negara memiliki kesetaraan dalam praktik politik
Keterlibatan Warga Negara dalam Mengambil Keputusan Politik
Kebebasan diakui serta dipakai pula diterima sang rakyat negara

MACAM-MACAM DEMOKRASI
Secara umum demokrasi yg dipakai dalam suatu negara sangat banyak macamnya. Jadi aku akan membicarakan berdasarkan kategori tertentu dalam pembagian demokrasi ini.
1. Berdasarkan penyaluran kehendak masyarakat :
Demokrasi Langsung (Direct Democracy) merupakan demokrasi yg secara langsung melibatkan rakyat pada pengambilan keputusan suatu negara. Pada demokrasi pribadi, warga berpartisipasi dalam pemilihan umum dan menyampaikan kehendaknya secara langsung.
Demokrasi Tidak Langsung (Indirect Democracy) merupakan demokrasi yang melibatkan semua masyarakat pada pengambilan suatu keputusan negara secara nir langsung, artinya masyarakat mengirimkan wakil yg sudah dianggap untuk membicarakan kehendak mereka. Jadi disini wakil warga yg terlibat secara eksklusif sebagai perantara seluruh rakyat.
2. Berdasarkan Fokus Perhatiannya :
Demokrasi Formal adalah demokrasi yg penekanan perhatiannya pada bidang politik tanpa mengurangi kesenjangan ekonomi.
Demokrasi Material merupakan demokrasi yg penekanan perhatiannya pada bidang ekonomi tanpa mengurangi kesenjangan politik.
Demokrasi Gabungan adalah demokrasi yg penekanan perhatiannya sama besar terhadap bidang politik serta ekonomi, indonesia menganut sistem demokrasi adonan ini.
3. Berdasarkan Prinsip Ideologi
Demokrasi Liberal, yaitu demokrasi yg didasarkan atas hak individu suatu warga negara, merupakan individu mempunyai dominasi pada demokrasi ini. Pemerintah nir banyak ikut campur pada kehidupan bermasyarakat, yg adalah kekuasaan pemerintah terbatas. Demokrasi Liberal disebut jua demokrasi konstitusi yang kekuasaanya hanya dibatasi oleh konstitusi.
Demokrasi Komunis, yaitu demokrasi yg didasarkan atas hak pemerintah pada suatu negara, merupakan pemerintah mempunyai dominasi dalam demokrasi ini. Demokrasi komunis bisa dikatakan kebalikan berdasarkan demokrasi liberal. Kekuasaan tertinggi dipegang sang penguasa tertinggi, kekuasaan pemerintah tidak terbatas. Kekuasaan pemerintah tidak dibatasi dan bersifat totaliter, sehingga hak individu tidak berpengaruh terhadap kehendak pemerintah.
Demokrasi Pancasila, Demokrasi inilah yg dianut indonesia, yaitu demokrasi berdasar kepada pancasila.

CIRI-CIRI PEMERINTAHAN DEMOKRASI
Adapun karakteristik yg mendeskripsikan suatu pemerintahan didasarkan atas sistem demokrasi merupakan sebagai berikut :
Pemerintahan dari kehendak dan kepentingan masyarakat poly.
Ciri Konstitusional, yaitu hal yg berkaitan menggunakan kepentingan, kehendak, ataupun kekuasaan warga dituliskan pada konstitusi dan undang-undang negara tadi.
Ciri Perwakilan, yaitu dalam mengatur negaranya, kedaulatan rakyat diwakilkan oleh beberapa orang yang telah dipilih oleh rakyat itu sendiri.
Ciri Pemilihan Umum, yaitu suatu kegiatan politik yang dilakukan buat menentukan pihak pada permerintahan.
Ciri Kepartaian, yaitu partai menjadi wahana / media buat menjadi bagian pada pelaksaan sistem demokrasi.
Ciri Kekuasaan, adanya pembagian serta pemisahan kekuasaan.
Ciri Tanggung Jawab, adanya tanggung jawab berdasarkan pihak yg telah terpilih buat ikut dalam pelaksaan suatu sistem demokrasi.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DEMOKRASI
Kelebihan Demokrasi antara lain :
Pemegang Kekuasaan dipilih dari cita-cita rakyat
Mencegah terjadinya monopoli kekuasaan
Kesetaraan hak menciptakan setiap rakyat dapat berpartisipasi pada sistem politik
Kekurangan Demokrasi :
Kepercayaan rakyat mudah digoyangkan sang impak media
Kesetaraan hak dipercaya tak masuk akal lantaran sang beberapa ahli, lantaran pengetahuan politik setiap orang nir sama
Fokus pemerintah yang sedang menjabat akan berkurang waktu menjelang pemilihan umum berikutnya

Demokrasi menempati posisi vital pada kaitannya pembagian kekuasaan pada suatu negara (umumnya dari konsep serta prinsip trias politica) dengan kekuasaan negara yang diperoleh berdasarkan warga juga harus dipakai buat kesejahteraan serta kemakmuran masyarakat. Prinsip semacamtrias politica ini sebagai sangat krusial buat diperhitungkan saat berita-liputan sejarah mencatat kekuasaan pemerintah (eksekutif) yg begitu akbar ternyata nir mampu buat menciptakan rakyat yg adil serta mudun, bahkan kekuasaan absolut pemerintah seringkali menyebabkan pelanggaran terhadap hak-hak asasi manusia.

Demikian jua kekuasaan berlebihan pada lembaga negara yang lain, misalnya kekuasaan hiperbola dari lembaga legislatif menentukan sendiri anggaran buat gaji dan tunjangan anggota-anggotanya tanpa mempedulikan aspirasi warga , nir akan membawa kebaikan buat rakyat. Intinya, setiap forum negara bukan saja wajib akuntabel (accountable), tetapi harus ada mekanisme formal yang mewujudkan akuntabilitas berdasarkan setiap forum negara serta mekanisme ini sanggup secara operasional (bukan hanya secara teori) membatasi kekuasaan forum negara tersebut.

Sekian artikel mengenai Pengertian Demokrasi secara generik semoga berguna bagi sobat sekalian, terima kasih.
Referensi:
Abdulkarim, Aim. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Kelas VIII. Grafindo Media.
Mochlisin. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMP. Jakarta : Interplus.
Id.wikipedia.org

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel