PENGERTIAN FASISME SECARA UMUM

Kata fasisme asal dari kata "fascio" yg berarti "grup politik". Dari kata ini muncul kata Fascio de Combattimento yang berarti "Barisan Tempur", yang dipraktikkan di Italia dalam zaman kediktatoran Mussolini (1883-1945). Mussolini sebagai Perdana Menteri Fasis Italia berdasarkan tahun 1922-`1943. Dengan demikian, tahun 1922 adalah tahun awal dimulainya praktik fasisme. Secara umum pengertian fasisme merupakan sistem kedoktetaran yang menempatkan negara pada tangan satu orang dan melarang setiap oposisi atau perlawanan. 
Secara lebih khusus, fasisme merupakan sistem pemerintahan diktatorial Italia, yang kemudian populer menggunakan nasionalisme ekstremnya. Nazisme merupakan salah satu jenis fasisme. Di indonesia banyak yan menganggap Soeharto menjadi seorang fasisme. 
Pada masa Kekaisaran Roma, para magister (para hakim) membawa seikat tongkat yang ditengah-tengahnya ditempatkan sebuah kapak yang kepalanya menonjol keluar (fasci dalam bahasa latin). Fasci  ini melambangkan otoritas mereka. Mussolini menghidupkan balik kata dan simbol itu di Italia pada tahun 1919. Partai pengikut, dan gerombolan pejuangnya menggunakan nama Fascist, dan seikat tongkat itu sebagai log partai. Pengikut Hitler pada jerman lebih suka menyebur diri mereka Sosialis Nasional daripada Fasis. Meski demikian, ke 2 gerakan itu (Fasisme Italia dibawah Mussolini serta Sosialisme Nasional Jerman dibawah Hitler) dalam dasarnya sama.
Sekian artikel mengenai Pengertian Fasisme. Semoga bermanfaat dan terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel