PENGERTIAN UMUM KEANEKARAGAMAN HAYATI DAN MACAMMACAM KEANEKARAGAMAN HAYATI

Macam-Macam Keanekaragaman Hayati - Berdasarkan pengertiannya,  keanekaragaman biologi bisa dibedakan sebagai 3 macam, yaitu keanekaragaman gen (genetik), keanekaragaman spesies (jenis), dan keanekaragaman ekosistem. Berikut Macam-Macam Keanekaragaman Hayati..
  1. Keanekaragaman Gen. Keanekaragaman gen adalah variasi atau disparitas gen yg terjadi dalam satu jenis atau spesies makhluk hidup. Keanekaragaman gen menyebabkan variasi antarindividu sejenis. Seperti keanekaragaman flora padi serta mangga. Tanaman padi terdapat beberapa macam atau varietas misalnya IR, PB, kapuas, rojolele, serta sedani. Tanaman mangga memiliki banyak varietas seperti arum manis, manalagi, gadung, serta golek. Keanekaragaman mangga dan padi disebabkan sang variasi gen. Perbedaan variasi gen menyebabkan sifat yg tidak tampak (genotipe) serta sifat yang tampak (fenotipe) pada setiap makhluk hayati menjadi tidak sinkron. Variasi makhluk hidup dapat terjadi akibat perkawinan sehingga susunan gen keterunannya tidak sama berdasarkan susunan gen induknya. Selain itu, variasi makhluk hidup bisa jua terjadi karena interaksi gen menggunakan lingkungan. 
  2. Keanekaragaman Spesies. Keanekaragaman spesies merupakan disparitas yg bisa ditemukan dalam komunitas atau gerombolan banyak sekali spesies yang hayati pada suatu loka. Keanekaragaman hayati antarspesies (taraf spesies) gampang diamati lantaran perbedaannya mencolok. Sebagai model, keanekaragaman antara kurma, sagu dan kelapa. Meskipun tumbuh-flora itu adalah satu kelompok tumbuhan palem-paleman, masing-masing memiliki fisik yang tidak sama dan hayati pada tempat yang tidak sinkron. Seperti kelapa tumbuh pada pantai, kurma tumbuh di wilayah kemarau serta sagu tumbuh pada pegunungan basah (rawah gambut). Contoh lain merupakan variasi antara singa, kucing, serta harimau. Ketiga hewan teramsuk pada satu gerombolan kucing.  Tetapi singa, kucing dan harimau masih ada disparitas fisik, tempat asli dan tingkah laris. 
  3. Keanekaragaman Ekosistem. Keanekaragaman ekosistem merupakan suatu hubungan antara komunitas dan lingkungan abiotiknya pada suatu loka dan saat tertentu. Semua makhluk hidup berinteraksi menggunakan lingkungannya yang berupa faktor abiotik serta biotik. Faktor biotik mencakup makhluk hayati seperti tumbuhan atau hewan lain. Faktor biotik misalnya cahaya, tanah, iklim, suhu, air, serta kelembapan (dianggap juga faktor fisik); serta salinitas, tingkat keasaman, dan kandungan mineral (diklaim faktor kimia).
 

Pengertian Umum Keanekaragaman Hayati
Banyak para pakar yang memberikan pendapatnya dalam mendefinisikan pengertian keanekaragaman hayati. Namun secara umum, Pengertian Keanekaragaman biologi menurut UU. No. 5 Tahun 1994 merupakan keanekaragaman di antara makhluk hidup berdasarkan semua sumber termasuk di antaranya daratan, lautan, dan ekosistem akutik lain, dan kompleks-kompleks ekologi yang merupakan bagian berdasarkan keanekaragamannya, meliputi keanekaragaman dalam spesies pada ekosistem. Keanekaragaman hayati disebut jua menggunakan biodiversitas (biodiversity). 
Menurut pendapat Soerjani (1996) yang mengungkapkan bahwa keanekaragaman biologi menyangkut keunikan suatu spesies serta genetik pada mana makhluk hidup tadi berada. Keanekaragaman biologi diklaim unik karena spesies hayati pada suatu tempat asal yang khusus atau kuliner yg dimakannya sangat spesial . Contohnya komodo (Varanus komodoensis) hanya terdapat pada pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, Gili Dasami, dan Padar; Panda (Ailuropoda melanoleuca) yg hidup di China yang hanya memakan daun bambu; dan koala (Phascolarctos cinereus) yg hayati di Australia yg hanya memakan daun Eucalyptus (kayu putih).
Demikianlah artikel singkat tentang macam-macam serta Pengertian Keanekaragaman Hayati. Semoga sobat sekalian dapat menerima manfaat berdasarkan artikel ini, baik itu pengertian keanekaragaman hayati, macam-macam keanekaragaman hayati dengan penjelasannya. Sekian serta terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel