PENGERTIAN UMUM IDEOLOGI PANCASILA

Pancasila menjadi ideologi negara serta bangsa indonesia yang merupakan pandangan hidup seluruh rakyat indonesia. Ideologi pancasila bersifat terbuka merupakan ideologi pancasila bisa berkontribusi menggunakan kemajuan zaman menggunakan permanen berlandaskan ideologi pancasila atau nilai-nilai pancasila. 
Ideologi Pancasila adalah nilai-nilai luhur budaya dan religius bagi bangsa indonesia. Pancasila berkedudukan sebagai ideologi negara atau bangsa jadi pengertian ideologi pancasila merupakan gugusan nilai/norma yang menurut sila-sila pancasila. 
Ideologi pancasila mengandung nilai intrumental, nilai dasar, serta nilai simpel.pancasila lahir dan diangkat berdasarkan nilai-nilai adat adat serta kebudayaan serta religius yg masih ada pada pandangan-etos indonesia sebelum menciptakan sebuah negara indonesia atau sebelum lahirnya negara indonesia. Pancasila sebagai ideologi berarti bahwa pancasila menjadi pandangan hidup bagi bangsa indonesia Secara generik.
Pengertian Pancasila Sebagai Ideologi Negara adalah nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila sebagai asa normatif pada dalam penyelenggaraan negara. Secara luas Pengertian Pancasila Sebagai Ideologi Negara Indonesia adalah visi atau arah menurut penyelenggaraan kehidupan berbangsa serta bernegara di Indonesia merupakan terwujudnya kehidupan yg menjunjung tinggi ketuhanan, nilai humanisme, kesadaran akan kesatuan, berkerakyatan dan menjunjung tinggi nilai keadilan.
Ideologi Pancasila sebagai Ideologi terbuka. Artinya, ideologi Pancasila bisa mengikuti perkembangan yang terjadi dalam negara lain yg mempunyai ideologi yang berbeda dengan Pancasila pada aneka macam aspek kehidupan rakyat. Hal ini ditimbulkan karenq ideologi Pancasila mempunyai nilai-nilai yg mencakup; nilai dasar, nilai fragmental, dan nilai mudah. Pengertian Ideologi terbuka adalah ideologi yg nir dimutlakkan. Dapat diartikan pula bahwa nilai-nilai dan cita-citanya nir dipaksakan berdasarkan luar, melainkan digali dan diambil dari kekayaan rohani, moral serta budaya masyarakatnya sendiri. Ideologi terbuka merupakan ideologi yg bisa berinteraksi menggunakan perkembangan zaman serta adanya dinamika secara internal.  Selain itu, Pancasila bukan merupakan ilham baru atau perenungan suatu grup atau golongan eksklusif, melainkan Pancasila asal berdasarkan nilai-nilai yang dimiliki sang bangsa. Dengan demikian, Pancasila dalam hakikatnya berlaku buat semua lapisan dan unsur-unsur bangsa secara holistik. Oleh karenanya, karakteristik spesial Pancasila memiliki kesesuaian dengan bangsa Indonesia.
Ideologi Pancasila sebagai Ideologi tertutup adalah ideologi yang bersifat mutlak. Dengan kata lain bahwa Ideologi tertutup adalah ajaran atau pandangan global atau filsafat yg menentukan tujuan-tujuan dan kebiasaan-kebiasaan politik dan sosial, yg ditasbihkan sebagai kebenaran yang nir boleh dipersoalkan lagi, melainkan harus diterima menjadi sesuatu yg telah jadi dan wajib dipatuhi.
Ketetapan bangsa Indonesia tentang pancasila sebagai ideologi negara tercantum dalam ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat No. 18 Tahun 1998 mengenai pencabutan menurut ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat No. Dua tahun 1978 mengenai Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila dan Penetapan tentang Penegasan Pancasila menjadi Dasar Negara. Pada pasal 1 ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat tadi menyatakan bahwa pancasila sebagaimana dimaksud dalam Pembukaan UUD 45 ialah dasar negara dari negara NKRI yang wajib dilaksanakan secara konsisten dalam kehidupan bernegara. Dari ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat tersebut dapat kita ketahui bahwa di Indonesia kedudukan pancasila menjadi ideologi nasional, selain kedudukannya sebagai dasar negara.
Pancasila diangkat menurut nilai-nilai adat tata cara, nilai-nilai kebudayaan serta nilai religius yg terdapat dalam etos warga Indonesia sebelum menciptakan negara. Dengan istilah lain, unsur-unsur yang adalah materi Pancasila diangkat menurut etos rakyat Indonesia sendiri. Sebagai model, kebiasayaan gotong royong serta bermusyawarah merupakan nilai-nilai luhur budaya bangsa yang terdapat pada Pancasila. Pancasila sebagai Ideologi berarti Pancasila dijadikan sebagai etos bagi bangsa Indonesia. 
Fungsi Pancasila sebagai Ideologi Negara Indonesia merupakan menjadi wahana pemersatu warga , sehingga dapat dijadikan mekanisme penyelesaian konflik, bisa kita telusuri dari gagasan para pendiri negara Indonesia tentang pentingnya mencari nilai-nilai beserta yg dapat mempersatukan banyak sekali golongan rakyat di Indonesia
Nilai-nilai pancasila harusnya sanggup mewarnai setiap prosedur penyelesaian pertarungan yg terdapat di pada warga . Secara normatif bisa dinyatakan bahwa penyelesaian suatu perseteruan hendaknya dilandasi oleh nilai-nilai religius, nilai humanisme, mengedepankan persatuan, menjunjung tinggi mekanisme demokratis dan berujung pada terciptanya keadilan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel