SEJARAH AWAL TERBENTUKNYA NEGARA JAMAIKA

Jamaika merupakan negara pulau yg terletak pada Karibia menggunakan luas kurang lebih 11.000 km persegi. Kingston ialah ibu negara Jamaica pada Laut Caribbean, Amerika Tengah. Pulau ini terdiri menurut dataran rendah pesisir , dataran tinggi kapur , dan Blue Mountains , sekelompok bukit vulkanik , di timur .

Orang Arawaks diperkirakan yg pertama menetap di pulau Jamaika, yang mereka sebut Xamayca (tanah kayu serta air) kurang lebih 3.000 tahun yg lalu.

Orang Eropa pertama yg datang pada pulau tersebut adalah Christopher Columbus pada tahun 1494, yg segera mengklaim Jamaika sebagai milik Spanyol.

Pada awal abad ke-16, koloni pertama mulai didirikan. Orang Eropa dengan cepat menundukkan Arawaks, membunuh banyak diantara mereka, dan menangkap sisanya menjadi budak.

Segera setelah koloni didirikan, budak Afrika pula dibawa ke Jamaika yg dijadikan sebagai pekerja pada perkebunan.

Mulai pertengahan abad ke-16, Jamaika sebagai sasaran yg disukai bajak bahari.

Pulau yg begitu latif bersama melimpahnya sumber daya, mengakibatkan tempat tadi ideal bagi bajak bahari untuk mengumpulkan perbekalan.

Pada pertengahan abad ke-17, Inggris merebut Jamaika berdasarkan Spanyol. Ketika Inggris mengusir Spanyol, banyak diantara para budak ditinggalkan yang kemudian melarikan diri ke pegunungan Jamaika serta bergabung menggunakan Arawaks membangun koloni baru yg disebut Maroon.

Inggris melanjutkan kolonisasi pulau serta memegang kontrol kecuali daerah pegunungan yg didominasi Maroon.

Inggris menandatangani perjanjian perdamaian menggunakan Maroon, menjamin tanah dan keamanan mereka, dan memperlihatkan hibah buat setiap budak yg mereka serahkan pulang.

Jamaika terus berkembang selama 2 abad berikutnya yang didukung terutama oleh perdagangan gula serta kopi.

Pemberontakan akbar para budak melanda Jamaika pada abad ke-18 dan awal abad ke-19, yg menunjuk dalam penghapusan perbudakan pada tahun 1834.

Mulai tahun 1940-an, Jamaika mulai menerima otonomi lebih luas menurut Kerajaan Inggris.

Pada akhir tahun 1950-an, Jamaika bergabung dengan Federasi Hindia Barat, akan tetapi segera mengundurkan diri, serta akhirnya mencapai kemerdekaan penuh pada tahun 1962.

Sejak tahun 1980-an, Jamaika melakukan sejumlah reformasi ekonomi yg bertujuan buat menurunkan inflasi dan menstabilkan pertumbuhan ekonomi.

Jamaika adalah salah satu tujuan utama di Karibia. Negara ini juga sebagai berasal musik Reggae yang populer.

Atraksi wisata di Jamaica mencakup pantai dan estetika perairan. Blue Lagoon yang ternama, adalah galat satu tujuan wisata utama pada Jamaika.

Referensi :
//www.amazine.co/24783/jamaica-berita-sejarah-warta-lainnya/
//kartika.xyz/sejarah-dunia/sejarah-negara-jamaika/
//boardcreations.blogspot.com/2014/12/negara-jamaica.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel