TEKNIK PRESENTASI TEKNIK MENGUASAI AUDIENCE BIAR PEDE WAKTU PRESENTASI

Teknik Presentasi yg baik nir tanggal berdasarkan kemampuan kita buat menguasai audience, dan membuat animasi powerpoint yg sederhana, tetapi efektif. Banyak orang menggunakan materi yg sangat menarik tetapi melakukan presentasi tidak menarik, misalnya presentasi menggunakan membaca teks, terlalu poly menggunakan animasi powerpoint yang nir perlu (alfabet loncat-loncat, bendera berkibar-kibar) atau presentasi misalnya membaca hafalan tanpa ada kontak mata menggunakan audience. Maka pada kesempatan kali ini aku akan menaruh beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan sebuah presentasi. Agar apa yg kita sampaikan, mampu diterima sang audience kita serta mengena atau lebih sempurna target maksud serta tujuan presentasi kita.


Apa saja yang perlu diperhatikan pada melakukan presentasi?

Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib kita perhatikan serta lakukan supaya presentasi yg akan kita lakukan akan berjalan dengan baik, sempurna target dan sesuai menggunakan tujuan kita dalam melakukan presentasi.

Lakukan Persiapan Dengan Matang


     Persiapan adalah bagian krusial pada presentasi. Seperti waktu seorang koki akan memasak sebuah masakan, maka dia akan memperhatikan persiapan supaya apa yg dia buat akan sebagai hidangan yang menggugah selera. Seperti menyiapkan bahan makanan, kebersihan tempat, kebersihan diri, serta kebersihan alat-alat memasaknya. Demikian jua menggunakan presentasi, 90% bagian dari presentasi adalah persiapan, sisanya merupakan penyajian dan diskusi. Persiapan yang cermat itu diperlukan demi 2 alasan, yg pertama merupakan buat menemukan kabar lebih lanjut mengenai tema buat tersaji pada audience. Kedua merupakan menaruh gagasan pada audience, serta memperoleh dan mempertahankan perhatian audience. Dalam hal ini, maka Anda perlu mempersiapkan :
  1. perencanaan materi;
  2. pemilihan aplikasi pembuatan presentasi;
  3. penguasaan aspek teknis.
mari kita bahas satu per satu ...........

1.   Perencanaan Materi.

Keuntungan utama menurut persiapan yang cermat adalah efisiensi waktu presentasi dan mengurangi kegugupan serta demam anjung.  Persiapan materi jua akan sangat membantu Anda dalam menerangkan atau menyebutkan apa yang menjadi materi dalam presentasi kita. Karena itu pelajari menggunakan seksama mengenai apa yang nantinya akan Anda sampaikan. Jangan sampai waktu sudah didepan audience, Anda nir tahu apa yang akan Anda ucapkan. Langkah-langkah persiapan materi antara lain adalah :
  • Tentukan tema serta tujuan secara khusus. Artinya meskipun Anda menyusun satu dokumen yang komprehensif, pastikan Anda memiliki dokumen presentasi dengan tujuan serta target audience penyajian presentasi yg lebih spesifik.
  • Susun kerangka materi presentasi. Sususn poin-poin primer presentasi, estmimasikan jumlah dan koherensi slide-slide termasuk pertimbangan perlunya referensi tambahan.
  • Kumpulkan materi utama serta pendukung. Artinya pengumpulan materi dapat dilakukan semenjak awal. Pilih gambar, audio, atau video menjadi objek pendukung. Siapkan tabel, grafik serta data pendukung apabila diharapkan.
2.   Pemilihan aplikasi pembuatan presentasi

      Aplikasi pembuatan presentasi terbagi pada beberapa kategori. Perbedaan primer yg dimiliki masing-masing jenis pelaksanaan umumnya terletak dalam hasil arsip yg dihasilkan serta media penyajian presentasi yang diakomodasi oleh pelaksanaan terkait. Tentukan aplikasi pembuat presentasi yg tepat :
  • Aplikasi Office. Pembuatan aplikasi office disarankan bagi pembuatan dokumen presentasi secara cepat dan simpel. Integrasi pelaksanaan office memungkinkan penyajian grafik, tabel serta data dapat dilakukan dengan gampang. Microsoft Powerpoint adalah model aplikasi yg lazim digunakan.
  • Aplikasi Multimedia. Pengunaan aplikasi multimedia disarankan bagi pembuatan dokumen presentasi yang interaktif, otomatis serta berdaya tarik. Penggunaan dampak, animasi, objek grafis dan materi video dan audio menjadi lebih optimal jika dirangkai melalui jenis pelaksanaan ini.
  • Aplikasi Dokumentasi. Penggunaan pelaksanaan ini disarankan bagi pembuatan dokumen presentasi menggunakan materi detil serta kompehensif. Fleksibilitas penyajian hasil file sangat tinggi, bahkan bersifat multi platform (bisa diakses berdasarkan banyak sekali sistem operasi) dan bisa disajikan secara aman melalui beberapa metode (contohnya via internet).
3.    Penguasaan aspek teknis

Selain menguasai aspek pembuatan dokumen presentasi akan lebih ideal bila tahu dengan baik aneka macam aspek teknis berkaitan menggunakan penyajian presentasi. Aspke ini sangat penting karena bila nir dipertimbangkan dengan matang, maka akibatnya orang akan bosan dengan presentasi Anda serta Beberapa hal yg usahakan Anda perhatikan adalah :
  • Pemilihan Perangkat Komputer. Pertimbangan pemilihan perangkat personal komputer antara lain spesifikasi teknis komputer, kelengkapan perangkat teknologi, sistem operasi dan aplikasi penunjang.
  • Pemilihan Media Simpan. Media simpan nir terbatas pada hardisk, pertimbangkan pula berdasarkan segi portabilitas, fleksibilitas dan gerak media simpan bagi dokumen presentasi. Misalnya pemakaian USB Flash Memory, Harddisk External, atau hosting internet. 
  • Pemilihan perangkat display. Perangkat display presentasi tidak hanya terbatas pada OHP. Pertimbangkan penggunaan LCD projector. Tentukan pula jenis screen yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Pemilihan perangkat Pendukung. Sound System yang memadai bisa sebagai pendukung bagi penyajian presentasi.

Sampaikan Presentasi Anda Dengan Tenang


Sebagus apapun materi presentasi Anda, selengkap apapun perangkat presentasi yg tersedia, seluruh akan sia-sia apabila teknik penyajian presentasi Anda nir menarik. Ada beberapa tip yang perlu dilakukan :
  1. Tuliskan istilah-istilah kunci secara berurutan
  2. Lakukan hubungan mata menggunakan audience
  3. Berikan penerangan yg amanah pada setiap penanya dan terimalah saran dan kritik
  4. Jangan menghafal kata demi kata
  5. Sampaikan informasi pada bentuk ilustrasi dan contoh
  6. Kuasai materi secara lengkap
  7. Jangan cemas dan tergesa-gesa saat penyajian
  8. Jangan meniru gaya orang lain, jadilah diri sendiri
  9. Proporsional pada penggunaan waktu buat pengantar, isi, tanya jawab, konklusi serta saran
Yakinkan hadirin dengan penampilan Anda. Sukses penyaji tergantung pada sikap audience. Sikap dan tindakan audience tergantung dari sikap penyaji. Kesan pertama sangat menentukan perilaku hadirin selanjutnya (Kesan pertama seperti tengah Menghadapi Wawancara Kerja). Apabila pembicara menaruh kesan positif, maka perilaku audience akan positif serta menyenangkan. Menurut teori Public Speaking keberhasilan seorang presentasi ditentukan sang tujuh detik pertama beliau tampil. Orang cuma membutuhkan tujuh dtk buat melihat apakah Anda relatif.

Pendapat lain audience, hanya akan mendengarkan pembicara apabila ada perhatian (attention) lantaran penampilan, perilaku, dan perilaku pembicara yg menumbuhkan minat (interest) dan rangsangan (desire) sehingga audience berani merogoh keputusan (decision) buat bertindak (action) menggunakan memperhatikan, bertanya, memberi tanggapan. Lebih jauh audience berusaha mengadopsi, mencoba dan menerapkannya.

Manfaatkan diskusi sebaik mungkin. Presentasi yang menarik, akan memancing poly pertanyaan serta komentar dari audience. Pembicara hendaknya memandang tanggapan, saran juga pertanyaan secara positif. Banyak pembicara pemula beranggapan bahwa forum tanya jawab merupakan "forum pembantaian", bahkan sering risi serta takut disering, dikritik, diuji, bahkan dijatuhkan. Ada audience yang ingin menampakan akal budi, tetapi pembicara wajib tetap tenang, dan berfikir positif bahwa seluruh pertanyaan adalah masukan berharga. Jika yang dikemukakan mengandung kebenaran, terima dengan amanah sebagai kebenaran, sebaiknya jika pertanyaannya bertolak belakang dengan apa yg kita sampaikan, sampaikan tanggapan menurut kita berupa penjelasan-penjelasan secara bijaksana menggunakan argumentasi yang bisa diterima.

Mengakhiri Presentasi


Dalam mengakhiri presentasi, pembicara diharap buat mengulas pulang point-point yang krusial yang perlu digaris bawahi.

Penutup
Jika seseorang belum terbiasa melakukan presentasi, tiba-tiba diharuskan presentasi dalam forum resmi sering mengalami kegagalan karena istilah-istilah macet pada tengah jalan atau penjelasan yg diberikan galat. Akibatnya audience sebagai kurang percaya serta sulit menerima argumen Anda. Untuk menghindari hal ini, perlu berlatih berulang kali pada depan teman-teman. Berlatih seolah-olah berada pada situasi formal dan meminta buat mengoreksi sisi yang lemah berdasarkan diri Anda. Salah satu manfaat berlatih presentasi pada depan orang merupakan menaikkan keberanian dan rasa percaya diri.

Sekian dulu ya sobat, artikel kali ini mengenai teknik presentasi, semoga artikel ini bisa membantu temen-temen seluruh, dan bantu berikan merata untuk yg membutuhkan.

Salam hangat, def+ 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel