ARTI LAMBANG KOPERASI LAMA DAN LAMBANG KOPERASI BARU




Gerigi Roda/Gigi Roda

Upaya keras yang ditempuh secara terus menerus. Hanya orang yang pekerja keras yang bisa menjadi calon Anggota menggunakan memenuhi beberapa persyaratannya.

Rantai (Sebelah Kiri)

Ikatan kekeluargaan, persatuan dan persahabatan yang kokoh. Bahwa anggota sebuah Koperasi merupakan Pemilik Koperasi tadi, maka semua Anggota sebagai bersahabat, bersatu dalam kekeluargaan, dan yg mengikat sesama anggota merupakan hukum yg dirancang sebagai Anggaran Dasar (AD) / Anggaran Rumah Tangga (ART) Koperasi. Dengan beserta-sama bersepakat mentaati AD/ART, maka Padi serta Kapas akan gampang diperoleh.

Kapas serta Padi (Sebelah Kanan)

Kemakmuran anggota koperasi secara khusus dan rakyat secara umum yang diusahakan oleh koperasi. Kapas sebagai bahan dasar sandang (pakaian), dan Padi sebagai bahan dasar pangan (kuliner). Mayoritas telah disebut makmur-sejahtera jika cukup sandang dan pangan.

Timbangan

Keadilan sosial sebagai keliru satu dasar koperasi. Biasanya menjadi simbol hukum. Semua Anggota koperasi wajib adil dan seimbang antara "Rantai" dan "Padi-Kapas", antara "Kewajiban" serta "Hak". Dan yg menyeimbangkan itu merupakan Bintang dalam Perisai.

Bintang dalam perisai

Dalam perisai yang dimaksud adalah Pancasila, merupakan landasan idiil koperasi. Bahwa Anggota Koperasi yang baik merupakan yang mengindahkan nilai-nilai keyakinan dan kepercayaan , yg mendengarkan bunyi hatinya. Perisai sanggup berarti "tubuh", serta Bintang bisa diartikan "Hati".

Pohon Beringin

Simbol kehidupan, sebagaimana pohon dalam Gunungan wayang yang didesain oleh Sunan Kalijaga. Dahan pohon diklaim kayu (dari bahasa Arab "Hayyu"/kehidupan). Timbangan dan Bintang dalam Perisai menjadi nilai hayati yg wajib dijunjung tinggi.

Koperasi Indonesia

Koperasi yang dimaksud adalah koperasi warga Indonesia, bukan Koperasi negara lain. Tata-kelola serta rapikan-kuasa perkoperasian di luar negeri jua baik, tetapi sebagai Bangsa Indonesia wajib punya tata-nilai sendiri.

Warna Merah Putih

Warna merah dan Putih yg sebagai background logo menggambarkan sifat nasional Indonesia.



Arti Gambar serta Penjelasan Lambang Koperasi Baru

Lambang Koperasi Indonesia pada bentuk gambar bunga yg memberi kesan akan perkembangan serta kemajuan terhadap perkoperasian di Indonesia, mengandung makna bahwa Koperasi Indonesia harus selalu berkembang, cemerlang, berwawasan, variatif, inovatif sekaligus produktif pada kegiatannya dan berwawasan dan berorientasi dalam keunggulan dan teknologi;

Lambang Koperasi Indonesia pada bentuk gambar 4 (empat) sudut pandang melambangkan arah mata angin yang memiliki maksud Koperasi Indonesia:
  1. Sebagai gerakan koperasi pada Indonesia buat menyalurkan aspirasi;
  2. Sebagai dasar perekonomian masional yang bersifat kerakyatan;
  3. Sebagai penjunjung tinggi prinsip nilai kebersamaan, kemandirian, keadilan serta demokrasi;
  4. Selalu menuju dalam keunggulan dalam persaingan dunia.

Lambang Koperasi Indonesia dalam bentuk Teks Koperasi Indonesia memberi kesan dinamis terkini, menyiratkan kemajuan buat terus berkembang serta mengikuti kemajuan jaman yg bercermin dalam perekonomian yang bersemangat tinggi, teks Koperasi Indonesia yang berkesinambungan sejajar rapi mengandung makna adanya ikatan yg bertenaga, baik didalam lingkungan internal Koperasi Indonesia juga antara Koperasi Indonesia dan para anggotanya;

Lambang Koperasi Indonesia yang berwarna Pastel memberi kesan santai sekaligus berwibawa, selain Koperasi Indonesia berkecimpung pada sektor perekonomian, warna pastel melambangkan adanya suatu hasrat, ketabahan, kemauan serta kemajuan serta mempunyai kepribadian yg bertenaga akan suatu hal terhadap peningkatan rasa bangga serta percaya diri yang tinggi terhadap pelaku ekonomi lainnya;

Lambang Koperasi Indonesia bisa dipakai pada papan nama kantor, pataka, umbul-umbul, atribut yang terdiri dari pin, pertanda pengenal pegawai serta emblem buat seluruh aktivitas ketatalaksanaan administratif oleh Gerakan Koperasi di Seluruh Indonesia;

Lambang Koperasi Indonesia menggambarkan falsafah hidup berkoperasi yang memuat :
  1. Tulisan : Koperasi Indonesia yang merupakan identitas lambang;
  2. Gambar : 4 (empat) kuncup bunga yang saling bertaut dihubungkan bentuk sebuah bundar yang menghubungkan satu kuncup dengan kuncup lainnya, menggambarkan seluruh pemangku kepentingan saling bekerja sama secara terpadu serta berkoordinasi secara serasi dalam membentuk Koperasi Indonesia;


def+

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel