PENGERTIAN UMUM DIAGRAM DAN MACAMMACAM DIAGRAM BESERTA CONTOHNYA

Secara generik Pengertian Diagram adalah gambar atau grafik yang berisi informasi serta menjelaskan sarana, mekanisme, atau aktivitas yg biasa dijalankan suatu sistem. Diagram pula dapat berarti citra (sketsa, buram) yang memakai garis serta simbol buat menunjukkan atau memberitahuakn sesuatu. 
Diagram merupakan suatu citra data yg telah diolah sedemikian rupa menjadi sebuah grafik, garis atau tabel. Diagram merupakan sebuah wahana buat mempermudah pengguna pada menganalisis data dengan tampilan yang menarik serta gampang dipahami. Isi menurut diagram umumnya berupa nominal, skala ataupun data-data statistik.
Adapun Jenis-Jenis Diagram sebagi berikut. Terbagi atas beberapa jenis baik bentuk serta gambar yg berbeda :

Diagram Garis
Diagram garis adalah diagram yang penyajian datanya  menggunakan  garis. Baik itu garis lurus, kurva ataupun garis putus-putus. Diagram ini umumnya dipakai buat menyajikan data statistik yang diperoleh melalui pengamatan dari ketika ke saat secara berurutan. Dalam pengaplikasiannya biasanya memakai sumbu X serta sumbu Y. Sumbu X digunakan menunjukkan waktu pengamatan, sedangkan sumbu Y dipakai buat memberitahuakn hasil nilai-nilai pengamatan pada suatu waktu tertentu. Kumpulan saat serta hasil pengamatan membangun titik-titik dalam bidang XY, selanjutnya tiap kolom berdasarkan dua titik yang berdekatan dihubungkan dengan garis lurus sehingga terciptalah diagram garis atau disebut juga menggunakan grafik garis.


Diagram Lingkaran
Diagram bundar merupaka sebuah diagram yg penyajian datanya menggunakan lingkaran menjadi gambarnya. Biasanya data yg tersaji dalam diagram lingkarang berupa persen data. Dalam pembuatan diagram lingkaran, hal pertama yg harus anda lakukan merupakan menentukan besaran presentase tiap objek terhadap keseluruhan data dan besarnya sudut sentra sektor lingkaran.


Diagram Kotak Garis
Diagram kotak garis adalah sebuah diagram yang datanya tersaji memakai persegi panjang disertai garis. Data statistik yang digunakan dalam mendeskripsikan diagran kotak garis berupa Statistik Lima Serangkai, yg terdiri dari data paling kecil serta data paling akbar (ekstrim), Q1, Q2, serta Q3.


Diagram Batang
Diagram batang adalah sebuah diagram yang menggunakan persegi panjang sebagai alat buat menyajikan datanya. Umumnya diagram ini dipakai buat menggambarkan perkembangan nilai berdasarkan suatu objek penelitian pada jangka saat eksklusif. Diagram ini menyajikan aneka macam macam informasi secara tegak ataupun mendatar serta sama lebar menggunakan batang-batang yg terpisah.


Penyajian dalam bentuk gambar grafik atau diagram bisa lebih menjelaskan lagi masalah secara visual. Diagram batang (histogram) merupakan gambaran mengenai suatu distribusi frekuensi, dimana untuk setiap kelas dinyatakan dalam skala horizontal (datar) serta frekuensinya dalam skala vertical (tegak); atau sebaliknya. Data yang variabelnya berbentuk kategori atau atribut sangat tepat tersaji menggunakan diagram batang. Apabila diagram dibuat tegak, maka sumbu datar digunakan buat menyatakan atribut. Kuantum atau nilai data digambar dalam sumbu tegak. 

Sebuah histogram adalah representasi grafis dari distribusi data numerik. Ini merupakan asumsi distribusi probabilitas dari variabel konstan (variabel kuantitatif) dan pertama kali diperkenalkan sang Karl Pearson. Untuk membangun histogram, langkah pertama adalah buat "bin" rentang nilai-yaitu, membagi semua rentang nilai sebagai serangkaian interval-serta lalu menghitung berapa nilai jatuh ke pada setiap interval. Sampah umumnya ditetapkan sebagai berturut-turut, interval non-tumpang tindih variabel. Sampah (interval) harus berdekatan, serta berukuran umumnya sama. 

Jika sampah adalah berukuran yang sama, persegi panjang yg didirikan di atas bin menggunakan tinggi sebanding menggunakan frekuensi, jumlah masalah pada setiap bin. Secara generik, bagaimanapun, sampah nir perlu lebar sama; dalam masalah itu, persegi panjang didirikan memiliki daerah sebanding dengan frekuensi perkara pada loka sampah [3] Sumbu vertikal nir frekuensi namun kepadatan: jumlah perkara per unit berdasarkan variabel pada sumbu horisontal. Histogram pula bisa dinormalisasi menampilkan frekuensi relatif. Ini lalu menampakan proporsi perkara yang jatuh ke pada masing-masing beberapa kategori, menggunakan jumlah berdasarkan ketinggian menyamai 1. Contoh lebar bin variabel ditampilkan dalam data Biro Sensus bawah.

Histogram memberikan rasa kasar menurut kepadatan distribusi yang mendasari data, dan sering buat perkiraan kepadatan: memperkirakan fungsi kepadatan probabilitas berdasarkan variabel yang mendasarinya. Luas total berdasarkan histogram dipakai buat kerapatan probabilitas selalu dinormalisasi ke 1. Apabila panjang interval dalam sumbu x seluruh 1, maka histogram identik dengan plot frekuensi nisbi.

Sebuah histogram bisa dianggap sebagai perkiraan kepadatan kernel sederhana, yg memakai kernel buat kelancaran frekuensi atas sampah. Ini membuat fungsi kepadatan probabilitas halus, yg dalam biasanya lebih akurat mencerminkan distribusi variabel yang mendasarinya. Estimasi kepadatan mampu diplot sebagai cara lain buat histogram, serta biasanya digambarkan sebagai kurva daripada satu set kotak.

Alternatif lain adalah homogen-rata bergeser histogram, yg cepat buat menghitung dan menaruh perkiraan kurva mulus kepadatan tanpa menggunakan kernel.

Histogram merupakan salah satu berdasarkan tujuh indera dasar kontrol kualitas. 
Histogram acapkali bingung dengan grafik bar. Sebuah histogram digunakan buat data konstan, pada mana sampah mewakili rentang data, dan bidang persegi panjang yg bermakna, ad interim grafik bar merupakan plot variabel kategori dan diskontinuitas harus ditunjukkan menggunakan mempunyai kesenjangan antara persegi panjang, berdasarkan mana hanya panjang bermakna. Seringkali hal ini diabaikan, yang bisa mengakibatkan bar chart yang bingung buat histogram.

Perhatikan model berikut.

JUMLAH SISWA MENURUT TINGKAT SEKOLAH DAN JENIS KELAMIN
TINGKAT
SEKOLAH
JUMLAH SISWA
JUMLAH
LAKI – LAKI
PEREMPUAN
SD
SMP
ST
SMA
SMK
875
512
347
476
316
687
507
85
342
427
1.562
1.019
432
818
743
TOTAL
2.526
2.048
4.574

Diagram Batang Daun
Diagram btg daun merupakan diagram yang penyajian datanya memakai tabel yg telah dikelompokkan dengan kolom batang dan kolom daun. Dalam diagram ini, data yg telah didapatkan dikelompokkan serta diurutkan berdasarkan ukuran yang paling mini sampai berukuran yg paling akbar. Diagram ini mempunyai dua bagian yaitu batang dan daun. Bagian btg berisi angka puluhan dan bagian daun berisi angka satuan.


Diagram Gambar
Pengertian Diagram Gambar - Diagram gambar atau piktogram merupakan diagram dimana datanya tersaji pada bentuk gambar atau lukisan buat mewakili benda yg menampilkan poly benda sesungguhnya.


Fungsi Diagram adalah untuk mempermudah dalam memperinci data yang berisi nomor . Diagram biasa digunakan dalam meringkas dan memperpendek informasi dalam setiap presentasi data atau hal lainnya. 

Demikian artikel sederhana tentang Pengertian diagram secara umum serta Macam-Macam Diagram bersama Contohnya. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian serta terima kasih. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel