PERBEDAAN OTAK BESAR DAN OTAK KECIL

Secara keseluruhan, otak dalam insan dibagi sebagai 4 bagian, berikut bagian-bagian otak :
Otak Kecil (Cerebellum)
Otak mini (cerebellum) merupakan bagian otak yg terletak pada bawah lobus occipital pada otak besar, tepatnya di bagian belakang ketua, serta berhubungan dengan leher permukaan. Otak kecil (cerebellum) erat hubungannya dengan berbagai macam fungsi gerakan manusia, misalnya mengontrol gerak koordinasi antar otot, mengontrol gerakan manusia, mengatur keseimbangan tubuh, serta buat mengatur perilaku serta posisi tubuh. Tanpa adanya otak kecil, gerakan sebagai nir terkoordinasi, sebagai akibatnya tidak bisa memakai otot-ototnya guna melakukan banyak sekali aktivitas.
Otak Besar (Cerebrum)
Otak akbar (crebrum) adalah bagian dari yg terbesar pada otak. Otak akbar merupakan bagian yang membedakan disparitas antara otak manusia dengan otak hewan. Adanya serebrum dapat insan berpikir, berbicara, mengingat, mengendalikan pikiran, serta berbicara. Kecerdasan seorang diukur berdasarkan kemampuan menurut otak besarnya.
Otak besar dibagi menjadi beberapa bagian yang menyusunnya, diantaranya :
  1. Lobus Frontal, merupakan bagian otak besar yg terletak pada bagian terdepan berdasarkan otak besar. Lobus frontal erat hubungannya dengan perilaku manusia, seperti kemampuan beranjak, berbahasa, dan sebagainya.
  2. Lobus Parietal, adalah bagian serebrum yg terletak di tengah. Lobus Parietal erat hubungannya menggunakan proses sensorik tubuh berupa rabaan, tekanan, sentuhan, dan sebagainya.
  3. Lobus Occipital, artinya bagian serebrum yang terletak paling belakang. Lobus Occipital mempunyai hubungan dengan penglihatan.
  4. Lobus Temporal, adalah bagian serebrum yg terletak pada samping kiri dan kanan otak. Lobus temporal erat hubungannya dengan bunyi manusia, sehingga insan bisa berbicara serta membedakan berbagai jenis bahasa yang dipakai. 
Batang Otak (Brainsteam)
Batang otak (brainsteam) terletak pada leher permukaan serta memanjang sampai ke sumsum tulang belakang. Batang otak atau brainsteam mengatur fungsi dasar manusia, misalnya proses denyut jantung, mengatur proses pernapasan, proses kerja ginjal, dan hal-hal krusial lainnya. Oleh karenanya, pada dunia medis dikenal menggunakan mati btg otak, adalah suatu keadaan cederanya batang otak atau brainsteam yg bisa menyebabkan orang tadi meninggal biologis.
Batang otak (brainsteam) terbagi menjadi beberapa bagian, antara lain :
  1. Otak Tengah (Mesencephalon), adalah bagian batang otak yg menjadi suatu penghubung antara serebrum menggunakan otak mini . Fungsi otak tengah pada proses penglihatan manusia.
  2. Medulla Oblongata, adalah titik awal dimulainya saraf yang menuju ke tulang belakang, yg selanjutnya akan diteruskan ke semua tubuh. Medulla oblongata mempunyai interaksi menggunakan banyak sekali pengontrolan fungsi otomatis dalam organ manusia.
  3. Pons, adalah bagian brainsteam yang terletak di bawah medulla oblongata dan berfungsi buat mengatur dan meneruskan segala keterangan ke bagian otak lainnya.

Sistem Limbik
Sistem limbik merupakan bagian otak yg terdapat dalam tengah-tengah otak. Komponen dari sistem limbik antara lain thalamus, hipotalamus, korteks limbic, amigdala, serta hippocampus. Sistem limbik merupakan bagian otak yang mempunyai hubungan dengan alam sadar manusia, sentra emosi, sentra data, dan sebagainya.
Otak akbar (cerebrum) serta otak kecil (cerebellum) memiliki disparitas pada fungsinyam masing-masing. Otak (ensefalon) merupakan organ terbesar serta paling kompleks diantara seluruh sistem saraf. Rata-rata volume otak orang dewasa lebih kurang 1.350 ml. Otak dilindungi oleh tulang tengkorak (kranium), selaput otak (meninges), serta cairan serebrospinal. Otak terletak pada dalam rongga kepala. Otak dibagi menjadi 3 bagian yaitu otak, otak tengah, serta otak belakang (otak kecil). Otak besar serta otak kecil adalah bagian terpenting dalam sistem saraf serta merupakan bagian utama pada otak.

Otak Kecil
Otak kecil (Serebelum) terdiri atas dua belahan berliku-liku yg sangat dalam. Fungsi otak mini merupakan buat mengkoordinasikan aktivitas lokomotor tubuh, antara lain buat mengaturan otot, posisi, serta ekuilibrium tubuh. Rusaknya bagian serebelum ini bisa mengakibatkan seorang kehilangan koordinasi pada gerakan otot tubuh. Otak mini terletak di bawah bagian posterior berdasarkan otot besar . Permukaan otak mini masih ada materi abu-abu yang dianggap menggunakan korteks serebelar. Otak kecil dibagi menajadi tiga lobus yaitu lobus sentral (vermis),  serta dua lobus lateral atau lobus cerebellar.
Otak Besar
Otak akbar mengisi penuh bagian depan dari rongga tengkorak, dan terdiri berdasarkan 2 belahan (hemifer) akbar. Dua belahan tersebut merupakan belahan kiri dan belahan kanan, yang menurut setiap belahan mengendalikan bagian tubuh yg berlawanan. Belahan kiri mengendalikan suhu tubuh bagian kanan sedangkan dalam bagian kanan mengendalikan bagian buat mengatur bagian kiri. Otak akbar teridir atas dua lapisan yaitu lapisan luar (korteks) yg berisi menggunakan neuron serta dalam lapisan dalamnya berisi serabut saraf yaitu dendrit serta neurit. Otak akbar terbagia tas empat lobus, yaitu lobus frontalis (bagian dahi), lobus parietalis (bagian ubun-ubun), lobus temporalis (bagian pelipis), lobus oksipitalis (bagian belakang ketua). 
Otak besar adalah saraf pusat yg primer karena berperan dalam pengaturan semua kegiatan tubuh, yaitu kecerdasan, harapan, ingatan, kesadaran, kepribadian, daya cipta, daya khayal, pernapasan serta sebagainya. Setiap menurut kegiatan akan dikendalikan oleh bagian yang berbeda, bagian tersebut merupakan lobus frontalis (wilayah dahi), herbi kemampuan berfikir. Lobus temporalis (daera pelipis) dan ubun-ubun mengendalikan kemampuan berbicara serta bahasa. Pada wilayah belakang kepala adalah sentra penglihatan dan memori tentang apa yg dilihat. Daerah ubun-ubun selain pusat berbicara, daerah ubun-ubun juga sebagai pusat merasakan panas, dingin serta rasa sakit. Daerah pelipis merupakan sebagai sentra  bicara serta pendengaran.

Perbedaan Otak Besar dan Otak Kecil
  • Otak akbar merupakan bagian terbesar menurut otak. Otak mini merupakan bagian terbesar ke 2 berdasarkan otak. 
  • Otak besar adalah bagian otak yg masih ada didepan. Otak kecil merupakan bagian otak yang masih ada dibelakang 
  • Otak akbar berfungsi mengontrol fungsi sadar dan kecerdasan, kekuatan kehendak, memori dll. Otak mini berfungsi pada mengkoordinasikan fungsi sadar serta mengontrol ekuilibrium. 
  • Dalam perkembangan evolusi, Otak mini berkembang lebih cepat dibandingkan dengan otak besar. 
  • Otak kecil mengandung 50% jumlah neuron pada otak. Sehingga otak kecil memiliki lebih banyak neuron daripada otak besar. 
Demikianlah Artikel sederhana tentang Perbedaan Otak kecil serta Otak besar . Semoga berguna bagi kita semua. Sekian serta terima kasih. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel