DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF TENAGA EKSOGEN

Pengertian energi eksogen adalah energi-tenaga yg asal berdasarkan luar bumi serta bersifat mengubah atau Mengganggu permukaan bumi.
Tenaga pengubah bentuk permukaan bumi yang asal dari luar bagian atas bumi dinamakan energi eksogen. Tenaga eksogen umumnya membangun permukaan bumi dengan perusakan, contohnya melalui pelapukan, erosi, dan pengikisan.
Tenaga Eksogen memiliki efek, baik yang sifatnya positif serta negatif atau menguntungkan serta merugikan bagi kehidupan insan. Tenaga eksogen diakibatkan oleh insan sendiri sebagai akibatnya perlu cara-cara penanggulangan terjadinya energi eksogen, karna tenaga eksogen juga bisa menelan korban jiwa serta Tenaga eksogen juga bisa berfungsi dengan baik bila kita memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Tenaga eksogen yang berasal berdasarkan bagian atas bumi misalnya pelapukan, erosi, dan sedimentasi berdampak poly terhadap kehidupan insan. Dampaknya selain bersifat positif, ada pula yg bersifat negatif. 

a. Dampak Positif Tenaga Eksogen
Dampak positif tenaga eksogen antaralain.
  1. Memunculkan tempat asli. Dengan adanya pelapukan terhadap batuan, terbentuklah tanah sebagai akibatnya memungkinkan tumbuh- tumbuhan hidup pada atas tanah tadi. Dengan adanya kehidupan tumbuh-flora pada atas tanah, telah menyebabkan adanya kehidupan hewan dan insan. Manusia, hewan, dan tumbuh-tanaman adalah mata rantai kehidupan yg satu sama lainnya saling memiliki ketergantungan.
  2. Memperluas daratan pada bumi. Erosi yang terjadi di wilayah pegunungan materialnya akan dibawa ke laut serta mengendap di dasar bahari. Peristiwa seperti ini telah berlangsung jutaan tahun lamanya sebagai akibatnya endapan yg terbentuk semakin usang semakin tebal dan luas dan akhirnya menciptakan daratan. Banyak dataran-dataran yg terbentuk menurut hasil erosi dan pengendapan seperti pantai timur Sumatera, pantai Utara Jawa, dan lain-lain. Dataran yang terbentuk serta output pengendapan ini disebut dataran aluvial serta tanahnya diklaim tanah aluvial.
  3. Memperdekat barang-barang tambang ke bagian atas bumi. Dengan adanya erosi pada saat yang sangat usang (jutaan tahun) terhadap pegunungan yg mengandung barang- barang tambang dan mineral makin lama makin rendah sehingga barang tambang yg terdapat pada dalamnya makin dekat ke bagian atas bumi, serta akhirnya berada di bagian atas bumi.
b. Dampak Negatif Tenaga Eksogen
Dampak negatif energi eksogen antaralain.
  1. Kesuburan tanah semakin berkurang karena tanah yg fertile pada bagian atas bumi terus menerus mengalami erosi setiap hujan turun.
  2. Hasil-hasil erosi yg diendapkan (sedimentasi) di muara-muara sungai mengakibatkan pendangkalan di muara sungai, akibatnya sungai sebagai gampang mengalami banjir waktu ekspresi dominan hujan. Hal ini terjadi karena arus sungai yg mengalir mengalami kendala pada muara sungai. 
  3. Abrasi (pengikisan air laut) pada pantai-pantai mengakibatkan daratan dekat garis pantai hilang dihantam ombak. Rumah-rumah di pinggir pantai poly yg hancur oleh pengikisan.
 

Demikianlah Artikel sederhana mengenai Dampak Positif serta Negatif Tenaga Eksogen. Semoga berguna bagi kita semua. Sekian dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel