SEJARAH PERJALANAN PEMBUATAN KOMPUTER

Computersudah lama terdapat, dalam tahun 1951 komputer pertamakali dibeli buat kepentinganbisnis. Lalu computer berkembang begitu cepat sebagai akibatnya orang – orang sangat sulitmengikuti peerkembangannya. Perubahan tersebut terlalu cepat seingga masyarakattidak memahami bagaimana computer terbaru dan kapan sejarah tersebut dimulai.

Komuter merupakan indera olah data sesuaiprosedur yang elah ditentukan. Istilah computer mulanya merujuk kepada orangyang berprofesi menjadi penghitunga aritmatika, baik memakai atau tanpa alatbantu. Tetapi seiring berjalan nya saat computer merujuk kepada mesin atau alatbantu penghitung. Mualanya computer hanya sebatas alatbantu perhitunganmatematika, tetapi seiring perkembangan computer modern digunakan buat beragamtugas nir selalu terkait dengan matematika. Dari yg sebelum nya hanyasebagai indera penghitung semacam slid-rule semacam kalkulator hingga berkembangmenjadi indera yg memproses berita atau sitem pengolahan warta.
Pada kesempatan kali ini sumbbu akanmembahas mengenai bepergian computer berdasarkan awal mula atau cikal bakalterciptanya computer terkini misalnya yg kita ketahui dalam saat ini

Computer, mesin hitung yang pertama

Sejak zaman dahulu orang berurusandengan data dan nomor . Mula- mula mereka menciptakan simpul pada tali dan lembarantanah liat buat membuat catatan stok barang dagangan. Beberapa sumbermengatakan ABACUS yang usianya 5000 tahun adalah indera hitung pertama.seiring komplektisitas system pajak dan perdagangan, masayarakat mulaimembutuhkan alat yg lebih cepat serta efektif serta akurat buat menyimpancatatan.
Sejak dahulu proses olah data atauperhitungan sudah dilakukan insan. Seiring berkembangnya zaman manusia mulaimenciptakan indera-indera mekanik dan elektronika guna membantu olah data danperhitungan supaya mendapatkan hasil yg lebih cepat dan akurat. Computer yangkita ketahui dalam masa ini adalah output evolusi panjang berdasarkan penemuanmanusia masa silam berupa alat mekanik ataupun elektronika. Saat ini computer danpiranti pendukungnya telak masuk ke segala lini kehidupan dan pekerjaan.  
Alat olah data yang sudah terdapat darizaman dahulu ini dapat dibagi menjadi empat golongan berdasarkan penggunaan nya .
Pertama,indera manual yg adalah alat olah data sederhana foktor terpenting dari alatini merupakan manusia menjadi pengguna nya.
Kedua,alat mekanik merupakan alat berbentuk mekanik yang digerakkan atau dioperasikan sang insan secara manual.
Ketiga,alat mekanik elektro adalah indera mekanik yang dierakkan secara otomatisoleh motor elektronik
Keempat,alat elektro merupakan alat yg cara kerjanya sepenuh nya digerakkan ataudi kendalikan oleh elektronika.

Berikut ini gambaran sejarahcomputer darimasa kemasa serta pembagian terstruktur mengenai computer berdasarkan generasi ke generasisampai menjadi sebuak computer terkini yang kita temui saat ini.

Alat Hitung Tradisional dan Kalkulator Mekanik

 Abacus ada sekitar 5000 tahun lalu di Asiakecil, yang sampai kini di beberapa daerah masih seringkali dipakai. Alat inibisa dikatakan cikal bakal atau pelopor mesin komputasi. Alat ini digunakanuntuk membantu menghitung dengan biji-biji yanh dipasang dan diatur dalamsebuah rak. Dulu para pedagang memakai Abacus untuk menghitung transaksiperdagangan. Kemudian selesainya keluarnya pensil dan kertas khususnya pada eropaAbacus mulai kurang popular.

Tahun 1942 sang Blaise Pascal

            Hamper 12 abad lalu, tradisikomputasi mulai berubah. Tahun 1942 Blaise Pascal (1623-1663) menemukankalkulator roda numeric (numerical wheelcalculator). Alat ini dipakai buat membantu ayah nya menghitung pajak. Makakotak persegi yang terbuat menurut kuningan tersebut pada namai Pascaline. Alattersebut memakai delapan roda putar bergerigi buat menjumlah bilanganhingga delapan digit. Ini adalah indera penghitung sapta berbasis sepuluh,tetapi alat ini hanntya terbatas melakukan penjumlahan.

Tahun 1694 Gottfred Wilhem Von Leibniz

            Tahun1694, seorang ilmuan matematika dan filsuf Jerman Gottfred Wilhem VonLeibniz (1646-1716) menyebarkan pascaline denga cara menciptakan mesin yang dapatmelakukan perkalian. Alat mekanik ini pula bekerja menggunakan mengguanakanroda-roda bergerigi sesudah menelaah catatan serta gambar yg dibual Pascal,Leibniz berhasil menyempurnakan alatnya.

Tahun 1820 Charles Xavier Thomas deColmar

            Mulai tahun 1820, kalkulator mekanikmulai popular, Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang mampumelakukan empat fungsi aritmatika dasar. Kalkulator mekanik Colmar(aritometer), melakukan presentasi pendekatan yang lebih lebih simpel pada kalkulasi. Alat tersebut dapatmelakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, serta pembagian. Aritometer banyakdigunakan sampai perang dunia I. Bersama Pascal dan Leibnes, Colamar membangunera komputasi mekanikal.

Tahun 1812 Charles Babbage

            Mulannya computer yang sebenarnyadiciptaka sang professor matematika dari Inggris Charles Babbage (1791-1871). Tahun 1812 Babbage mencermatikesesuaian alam antara mesin mekanik serta dan matematika. Mesin mekanik sangatbaik dalam menjalankan tugas yg sama berulang-ulang kali tanpa kesalahan,sedangkan matematika membutuhkan repetisi sederhana berdasarkan langkah-langkahtertentu. Masalah tersebut lantas berkembang hingga menempatkan mesin mekaniksebagai indera menjawab kebutukan matematik. Usaha pertama Babbage untuk menjawabmasalah ini muncul dalam tahin 1822, waktu iyu beliau mengusulkan suatu mesin untukmenghitung persamaan defrensial yang dinamakan menggunakan Mesin Defrensial. Dengantenaga uap mesin tadi mampu menyimpan acara dan melkukan kalkulasi dan mencetakhasin nya  secara otomatis. Setelahbekerja menggunakan Mesin defrensial selama 10 tahun Babbage mulai terinspirasimembuat computer General Purpose yangpertama, computer ini disebut menggunakan Analytical Engine. Asisten Babbage, AgustaAdan King (1815-1842) memiliki peranan krusial pada pembuatan mesin ini. Iamembantu merevisi rencana pembuatan indera ini dan mencari pendanaan daripemerintah Inggris, dan mempresentasikan spesifikasi Analytical Engine kepadapublic. Selain itu pemahaman Agusta yang baik mengenai mesin ini memungkinkannya menciptakan instrusi buat dimasukkan kedalam mesin, akhirnya iapun menjadiprogrammer pertama perempuan . Tahun 1880 Amerika Serikat menamakan sebuah bahasapemrograman dengan nama ADA sebagai bentuk penghormatan kepad Agusta

Tahun 1889 Herman Hollerith

            Meski nir pernah selesaidikerjakan, mesin uap Babbage tampak sangat primitive, jika dibandingkan denganstandar masakini. Alat tersebut mendeskripsikan elemen dasar sebuah computermodern yang mengungkapkan sebuah konsep krusial. Alat tersebut memiliki kuranglebih 50.000 komponen menggunakan desain dasar memakai kartu-kartu perlubangan(berlubang-lubang) yg berisi instruksi operasi mesin Analytical Engin. Pada tahun 1889 Herman Hollerith (1860-1929)jua menerapkan prinsip perlubangan buat melakukan perhitungan. Tugas pertamanyaadalah menerapkan cara yg lebih cepat buat melakukan perhitungan bagi BiroSensus Penduduk Amerika Serikat. Sebelumnya sensus silakukan dalam tahun 1880dan membutuhkan waktu tujuh tahun buat menuntaskan perhitungan.
            Hollerith memakai kartuperforasi buat melakukan data sensus kemudian data tadi dioalah sang alattersebut secara mekanik, sebuah kartu mampu menyimpan sampai 80 variabel.dengan alat tersebut data sensus bisa diselesaikan pada ketika enam minggu.selai kecepatan kartu tersebut pula berfungsi menjadi media penyimpanan data.tingkat kesalahan penghitungan juda dapat ditekan secara drastis. Hollerithmengembangkan indera tersebut kemudian menjualnya pada warga . Beliau kemudaianmendirikan Tabulating company pada tahun 1896 yg kemudian berubah mejadiInternational Bussines Machine tahun 1924 setelah beberapa kali marger.perusahaan lain seperti Remington Rand and Burrohg jua menghasilkan alat untukmembaca kartu perlubangan buat usaha usaha. Kertu perlubangan dipakai olehkalangan pembisnis dan pemerintah buat memproses data sampai tahun 1860.

Tahun 1931 Vannevar Bush

            Pada masa berikutnya para insinyurmenemukan indera baru. Tahun 1931,Vannevar Bush membuat kalkulator buat merampungkan persamaan defferensial.mesin tadi bisa menyelesaikan persamaan deffrensial komplek yg selamaini dipercaya rumit oleh kalangan akademis. Mesin itu sangat akbar dan beratkarena memakai ratusan poros dan gerigi pada melakukan perhitungan.

Pada tahun 1903 John V. Atanasoff danClifford Berry

            Padatahun 1903 John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat computerelektrik yg menerapkan Aljabar Boolean dalam sikuit elektrik. Pendekatan inididasarkan berdasarkan hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa system bineraljabar, yang menyatakan setiap persamaan matematika dapat menyatakan benaratau salah . Dengan mengaplikasikan kondisi sahih atau galat kedalam sikuitlistrik dengan bentuk terhubung terputu, Atanasoff serta Barry menciptakan computer elektrikpertama pada tahun 1940. Tetapi proyek ini terhenti sang karena sumberpendanaan.

Kemudaiansetelah tahun 1903 perkembangan computer berjalan sangat cepat hinggaterciptanya hingga terciptanya computer terbaru misalnya yang kita mampu lihatsaat ini. Pada masa ini computer masuk kesemua lini kehidupan dan pastinya akanterus berkembang seiring dengan majunya zaman. Maka menurut itu perlu bagi kitasekalian selalu mengapdate pengetahuan kita tentang jenis dan fungsi dari computer,karena dapat menunjang pekerjaan serta membantu pada proses belajar.
Semogaartikel kali ini dapat membantu sobat sekalian

Salam A121f


            

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel