TIPS MENCARI KERJA BAGI FRESH GRADUATE


Memulai Menjadi seseorang Fresh Graduate

   Setiap lulusan atau fresh graduate perguruan tinggi pasti mendambakan pekerjaan yang layak.professional serta Proporsional.apakah nanti pekerjaan yang kita cari itu sinkron dengan bidang studi yg kita geluti yg kita pelajari selama kuliah? Apakah pekerjaan itu pula bisa mensejahterakan kita nanti ke depan? Itu semua merupakan pertimbangan krusial atau dalam hal ini mampu dikatakan pertimbangan awal bagi fresh graduate yang akan memasuki global kerja.
  Banyak masalah yg terjadi contohnya ada teman kita dimana sewaktu kuliah beliau adalah mahasiswa yg berprestasi, atau bahkan pernah menjadi asisten dosen. Namun sekali lagi pada global kerja, hal itu nir begitu mempengaruhi secara signifikan bahwa kita akan menerima pekerjaan yg kita dambakan dengan mudah. Perusahaan pasti mempunyai kriteria sendiri dalam menseleksi karyawan, nir semata-mata melihat berapa IP-nya sewaktu lulus dari perguruan tinggi. Namun sanggup juga perusahaan melihat berdasarkan kemampuan kita dan keahlian kita apakah nanti akan bermanfaat bagi perusahaan.
  Itu hanyalah sebuah pengantar, namun sekali lagi perlu diingat bahwa pekerjaan nir datang menggunakan sendirinya.anda wajib aktif mencari dan melamar pekerjaan yg sesuai dengan kemampuan Anda sendiri atau setidaknya masuk dalam kriteria Anda.mau bekerja seperti apapun, Andalah yang menentukan. Agar tidak mengalami kesulitan pada job hunting, maka berikut adalah cara memperoleh informasi lowongan kerja :
  1. Jika terdapat perusaahaan yg Anda cari dekat dengan rumah Anda, maka segeralah cari keterangan sebesar-banyaknya baik berdasarkan orang kurang lebih lingkungan perusahaan, atau tiba sendiri ke perusahaan buat mencari memahami lebih mendalam tentang jabatan apa yang sedang dicari perusahaan beserta syarat-syaratnya.
  2. Cara yg ke 2 merupakan dengan mencari lowongan kerja dari artikel atau iklan yg bisa diperoleh berdasarkan media massa, baik elektronik, juga cetak. Karena jaman telah semakin maju, maka informasi lowongan kerja dewasa ini sangat gampang buat didapat.
  3. Tidak sporadis bahwa terdapat hubungan atau kerjasama antara forum pendidikan dengan perusahaan eksklusif. Perusahaan kadang mencari energi kerja dari lembaga pendidikan yg ditunjuk. Perusahaan melakukan ini biasanya lantaran memang memiliki persepsi bahwa lulusan menurut lembaga pendidikan itu memiliki kualitas dan keahlian yang diperlukan sang perusahaan tadi.
  4. Nepotisme pada hal ini merupakan kata buat menjelaskan bahwa seseorang dapat eksklusif menerima kerja lantaran adanya koneksi dari sanak keluarga atau famili. Apabila perusahaan merekrut energi kerja melalui nepotisme, maka biasanya dilakukan menurut loyalitas dan adanya kepentingan dalam perusahaan tersebut, atau sudah memegang jabatan tertentu dimana mampu berwenang memasukkan sanak famili ke perusahaan.
  5. Baru-baru ini poly aktivitas Job Fair atau seperti bursa lapangan kerja yg diadakan spesifik bagi mereka yang ingin mendapat pekerjaan. Dari beberapa perusahaan berkumpul di satu loka untuk menerima begitu poly lamaran dari para pencari kerja. Maka tak sporadis acara bursa kerja atau job fair ini banyak dikunjungi sang para calon tenaga kerja lantaran banyak kemudahan yg sanggup dihasilkan. Anda sanggup menggunakan mudah sanggup mencari liputan lengkap, mulai berdasarkan sejarah perusahaan hingga sistem perusahaan. Apabila Anda berminat maka tinggal mengisi formulir registrasi serta kelengkapan administrasi seperti surat lamaran serta CV (Curiculum Vitae).


Berbagai Pertimbangan pada Mencari Pekerjaan

Jika Anda telah menemukan lowongan kerja yg sinkron, terdapat baiknya mencermati kualifikasi yang Anda miliki waktu ini. Agar nir merasa kesulitan, saya akan sedikit memaparkan langkah-langkah dalam mencermati lowongan kerja :
  1. Carilah pekerjaan yang sinkron menggunakan kemampuan Anda. Kenali kemampuan Anda lebih mendalam dan menemukan potensi Anda. Cermati juga prestasi yg Anda miliki, lantaran bisa mengakibatkan bahan perusahaan buat menentukan. Apabila Anda sanggup melihat semua kemampuan diri Anda, pasti Anda nir akan galat dalam melamar pekerjaan.
  2. Belajarlah Ketrampilan Lain, lantaran selain nilai dan prestasi yang Anda dapatkan selama mengenyam pendidikan di perguruan tinggi, terdapat baiknya Anda belajar keterampilan lain, contohnya cobalah buat Kursus computer, pembinaan media elektro, atau kursus lain yang sinkron menggunakan bakat serta minat Anda, lantaran nanti itu akan sangat menunjang karir Anda pada perusahaan.
  3. Cobalah menguasai bahasa asing, karena dominasi bahasa asing merupakan hal yang sangat krusial, terutama bagi Anda yang menentukan untuk bekerja pada perusahaan asing, perbankan, perhotelan, atau pada dunia pendidikan. Karena itu, kuasailah bahasa asing, setidaknya satu bahasa asing, yaitu Bahasa Inggris karena merupakan bahasa internasional yg digunakan. Tetapi tidak menutup kemungkinan jua buat mempelajari bahasa lain, seperti Jepang, Mandarin, Prancis, Italia, dan Spanyol. Penguasaan bahasa asing sekarang jua dipermudah dengan adanya forum pendidikan bahasa asing yg akan banyak membantu Anda dalam penguasaan bahasa asing.
  4. Kirimlah surat lamaran sebesar-banyaknya, lebih berdasarkan satu kali. Karena ketika kita mengirim lamaran, belum tentu lamaran itu akan pribadi memperoleh jawaban, apalagi memperoleh jawaban yang memuasakan. Itu lantaran banyaknya pelamar yang mendaftar pada perusahaan tersebut. Maka terdapat baiknya Anda mengirimkan surat lamaran anda ke perusahaan yg sedang membuka lowongan kerja.
  5. Jangan menunda menciptakan surat lamaran pekerjaan. Bila Anda mengetahui ada lowongan, serta kebetulan sesuai menggunakan apa yg Anda inginkan. Maka segeralah menciptakan surat lamaran, jangan ditunda. Dalam hal ini pula pembaca perlu memperhatikan menciptakan lamaran yang baik dan benar serta surat lamaran yang menarik supaya peluang Anda buat diperhatikan dan diterima lebih akbar.

    Membuat surat lamaran yang persuasif, maksudnya artinya buatlah surat lamaran kerja Anda menggunakan sebaik-baiknya. Surat lamaran yang Anda buat itu sangat berharga buat Anda, lantaran surat lamaran itu akan menunjukkan kepribadian serta kemampuan Anda. Perusahaan akan pribadi mampu menilai Anda layak atau tidak hanya menggunakan melihat surat lamaran saja. Oleh karenanya buatlah surat lamaran Anda sebaik-baiknya sebagai akibatnya bisa mengantarkan Anda mendekati kesuksesan.
Namun muncul pertanyaan, apakah mampu surat lamaran yg kita buat lebih baik dari yg lain? Sedangkan kita tahu calon pencari kerja yg lain jua akan menciptakan surat lamaran menggunakan sebaik-baiknya. Oleh karenanya akan aku sedikit paparkan cara menciptakan surat lamaran yang baik serta benar :
  • Buatlah surat lamaran kerja yg sesuai dengan baku yg ditentukan, yaitu surat lamaran yang sesuai dengan situasi serta kondisi menurut pelamar serta sesuai menggunakan kebutuhan perusahaan,
  • Gunakan bahasa Indonesia yang baik serta sahih dalam menulis surat lamaran kerja. Apabila Anda menciptakan surat lamaran pada bahasa Inggris, lakukan pengecekan. Pastikan Anda membuat surat lamaran bahasa Inggris yang pula baik dan sahih.
  • Memilih kertas yang sinkron. Anda bisa menuliskan surat lamaran kerja dalam kertas folio atau menggunakan ukuran kertas kuarto. Akan tetapi, jangan coba-coba menulis surat lamaran pada kertas selain rona putih bersih. Lantaran surat lamaran merupakan surat yang bersifat formal.
  • Tuliskan data Anda, yakni nama, alamat rumah, angka telepon, maksud, tujuan dan isi secara lengkap, serta hati-hati agar jangan sampai terjadi kesalahan ejaan. Maka sebelum Anda mengirimkan surat lamaran kerja, telitilah lebih dahulu.
  • Janganlah lupa menuliskan kode jabatan yg dilamar bila diminta.
  • Adapun isi surat lamaran yg ideal merupakan menggunakan menambahkan sesuatu pada diri Anda yg bersifat mempromosikan diri Anda. Cobalah menulis kekuatan atau kelebihan Anda yg mendukung pekerjaan yang ditawarkan, misalnya pengalaman organisasi, pengalaman kerja, serta ketrampilan.
  • Anda mampu menulis surat lamaran menggunakan computer atau tulisan tangan tergantung apa yang diminta perusahaan
  • Tuliskan kesediaan Anda untuk mengikuti proses lainya, misalnya tes wawancara atau tes tertulis
  • Jangan coba-coba mengirimkan fotokopi surat lamaran. Buatlah yg asli dan autentik
  • Amplop wajib higienis serta rapi, bertuliskan alamat yg jelas. Jika terdapat kesalahan dalam amplop, jangan harap surat lamaran Anda terkirim pada alamat yang dimaksud.

sumber gambar : google.com

Berikut adalah bagian dari surat lamaran secara formal, antara lain :

  • Alamat dalam
  • Tanggal surat
  • Salam pembuka
  • Paragraf pertama
  • Paragraf kedua
  • Merujuk daftar riwayat hidup
  • Paragraf penutup
  • Salam penutup
  • Nama

Surat lamaran yg ideal hendaknya memuat :

  • Bagaimana Anda mengetahui adanya lowongan pekerjaan
  • Pernyataan singkat mengapa Anda tertarik dan merasa konfiden bahwa Anda memenuhi kriteria untuk pekerjaan itu.
  • Permintaan buat mengikuti tes berikutnya
  • Keterangan di mana serta kapan Anda bisa dihubungi.


    Surat lamaran kerja sebenarnya tidak berdiri sendiri, melainkan wajib didukung jua dengan berkas lain seperti daftar riwayat hayati atau diklaim Curiculum Vitae (CV). Adapun isi menurut CV berupa data eksklusif, pendidikan, serta pengalaman kerja.untuk mengisi CV, diharapkan kejujuran Anda dalam meninjau diri, terutama latar belakang Anda.

Berikut pokok-utama isi berdasarkan daftar riwayat hayati, misalnya :

  1. Heading. Dalam hal ini berisi biodata Anda seperti nama, alamat, angka telepon yg bisa dihubungi, loka, tanggal lahir, jenis kelamin, agama, status perkawinan, kesehatan, dan Email.
  2. Riwayat pendidikan. Dalam hal ini riwayat pendidikan berisi mengenai latar belakang pendidikan Anda. Jangan lupa cantumkan tahun pendidikan mulai menurut tahun pendidikan hingga tahun lulus. Tulis pula nama lembaga dan jurusan yg Anda pilih dan gelar.
  3. Riwayat pekerjaan. Riwayat pekerjaan berisi latar belakang pekerjaan yg pernah Anda geluti. Tuliskan nama perusahaan, serta posisi fungsional Anda serta juga tahun Anda bekerja.
  4. Keterampilan dan kemampuan yang relevan. Isilah dalam kolom ini keterampilan yang Anda miliki serta Anda anggap merupakan sebuah nilai plus menurut diri Anda. Seperti mempunyai kemampuan bahasa asing, baik verbal maupun goresan pena, mengoperasikan personal komputer serta mengaplikasikan personal komputer dengan baik.
  5. Kegiatan dan keberhasilan lain. Apabila Anda pernah mempunyai atau mengikuti organisasi, maka hal itu perlu buat dicantumkan disini. Tulislah jabatan yg Anda bisa ketika menggeluti organisasi. Jangan lupa cantumkan jua aktivitas apa saja yg pernah Anda ikuti, misalnya mengikuti beberapa aktivitas sewaktu di kampus, mengikuti banyak sekali macam seminar, workshop, pembinaan serta lain sebagainya.
sumber gambar : google.com


  Setelah surat lamaran selesai beserta berkas pendukungnya telah terselesaikan Anda tulis, Anda tinggal mengirimkan surat lamaran tersebut ke alamat perusahaan yang Anda tuju. Setelah Anda kirim, Anda tinggal menunggu jawaban menurut perusahaan. Namun sarannya, hendaknya jangan pasif hanya menunggu jawaban menurut satu perusahaan saja. Tetaplah mengirim sebanyak-banyaknya surat lamaran ke perusahaan lain yg pula sedang membuka lowongan pekerjaan. Semoga sukses

   Sekian sedikit tulisan saya kali ini, tulisan saya selanjutnya mengenai bagaimana sih supaya siap mental dalam menghadapi wawancara kerjaakan segera aku tulis as soon as possible.

Salam, def+

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel