PENGERTIAN MAKHLUK HIDUP SECARA UMUM SERTA CIRICIRI MAKHLUK HIDUP

Makhluk merupakan berdasarkan istilah Arab yang berarti "diciptakan", sebagai lawan istilah Kholik - "yang menciptakan." mengacu dalam suatu organisme yang diciptakan sang Allah yang hidup. Selain itu, "makhluk" jua bisa merujuk pada:
  • Makhluk halus, adalah makhluk Allah yg nir kelihatan seperti jin, malaikat dan lain-lain.
  • Makhluk hidup, adalah deretan molekul yg saling menghipnotis.
  • Makhluk legendaris, sedang ditemukan dalam legenda atau dongeng, misalnya naga, binatang atau rakasa.

Secara generik pengertian makhluk hayati adalah makhluk dengan karakteristik-ciri kehidupan misalnya bernapas, bergerak, serta berkembangbiak.. Ikan, kambing, burung, serta manusinya dapat berkecimpung, memerlukan kuliner, berkembang biak, dan bernapas. Hal tadi yang membedakan antara makhluk hayati dan benda mangkat . Sedangkan contoh benda tewas merupakan meja, kursi, pupen, tas, kitab serta lain-lain yg tidak meliputi karakteristik-karakteristik berdasarkan makhluk hidup.
Pengertian lain menurut seseorang pakar bernama Kimball. Pada tahun 1983, dia mengemukakan pendapatnya mengenai apa itu makhluk hayati. Menurutnya, makhluk hayati adalah sesuatu yang memiliki lima karakteristik-ciri. Cirri yang pertama merupakan berevolusi. Berevolusi adalah makhluk hidup semestinya mengalami perubahan dalam fase hidupnya. Ciri yg ke 2 adalah responsif atau menanggapi rangsang. Rangsang sendiri ada poly, mampu rangsangan bunyi, sentuhan, serta lain sebagainya.
Dibawah ini akan dijelaskan mengenai ciri-karakteristik makhluk hidup :

Ciri-Ciri Makhluk Hidup 

1. Ciri-Ciri Makhluk Hidup #Bernapas
Semua makhluk hayati bernapas. Bernapas merupakan proses mengambil udara O2 dari luar serta mengeluarkan udara (CO2) dari pada tubuh. Oksigen diharapkan makhluk hidup dalam pembakaran kuliner pada tubuh dengan membuat energi yg diperlukan tubuh yg disebut menggunakan oksidasi tubuh. Energi yg dihasilkan difungsikan buat beranjak serta beraktivitas.

Proses pernapasan makhluk hidup berbeda-beda, bergantung berdasarkan tempat hayati serta jenis makhluk hidup. Makhluk hidup darat mempunyai sistem pernapasan tidak sama dengan makhluk hidup pada air. Berikut macam-macam alat pernapasan...
  • Alat pernafasan tumbuhan diklaim dengan stomata atau lentisel 
  • Alat pernafasan hewan disebut menggunakan insang trakea, paru-paru serta kulit
  • Burung mempunyai indera bantu pernafasan diklaim menggunakan pundi-pundi udara
2. Ciri-Ciri Makhluk Hidup #Bergerak
Bergerak adalah salah satu ciri dari makhluk hidup. Gerak insan dan fauna terlihat jelas. Manusia dan hewan dibantu oleh alat mobilitas, misalnya pada insan mempunyai tangan dan kaki. Sedangkan hewan mempunyai sayap, kaki, sirip, silia serta lain-lainnya. Tumbuhan melakukan gerakan, tapi gerakan yang tidak gampang buat dilihat. Contoh tumbuhan putri membuat malu yang apabila disentuh akan menutup. Daun petai cina yang menutup dalam sore hari, flora tanaman selalu ke arah datangnya sinar matahari, dan bunga matahari yg selalu menghadap mentari . Gerakan tumbuhan ditimbulkan sang ransangan menurut luar.
3. Ciri-Ciri Makhluk Hidup #Makan
Seluruh makhluk hayati membutuhkan kuliner. Makanan yg dimakan harus mengandung zat-zat makanan yg diperlukan oleh tubuh. Contohnya lemak, mineral, karbohidrat, serta protein. Karbohidrat diharapkan tubuh buat menghasilkan tenaga. Fungsi kuliner buat makhluk hayati...
  • Menimbulkan energi (tenaga)
  • Pembangun tubuh (pertumbuhan) 
  • Mengganti sel-sel tubuh yg rusak 
Makhuk hidup yang membuat makanannya sendiri adalah flora hijau daun melalui proses fotosintesa.
4. Ciri-Ciri Makhluk Hidup #Iritabilitas
Salah satu menurut makhluk hayati adalah respons terhadap rangsangan. Kemampuan makhluk hidup memberi tanggapan dari adanya rasangan.
Iritabilitas fauna serta insan menggunakan panca indera terdiri dari
  • Mata buat melihat 
  • Telinga buat mendengar
  • Hidung buat mencium 
  • Lidah buat mengecap 
  • Kulit buat meraba
5. Ciri-Ciri Makhluk Hidup #Tumbuh
Makhluk hayati mengalami pertumbuhan serta perkembangan. Contohnya engkau menanam biji tumbuh menjadi kecambah, selanjutnya sebagai tumbuhan kecil. Apabila flora kamu siram setiap hari, maka tumbuh menjadi flora yang besar .
6. Ciri-Ciri Makhluk Hidup #Berkembangbiak
Berkembang biaka atau reproduksi merupakan kemampuan dari makhluk hidup untuk menghasilkan keturunan. Perkembangbiakan buat melestarikan jenisnya. Cara perkembangbiakan pada fauna terdabagi pada 2 macam yaitu secara generatif (kawin) dan secara vegetatif (tidak kawin). Pada fauna tingkat tinggi berkembang biak secara kawin, sedangkan hewan taraf rendah berkembangbiak dengan vegetatif (tak kawin). Sedangkan flora berkembang biak menggunakan biji, juga bisa berkembang biak dengan vegetatif atau nir kawin. Contoh perkembangbiakan vegetatif pada flora antara lain adalah tunas, stek serta cangkok.
  
7. Ciri-Ciri Makhluk Hidup #Beradaptasi
Untuk bertahan hidup di lingkungannya, setiap makhluk hidup mengikuti keadaan menggunakan lingkungannya. Tempat hayati makhluk hayati dapat melakukan aktivitasnya diklaim habitat. Jika makhluk hayati nir bisa beradaptasi dengan lingkungannya maka akan mati atau wajib berpindah ke lingkungan yg baru.
8. Ciri-Ciri Makhluk Hidup #Memerlukan Suhu
Semua makhluk hidup bertahan suhu tertentu, ikan hayati di air yang bersuhu antara 5 derajat celcius hingga 30 derajat, untuk jenis bakteri dapat sampai menggunakan suhu 80 derajat, sedangkan flora dapat hidup antara suhu 0-43 derajat celcius.
9. Ciri-Ciri Makhluk Hidup #Sekresi
Zat residu menurut proses produksi wajib dimuntahkan, bila akan menimbulkan racun yang masih ada pada tubuh. Zat residu dimuntahkan berupa gas, cairan, atau zat padat.alat pengeluaran zat sisa fauna atau manusia yaitu...
  • Paru-paru mengeluarkan CO2
  • Ginjal mengeluarkan urine
  • Kulit mengeluarkan keringat. 

Demikianlah artikel mengenai pengertian Makhluk Hidup, Ciri-Ciri Makhluk Hidup. Semoga teman-teman bisa menerima serta bermanfaat bagi kita seluruh. Sekian dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel