MITOS ATAU FAKTA MENINGGAL HARI SELASA/SABTU MAKA AKAN MEMBAWA TEMAN



"Sesungguhnya engkau akan tewas serta sesungguhnya mereka akan tewas (juga)“ (Surat Az-Zumar : 30).
Kita pasti tak jarang mendengar bahwamati/maut, rezeki, serta jodoh itu hanya Allah yg memahami. Ya! Itu memang sahih,hanya Allah yg maha tahu atas segala yg terdapat pada bumi serta pada langit. Kali inikita akan membahas salahsatu berdasarkan ketiga takdir tersebut, yaitu, kematian. Kematianadalah satu hal niscaya buat setiap yg bernyawa.

Allah Berfirman dalam Q.S Al-Imron ayat 45


Sesuatu yang bernyawa tidak akan tewas melainkan menggunakan izin Allah, sebagaiketetapan yang sudah ditentukan waktunya“ (Q.S – Al-Imron :45).


            Meskipun kematian merupakan hal yangpasti tapi terdapat ketidakpastian yg nir ketahui, yaitu kapan kematan itu akantiba? Hanya Allah yg tahu. Tapi warga Indonesia khusunya masyarakat Jawapercaya bahwa apabila ada orang yg mangkat pada hari selasa atau sabtu makaakan terdapat kematian beruntun berikutnya. Artinya sesudah kematian di  hari selasa atau sabtu maka terdapat kemungkinanbesar akan terdapat orang yg mangkat lagi dalam waktu dekat dilingkungan orangpertama tewas. Bagiamana dengan pada lingkungan tempat tinggal anda? Pernahterjadi hal misalnya ini? Apakah anda termasuk salahsatu yg percaya dalam haltersebut?

Misal dikampung A pada hari selasa ada orang meninggalkemudian hari sabtu ada yang meninggal jua pada kampung yg sama lalu menyambunglagi hari selasa ada orang yg mati lagi bahkan ada yang hingga 5-6 orangberuntun mangkat dihari sabtu serta selasa di kampung yg sama. Entah munculdarimana kepercayaan seperti ini pada warga yang pasti hal ini seringterjadi  di lingkungan kita. Hingga kitaselalu merasa cemas setiap terdapat yg meninggal dihari selasa atau sabtu. Perlukita sadari bahwa hal itu adaah mitos yg berkembang dimayarakat yg diyakinikarena sahih-benar terjadi. Berbicara mitos apabila kita berfikir kberadaan mitos-mitossalah satunya merupakan mitos ini merupakan menjadi bagian dari  kontrol diri serta kontrol kebiasaan sosial. Banyakhal-hal yang dianggap tabu karena mitos.

Jika kita berfikir serta mengambil pesan tersirat dari fenomenakematian di hari selasa serta sabtu terlepas membawa teman atau nir, terlepashal itu keterangan atau mitos, kita dapat merogoh pelajaran dan peringatan untukkita yg masih hayati bahwa pada dasranya setiap yg bernyawa akan tewas.sekali lagi kematian merupakan bagian dari ketentuan Allah yg wajib kita percayai.

            Diantara anda mungkin terdapat yangmempercayai fenomena ini atau mungkin terdapat yg nir percaya, hal ini adalahbagian dari mitos yg berkembang di masyarakat, akan tetapi hal ini bukan untukdipercayai dan dibuktikan  atau bukanjuga buat diperdebatkan kebenarannya karena dalam hakikatnya maut merupakan urusanAllah. Kita menjadi hamba-Nya hanya perlu mengambil pelajaran bahwa kita harussiap kapanpun kita tewas dengan mempersipakan bekal buat diakhirat, karenakematian merupakan hal yg pasti dan tidak bisa dihindari dengan cara appapunjika sudah tiba waktunya. Ayat-ayat al-quran yang membahas tentang kematiantidaklah sedikit, berikut beberapa ayat yang menjelaskan mengenai kematian.

 “Di mana saja engkau berada, kematian akanmendapatkan kamu, kendatipun engkau di dalam benteng yg tinggi lagi kokoh“(Q.S An-Nisa:78)

Kamitelah menentukan kematian di antara kamu serta Kami sekali-sekali tidak akandapat dikalahkan“ (Q.S)Al-Waqiah:60).

Jika dipandang berdasarkan kenyataan kenyataan kematian dihari selasadan sabtu yang membawa sahabat mangkat merupakan mitos yang membawa sugesti yangdidukung dengan kenyataan yg entah sahih atau kebetulan. Mitos atau berita kematiandi hari selasa serta sabtu kita wajib bersiap lantaran tewas tidak hanya hari selasaatau sabtu. Kematian adalah rahasai Allah SWT untuk itu, ayo persiapkan dirikarena kematian nir menunggu kita siap, nir menunggu sakit, serta tidakmenunggu tua. Semoga kita termasuk orang-orang yang berfikir dan termasukorang-orang yg beruntung pada hadapan Allah SWT. Amin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel