RPP BAHASA INDONESIA TEKS EKSPOSISI KE3 SMA KELAS X SEMESTER GANJIL KURIKULUM 2019


RENCANA PELAKSANAANPEMBELAJARAN
Sekolah:SMAN ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
Kelas/Semesester:X/Ganjil
Mata Pelajaran:Bahasa Indonesia
Tema: Teks Eksposisi
AlokasiWaktu: (2x45menit)
Jumlah Pertemuan:1x pertemuan

A.KompetensiInti
3.Memahami, menerapkan, menganalisis danmengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitifberdasarkan rasa ingin tahunyatentangilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, serta humaniora dengan wawasankemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, danperadaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, dan menerapkan pengetahuanprosedural dalam bidang kajian yg spesifik sinkron dengan talenta serta minatnyauntuk memecahkan kasus.
4.Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalamranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan berdasarkan yangdipelajarinya pada sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dankreatif, serta bisa menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.TujuanPembelajaran
Setelahmengikuti kegiatan dalam pelajaran ini dengan sungguh-benar-benar, siswa akan bisa:
1.MenganalisisStruktur teks eksposisi: pernyataan tesis (pendapat tentang suatupermasalahan); argumen (data, berita, danpendapat buat menguatkan tesis); danpernyataan ulang.*
2.Menganalisisciri Kebahasaan: kalimat nominal dan kalimat mulut (aktif transitif dan aktifintransitif) Pola penalaran: konklusi serta induksi
3.MemahamiJenis-jenis teks eksposisi.
4.Memahamiciri danpola pengembangan tekseksposisi.
5.Memahamilangkah-langkah menyusun teks eksposisi.

C.KompetensiDasar serta Indikator
No
Kompetensi Dasar
Indikator
1
3.4 Menganalisis struktur, serta kebahasaan teks eksposisi.

3.4.1Menganalisis Struktur teks eksposisi:
pernyataan tesis (pendapat tentang suatu konflik); argumen (data, keterangan, danpendapat buat menguatkan tesis); dan pernyataan ulang.*

3.4.2Menganalisis karakteristik Kebahasaan: kalimat nominal serta kalimat mulut (aktif transitif dan aktif intransitif) Pola penalaran: deduksi dan induksi

2
4.3 Mengonstruksikanteks eksposisi dengan memerhatikan isi (konflik, argument, pengetahuan, serta rekomendasi), struktur dan kebahasaan.

4.tiga.1Memahami Jenis-jenis teks eksposisi.
4.tiga.2Memahami karakteristik dan pola pengembangan teks eksposisi.
4.tiga.3Memahami langkah-langkah menyusun teks eksposisi.

D.MateriPembelajaran

1.Strukturteks eksposisi:
a.pernyataan tesis(pendapat tentang suatu perseteruan);
b.argumen (data, kabar,danpendapat buat menguatkan tesis); dan
c.pernyataan ulang.*
2.Kebahasaan:
a.kalimatnominal dan
b.kalimatverbal (aktif transitif dan aktif intransitif)
c.Pola penalaran:konklusi serta induksi


E.KegiatanPembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.Berdoa, mengkondisikan kesiapan siswa supaya lebih kondusif buat mengikuti kegiatan pembelajaran, (menilik kerapihan, kebersihan kelas, absensi, rencana kegiatan, menyiapkan media dan alat serta buku yang dibutuhkan).
2.Pembiasaan membaca serta menulis selama 10 menit
3.Guru memberikan motivasi, serta perilaku spiritual yaitu bersyukur lantaran bisa mendapatkan banyak sekali nikmat.
4.Guru mengungkapkan Topik yg akan dipelajari dan membicarakan kompetensi yg akan di capai.
5.Guru menggunakan buku teks dari banyak sekali sumber ( yg telah disahkan kemendikbud )
20 menit
Inti
1.Guru mengulas pulang mengenai pengertian teks eksposisi, struktur teks eksposisi dan karakteristik teks eksposisi
2.Guru mengajak siswa membaca materi Lomba Kompetensi Siswa selama 10 menit
3.Gurumenanya anak didik mengenai pemahaman siswa sehabis membaca.
4.Guru membuat rabat-potongan materi pembelajaran yang digulung pada kertas tentang teks eksposisi
5.Guru memberikan gulungan materi dalam tiap siswa
6.Guru menugaskan siswa buat membaca, memahami dan menghafal materi masing-masing.
7.Guru mengajak murid untuk membuat dua bundar dalam kelas, satu lingkaran mini dan satu bundar akbar.
8.Guru meminta siswa buat memasukan gulungan materi ke dalam kantong masing-masing.
9.Guru mengungkapkan system pembelajaran menggunakan menciptakan bundar dan guru menugaskan murid buat saling bertanya jawab dengan berhadap-hadapan antara satu orang dalam lingkaran kecil serta satu orang lainnya pada lingkaran besar
Langkah-langkah:
  1. Siswa saling menanya dan memberitahukan terhadap materi yang masing-masing di pahami
  2. Secara bergantian murid dalam lingkaran kecil serta anak didik pada bulat besar menyebutkan apa yg beliau pahami.
  3. Kegiatan ini dilakukan terus menerus menggunakan cara anak didik dalam bulat luar bergeser satu langkah ke kanan, durasi setiap Tanya jawab adalah 2 mnt. Hal ini dilakukan supaya anak didik menerima informasi merata.
  4. Ketika proses berlangsung masing-masing anak didik menulis fakta yang beliau pahami menurut temannya pada sebuah kertas.
10.Guru menagih catatn hasil tanya jawab dengan temannya
11.Siswa diberikan kesempatan buat menanya mengenai pelajaran.
60 menit
Penutup
1.Guru dan siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
2.Guru menaruh refleksi.
3.Guru menyampaikan tema pembelajaran yg akan datang.
10Menit

F.Metode Pembelajaran danPendekatan Pembelajaran
Metode: Diskusi
LingkaranEksposisi
Pendekatan: Saintifik




G.Media,Alat, dan Sumber Pembelajaran
Media:Gulungan-gulungan Kecil Berisi Materi
Alat: Spidol, Laptop
Sumber pembelajaran: 1. LKS BahasaIndonesia kelas X Semester 1
2.tatang Atep, Suwondo Dodo, dkk. 2013. Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku untukkelas X SMA dan MA acara Wajib. PT. Tiga Seragkai Pustaka Mandiri-Global.solo.
3.kementrianPendidikan serta Kebudayaan Republik Indonesa. 2014. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan AkademikKurikulum 2013 edisi revisi 2014.
4.sulistyowati Trisni, Krisdayato Anang. 2013. Bahasa Indonesia KebanggaanBangsaku buat Kelas X Sekolah Menengah Atas dan MA Program Wajib. PT. Tiga Seragkai PustakaMandiri-Platinum.solo.

H.Penilaian
Teknik serta Bentuk Instrumen
Teknik
Bentuk Instrumen
Tes Tulis
Tes menulis laporan output diskusi tentang karakteristik, pola pengembangan eksposisi serta langkah-langkah menyusun karangan eksposisi.



Tes Praktik
1.Mengonstruksikanteks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argument, pengetahuan, serta rekomendasi), struktur serta kebahasaan.
2.Menganalisis struktur, serta kebahasaan teks eksposisi.




Serang, 9 Oktober 2016
Guru Pamong

Mahasiswa PPLK






Tatin Rismiyati, S.pd
NIP. 197203032007012016

Yunidah
NIM.2222131245


Mengetahui


Kepala Sekolah


Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum





Drs. Suparman. M.M
NIP. 196506281995121003

Drs.djoko Poernomo
NIP.














Lampiran 1 Bahan ajar
MENGONTRUKSITEKS EKSPOSISI
Karangan eksposisi adalah, goresan pena yangbermaksud memberikan informasi serta menambah wawasan pembaca. Sebuah paragfaf eksposisi mengandungunsurkalimat utama. Kalimat pokoktersebut memuat gagasan utama. Jenis-jenis karangan eksposisi terbagi menjadidua yaitu, eksposisi panjang dan eksposisi pendek. Ekspossi panjang padaumumnya berupa artikel serta penulisan ilmiahpopular. Adapun pengertianeksposisi pendek berupa petunjuk penggunaan alat eksklusif, petunjuk penggunaanobat, petunjuk berjangkitnya penyakit, serta lain sebagainya. Berikut adalahkaidah penulisan teks eksposisi:
3.Ciri-CiriKarangan Eksposisi
a.Menjelaskanfakta, proses sesuatu, pendapat, keyakinan serta sebagainya.
b.Memerlukanfakta yg diperkuat dengan nomor , data, peta, dan grfaik untuk memperjelasinformasi.
c.Memerlukananalisis (penalaran).
d.Menggalisumber ilham dari pengamatan, pengalaman, penelitian, perilaku serta keyakinan.
e.Menggunakanbahasa yg informative dengan istilah-kata denotative.
f.Eksposisipanjang mengandung tiga bagian utama, yaitu pendahuluan, tubuh (isi) eksposisi,dan epilog (epilog eksposisi berupa penegasan).

4.PolaPengembangan Eksposisi
a.Eksposisiproses
Eksposisiproses merupakan paragraph eksposisi yang mengungkapkan serangkaian tindakan,pengolahan dalam menghasilkan sesuatu secara kronologis.
b.Eksposisiperbandingan
Eksposisi perbandingan merupakan aragrafeksposisi yang menjelaskan perbandingan dua hal atau lebih denga menunjukankesamaan-kesamaan serta disparitas-disparitas berdasarkan objek yg dibandingkan.
c.Eksposisisebab dampak
Eksposisisebab-akibat adalah paragraph eksposisi yang menguraikan sesuatu dengan caradijelaskan dalam bentuk interaksi sebab dampak atau dampak karena.
d.Eksposisiilustrasi
Eksposisiilustrasi merupakan paragraph eksposis yg menggunakan penerangan tambahan untukmemperjelas papran orang lain.
e.Eksposisiumum spesifik atau khusus umum
Eksposisiumum spesifik atau khusus umum adalah paragraf eksposisi yang dimulai denganmenjelaskan sesuatu dari hal-hal yang bersifat umum kemudian menjelaskannyadengan kalimat-kalimat pendukungyang lebih khusus (dan sebaliknya untuk khususumum).

5.Langkah-LangkahMenyusun Teks Eksposisi
a.Menentukantopik/tema
Menurut KBBI topic/tema meruakanpokok pikiran: dasar cerita (yang dpercakapkan, dipakai menjadi dasarmengarang, menggubah sajak, dsb.). Menentukan tema merupakan langkah awalsebelum melakukan kegiatan menulis. Topic/tema dijadikan dasar/landasan untukmengembangkan gagasan. Dari gagasan lalu diwujudkan pada bentuk tulisan.pilihlah tema yang sesuai menggunakan kehidupan sehari-hari supaya goresan pena anda lebihbermanfaat bagi pembaca.
b.Menentukantujuan teks
Pada ketika memilih tujuan, adabaiknya anda jua mengaitkan menggunakan tema yang telah anda pilih.
c.Mengumpulkandata
Mengumpulkan data bisa diperolehmelalui studi pustaka (membaca beberapa surat keterangan) atau melalui wawancara.
d.Menyusunkerangka karangan
Menyusun kerangka karangan berisigambaran mengenai tema, judul, gagasan inti, dan gagasan penjelas teks berfungsisebagai penuntun supaya teks nir keluar menurut utama pembahasan. Selain itukerangka teks pula bertujuan agar gagasan dapat tertuang secara runtut.
e.Mengembangkankerangka karangan
Setelah menysun kerangka karangan,langkah selanjutnya adalah menyebarkan kerangka menjadi sebuah teks.
Lampiran dua latihan
Kisi-kisi, Soal danKunci Jawaban
I.Soal
Teks eksposisi adalah sebuah teks, baik berupa verbal maupun tulisan yg bertujuan buat menaruh keterangan. Dalam teks eksposisi nir terdapat paksaan buat menerima atau meyakini gambaran yang terdapat didalamnya, tetapi sekedar buat memperluas pengetahuan.

Jenis-jenis karangan eksposisi terbagi menjadi 2 yaitu, eksposisi panjang dan eksposisi pendek. Ekspossi panjang dalam umumnya berupa artikel dan penulisan ilmiahpopular. Adapun pengertian eksposisi pendek berupa petunjuk penggunaan indera tertentu, petunjuk penggunaan obat, petunjuk berjangkitnya penyakit, serta lain sebagainya.
Ciri-Ciri Karangan Eksposisi
a.Menjelaskan warta, proses sesuatu, pendapat, keyakinan serta sebagainya.
b.Memerlukan warta yang diperkuat dengan angka, data, peta, dan grfaik buat memperjelas informasi.
c.Memerlukan analisis (penalaran).
d.Menggali sumber wangsit menurut pengamatan, pengalaman, penelitian, perilaku serta keyakinan.
e.Menggunakan bahasa yg informative menggunakan kata-istilah denotative.
f.Eksposisi panjang mengandung tiga bagian primer, yaitu pendahuluan, tubuh (isi) eksposisi, serta epilog (penutup eksposisi berupa penegasan).
Pola Pengembangan Eksposisi
a.Eksposisi proses
b.Eksposisi perbandingan
c.Eksposisi karena akibat
d.Eksposisi gambaran
e.Eksposisi generik khusus atau khusus umum
Menyusun kerangka karangan
Menyusun kerangka karangan berisi citra mengenai tema, judul, gagasan inti, serta gagasan penjelas teks berfungsi menjadi penuntun agar teks nir keluar berdasarkan utama pembahasan. Selain itu kerangka teks jua bertujuan supaya gagasan dapat tertuang secara runtut.

Eksposisi proses
Eksposisi proses merupakan paragraph eksposisi yang menjelaskan serangkaian tindakan, pengolahan dalam membentuk sesuatu secara kronologis.

Eksposisi perbandingan
Eksposisi perbandingan adalah paragraf eksposisi yg mengungkapkan perbandingan dua hal atau lebih denga menandakan kecenderungan-kesamaan dan perbedaan-perbedaan dari objek yang dibandingkan
Eksposisi karena akibat
Eksposisi karena-dampak merupakan paragraph eksposisi yang menguraikan sesuatu dengan cara dijelaskan pada bentuk hubungan karena akibat atau dampak sebab.

Eksposisi gambaran
Eksposisi gambaran adalah paragraph eksposis yang menggunakan penjelasan tambahan untuk memperjelas papran orang lain.

Mengembangkan kerangka karangan
Setelah menysun kerangka karangan, langkah selanjutnya merupakan berbagi kerangka menjadi sebuah teks.

Eksposisi panjang mengandung tiga bagian primer, yaitu pendahuluan, tubuh (isi) eksposisi, serta epilog (penutup eksposisi berupa penegasan).

Teks eksposisi merupakan sebuah teks, baik berupa ekspresi maupun tulisan yang bertujuan buat memberikan keterangan. Dalam teks eksposisi nir ada paksaan buat menerima atau meyakini gambaran yg terdapat didalamnya, tetapi sekedar buat memperluas pengetahuan

kata leksikal (nomina/istilah benda, verba/kata kerja. Adjektva/adjektiva, adverbial/istilah berita) contoh: percaya(verba) mempercayai (verba), kepercayaan (nomina); yakin (adjektif), meyakini (verba) keyakinan (nomina); optimis(adjektif), optimistis (adjektif), ; potensial (adjektif), berpotensi (verba).

Pengertian kalimat aktif transitif
Kalimat aktif transitif adalah kalimat aktif yang subyeknya memerlukan obyek untuk dikenai suatu tindakan. Jika tidak terdapat obyek nya maka kalimat tersebut akan rancu

Pengertian kalimat aktif intransitif
Kalimat aktif intransitif merupakan kebalikan berdasarkan kalimat aktif transitif yaitu kalimat aktif yang nir memerlukan obyek atau mampu dikatakan bahwa kalimat aktif intransitif ini dapat berdiri sendiri tanpa wajib adanya obyek.

Ciri-ciri kalimat aktif intransitif
1. Tidak memerlukan objek.
2. Tidak mampu diubah ke dalam bentuk kalimat pasif.
3. Kata kerja dalam umumnya mempunyai imbuhan ber-, ter, ke-an, dan ber-kan.
Ciri-ciri kalimat aktif transitif
1. Kata kerja diawali menggunakan awalan Me-, Me (N) atau Ber-
2. Bisa dirubah kedalam bentuk kalimat pasif.

Perbedaan kalimat transitif dan intransitif
Aktif Transitif
Memerlukan Objek
Bisa diubah ke pada bentuk pasif
Imbuhan me-, memper-,

Aktif Intransitif
Tidak Memerlukan Objek
Tidak sanggup diubah ke dalam bentuk pasif
Imbuhan ber-, ter,-ke-, dan ke-an





J.KunciJawaban
Hasilpemahaman murid merupakan bentuk jawaban berdasarkan potongan-rabat materi soal.

K.Pedomanpenskoran
Skor
Kualitas
Deskripsi
60-70

Kurang
Jika sama sekali nir mengambarkan bisnis benar-benar-benar-benar dalam menyelesaikan tugas dalammenulis laporan output diskusi mengenai karakteristik, pola pengembangan eksposisi dan langkah-langkah menyusun karangan eksposisi.
71-80

Sedang
menulis laporan output diskusi mengenai karakteristik, pola pengembangan eksposisi serta langkah-langkah menyusun karangan eksposisi.
81-85

Baik
Jika pertanda usaha benar-benar-benar-benar dalam menuntaskan tugas dalammenulis laporan output diskusi mengenai ciri, pola pengembangan eksposisi dan langkah-langkah menyusun karangan eksposisi dan mulai ajeg dan konsisten.
85-90

Sangat Baik
Jika menunjukan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas dalammenulis laporan output diskusi mengenai karakteristik, pola pengembangan eksposisi serta langkah-langkah menyusun karangan eksposisi.secara terus menerus dan konsisten.

L.RubrikPenilaian
No
Nama Siswa
Nilai































Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel