SEJARAH PERKEMBANGAN PROCESSOR AMD DARI TAHUN KE TAHUN

Processor dipakai sebagai sentra atau otak dari komputer yg berfungsi buat melakukan perhitungan serta menjalankan tugas.

Prosesor merupakan chip yg acapkali dianggap “Microprosessor” yg sekarang ukurannya sudah mencapai gigahertz. Ukuran tersebut merupakan hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau fakta. Merk prosesor yang banyak tersebar dipasaran keliru satunya AMD.

Advanced Micro Devices (AMD) adalah pembuat terbesar kedua pada dunia mikroprosesor, sesudah Intel. Pada 2010, AMD mempunyai 12,1 % pasar mikroprosesor global, dibandingkan menggunakan Intel 80,6 %, dari perusahaan yang melakukan riset yaitu perusahaan iSupply. Selama bertahun-tahun, AMD sudah dikenal buat menciptakan beberapa terobosan teknologi primer dalam pengembangan prosesor untuk personal komputer milik eksklusif, berbagai jenis workstation, serta server.

Processor AMD Dari Tahun ke Tahun
AMD didirikan pada tahun 1969 lebih tepatnya lagi pada wilayah Sunnyvale, kota California. Setahun kemudian, perusahaan memperkenalkan perangkat proprietary pertama, Am2501 logika counter, yg sangat sukses. Perusahaan yg memiliki jilukan go public dalam tahun 1972. Sepuluh tahun kemudian tepatnya tahun 1982, AMD menandatangani sebuah perjanjian menggunakan Intel buat melayani menjadi penghasil asal kedua Intel buat prosesor IBM komputer pribadi, namun Intel lalu membatalkan perjanjian. Selama ini, AMD menyebarkan prosesor pertama, AMD 8086, yang identik menggunakan model Intel. 8086 mempunyai clock rate sederhana hingga 10 MHz, sebagian kecil menurut kecepatan prosesor terbaru. AMD terus membuatkan prosesor yg lebih rendah pada cara lain harga dibanding produk Intel.

Perkembangan Processor yang sangat pesat adalah keliru satu faktor primer mengapa kita mampu hayati di  jaman yg penuh dengan teknologi sophisticated ini lantaran, teknologi apapun yang sophisticated waktu ini pasti memiliki sebuah otak yang bisa membuatnya menjadi sebuah perangkat sophisticated, nama lain menurut otak itu  merupakan Processor. Processor merupkan sebuah chip yg tak jarang pula pada sebut menggunakan istilah

Microprocessor yang pada waktu ini, dengan kemajuannya yg pesat mempunyai kapasitas sebesar gigahertz. Gigahertz merupakan satuan pengukur yang mengatur cepat proses menurut suatu processor dalam mengolah data atau warta. Processor bisa menjadi perangkat yang sangat sophisticated seperti ini bukan hanya pada saat semalam, poly pakar yg melakukan penelitian serta melalui beberapa kegagalan sebagai akibatnya membuat alat ini.

1.amd K5
AMD K5 awalnya dibuat supaya bisa bekerja pada seluruh motherboard yg mendukung Intel. Jadi motherboard yang mendukung Intel akan mendukung juga AMD K5. Pada waktu itu tidak seluruh motherboard bisa langsung mengenali AMD serta harus dilakukan Upgrade BIOS buat sanggup mengenali AMD.

2.amd K 6
Prosesor AMD K6 adalah prosesor generasi ke-6 dengan peforma tinggi serta dapat diinstalasi pada motherboard yang mendukung Intel Pentium. AMD K6 sendiri masih dibagi lagi modelnya nya yaitu : AMD K6, AMD K6-dua, AMD K6-III.

3.amd Duron
AMD Duron merupakan keluarga prosesor versi murah yang dikenal pada tahun 2000, awalnya prosesor ini memiliki code nama Spitfire yg dibuat dari Core Thunderbird. AMD Duron merupakan versi AMD Athlon yang “diringkas” beliau mempunyai semua arsitektur yang dimiliki AMD Athlon. Kinerja AMD Duron dengan AMD Athlon hampir sama hanya beda 7%-10% lebih tinggi AMD Athlon sedikit. Sa’at ini AMD sudah menghentikan produksi AMD Duron.

4.amd Athlon
AMD Athlon merupakan pengganti menurut mikroprosesor seri AMD K6. Prosessor ini merupakan aksi come-back AMD ke pasar industri mikro-prosesor high-end dan AMD ingin menggeser Intel menjadi pemimpin pasar industri mikroprosesor. Prosesor ini mengungguli Intel Pentium III Katmai serta baru dapat didekati oleh Intel Pentium III Coppermine. Fitur lainya prosesor ini adalah AMD Athlon bisa dijadikan prosesor buat system multiprosesor seperti halnya prosesor generasi keenam intel (P6). Dengan menggunakan chipset AMD 750 MP (Iron Gate) dan AMD 760 MPX, prosesor AMD mewujudkan personal komputer yang memiliki dua prosesor AMD Athlon.

5.amd Athlon 64
Prosesor ini mempunyai 3 variant socket yang tidak sama yaitu socket 754, 939, serta 940. Socket 754 mempunyai kontroler memori yg mendukung penggunaan memori DDR kanal tunggal. Socket 939 mempunyai kontroler memori yg mendukung memori kanal ganda. Prosesor ini merupakan prosesor pertama yang kompatibel terhadap komputasi 64bit. Prosesor ini memakai teknologi AMD 64 yang sanggup bekerja pada system operasi dan aplikasi 32 bit juga 64 bit.

6.amd Athlon 64 FX
Prosesor ini memiliki dua karakter krusial :
Pertama, dapat bekerja pada system operasi dan aplikasi 32 bit juga 64 bit dengan kecepatan penuh Menawarkan perlindungan virus yg diklaim Ehanced Virus Protection waktu dijalankan diatas platform Windows XP Service Pack 2 (SP2) juga Windows XP 64 Bit edition. Kedua, System PC yang berbasis AMD Athlon 64 FX sangat cocok bagi para pengguna PC yg antusias, penggemar olah Video-Audio (multimedia) serta para pemain Game.

7. AMD Sempron
Prosesor ini merupakan sebuah jajaran prosesor yang diperkenalkan oleh AMD dalam tahun 2004 sebagai pengganti prosesor AMD Duron dipasar personal komputer murah, buat bersaing menggunakan prosesor Intel Celeron D. AMD Sempron terbagi sebagai 2 jenis yaitu :
  1. AMD Sempron soket A
  2. AMD Sempron Soket 754

Versi soket A dari AMD Sempron merupakan varian dari Sempron yg dibuat berdasarkan prosesor AMD Athlon XP Thoroughbred, karena pada saat itu AMD memang telah meluncurkan prosesor buat pasar High-End AMD Athlon 64. AMD Sempron soket 754 merupakan prosesor Sempron yg dibangun diatas arsitektur AMD64 demi menaikkan kinerja yg dimilikinya. AMD Sempron memiliki kode nama Palermo yang sama misalnya AMD Sempron soket A. Tetapi beberapa seri AMD Sempron fitur 64bit nir diaktifkan sebagai akibatnya hanya dapat mengeksekusi instruksi 32bit saja. Seperti halnya AMD Athlon 64 prosesor ini dilengkapi dengan satu buah link HyperTransport yang dapat dikoneksikan ke chipset motherboard.

8. AMD 64 X2 Dual Core
Prosesor ini dimaksudkan untuk menyaingi apa yang dikembangkan Intel dengan prosesor Core Duo nya. Tetap berbasis teknologi 64 bit, prosesor ini ditujukan bagi kalangan pengguna media digital yang intensif. Dari sisi fitur prosesor ini dilengkapi menggunakan teknologi sperti HyperTransport yang mampu menaikkan kinerja system secara keseluruhan menggunakan menyingkirkan bottlenecks dalam level input output, menaikkan bandwith, mengurangi latency system. Pendekatan yang digunakan disini merupakan kontroler memori DDR yg sepenuhnya terintegrasi sehingga membantu meningkatkan kecepatan akses ke memori, menggunakan menyediakan jalur dai prosesor eksklusif ke memori primer. Hasilnya, mampu menikmati loading pelaksanaan yg lebih cepat dari performa pelaksanaan yg lebih meningkat.

9. AMD Opteron
Prosesor ini buat menandingi prosesor Intel Xeon di pasar Workstation serta Itanium dipasar High-End. Dibanding Intel Xeon yg berbasis mikroarsitektur Intel Netburst, AMD Opteron ini bisa dibilang menang telak ditinjau menurut kinerja yg ditunjukkan tiap watt yg digunakan (performance/watt), akan tetapi belum dapat menandingi efisiensi prosesor Intel Itanium.
Fitur-fitur :
  • Cahche level-1 sebanyak 128 KB yg terbagi ke dalam data chache 64 KB serta instruction cache 64 KB.
  • Chache level-dua sebanyak 1024 KB
  • Kecepatan dari 1400 MHz – 3000MHz
  • Memiliki 3 buha link HyperTransport dengan kecepatan 3200 Mbit/s
  • Mampu mengakses memori fisik hingga 1 terabyte
  • Tersedia dalam single-core, dual-core, quad-core

10.amd Phenom
AMD Phenom diluncurkan buat menjawab permintaan pasar serta fansnya. Kemunculan ini sekaligus memanaskan pulang persaingan menggunakan rivalnya yg sudah terlebih dahulu meluncurkan prosesor berinti enam. Bersamaan dengan peluncuran perdana dua varian Phenom II X6 (1055T dan 1090T), AMD pula mengenalkan chipset baru yakni 890GX/FX buat menemani Phenom II X6 ini. Berikut Spesifikasi AMD Phenom II X6 1090T :
  • Seri X6 1090T
  • Soket AM3 (938 pin)
  • Clock speed (MHz) 3200(3600 – Turbo)
  • Nama core Thuban
  • Jumlah core 6
  • FSB (MHz) 200
  • Multiplier 16x
  • L1 size 128 KB x6
  • L2 size 512 KB x6
  • L3 size 6 MB Shared

11. AMD Turion
AMD Turion mempunyai 64 bit menggunakan daya konsumsi rendah. AMD jenis ini menerima nama sandi K8L. AMD Turion 64 serta AMD Turion 64 X2 Ultra bersaing keras dengan prosesor Intel.
Jenis lainnya yaitu :
  1. Turion Ultra II dan Turion II.
  2. Prosesor AMD Zamora,
  3. AMD Greyhound
  4. AMD dengan seri Quad Core

12. AMD Zambezi
AMD Zambezi adalah generasi modern prosesor AMD yang dibentuk menurut arsitektur Bulldozer (32nm) akan menantang head-to-head dengan prosesor Intel Core i7 (seri 9000). AMD Zambezi menyertakan teknologi TurboCore 2.0 serta akan bernaung dibawah jajaran merek FX Series.

Sampai ketika ini AMD tidak bisa menyaingi performa Intel Core i7“Sandy Bridge” akan tetapi berniat buat bertarung pulang menggunakan cara merilis prosesor Zambezi seri Buldozer.

AMD Zambezi memiliki kecepatan 3,6 GHz yang sanggup ditingkatkan menjadi 3,9 GHz dalam kondisi turbo (seluruh core aktif), dan memiliki kecepatan Max Turbo 4,dua GHz. Selain itu, Zambezi mendukung secara resmi penggunaan memori dualchannel DDR3-1866. Memori ini pada generasi sebelumnya hanya memiliki kecepatan DDR3-1333. Kecepatan HyperTransport link pun ditingkatkan berdasarkan 2 GHz (4 GT/s) menjadi dua,6 GHz (lima,2 GT/s).

Referensi:
//teguh-999.blogspot.com/2012/04/sejarah-lengkap-tentang-processor-intel.html
//pmktentangintelpentium.wordpress.com/perkembangan-processor-amd/
//forteknik.wordpress.com/2016/11/01/sejarah-serta-perkembangan-processor-amd/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel