SEJARAH SINGKAT GERAKAN PRAMUKA


“DARI GERAKAN KEPANDUAN KEGERAKAN PRAMUKA”


Sejarah adalah cermin bagi keadaan sekarang. Sejarahmerupakan asal pemikiran dan pembelajaran pada membuatkan tujuan-tujuanyang akan tiba.

1.MasaHindia Belanda
a.Tahun1908, Mayor Jenderal Robert Baden Powell melancarkan suatu gagasan tentangpendidikan luar sekolahuntuk kanak-anakInggris, menggunakan tujuan supaya sebagai manusia Inggris, masyarakat Inggris serta anggotamasyarakat Inggris yang baik sinkron dengan keadaan dan kebutuhan kerajaaanInggris Raya ketika itu.
b.Untukitu beliau mengarang sebuah buku yg populer yaitu “Scouting for Boys”. Buku ini berisi pengalaman dia serta latihanapa yang diperlukan yg diperlukan para Pramuka.
c.GagasanBoden Powell dinilai brilian dan sangat menarik sehingga poly diikuti dandidirikan kepanduan di negara-negara lain. Diantaranya pada negeri Belanda dengannama Padvinder atau Padvinderij.
d.Olehorang Belanda, gagasankepanduan pada bawadan dilaksanakan di sini (Nederlands OOstIndie), dengan mendirikan NederlandIndischie Padvinders Vereeniging (NIPV) atau Persatuan Pandu-panduHindia-Belanda.
e.Olehpemimpin-pemimpin pada pada pergerakan nasional, gagasan Baden Powell dimabilalih dengan membentuk organisasi-organisasi kepanduan yang bertujuan membentukmanusia Indonesia yg baik yaitu menjadi kader Pergerakan Nasional. Pada saatitu mulailah bermunculan organisasi-organisasi kepanduan diantaranya Javanse PadvindersOrganizatie (JPO), Jong Java Padvinderij (JJP), NationalIslamitje Padvinderij (NATIPIJ), Sarikat Islam Afdeling Padvinderij (SIAP), Hizbul Wathan (HW) dan lainsebagainya.
f.SumpahPemuda yang dicetuskan pada Kongres Pemuda dalam lepas 28 Oktober 1928,benar-sahih telah menjiwai gerakan kepanduan nasional Indonesia untuk lebihbergerak maju. Pemerintah Hindia Belanda melarang penggunaan kata Padvinderdan Padvinderij buat organjisasi kepanduan pada luar NIPV.
g.Denganmeningkatkan kesadaran nasional Indonesia, maka timbullah niat buat persatuanantara organisasi-organisasi kepanduan. Pada tahun 1930 muncullah KepanduanBangsa Indonesia (KBI) yg adalah adonan berdasarkan organisasi kepanduanIndonesischePadvinders Organizatie (INPO), Pandu Kesultanan (PK) dan Pandu PemudaSumatera (PPS). Pada tahun 1931terbentuk federasi kepanduan menggunakan nama Persatuan Antar Pandu-panduIndonesia (PAPI), yang kemudian berubah menjadi Badan Pusat PersaudaraanKepanduan Indonesia (BPPKI) dalam tahun 1938.

2.MasaPendudukan Jepang
Padamasa pendudukan Jepang (PD II), penguasa Jepang pada Indonesia melarangkeberadaan organisasi kepanduan di Indonesia di larang adanya. Tokoh-tokohkepanduan banyak yang masuk pada organisasi Seinendan, Keibodan dan PembelaTanah Air (PETA).

3.MasaPerang Kemerdekaan
Dengandiproklamasikan kemerdekaan 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia bahu membahumempertahankan kemerdekaan.seiringdengan itu, dalam tanggal 28 Desember 1945 pada Surakarta berdiri Pandu RakyatIndonesia (PARI) menjadi satu-satunya organisasikepanduan pada wilayah Republik Indonesia.

4.MasaPasca Perang Kemerdekaan hingga 1961
a.Setelahpengakuan kedaulatan NKRI, maka mulailah Indonesia memasuki masa pemerintahanyang liberal. Sesuai menggunakan situasi pemerintahan tersebut maka bermunculanorganisasi kepanduan misalnya HW, SIAP, Pandu Islam Indonesia, Pandu Kristen,Pandu Katholik, Kepanduan Bangsa Indonesia (KBI) dan lain-lain.
b.Menjelangtahun 1961, kepanduan Indonesia sudah terpecah-pecah menjadi lebih dari 100organisasi kepanduan, suatu keadaan yang terasa lemah meski tebagi ke pada 3federasi organisasi kepanduan; satu federasi kepanduan putra serta dua federasikepanduan putri:
·Ikatan Pandu Indonesia(IPINDO), 13 September 1951.
·Persatuan Organisasi PanduPutri Indonesia (POPPINDO), 1954.
·Perserikatan KepanduanPutri Indonesia.
Keadaan ini menciptakan lemahorganisasi kepanduan, ketiga federasi tersebut melebur sebagai satu federasi:Persatuan Kepanduan Indonesia (PERKINDO). Tetapi yg masuk dalam federasi inihanya berkisar 60 buah menurut 100 buah organisasi kepanduan, dan hanya berjumlah500.000 anggota.
Disamping itu, sebagiandari 60 organisasi kepanduan anggota PERKINDO tersebut berada dibawahorganisasi politik atau organisasi massa tetap saling berhadap-hadapanberlawanan satu sama lain, sehingga permanen melemahkan gerakan kepanduanIndonesia.
c.Melihatkeadaan tersebut, PERKINDO menciptakan panitia buat memikirkan jalan keluarnya.panitia menyimpulkan bahwa kepanduanlemah dan terpecah-pecah, terpaku pada cengkeraman gaya usang yangtradisional daripada kepanduan Inggris, pembawaan menurut luar negeri. Hal iniberakibat bahwa pendidikan yang diselenggarakan sang gerakan kepanduanIndonesia belum diadaptasi dengan keadaan serta kebutuhan bangsa serta masyarakatIndonesia, maka saat itu gerakan kepanduan kurang memperoleh tanggapan dari bangsadan rakyat Indonesia. Kepanduan hanya berjalan di kota-kota akbar dan disitupun hanya masih ada dalam lingkungan orang-orang yg sedikit banyak sudahberpendidikan barat.
d.Kondisilemah gerakan kepanduan Indonesia dimanfaatkan oleh pihak komunis sebagaialasan buat memaksa gerakan kepanduan Indonesia menjadi Gerakan Pioner Mudaseperti yang terdapat di negara-negara komunis.
e.KekuatanPancasila di dalam PERKINDO berusaha menentangnya, dengan bantuan PerdanaMenteri Djuanda maka tercapailah perjuangan menggunakan menghasilkan KeputusanPresiden RI No. 238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka, dalam tanggal 20 Mei1961 yangditandatangani oleh
Ir. Djuanda selaku PejabatPresiden RI, karena Presiden Sukarno sedang berkunjung ke negeri Jepang.

5.Masa1961-1999

DenganKeppres No. 238 Tahun 1961, Gerakan Kepanduan Indonesia mulai dengan keadaanbaru dengan nama Gerakan Praja Muda Karana atau Gerakan Pramuka.
a.Semuaorganisasi kepanduan melebur ke pada Gerakan Pramuka, menetapkanPancasila sebagai dasar Gerakan Pramuka.
b.GerakanPramuka adalah suatu serikat yg berstatus non-governmental (bukan badanpemerintah) yg berbentuk kesatuan. Gerakan Pramuka diselenggarakan menurutjalan anggaran demokrasi, menggunakan pengurus (Kwartir Nasional, Kwartir Daerah,Kwartir Cabang dan Kwartir Ranting) yg dipilih pada musyawarah.
c.GerakanPramuka sebagai satu-satunya badan pada daerah NKRI yg diperbolehkanmenyelenggarakan kepramukaan bagi anak serta pemuda Indonesia; organisasi lainyang menyerupai, yang sama dansama sifatnyadengan Gerakan Pramuka dilarang adanya.
d.GerakanPramuka bertujuan mendidik anak dan pemuda Indonesia dengan prinsip dasarmetodik pendidikan kepramukaan yg pelaksanaanya diserasikan menggunakan keadaan,kepentingan dan perkembanganbangsa danmasyarakat Indonesia supaya sebagai insan Indonesia yang baik serta anggotamasyarakat yg berguna bagi pembangunan bangsa dan negara.
e.Prinsip-prinsipDasar Metodik Pendidikan Kepramukaan sebagaimanadirumuskan sang Baden Powell permanen dipegang,akan namun pelaksanaanya diserasikan menggunakan keadaan, kepentingan danperkembanganbangsa serta masyarakatIndonesia; menggunakan menyesuaikan dan diserasikan menggunakan keadaan serta kebutuhanregional ataupun lokal pada masing-masing wilayah pada Indonesia ternyata mampumembawa banyak perubahan yg mampu membawa Gerakan Pramuka mengembangkankegiatannya secara meluas.
f.GerakanPramuka ternyata lebih bertenaga organisasinya serta memperoleh tanggapan luas darimasyarakat, sebagai akibatnya pada saat singkat organisasinya sudah berkembang darikota-kota hingga ke kampong serta desa-desa, jumlah anggotanya meningkat denganpesat.
g.Kemajuanpesat tadi tak lepas berdasarkan system Majelis Pembimbing (Mabi) yg dijalankanoleh Gerakan Pramuka pada setiap tingkat, baik berdasarkan taraf nasional sampai ketingkat gugusdepan (Gudep).
h.Mengingatbahwa 80% penduduk Indonesia tinggal pada desa dan 75% merupakan famili petani,maka dalam tahun 1961 Kwartir Nasional menganjurkan agar para Pramukamenyelenggarakan kegiatan pada bidang pembangunan warga desa.
i.Anjurantersebut dilaksanakan terutama di Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur danJawa Barat sudah bisa menarik perhatian pemimpin-pemimpin masyarakatIndonesia. Pada tahun 1966, Menteri Pertanian dan Ketua Kwartir Nasionalmengeluarkan instruksi beserta mengenai pembentukan Satuan Karya Pramuka (Saka)Tarunabumi. Saka Tarunabumi dibentuk dan diselenggarakan khusus untukmemungkinkan adanya kegiatan Pramuka di bidang pendidikan cinta pembangunanpertanian serta pembangunan rakyat desa secara lebih nyata dan intensif.
Kegiatan Saka Tarunabumiternyata telah membawa pembaharuan, bahkan membawa semangat buat mengusahakanpenemuan-penemuan baru (penemuan) pada pemuda desa yg selanjutnya mampumepengaruhi seluruh rakyat desa.
j.Modelpembentukan Saka Tarunabumi lalu berkembang menjadi pembentukan Sakalainnya seperti Saka Dirgantara, Saka Bahari serta Saka Bhayangkara.
Anggota Saka-saka tersebutterdiri dari para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang mempunyai minat dibidangnya. Pramuka Siaga dan Penggalang tidak ikut dalam Saka tadi. ParaPramuka Penegak dan Pandega yg tergabung pada Saka menjadi instruktur dibiangnya bagi adik-saudara termuda serta rekan-rekannya di gudep.
k.Perluasan aktivitas GerakanPramuka yang berkembang pesat sampai ke desa-desa, terutama kegiatan pada bidangpembangunan pertanian serta rakyat desa, dan pembentukan Saka Tarunabumimenarik perhatian badan internasional misalnya FAO, UNICEF, UNESCO, ILO serta Boys Scout World Bureau.

6.Masa1999 – sekarang
a.Perkembanganpolitik negara serta pemerintahan mengalami perubahan menggunakan adanya Reformasi,turut menghipnotis perkembangan masyarakat secara menyeluruh.
b.Untukpertamakalinya pemilihan KaKwarnas menggunakan Pemilihan Langsung sang KwartirDaerah dalam Munas 2003 di Jakarta.
c.PencananganRevitaliasi Gerakan Pramuka oleh Presiden RI selaku Ka Mabinas
d.PembentukanSaka Wirakartika
e.RUUKepramukaan


Reverensi& Bahan Pustaka.
1.Patahtumbuh hilang berganti, 40 Tahun Gerakan Pramuka, Kwarnas …
BukuKursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD), Kwarnas….




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel