PENGERTIAN IKLAN DAN JENISJENISNYA





Perkembangan teknologi daninformasi memberikan berbagai imbas positif hampir padasegala bidang, mulai menurut bidang pendidikan,pertanian, perdagangandan tidak terkecuali pada global periklanan. Iklan dalam Kamus Besar BahasaIndonesia Edisi ke-empat, iklan merupakan kabar pesanan untuk mendorong, membujukkhalayak ramai agar tertarik dalam barang serta jasa yang ditawarkan, iklan adalahpemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yg dijual, dipasangdi pada media massa (seperti surat liputan dan majalah) atau di tempat generik.
Iklan sebagai sarana mempromosikanbarang atau jasa sangat memiliki peran krusial terhadap popularitas suatuproduk. Oleh karena itu di abad 20-an ini banyak sekali macam jenis iklanbermunculan dalam macam-macam produk. Mulai menurut produk barang, hinggapenawaran jasa,Bagiproduseniklan bukan hanya sebagai indera kenaikan pangkat barang juga jasa, melainkanjuga buat menanamkan citra pada konsumen juga calon konsumen tentangproduk yangditawarkan.iklan seringkalimenggiringkhalayakuntukpercayapada produk,sehinggamendorongcalonkonsumen untukmengkonsumsimaupun mempertahankan loyalitas konsumen.
Menurut Rhenald Kasali, iklanadalah: Segala bentuk pesan mengenai suatu produk serta jasa yang disampaikanlewat media serta dibiayai oleh perusahaan yang dikenal serta ditujukan kepadasebagian atau seluruh warga . Sedang impak pesan ini berati hal-hal yangditerjemahkan dalam bentuk gambar, rangkaian istilah-katajingle, mau pun warnadengan tujuan membangkitkan kebutuhankonsumendan menanamkan citra dalam konsumen pemerkasanya adalah produsensedangkan media merupakan sarana yg dipakai yaitu media cetak serta mediaelektronik(Kasali,1992:9).
Jenis-Jenis Iklan
Pengelola pemasaran suatu perusahaanberiklan pada berbagai tingkatan atau level. Misalnya, iklan level nasionalatau local/retail menggunakan sasaran yaitu rakyat konsumen secara umum, atauiklan buat level industri atau diklaim jua dengan business-to-business advertising atau professional advertising yg ditujukan buat konsumen industri,perusahaan, atau professional. Untuk lebihh jelasnya, tipe atau jenis iklandapat diuraikan sebagai berikut. (Belch serta Belch:18)
1. IklanNasional
Pemasang iklan merupakan perusahaanbesar dengan produk yg tersebar secara nasional atau disebagian besar wilayahsuatu Negara. Sebagian akbar iklan nasional dalam umumnya timbul dalam jam tayangutama (prime time) ditelevise yg mempunyai jaringan siaransecaranasional dan juga dalam banyak sekali media besar nasional dan media-media lainnya.tujuan menurut pemasangan iklan berskala nasional ini adalah untukmenginformasikan atau mengingatkan konsumen kepada perusahaan atau merek yangdiiklankan bersama berbagai fitur atau kelengkapan yg dimiliki serta jugakeuntungan, manfaat, penggunaan, dan membangun atau memperkuat citra produkbersangkutan sebagai akibatnya konsumen akan cenderung membeli produk yang diiklankanitu.
2.IklanLokal
Pemasang iklan merupakan perusahaanpengecer atau perusahaan menggunakan tingkat lokal. Iklan lokal bertujuan untukmendorong konsumen buat berbelanja dalam took-toko eksklusif atau menggunakanjasa lokal atau mengunjungi suatu tempat atau institusi tertentu, misalnyaharga yg lebih murah, waktu operasi yg lebih usang, pelayanan spesifik,suasana tidak selaras, gengsi, atau aneka jenis barang yg ditawarkan. Promosi yangdilakukan ilan lokal sering dalam bentuk aksi eksklusif (direct action advertising) yg didesain untuk memperolehpenjualan secara cepat.
3IklanPrimer dan Selektif
Iklan utama atau dianggap jugadengan primary demand advertising dirancanguntuk mendorong permintaan terhadap suatu jenis produk tertentu atau untukkeseluruhan industri. Pemasang iklan akan lebih focus memakai iklan primerapabila, contohnya, merek prouk jasa yg dihasilkannya sudah mendominasi pasardan akan menerima laba paling besar bila permintaan terhadap jenisproduk yang bersangkutan secara umum meningka. Asosiasi perusahaan di bidangindustri dan perdagangan kerap melakukan kampanye melalui iklan utama untukmendorong peningkatan penjualan produk yg dihasilkan anggota asosiasi,misalnya asosiasi produsen susu berkampanye melalui iklan primeruntukmeningkatkan minat warga buat minum susu. Perusahaan pemegang merekproduk eksklusif terkadang menggunakan iklan primer sebagai sebagian daristrategi kenaikan pangkat buat membantu suatu produk, khususnya jika produk itu masihbaru dan manfaatnya masih belum diketahui rakyat. Dengan demikian, iklansemacam ini bertujuan mengungkapkan konsep dan manfaat suatu produk secara umumnamun sekaligus mempromosikan merek produk yg bersangkutan.
Iklan selektif atau selective demand advertising memusatkanperhatian buat membentuk permintaan terhadap suat merek eksklusif. Kebanyakaiklan aneka macam barang dan jasa yg ada pada media merupakan bertujuan untukmendorong permintaan secaraselektif terhadap suatu merek barang atau jasatertentu. Iklan selektif lebih menekankan pada alas an buat membeli suatumerek produk tertentu.

4. IklanKomersial
Iklan komersial adalah iklan yangbertujuan buat mendukung kampanye pemasaran suatu produk atau jasa. Iklankomersial ini sendiri terbagi sebagai beberapa macam, yaitu (Lwin &Aitchison. 2005):
a.IklanStrategis
·Digunakan untukmembangun merek. Hal itu dilakukan menggunakan mengkomunikasikan nilai merek danmanfaat produk.
·Perhatian primer dalamjangka panjang adalah memposisikan merek serta menciptakan pangsa pikiran danpangsa pasar.
·Iklan ini mengundangkonsumen buat menikmati interaksi dengan merek dan meyakinkan bahwa merek iniada bagi para pengguna.
b.IklanTaktis
TaktisMemiliki tujuan yang mendesak.
·Iklan ini dirancanguntuk mendorong konsumen agar segera melakukan kontak dengan merek tertentu.
·Pada biasanya iklan inimemberikan penawaran spesifik jangka pendek yang memacu konsumen memberikanrespon pada hari yang sama.
5 IklanCorporate
·Iklanyang bertujuan membentuk gambaran suatu perusahaan yang dalam akhirnya diharapkanjuga membangun gambaran positif produk-produk atau jasa yang diproduksi olehperusahaan tadi (Madjadikara, 2004).
·IklanCorporate akan efektif apabila didukung sang warta yang bertenaga dan relevan denganmasyarakat, memiliki nilai kabar dan umumnya selalu dikaitkan dengankegiatan yang berorientasi pada kepentingan masyarakat. Iklan Corporatemerupakan bentuk lain berdasarkan iklan strategis waktu sebuah perusahaan melakukankampanye buat mengkomunikasikan nilai-nilai korporatnya kepada publik (Lwin& Aitchison, 2005).
·IklanCorporate tak jarang kali berbicara tentang nilai-nilai warisan perusahaan,komitmen perusahaan kepada supervisi mutu, peluncuran merek dagang atau logoperusahaan yang baru atau mengkomunikasikan kepedulian perusahaan terhadaplingkungan lebih kurang.
6IklanLayanan Masyarakat
·IklanLayanan Masyarakat adalah bagian menurut kampanye social marketing yangbertujuan menjual gagasan atau ide buat kepentingan atau pelayanan rakyat(Madjadikara, 2004).
·Biasanyapesan Iklan Layanan Masyarakat berupa ajakan, pernyataan atau himbauan kepadamasyarakat buat melakukan atau nir melakukan suatu tindakan demi kepentinganumum atau merubah perilaku yang jelek supaya sebagai lebih baik, misalnyamasalah kebersihan lingkungan, mendorong penghargaan terhadap perbedaanpendapat, famili berencana, serta sebagainya (Madjadikara, 2004).
Iklan layanan warga pula menyajikan pesansosial yang bertujuan untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadapsejumlah masalah yg harus mereka hadapi, yakni syarat yang bisa mengancamkeserasian serta kehidupan mereka secara umum (Kasali, 1992). Pesan tersebutdengan istilah lain bermaksud memberikan citra tentang insiden dan kejadianyang akan membuahkan dalam suatu keadaan tertentu, baik yg bersifat positifmaupun negatif.
Pada awal perkembangannya iklan layanan masyarakattidak terlalu terikat dalam penataan yg ketat, perencanaan pesan yg rumit,pemilihan media yang sinkron, sampai dalam penentuan sasaran audiens maupunpemilihan loka dan ketika yang sahih-sahih tepat (Liliweri, 1992).
Tetapi seiring berkembangnya dunia periklanan dansemakin banyaknya perusahaan yang menciptakan Iklan layanan warga disertaidengan perubahan kerangka berpikir pada membangun pesan-pesan sosial maka iklanlayanan warga pula harus dibuat secara profesional seperti iklan komersial(Roman, Maas & Nisenholtz, 2005).
7.Jenis-jenisIklan Secara Teoritik
1.IklanStandar
Memperkenalkan btg/jasa menggunakan tujuan untukmerangsang minat pembeli
2.IklanLayanan Masyarakat
Iklan bersifat non profit dengan tujuan memberiinformasi dan pendidikan kepada masyarakat
8. PembagianSecara Umum
1. Iklan Tanggung Jawab Sosial
Iklan Anjuran
Iklan yg pesannya menganjurkan secara tegas kepadamasyarakat mengenai suatu tindakan.
Iklan Penggambaran Sosial
Iklan yg pesannya menaruh sebuah gambarantentang suatu insiden yg membuahkan dalam suatu keadaan tertentu.
2. Iklan Bantahan
Iklan buat membantah serta memperbaiki citra suatuproduk yg namanya terkotori pada warga dampak liputan yg salah
3.iklan Pembelaan
Iklan buat membela keberadaan produk dari pengajuanatau klaim pihak lain, model : hak paten.
4. Iklan Perbaikan
Iklan yg memperbaiki pesan-pesan mengenai produktertentu yg keliru serta terlanjur disebarkan melalui media massa
5. Iklan Keluarga
Iklan yang pesannya adalah pemberitahuan tentangsuatu insiden kekeluargaan kepada famili atau khalayak lain.
Pembagian Secara Khusus
           9. IklanBerdasarkan Khalayak Sasaran
1.iklan menurut khalayak sasaran
Iklan Konsumen : iklan secara khusus disebarluaskanmelalui media massa tertentu buat para pemakai suatu produk.
Iklan Bisnis : iklan yg diarahkan pada merekayang memiliki bisnis, usaha dagang yang berkaitan menggunakan produk tersebut.













Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel