TUJUH TUMBUHAN LIAR SAWAH YANG DAPAT DIMAKAN

Tahukah engkau ? Tujuh Tumbuhan Liar Sawah yang dapat dimakan


            Tuhan menciptakan segala yg ada dibumi menggunakan manfaatnya masing-masing.namun, terkadang kita nir menyadaribahwa segala sesuatu pada sekitar yg kita anggap nir bermanfaat ternyatamemiliki manfaat yang sporadis diketahui banyak orang. Tumbuhan adalah satumakhluk hayati yang hidup berdampingan dengan insan. Manusia poly bergantungpada tanaman pada memenuhi kebutuhan sehari-hari misal kebutuhan sayur,kebutuhan bangunan yg terbuat dari kayu, serta masih poly lainnya. Darisekian poly tanaman yg berguna bagi manusia buat dikonsumsi, adabeberapa jenis tanaman liar yang belum poly diketahui rakyat, tanaman itu merupakan flora liar yang terdapat disawah-sawah, mungkin tumbuh-tumbuhan ini akan asing bagi anda yang hayati jauhdari area pesawahan. Berikut merupakan Tujuh Tumbuhan LiarSawah yang dapat dimakan.
1.Kerema

Kerema merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh disawah-sawah. Kerema umumnya poly tumbuh pada bagian pembatas-pembatas sawah.kerema mempunyai warna lebih banyak didominasi daun dan batangnya hijau menggunakan bentukdaun.....bagi masyarakat yg hayati di lingkunga pesawahan pasti tidak asingdengan tumbuhan liar ini. Kerema dapat dimanfaatkan  sebagai bahan makanan yaitu sayur. Keremadapat dikonsumsi menggunakan cara disayur tumis. Aroma dan rasa yg khas berdasarkan sayurkerema bisa menambah selera makan anda.


2.Kerokot

Kerokot merupakan jenis tumbuhan liar yg banyak tumbuhdi sawah-sawah. Bentuk fisik kerokot hampir mirip dengan flora bunga-bungaan, yaitu bunga gelang. Kerokot dapat dikonsumsi menjadi bahan sayur campuransayur bening ataupun tumis. Kerokot mempunyai rasa yang relatif asam sehinggadapat menggantikan kiprah biji asam dan tomat pada masakan.


3.Jukut

Jukut adalah jenis tumbuhan liar yg tumbuh di areapesawahan. Sekilas jukut dan krokot hampir sama akan namun keduanya tidak selaras.adapun yg mmebedakan keduanya adalah cita rasanya. Krokot mempunyai rasa asamsedangkan jukut memiliki rasa sedikit pahit.

4.Belarungan

Belarungan merupakan jenis flora liar yang biasatunbuh bersamaan dengan semak-semak dan pada area pesawahan di bagian pembatassawah. Belarungan merupakan flora liar yg mempunyai btg menjalar ketumbuhan lain yang terdapat di sekitarnya. Manfaat dari belarungan ini adalahbuahnya yang bisa dimakan. Buah belarungan yang telah matang dengan kulitnyayang kuning merata mempunyai rasa yg sangat khas anggun serta wangi. Rasa danbentuk belarungan ini seperti dengan markisa, mungkin sanggup dikatakan belarunganini merupakan bentuk markisa versi kecil.


5.Cikuha

Cikuha adalah jenis tumbuhan liar yang tumbuh di areapesawahan saat usai masa panen. Ketika tanah sawah ksong dari padi, biasanyacikuha ana tumbuh degans sendirinya. Secara fisik cikuha hampir seperti danserupa dengan kerema. Akna namun, yg memebdakannya dengan kerema adalah dauncikuha memiliki gerigi nir tajam di seluruh sisi daunnya. Perbedaanberikutnya dengan kerema adalah cikuha mempunyai wangi atau aroma khas miripdengan sejenis aroma jenis jeruk.



6.Ciplukan

Ciplukan merupakan tumbuhan liar yg banyak tumbuh diarea pesawahan bagian pembatas sawah, tanaman ciplukan rata-homogen memilikitinggi btg aporisma 60-100cm. Manfaat menurut ciplukan ini adalah buahnya yangmanis bisa dikonsumsi menjadi camilan yang menyegarkan.


7.Gelo/talas liar

Gélo atau talas liar umumnya tumbuh pada bagian airanair di pesawahan. Gélo secara fisik hampir sama persis menggunakan talas padaumumnya. Akan namun Gélo mempunyai rona batang serta daun yg lebih terang.Gélo dapat dimanfaatkan sebagai bahan kuliner. Adapun bagian dari Gélo yangdapat dikonsumsi merupakan bagian ubi nya yg dapat dikonsumsi menggunakan cara dipanggang, di goreng, juga direbus. Selain ubi nya, batang Gélo pula dapatdikonsumsi menggunakan cara disayur sebagia lauk sehat untuk makan. Batang Gélomemiliki kadar rasa cantik dan sensasi menyegarkan saat diolah sebagai sayurbaik sayur being, opor, maupun tumis.


Itulah Tujuh Tumbuhan Liar Sawah yang bisa dimakan. Apakah anda pernahmemakannya pula?
Thanks for your visit and reading my post. See you the next post anddon’t remember to share J


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel