PENGERTIAN PERKEMBANGAN


            Pengertian perkembangan menunjukpada suatu proses kearah yang lebih paripurna dan tidak begitu saja  dapat diulang kembali. Perkembangan menunjukpada perubahan yang bersifat tetap serta tidak bisa diputar pulang (Werner,1969). Dalam “pertumbuhan” terdapat ad interim pakar psikologi yg tidak membedakanantara perkembangan serta pertumbuhan; bahkan terdapat yang lebih mengutamakanpertumbuhan. Hal ini mungkin buat pertanda bahwa orang yang berkembang tadibertambah kemampuannya dalam banyak sekali hal, lebih mengalami diferensiasi danpada tingkat yg lebih tinggi, lebih mengalami integrasi. Dalam tulisan ini,maka istilah pertumbuhan khusus dimaksudkan buat mengambarkan bertambah besarnyaukuran dan fungsi fisik yg murni. Menurut poly pakar psikologi dan parapenulis sendiri,. Maka istilah perkembangan lebih bisa mencerminkan sifat yangkhas tentang tanda-tanda psikologis yang muncul.
            Perkembangan pula berkaitan denganbelajar khususnya tentang isi proses perkembangan: apa yg berkembang berkaitan dengan konduite belajar. Disampingitu jua bagaimana hal sesuatudipelajari, misalnya apakah melalui memorisasi (menghafalkan) atau mengertihubungan, ikut menetukan perkembangan (knoers, 1985). Dengan demikianperkembangan dapat diartikan menjadi proses yg kekal dan tetap menuju kearahsuatu organisasi pada tingkat integrasi yang lebih tinggi, menurut pertumbuhanpemasakan serta belajar. Terjadilah suatu organisasi atau struktur tingkah lakuyang lebih tinggi. Pengertian lebih tinggi berarti bahwa tingkah laku tadimempunyai lebih banyak diferensiasi, yaitu bahwa tingkah laku tersebut tidakhanya lebih luas, melainkan mengandung kemungkinan yang lebih banyak.pengertian organisasi atau sruktur berarti bahwa diantara tingkah laku tadi adasaling  yg bersifat khas dan menunjukankekhususan seseorang pada suatu taraf umur eksklusif. Suatu definisi yangrelevan dikemukakan oleh Monks, sebagai berikut: “Perkembangan psikologismerupakan suatu proses yang bergerak maju. Dalam proses tersebut sifat individu dansifat lingkungan menentukan tingkah laku apa yang akan menjadi aktual danterwujud. Unsur kalender di sini bukan adalah suatu variabel yg bebas,melainkan adalah suatu dimensi ketika buat mengatur bahan-bahan (data) yangada”.
            Istilah “perkembangan “ secarakhusus diartikan menjadi perubahan-perubahan yg bersifat kualitatif dankuantitatif yg menyangkut aspek-aspek mental psikologis manusia.          Para pakar dibidang psikologimendefinisikan perkembangan sebagai berikut:
1)MenurutDrs. Tadjad
       yang mengemukakan bahwa perkembangan atausuatu perubahan serta pertambahan yg bersifat kualitatif menurut setiap fungsi-fungsikejiwaan serta kepribadian.
2)MenurutDrs. Muhibbin Syah
       Perkembangan artinya proses perubahankualitatifyang mengacu dalam mutu fungsi organ-organ jasmaniah, bukanorgan-organ jasmaniah itu sendiri. Dengan istilah lain, fokus artiperkembangan itu terletak pada penyempurnaan fungsi psikologis yg disandangoleh organ-organ fisik.
            Setiap organisme baik insan maupunhewan, pasti mengalami insiden perkembangan pada hidupnya. Perkembangan inibersifat nyata maupun tak berbentuk. Jadi perkembangan manusia nir hanya tertujupada aspek psikologis saja, tetapi jua aspek biologis.
            Secara singkat, perkembangan (Developement) merupakan proses pertumbuhankearah yg lebih maju. Pertumbuhan (Growth)berarti tahapan peningkatan  sesuatudalam hal jumlah, ukuran dan arti pentingnya. Pertumbuhan pula dapat berartisebuah tahapan perkembangan a stage ofdevelopement (McLeod, 1989).
            Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ( 1991 ), “perkembangan” adalah perihal berkembang . Selanjutnya kata“berkembang” dari Kamus Besar Bahasa Indonesia ini berarti mekar terbukaatau membentang; sebagai, akbar, luas, dan banyak, serta menjadi bertambahsempurna dalam hal kepribadian, pikiran dan pengetahuan, tetapi juga memilikiaspek yg bersifat konkret, (perhatikan kata-istilah yang dicetak miring diatas).
            Dalam Dictionary of Psyhology (1972) dan The Penguin of Psychology (1988), arti perkembangan pada prinsipnyaadalah tahapan-tahapan perubahan yg progresif yang terjadi pada rentangkehidupan manusia serta organisme lainnya, tanpa membedakan aspek-aspek yangterdapat dalam diri organisme-organisme tersebut.
            Selanjutnya, Dictionary of Psyhology di atas secara lebih luas merincipengertian perkembangan manusia menjadi berikut:
1)The progresif and continous changein the organism from birth to death, perkembangan itu merupakanperubahan yang progresif dan terus menerus pada diri organisme sejak lahirhingga meninggal.

2)Growth, perkembanganitu berarti pertumbuhan.

3)Changa in thebshape and integrationof bodily parts into functional parts, perkembangan berartiperubahan pada bentuk dan penyatuan bagian-bagian yg bersifat jasmaniah kedalam bagian-bagian yang fungsional.

4)Maturation or the appearance offundamental pattern of unlearned behavior, perkembangan ituadalah kematangan atau kemuculan pola-pola dasar tingkah laku yang bukan hasilbelajar.


            Jadi bisa disimpulkan bahwaperkembangan itu atau perubahan serta pertambahan kualitatif daripada setiapfungsi yang ditimbulkan adanya proses pertumbuhan material yg memungkinkanadanya fungsi kepribadian dampak menurut pertumbuhan dan belajar berdasarkan beberapakesimpulan di atas dapat kita simpulkan bahwa pertumbuhan mengandung arti yangberbeda menurut langsung yg berkembang. Faktor-faktor yang mempengaruhiperkembangan dan pertumbuhan.
Daftar Pustaka

Monks. F.J-A.M.P, Hadito SitiRahayu-Knoers.2001.PsikilogiPerkembangan.Yogyakarta.gadjAH MADA PRESS.
Syah Muhibin.2010.Psikologi Pendidikan.bandung. Remaja Rosda Karya.

Kanuman.2010/11.makalahPsikologi.doc.//Kanuman.files.wordpress.com.21/03/2014.19:14 WIB.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel