PERMASALAHAN PENDIDIKAN RINGKASAN MATERI DARI BUKU KARYA PROF DR UMAR TIRTARAHARDJA DAN DRS S L LA SULO

Pendidikan mempunyai tugas menyiapkan sumber dayamanusia unuk pembangunan. Derap langkah pembangunan selalu diupayakan seiramadengan tuntutan zaman. Perkembangan zaman selalu memunculkanpersoalan-masalah baru yg tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Bab ini akanmengkaji mengenai permasalahan pokok pendidikan, dan saling keterkaitan antarapokok tersbut, faktor-faktor yg mempengaruhi perkembangannya danmasalah-perkara aktual bersama cara penanggulangannya.

A.permASALAHAN POKOK PENDIDIKAN 
Padadasarnya ada 2 perseteruan pokok pendidikan yg kita hadapai waktu ini,yaitu:
a)Bagaimana semua warganegara bisa menikmati kesempatan pendidikan.
b)Bagaimana pendidikan bisa membekali peserta didik dengan keterampilan kerjayang antap buat bisa terjun ke pada kancah kehidupan bermasyarakat.

B.jeniS PERMASALAH POKOK PENDIDIKAN
Masalahpokok pendidikan yg sebagai kesepakatan nasional yg perlu diprioritaskanpenanggulangannya ada empat macam yaitu: kasus pemerataan pendidikan, masalahmutu pendidikan, kasus efisiensi pendidikan, maslah relevansi pendidikan.
1.masalah Pemerataan Pendidikan
Masalahpemerataan pendidikan adalah dilema bagaimana sistem pendidikan daptmenyediakan kesempatan yg seluas-luasnya pada semua warganegara untukmemperoleh pendidikan. Masalah ini dapat dipecahkan dengan 2 cara yaitudengan cara konvensional dan cara inovatif. Cara konvensional misalnyapembangunan gedung sekolah serta pergantian jam belajar. Cara inovatif misalnyasistem guru kunjung serta Sekolah Terbuka.
2.masalah Mutu Pendidikan
Mutupendidikan dipermasalahkan jika hasil pendidikan tidak sesuai menggunakan yangdiharapkan. Masalah mutu pendidikan pula mencakup masalah pemerataan mutupendidikan.
Pemecahanmasalah mutu pendidikan pada garis besarnya mencakup hal-hal yg bersifatfisik serta software, personalia, dan manajemen pendidikan.
3.masalah Efisiensi Pendidikan
Beberapamasalah dalam kaitannya dengan efisiensi pendidikan diantaranya:
a)bagaimana memfungsikan energi pendidikan.
b)Bagaimana wahana dan prasarana pendidikan digunakan
c)Bagaimana pendidikan diselenggarakan
d)Masalah efisiensi pada memfungsikan tenaga
4.masalah Relevansi Pendidikan
Sebenarnyakriteria relevansi relatif ideal apabila dikaitkan dengan syarat sistem pendidikanpada umumnya serta gambatan mengenai kerjaan yang terdapat antara lain menjadi berikut.
a.status lembaga pendidikan yang bermacam-macam
b.sistem pendidikan nir pernah membentuk luaran yang siap pakai. Yang adaialah siap kembang.
c.tidak tersedianya pete kebutuhan energi kerja menggunakan persyaratannya yangdigunakan menjadi panduan sang forum-forum pendidikan buat menyusunprogramnya.



C.saliNG KETERKAITAN ANTARA MASALAH-MASALAH PENDIDIKAN
Adadua. Faktor penghambat perbaikan mutu pendidikan. Yaitu: gerakan perluasanpendidikan buat melayani pemerataan kesempatan pendidikan bagi masyarakat banyakmemerlukan penghimpunan serta pengarahan dana serta daya. Faktor kedua, kondisisatuan-satuan pendidikan dalam saat demikian mempersulit upaya peningkatan mutukarena jumlah anak didik dalam kelas terlalu banyak, tenaga pendidik kurangkompeten, sarana yang nir memadai, serta seterusnya.

D.faktOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BERKEMBANGNYA MASALAH PENDIDIKAN
Faktor-faktoryang menghipnotis berkembangnya kasus pendidikan antara lain: perkembanganiptek dan seni, laju pertumbuhan penduduk, aspirasi masyarakat danketerbelakangan budaya serta wahana kehidupan.
1.perkembangan IPTEK dan Seni
Sejalandengan berkembangnya arus globalisasi pada negara kita, terutama dengan pesatnyapeningkatan teknologi komunikasi, membuat segala sesuatu wajib dilakukan dengancepat serta tepat. Implikasinya di dalm warga sangat tersa. Oleh lantaran itupendidikan harsu senantiasa menyesuaikan diri menggunakan perkembangan zaman. 
Senimerupakan kebutuhan hayati manusia. Pengembangan kualitas seni secara terprogrammenuntut tersedianya sarana pendidikan tersendiri disamping program-programlain pada sistem pendidikan.
2.laju Pertumbuhan Penduduk
Masalahkependudukan serta pendidikan bersumber dalam dua hal yaitu:pertambahan penduduk danpenyebaran penduduk.
3.aspirasi Masyarakat
Belakanganini aspirasi rakyat semakin meningkat sejalan dengan peningkatan pemahamanmasyarakat terhadap ‘reformasi’. Aspirasi tersebut menyangkut kesempatanpendidikan, kelayakan pendidikan serta jaminan terhadap taraf hidup setelahmereka menjalani proses pendidikan.
4.keterbelakangn Budaya dan Sarana Kehidupan
Keterbelakanganbudaya disebabkan beberapa hal misalnya letak geografis yang terpencil dan sulitdijangkau, penolakan rakyat terhadap unsur budaya baru lantaran dikhawatirkanakan mengikis kebudayaan lama , serta ketidakmampuan ekonomis menyangkut unsurkebudayaan tersebut.

E.permASALAHAN AKTUAL PENDIDIKAN DAN PENANGGULANGANNYA
1.permasalahan Aktual Pendidikan di Indonesia
Permasalahanaktual pendidikan pada Indonesia sangat kompleks serta semakin berkembang sejalandengan perkembangan zaman serta kemapanan sumber daya insan. Masalah masalahtersebut antara lain:
a.masalah Keutuhan Pencapaian sasaran
b.masalah Kurikulum
c.masalah Peranan Guru
d.masalah Pendidikan Dasar 9 Tahun
2.upaya Penanggulangan
Beberapaupaya dilakukan buat menanggulangi perkara perkara aktual tersebut,antara lain:
a.Pendidikan efektif perlu ditingkatkan secara terprogram.
b.pelaksanaan kegaitan kurikuler serta ekstrakurikuler dilakukan menggunakan penuhkesungguhan dan diperhitungkan pada penentuan nilai akhir ataupun kelulusan
c.melakukan penyusunan yg mantap terhadap potensi anak didik melalui keragaman jenisprogram studi.
d.memberi perhatian terhadap tenaga kependidikan(prajabatan dan jabatan)




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel