DASARDASAR MENULIS DAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA


1.dasar-dasarmenulis
Menulis merupakan salah satubagian menurut empat keterampilan berbahasa lainnya, misalnya berbicara, menyimakdan membaca, dari keempatnya tidak dapat dipisahkan satu sama lain lantaran empatketerampilan itu nir bisa berdiri sendiri, melainkan saling keterkaitanhubungan antarketerampilan, seperti interaksi menulis menggunakan berbicara.
Tetapi pada kali ini akan dibahasmengenai dasar-dasar menulis dan motivasi belajar bahasa. Pada hakikatnyaterdapat tiga tahapan nutama pada menulis, yakni; a) tahap prapenulisan, b)tahap menulis, serta c) termin pascapenulisan. Menulis adalah proses kreatifyang berlangsung secara kognitif, adapun menjadi komunikasi tulis, terdapatempat hal yg terlibat didalamnya, yaitu;
a)Penulissebagia penyampai pesan,
b)Pesanatau isi tulisan,
c)Saluranatau media berupa tulisan, serta
d)Pembaca  menjadi penerima pesan.

Tulisanyang baik merupakan goresan pena yang menggunakna kalimat efektif dalam penulisannya,kalimat efektif merupakan kalimat yg disusun secara sadar buat mencapai dayainformasi yg diinginkan penulis terhadap pembacanya. Berikut merupakan karakteristik-ciridari kalimat efektif;
1)Memilikiunsur-unsur krusial atau pokok pada kalimat;
2)Taatpada tata ejaan yang berlaku;
3)Menggunakandiksi secara sempurna;
4)Menggunakankesepadanan antara struktur bahasa dan jalan pikiran yg logis dan sistematis.
5)Menggunakankesejajaran bentuk bahasa yang digunakan;
6)Melakukanpenekanan ide utama;
7)Hematdalam penggunaan kata;
8)Menggunaknavariasi struktur kalimat(Keraf, 2006:31-34).

2.motivasibelajar bahasa
Sebelumnyakita ketahui dahulu tentang pengertian bahasa, bahasa merupakan satu hal yangsangat penting atau primer dalam kehidupan sehari-hari, karena seperti yg telahkita ketahui bersama, sinkron dengan fungsinya bahasa merupakan alat untukmenyatakan ekspresi diri, menjadi indera komunikasi, menjadi alat buat mengadakanintegrasi serta adaptasi sosial, menjadi indera buat mengadakan kontrol sosial.
Karenabahasa sebagai alat komunikasi serta telah kita ketahui bersama bahwa manusiaadalah makhluk social yg saling membutuhkan satu sama lain juga tidak akanpernah sanggup lepas menurut interaksi dan komunikasi antar individu, lantaran hampirsemua aktivitas manusia disertai dengan berbahasa.
Motivasibelajar bahasa, entah bahasa apapun itu, sebenanrnya lantaran dorongan kebutuhandan tuntutan social. Seperti mempelajari bahasa inggris, pada abad 20 an ini,bahasa inggris yang bersifat universal menjadi bahasa internasional seolahmenjadi bahasa yg wajib buat dipelajari karena seiring berkembangnyaperadaban teknologi dan warta kemampuan berbahasa inggris semakindituntut. Contoh lain menilik bahasa karena kebutuhan adalah pada duniapendidikan, pengajar mengungkapkan ilmu atau matrei pada pelajarnya menggunakanbahasa karena itulah bahasa sanagat krusial buat dipelajari. Selain karenatuntutan kebutuhan motivasi belajar bahasa jua terdapat lantaran terdapat niat naluriahatau hasrat buat belajar yang timbul berdasarkan pada diri seseorang.
            Jadi dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar bahasaadalah karena adanya dorongan atau tuntutan kebutuhan dan faktor naluriah ataukeinginan yang muncul berdasarkan dalam diri seorang, lantaran pada adasarnya setiapmanusia telah dibekali LAD menjadi dasar kemampuan buat berbahasa. Jadi dengansendirinya kemauan buat belajar bahasa muncul menggunakan sendirinya dalam diriseseorang. Dan menulis pula merupakan bagian dari proses berbahasa menggunakan mediaatau perantara pertanda serta symbol goresan pena pada komunikasi atau penyampaianinformasi. 


A.DAFTARPUSTAKA


Ediwarman. Diktat 1 Pemahaman Membaca.Diksatrasia Untirta. 2015
Chair, Abdul. Agustina Leoni. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Rineka Cipta. Jakarta.2010


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel