PENGERTIAN PROSA BARU DAN JENISNYA

Prosa baru adalah bentuk prosa yangmuncul sesudah menerima imbas menurut budaya-budaya asing atau barat. Bentukprosa ini timbul sehabis prosa lama dianggap telah kuno. Bentuk-bentuk prosabaru diantaranya:

1).roman
            Romanadalah prosa baru yang menceritakan tentang kehidupan seseorang, dimulai darilahir sampai kematiannya. Prosa ini menyajikan suatu aspek kehidupan masyarakatsecara utuh dan menyeluruh dan mempunyai banyak alur yang bercabang-cabang.salah satu model roman merupakan Layar Terkembang karya Sultan Takdir AliSyahbana.
            Menurut Culler, (1975:189) romanbertindak sebagai contoh lewat mana rakyat membayangkan diri sendri,penuturan pada serta lewat mana disendikannya global….bukti diri kita bergantungpada roman, apa yg orang lain pikirkan tentang kita, apa yang kita pikirkantentang diri kita kalau bukan menjadi tokoh sebuah roman? Roman merupakan pelakutokoh semiotic yg primer menurut keterpahaman. Roman harus sesuai kita kenalidan harus akrab menurut segi kenyataan. Maka umumnya penulis  bersusah payah menggambarkan latar temat,ketika dan paras manusia serta lain-lain secara mendetail.



2).novel
            Bentuk prosa baru ini menceritakansebuah cerita atau kisah yg panjang. Novel menceritakan sebagian kehidupanseseorang sebagai tokoh utama yang mengandung beberapa konflik. Konfilk-konfliktersebutlah yang merubah kehidupan pelaku utamanya. Contohnya adalah NovelLaskar Pelangi, Sang Pemimpi, Ave Maria, dan lain-lain.
3).cerpen
            Cerpen merupakan galat satu bentukprosa baru yang relatif popular. Prosa baru ini menceritakan sebuah pengalamanatau sebgaian kecil kisah pelaku utamanya. Yang membedakan cerpen dengan noveladalah perseteruan pada cerpen hanya satu serta nir meyebabkan perubahan perilaku padatokoh primer, sedangkan pada novel poly ditemukan perseteruan. Contoh cerpenantara lain Robohnya Surau Kami karya A.A Navis, Keluarga Gerilya karyaPramoedya Ananta, serta lain-lain.
4).riwayat
            Riwayat menceritakan sebuah kisahyang berisi tentang pengalaman-pengalam hayati seorang yang diangkat darikisah konkret orang tadi dari lahir sampai tewas. Biasanya yangdieritakan adalah tokoh-tokoh terkenal dan menginspirasi orang poly. Adabeberapa jenis riwayat yaitu biografi serta otobiografi. Biografi merupakan kisahtokoh yg ditulis oleh orang lain. Sedangkan otobiografi kisah yg ditulisoleh orang yg bersangkutan.
5).kritik
            Kritik berbentuk sebuahuraian-uraian pertimbangan seseorang terhadap suatu output kerja atau karyaorang lain. Kritik berisi alasan-alasan eksklusif serta bersifat objektif ataumenghakimi.
6).resensi
            Resensi adalah prosa baru yangisinya membicarakan atau mengulas suatu karya baik yang berbentuk kitab , film,lagu juga jenis karya seni lainnya. Resensi bertujuan buat memberikanpenilaian terhadap suatu karya baik menurut segi tema, tokoh, alur dan unsur-unsurlainnya supaya sebagai pertimbangan bagi pembaca buat menikmati atau tidak karyatersebut.
7.esai
            Bentukprosa baru yg terakhir adalah Esai. Prosa ini berisi tulisan-tulisan yangmengandung pendapat-pendapat langsung penulisnya terhadap sesuatu yg sedangmenjadi bahan pembicaraan hangat pada rakyat.



Daftar pustaka
Djoko pradopo. Rachmat. 2005. Kajian Stilistika.yogyakarta. Universitas Yogyakarta
Teuww. A. Sastra serta ilmu sastra.
Ratna Nyoman Kutha.stilistika Kajian Puitika, Sastra danBudaya. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Puitika puisi tiga istilah teori serta konsep. Diunduh padatanggal 08 Mei 2016 Pukul 00.18 WIB //books.google.co.id/books?Id=DAPfCgAAQBAJ&dq=arti+prosa&hl=id&source=gbs_navlinks_s

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel