PENGERTIAN DAN JENIS PROSA LAMA

 Prosa lama merupakan sebuah karya sastra yangbelum mendapat impak menurut kebudayaan barat. Pada awalnya prosa lamaberbentuk mulut karena belum ditemukannya alat tulis menulis. Namun, sekarang prosalama jua bisa ditemukan pada bentuk goresan pena. Adapun bentuk-bentuk prosalama, diantaranya merupakan:

1).hikayat
            Hikayat merupakan cerita yang berisitentang kehidupan para dewi, dewa, pangeran, raja, dan lain-lain. Cerita-ceritayang terdapat pada dalam hikayat bersifat fiksi serta nir masuk akal. Contohnya adalahHikayat Hang Jebat, Hikayat Nabi Sulaiman, Hikayat Raja Bijak, dan lain-lain.

2).sejarah (Tambo)
            Sejarah merupakan keliru satu bentukprosa lama yang bercerita tentang peristiwa-peristiwa eksklusif. Sejarah sastralama tidak sinkron menggunakan sejarah yang ditulis dalam masa kini . Kebanyakana sastralama sejarah disampaikan dengan menambahkan penyedap atau bumbu-bumbu ceritasehingga terdengar lebih menarik. Sedangkan sejarah yg ditulis pada masa kinisama persis menggunakan insiden sebenarnya serta dapat dibuktikan menggunakan kabar.contoh bentuk prosa usang sejarah merupakan Sejarah Melayu yg ditulis sang TunSri Lanang dalam tahun 1612.

3).kisah
            Kisah merupakan prosa lama yangberbentuk cerita-cerita pendek. Biasanya kisah bercerita tantang sebuahperjalanan, pengalaman atau petualangan orang-orang dahulu. Salah satu ontohprosa usang kisah adalah Kisah Raja Abdullah menuju Kota Mekkah.

4).dongeng
            Salah satu bentuk prosa usang yangsangat popular merupakan dongeng. Bentuk prosa lama ini bercerita tentangkhayalan-imajinasi masyrakat pada zaman dahulu. Ragam dan bentuk dongeng punberbeda-beda sinkron dengan isinya. Bentuk-bentuk dongeng diantaranya:

a.myth (Mitos)
            Mite atau Myth adalah dongeng yangbercerita mengenai kepercayan terhadap alam-alam ghaib atau benda-benda magis.contoh: Ratu Pantai Selatan, Dongeng mengenai Batu Menangis,  serta lain-lain.
b.legenda
            Bentuk dongen ini bercerita tentangriwayat atau berasal-usul terjadinya sesuatu. Contohnya adalah Legenda TangkubanPerahu, Legenda Pulau Jawa, serta lain-lain.

c.fabel
            Fabel bercerita mengenai kisah-kisahyang menokohkan binatang. Cerita fable ini biasa digunakan oleh orang-orang tuasebagai media buat mendidik anak-anak mereka. Contoh: Si Kancil dan Buaya, SiKancil yang Cerdik, dan lain-lain.

d.sage
            Bentuk dongeng ini menceritakantentang kisah-kisah kepahlawanan, keberanian, juga kisah kesaktian seseorang.contohnya merupakan Ciung Winara, Patih Gadjah Mada, Calon Arang, serta lain-lain.

e.jenaka atau Pandir
            Dongeng jenaka atau pandirmenceritakan tentang orang-orang ndeso yang bernasib sial . Dongeng ini biasanyabersifat humor dan menghibur pendengarnya menggunakan kelucuan-kelucuan yang terdapat didalam cerita. Contoh: Dongeng Abunawas, Dongeng Si Pandir, serta lain-lain.





Daftar pustaka
Djoko pradopo. Rachmat. 2005. Kajian Stilistika.yogyakarta. Universitas Yogyakarta
Teuww. A. Sastra serta ilmu sastra.
Ratna Nyoman Kutha.stilistika Kajian Puitika, Sastra danBudaya. Pustaka Pelajar. Yogyakarta
Puitika puisi tiga kata teori dan konsep. Diunduh padatanggal 08 Mei 2016 Pukul 00.18 WIB //books.google.co.id/books?Id=DAPfCgAAQBAJ&dq=arti+prosa&hl=id&source=gbs_navlinks_s


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel