PENGERTIAN STILISTIKA



     Manusia tidak pernah bisa lepas dari prosesberbahasa serta manfaatnya, secara generik fungsi bahasa merupakan menjadi alatkomunikasi, namun pada sudut lain masih ada satu fungsi bahasa yg melihat bahasadari segi estetikanya atau keindahan bahasanya, keinadahan bahasa dapat dilihatdari gaya bahasa baik gaya bahasa ekspresi juga tulisan, pada rumpun ilmusastra, dikenal ilmu yg mengkaji gaya bahasa yaitu stilistika.
Istilahstilistika berasal menurut kata stylistics pada bahasa Inggris. Istilahstilistika atau stylistics terdiri berdasarkan dua istilah style dan ics. Stylist merupakan pengarang atau pembicarayang baik gaya bahasanya, perancang atau ahli pada mode. Ics atau ika merupakan ilmu, kaji, jajak. Stilistika adalah ilmu gayaatau ilmu gaya bahasa. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (1988:859),stilistika, ilmu mengenai penggunaan bahasa serta gaya bahasa pada dalam karyasastra. Dalam Kamus Dewan (1996:1305), Dewan Bahasa dan Pustaka, Kuala Lumpur,Stilistik:
1) Kajiantentang penggunaan gaya bahasa secara berkesan pada penulisan.
2) Berkaitandengan stail atau gaya, terutama gaya bahasa penulisan.
            Dalam Kamus Istilah Sastra, Sudjimar(1990:79) menuliskan stilistika (Stylistics), ilmu yang memeriksa penggunaanbahasa serta gaya bahasa pada pada karya sastra. Dalam Kamus Istilah Sastra,Zaidan dkk (1994:194) menuliskan stilistika ilmu yang meneliti penggunaanbahasa dan gaya bahasa dalam karya sastra. Dalam Leksikon Sastra, Yusuf(1995:277) menuliskan stilistika (Stylistics), ilmu yg menilik bahasayang dipakai dalam karya sastra, deretan ilmu linguistik dan sastra.kemudian pada Kamus Linguistik, Kridalaksana (1982:159) membeberkan pengertianstilistika:
1) Ilmu yangmenyelidiki bahasa yang digunakan pada karya sastra;
   ilmu interdisipliner antara linguistik dankesusastraan.
2) Penerapanlinguistik pada penelitian gaya bahasa.
            Dapat dipahami bahwa stilistikamerupakan ilmu bahasa yg mempelajari bahasa berdasarkan segi gaya khusunya keindahangaya bahasa yang dipakai pada karya sastra. Gaya juga biasa diklaim denganistilah ‘Style’.
Daftar pustaka
Djoko pradopo. Rachmat. 2005. Kajian Stilistika.yogyakarta. Universitas Yogyakarta
Teuww. A. Sastra dan ilmu sastra.
Ratna Nyoman Kutha.stilistika Kajian Puitika,Sastra serta Budaya. Pustaka Pelajar. Yogyakarta
Puitika puisi tiga istilah teori serta konsep.diunduh dalam lepas 08 Mei 2016 Pukul 00.18 WIB //books.google.co.id/books?Id=DAPfCgAAQBAJ&dq=arti+prosa&hl=id&source=gbs_navlinks_s


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel