DASARDASAR MENULIS

MEnulis adalah kegiatan menuangkan pandangan baru dan gagasan dalam bentuk goresan pena. Menulis adalah masalah yg nir gampang dilakukan bagi yang tidak menyukainya kebalikannya menulis merupakan suatu hal yg gampang dan ringan buat dilakukan bagi yg menyukainya. Terlepas menurut suka atau tidaknya menulis kadang kita dituntut buat menulis dan membuat suatu karya tulis tentu kita tidak sanggup menolak dan harus membuatnya. Menjawab keresahan itu ini dia dipaparkan dasar-dasar menulis.
1. Tema Tulisan
Dilihat dari sudut sebuahkarangan yang telah terselesaikan, tema bisa diartikan suatu amanat primer yangdisampaikan sang penulis melalui karangannya.tema dapat diseput jua topik ataupoko pembicaraan serta tujuan yang ingin dicapai. Bersarkan ke 2 hal tersebuttema bisa diartikan juga sebagai suatu perumusan menurut topik yg akandijadikan landasan pembicaraan dan tujuan yang akan dicapai melalui topik tadi.
Untuk merumuskan sebuah tema yang baik, kitaharus memperhatikan kriteria-kriteria sebagai berikut:
a.kejelasan
Kejelasan adalah hal yg sangat esensialbagi sebuah tulisan yg baik.kejelasan dapat dipandang berdasarkan gagasansentralnya.kalau gagasan sentralnya kentara, tema tadi dapat dirumuskan dalam sebuah kalimat yang kentara.kejelasan tema bisa jua dipandang dari subordinasi atau rincian-rinciannya.
b.kesatuan
Kesatuan dapat dicermati menurut adanya satugagasan sentral yang menjadi landasan semua goresan pena itu. Sebenarnya kejelasandan kesatuan adalah hal yang sama, hanya segi penekannannya yg berbeda.kesatuan lebih  melihat dari masalah bahwahanya ada satu gagasan sentral dalam setiap goresan pena. Setiap rincian darigagasan sentral tadi hanya sebagai penunjang atau pendukung buat memperjelaspesan yg terkandung dalan gagasan sentral.
c.perkembangan
Perkembangan disini lebih ditekankan kepadapengembangan paragraf. Pengembangan paragraf bisa dilihat berdasarkan 2 sudut,yaitu pertama, apakah gagasan yg lebih tinggi telah diperinci secara maksimalatau belum,  ke 2, apakah perinciantersebut telah disusun secara logis serta sistematis.
d.keaslian
Keaslian dapat diukur berdasarkan sudut pilihanpokok duduk perkara, sudut pandang, pendekatan, rangkaian kalimat, pilihan istilah ,dan sebagainya.
e.  Judul
Sebuah judul tulisan hendaknya memenuhikriteria menjadi berikut:
1) . Judul wajib relevan, adalah,  sebuah judul wajib mempunyai pertalian yangerat menggunakan temanya, atau terdapat pertalian menggunakan beberapa bagan penting menurut temaitu.
2) . Judul harus provokatif, merupakan, judulharus disusun sedemikian  rupa sehinggadapat menyebabkan keingintahuan menurut tiap pembaca terhadap isi tulisan secarakeseluruhan.
3) . Judul wajib singkat, artinya, judultidak boleh disusun dalam bentuk kaimat panjang.
f. Kerangka Tulisan
Kerangka tulisan merupakan suatu rencanakerja yg memuat garis-garis besar berdasarkan suatu goresan pena yang lengkap. Kerangkatulisan dapat membantu penulis pada hal berikut ini:
a). Untuk menyusun tulisan  secara teratur.
b). Memudahkan penulis membangun klimaksyang berbeda-beda.
c). Menghindari pengulangan  pembahasan topik yang sama.
d). Memudahkan penulis buat mencai materipenunjang.
Dalam menyusun kerangkatulisan terdapat beberapa langkah yg harus kita lalui, yaitu:
1.   merumuskan tema;
2.   mangadakan inventarisasi topik-topik bawahan;
3.   mengadakan evaluasi terhadap topik-topik tadi;
4.    mengulanglangkah ke 2 dan ketiga; dan
5.   menyusun pola tulisan.
Untuk memperoleh suatu susunan kerangkatulisan yg teratur, umumnya dipakai beberapa cara atau tipe susunan,yaitu;
1). Pola alamiah, yang terdiri atas urutanwaktu, urutan ruang, serta topik yg  ada.
2). Pola logis, yang terdiri atas urutanklimaks serta anti klimaks,urutan kausal, urutan pemecahan perkara,  urutan generik – khusus, urutan pamiliaritas,danurutan akseptabilitas.
Kerangka tulisan dapatdibedakan dari sifat perinciannya yg terdiri atas keranka tulisansementara dan kerangka goresan pena formal dan menurut perumusan teksnya yangterdiri atas kerangka kalimat dan kerangka topik.
Bahasa merupakan salah satu pemberian takternilai menurut Tuhan pada manusia buat sanggup saling berkomunikasi satu denganyang lain, lantaran hampir berdasarkan setiap kegiatan yang dilakukan dalam keseharianmanusia nir terlepas dari bahasa. Kemudian bahasa diartikan jua menjadi alatkomunikasi antar anggota warga berupa simbol suara yg didapatkan olehalat ucap insan.

Bahasa merupakan satu hal yang sangatvital atau utama pada kehidupan sehari-hari, karena misalnya yang sudah kitaketahui bersama, sesuai dengan fungsinya bahasa merupakan alat buat menyatakanekspresi diri, sebagai alat komunikasi, sebagai indera untuk mengadakan integrasidan adaptasi sosial, sebagai alat untuk mengadakan kontrol sosial. 

DAFTARPUSTAKA

Ediwarman. Diktat 1 Pemahaman Membaca.Diksatrasia Untirta. 2015
Chair, Abdul. Agustina Leoni. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Rineka Cipta. Jakarta.2010

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel