PENGERTIAN MENULIS

Telah kita ketahui bersamabahwa menulis merupakan hal yang sangat krusial, Sebagai warga pendidikankhususnya, tentu kita seluruh hampir tidak pernah bisa terlepas menggunakan menulis,hampir semua hal pada dunia pendidikan berkaitan menggunakan menulis, mulai darimenulis makalah, tesis, sampai cerpen, puisi, novel bahkan menulis catatanharian.
Pada dasarnya menulis adalahbagian dari ungkapan ide dan gagasan pikiran yang ingin disampaikanseseorang. Menulis pula bisa dikatakan menjadi media pengantar pada komunikasinon-mulut atau dengan istilah lain menulis sebagai penyampai pesan. Menulismerupakan suatu kegiatan komunikasi berupa penyampaian pesan (berita) secaratertulis  kepada pihak lain denganmenggunakan bahasa tulis menjadi alat atau medianya. Sedangkan Marwoto(1987:19) mengungkapkan bahwa menulis adalah menyampaikan ilham atau gagasannyadalam bentuk karangan secara leluasa. Kemudian Suparno dan Yunus (2008:1.tiga) jugamendefinisikan bahwa menulis adalah sutau kegiatan penyampaian pesan(komunikasi) dengan memakai bahasa tulis sebagia indera atau medianya.
Jadi bisa disimpulkan bahwamenulis merupakan proses menuangkan pandangan baru dan gagasan pikiran pada bentuk non-lisandan merupakan bagian dari penyampaian kabar.
Berbicara menulis, kitatelah mengetahui bersama bahwa menulis merupakan keliru satu menurut empatketerampilan berbahasa, tentu menulis erat kaitannya menggunakan belajar bahasa,menulis juga galat satu cara buat belajar berbahasa lantaran secara tidaklangsung sadar atau tidak menulis adalah bagian menurut bentuk bahasanon-ekspresi. Seseorang nir dapat menulis dengan baik bila seseorang tidak dapatberbahasa, lantaran apa yang dituangkan pada tulisan adalah hasil menurut bahasalisan.
Kemampuan menulis pada eradewasa ini sangat krusial, karena misalnya yg telah disebutkan di atas bahwahampir semua hal dan semua aspek nir terlepas dari goresan pena, baik itu tulisandalam bentuk catatan-catatan atau karya-karya tulis ilmiah dan karya-karyasastra yang mempunyai nilai estetik. Oleh karenanya penting nyatanya buat kitasemua belajar serta mengetahui dasar-dasar menulis serta motivasi belajar bahasa.
Bahasa sebagai alatkomunikasi sama halnya dengan menulis yang berperan menjadi pengantar ataupenyalur gagasan pikiran. Kemudian menulis dapat dijadikan menjadi motivasidalam belajar bahasa karena dengan belajar menulis maka secara tidak langsungkita pula belajar bahasa, sesuai dengan sifatnya menulis adalah bagian daribahasa.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel