FAKTOR PENYEBAB DAN CARA MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA SITUASI PEMBELAJARAN YANG MONOTON ADALAH PENYEBAB KEJENUHAN SISWA

MAjumundurnya suatu negara dipengaruhi oleh poly faktor, salah satunya faktorpendidikan, karena pendidikan bisa memajukan kualitas sumber daya insan, dansumber daya manusia yg berkualitas tinggi bisa membantu suatu negara menjadinegara yang maju. Namun buat mencetak generasi bangsa menjadi generasi yangberkualitas tinggi, maka diperlukan juga sistem pendidikan yg berkualitaspula. Pendidikan adalah suatu bisnis terjadwal yg betujuan untuk mendapatsuatu ilmu pengetahuan serta atau pembentukan karakter anak didik, sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa indonesia, pendidikanadalah proses pengubahan serta rapikan laku seseorang atau grup orang pada usahamendewasakan insan melalui upaya pedagogi serta pelatihan; proses; cara,perbuatan mendidik. Dan dalam UU SISDIKNAS No.20 tahun 2003, pengertianpendidikan adalah, bisnis sadar serta terencana buat mewujudkan suasana belajardan proses pembelajaran supaya siswa secara aktif mengembangkan potensidirinya buat memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri,kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, dan keterampilan yg diperlukandirinya dan masyarakat. Dalam pendidikan terdapat dua macam pendidikan yaitupendidikan formal(sekolah) serta non formal(les/bimbel).
Dewasaini sudah kita ketahui bersama bahwasanya banyak permasalahan-permasalahan dalamdunia pendidikan, entah itu konflik yg muncul dari pelajar atau siswaitu sendiri, maupun berdasarkan konflik yang muncul menurut institusi / daridinas  pada hal ini kurikulum. Namunpada goresan pena ini, dalam rangka menunaikan tugas Ulangan Akhir Semester matakuliah Bimbingan Psikologi dan Pendidikan, aku akan membahas permasalahandalam global pendidikan berdasarkan sisi pelajar/ anak didik, yaitu penyebab serta faktor yangmempengaruhi kejenuhan siswa dalam belajar serta cara mengatasinya.
Sesuaidengan instruksi menurut dosen matakuliah BIMPESDIK buat mewawancara seseorang guruatau lebih pada merampungkan tugas UAS ini, maka aku mewawancara 2 gurudengan pertanyaan yg sama, faktor penyebab dan cara mengatasi kejenuhanbelajar anak didik?
Guruyang pertama yg aku wawancarai adalah Bapak Wilda Fitrah Fajar guru berdasarkan YPPRiyadhul Huda Assidiqi, dia menyampaikan bahwa kejenuhan siswa pada belajardisebabkan oleh, gaya komunikasi dalam mentransfer pelajaran ke murid sangatmonoton, murid bukan asal belajar tapi objek mangkat dalam pembelajaran,sebagai akibatnya komunikasinya satu arah, lewat gurunya yang ceramah. Dan solusi menurut permasalahankejenuhan murid pada belajar berdasarkan narasumber adalah:
1.guruharus merubah model pembelajaran
2.berinofasisesering mungkin
3.gunakanmodel-model  pembelajaran misalnya;
a) lesonstudy (merupakan galat satu upaya buat meningkatkan proses serta hasilpembelajaran yg dilaksanakan secara kolaboratif serta berkelanjutan olehsekelompok pengajar, tujuan utama dari leson study ini merupakan, memperoleh pemahamanyang lebih baik tentang bagaimana murid belajar serta pengajar mengajar, memeperolehhasil eksklusif yang bermanfaat bagi guru lainnya dalam pembelajaran,menaikkan pembelajaran yg sisitematis, menciptakan pengetahuan pedagogis)
b)jig saw (pembelajarankooperatif, adalah salahsatu contoh pembelajaran yang mendukung pembelajarankontekstual. Sisitem pembelajaran kooperatif dapat didefinisikan sebagaisiistem kerja/ belajar grup yg terstruktur)
loading...
c)dinamikakelompok dll, dan
4.buattopik pembahasan yang mudah, ringan berisi, padet, mampu jua menggunakananimasi , pick not dll.
Dari pemaparan narasumber diatas bisa diartikanbahwa, penyebab kejenuhan murid dalam belajar merupakan ditimbulkan sang metodeyang digunakan pengajar pada mengajar yg membosankan sampai sisiwa merasa jenuhdengan proses pembelajaran yang akhirnya merusak tersampainya pelajaran yangdisampaikan oleh pengajar kepada siswanya, berdasarkan narasumber Bapak Wildamengatakan solusi dari permasalahan tersebut adalah menggunakan cara merubah metodepembelajaran yg membosankan menggunakan metode yang tidak membosankan, sepertidisebutkan diatas, menggunakan memakai animasi atau dengan dinamika kelompokserta mengemas pembelajaran dengan ringan namun berisi serta menarik.
Sedangkan menurut pengajar atau narasumber yg ke 2,Mely Setiabudi seseorang pengajar dari SMAN 1 Carenang berkata bahwa, penyebabkejenuhan siswa pada belajar dan cara mengatasinya adalah, disebabkan sang 3faktor yaitu:
1.siswatidak senang dengan matapelajaran yang wajib dipelajarinya, lantaran ketidaktertarikan murid terhadap matapelajaran maka mood siswa pun tidak terdapat pada belajar, sampai siswa merasa bosan,buat mengatasi hal ini anak didik harus mencari teman belajar, umumnya murid lebihmerasa nyaman bila dengan sahabat sebayanya
2.tidaksuka menggunakan guru, adalah faktor yang acapkali terjadi dalam duniapembelajaran, guru yang terus-menerus dalam mengajar ataupun tidak sanggup menarikperhatian siswa membuat murid tidak senang dengan pengajar dan sebagai penyebabjenuhnya siswa pada belajar, buat mengatasi hal ini murid wajib mau belajarsendiri dirumah agar nir tertinggal matapelajaran yg harus dipelajarinya
3.tidakbisa mengikuti pelajaran, ada beberapa hal yang memicu anak didik tidak bisamengikuti pelajaran yaitu, malas, tidaksuka dengan matapelajaran atau tidakmampu menggunakan matapelajaran yang dianggap sisiwa sulit seperti matematika, untukhal ini mengatasinya menggunakan cara anak didik wajib seringkali latihan soal.

Daridua narasumber yang telah aku wawancarai keduanya mempunyai pendapat yg tidak sinkron,narasumber yang pertama menyampaikan bahwa faktor kejenuhan belajar siswa adalahgaya pengajaran yg monoton dan harus memakai metode-metode yangtidak  terus-menerus seperti metode jig saw dan leson study, jadi narasumber yang pertama menitik beratkankejenuhan belajar anak didik adalah karena faktor guru atau cara guru mengajar.
Sedangkanmneurut narasumber yg ke 2, menyampaikan bahwa kejenuhan belajar siswadisebabkan oleh, nir suka dengan mata pelajaran dan nir suka dengan guru,menurutnya murid harus mau belajar sendiri dirumah serta mencari teman sebayadalam belajar, jadi narasumber yang ke dua berkata bahwa penyebab kejenuhanbelajar murid merupakan anak didik itu sendiri, hingga dia harus mencari solusinyasendiri.

Jadidari dua narasumber yang telah aku wawancarai dapat aku simpulkan bahwapenyebab kejenuhan siswa dalam belajar masih ada dua faktor yaitu faktor gurudengan cara mengajaranya serta faktor murid itu sendiri, dan cara mengatasinyaadalah dengan  cara guru haus terusberinovasi pada metode pembelajaran supaya anak didik nir merasa bosan denganpembelajaran yg monoton.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel