RPP BAHASA INDONESIA IKHTISARSMA KELAS X SEMESTER GANJIL KURIKULUM 2019BAGIAN 1


RENCANA PELAKSANAANPEMBELAJARAN


Sekolah: SMAN ..............
Kelas/Semesester:X/Ganjil
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
Tema: Ikhtisar
AlokasiWaktu: (2x45menit)
Jumlah Pertemuan: 1x pertemuan

A.KompetensiInti

3.Memahami, menerapkan, menganalisisdan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, serta metakognitifberdasarkan rasa ingin tahunyatentangilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasankemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, danperadaban terkait penyebab kenyataan serta kejadian, serta menerapkan pengetahuanprosedural dalam bidang kajian yang spesifik sinkron menggunakan bakat serta minatnyauntuk memecahkan kasus.
4.Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalamranah konkret serta ranah abstrak terkait menggunakan pengembangan menurut yangdipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dankreatif, serta sanggup menggunakan metoda sinkron kaidah keilmuan.

B.Tujuan Pembelajaran

Setelahmengikuti aktivitas dalam pelajaran ini dengan sungguh-sungguh, murid bisa:
1.Memahamipengertian ikhtisar;
2.Mengetahuilangkah-langkah menyusun ikhtisar;
3.Dapatmenyusun ikhtisar.



C.KompetensiDasar serta Indikator

No

Kompetensi Dasar

Indikator

1
3.9Menyebutkan butir-butir krusial menurut dua buku nonfiksi (kitab pengayaan) serta satu novel yang dibacakan nilai-nilai dan kebahasaan cerita masyarakat serta cerpen.

3.9.1Memahami pengertian ikhtisar
3.9.2Mengetahui langkah-langkah menyusun ikhtisar;
3.9.3Membaca 2 buku nonfiksi;
3.9.4Melaporkan isi buku yang dibaca dalam bentuk ikhtisar;
2
4.9Menyusun ikhtisar dari dua kitab nonfiksi (buku pengayaan) serta ringkasan menurut satu novel yg dibaca.
4.7.1Mempresentasikan,mengomentari ikhtisar yg dilaporkan.



loading...
D.KegiatanPembelajaran

Kegiatan

Deskripsi

AlokasiWaktu

Pendahuluan
1.Berdoa, mengkondisikan kesiapan siswa supaya lebih aman buat mengikuti aktivitas pembelajaran, (memeriksa kerapihan, kebersihan kelas, absensi, agenda aktivitas, menyiapkan media serta indera serta buku yg diperlukan).
2.Pembiasaan membaca serta menulis selama 10 menit
3.Guru menaruh motivasi, dan perilaku spiritual yaitu bersyukur lantaran bisa menerima berbagai nikmat.
4.Guru mengungkapkan Topik yang akan dipelajari dan membicarakan kompetensi yang akan pada capai.
5.Guru menggunakan buku teks dari banyak sekali asal ( yang telah disahkan kemendikbud )
20 menit
Inti
1.Guru membangun komunikasi tentang materi ikhtisar.
2.Guru mengungkapkan secara garis besar pengertian dan contoh ikhtisar.
loading...
3.Guru mengintruksikan murid untuk membuat grup masing-masing 4 orang, kemudian bersama-sama membaca dan mendiskusikan pengertian ikhtisar serta langkah-langkah menyusun ikhtisar yg disediakan.
4.Guru menugasi anak didik buat membaca artikel lalu dibuat ikhtisar.
5.Siswa mengomunikasikan ikhtisar yg sudah dibuat pada depan kelas.
6.Guru serta murid menanggapi dan mengomentari murid atas ikhtisar yang dibuat.
60 menit
Penutup
1.Guru serta anak didik menyimpulkan materi yg telah dipelajari.
2.Guru memberikan refleksi.
3.Guru mengungkapkan tema pembelajaran yg akan tiba.
4.Guru mengucapkan salam.
10Menit

E.Metode Pembelajaran danPendekatan Pembelajaran

Metode: Diskusi
Penugasan berkelompok.
Pendekatan: Saintifik




F.Media,Alat, dan Sumber Pembelajaran

Media: Artikel
Alat: Spidol
Sumberpembelajaran:
1.TatangAtep, Suwondo Dodo, dkk. 2013. BahasaIndonesiaku Bahasa Negeriku buat kelas X SMA serta MA program Wajib. PT.tiga Seragkai Pustaka Mandiri-Global. Solo.
2.KementrianPendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesa. 2014. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan AkademikKurikulum2013 edisi revisi 2014.
3.SulistyowatiTrisni, Krisdayato Anang. 2013. BahasaIndonesia Kebanggaan Bangsaku untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas dan MA Program Wajib. PT.tiga Seragkai Pustaka Mandiri-Platinum.solo.
4.Sulistyowati.2005. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. CV. Buana Raya. Jakarta.


G.Penilaian

Teknik dan Bentuk Instrumen

Teknik
Bentuk Instrumen
Tes Tulis
Meyusun ikhtisar menurut kitab yang dibaca
Tes Praktik
Mengomunikasikan ikhtisar yg sudah disusun.
Mengomentari ikhtisar yang sudah susun.







Lampiran 01 Bahan Ajar

IKHTISAR
Secara umum kita bisa memahami bahwaringkasan merupakan penyajian pada bentuk singkat berdasarkan sebuah karangan. Ikhtisaradalah bentuk singkat berdasarkan sebuah karangan atau karya tetapi tetap mempertahankanurutan isi dan sudut pandang pengarang orisinil. Hal yg bisa ditangkap daripengertian pada atas artinya bahwa kompendium dan ikhtisar kentara tidak selaras. Tujuandari pada buatnya ringkasan keliru satu nya artinya buat mengembangkan ekspresiserta penghematan kata. Selain itu kompendium sangat berguna bagi sebagianorang yang membutuhkannya karena bisa memahami isi atau pokok berdasarkan suatu bukudengan bacaan yg singkat. Ringkasan jua merupakan media keterampilan bagipenulis. Penulis yang ingin menciptakan ringkasan berdasarkan sebuah kitab wajib lahterlebih dahulu membaca dengan seksama buku tadi agar ringkasan yang akandi sajikannya sesuai dengan apa yang terdapat pada kitab serta tentu pada bentuksingkat dan bahasa yg sederhana tetapi berkesan cermat. Berikut hal-hal yangmenjadi pegangan buat membuat ringkasan sebagai berikut:
1.membaca naskah orisinil: penulisan kompendium harus membaca naskah asliseluruhnya beberapa kali buat mengetahui kesan generik dan maksud pengarang,dan sudut pandangnya.
2.mencatat gagasan primer: seluruh gagasan yang dipercaya penting dapatdigaris bawahi.
3.membuat reproduksi: susun balik suatu karangan singkat berdasarkangagasan-gagasan primer sebagaimana yang di catat dalam langkah ke 2.
4.ketentuan tambahan: maksudnya yaitu masukkan pada karangan apabiladalam tiga langkah di atas masih memiliki kekurangan.

A.pengertian Ikhtisar
Pada dasarnya sama menggunakan ringkasan dilihat daritujuannya, keduanya merogoh betuk kecil dari suatu karangan panjang.perbedaannya ikhtisar tidak mempertahankan urutan gagasan yg membangunkarangan itu, terserah dalam penghasil ikhtisar. Untuk merogoh inti beliau bebasmengambil kata-kata, berasal tetap menerangkan inti berdasarkan bacaan tersebut.

Ciri- ciri ikhtisar :
1.tidak mempertahnkan urutan gagasan
2.bebas mengkombinasikan kata-kata dari tidak menyimpang dari inti.
3.tujuannya buat merogoh inti.

B.langkah-langkah Membuat Ikhtisar

Langkah-langkahMembuat Ikhtisari tdak jauh berbebeda menggunakan Rangkuman, yaitu sebagai berikut:
1.membaca Naskah Asli
Langkah pertama pada pembuatan kompendium adalahmembaca naskah orisinil satu atau dua kali buat mengetahui kesan generik serta maksudpengarang serta sudut pandangnya.
2.mencatat Gagasan Utama
Setelahpenulis menangkap maksud, kesan generik, serta sudut pandang pengarang orisinil, makalangkah selanjutnya adalah mencatat semua gagasan primer atau gagasan yangpenting.
3.mengadakan Reproduksi
Dengan menggunakan catatan-catatan yang diperolehpada langkah kedua dan kesan umum yg diperoleh dalam langkah pertama, makapenulis telah siap untuk membuat kompendium. Yang wajib diperhatikan olehpenulis merupakan dia harus menyusun kalimat-kalimat baru, merangkai seluruh gagasankedalam suatu ihwal yang jelas dan dapat diterima sang nalar sehat.
4.ketentuan Tambahan
Disamping ketiga langkah diatas, masih ada beberapaketentuan tambahan yang perlu diperhatikan pada menyusun ringkasan, yaitu:
-Bila mungkin,ringkaslah kalimat sebagai frasa, dan frasa sebagai istilah.
-Jumlah alineatergantung menurut besarnya kompendium serta jumlah topik utama yamg dimasukkankedalam kompendium.
-Bila mungkin, semua istilah liputan atau katasifat dibuang.
-Pertahankan susunangagasan orisinil, serta ringkaslah gagasan itu dalam urutan seperti urutan naskahasli.
-Untuk membedakanringkasan atas goresan pena biasa dan sebuah pidato atau ceramah yang menggunakansudut pandang Orang Pertama Tunggal atau Jamak, maka rinkasan pidato itu harusditulis menggunakan sudut pandang Orang Ketiga.
·Biasanya untuk suatu ringkasanditentukan panjang ringkasan finalnya.
C.contoh Ikhtisar

BUKU : CAPUNG
Judul Buku: MENGENAL CAPUNG
Penulis: Shanti Susanti
Penerbit: Puslitbang Biologi – LIPI
Tahun penerbit: 1998
Ringkasan:
Capung merupakan binatang yang menarik,memiliki 4 sayap, ketua akbar, antenna, toraks yg kuat dan kaki yangsempurna. Mata capung sangat besar disebut mata majemuk, terdiri dariommatidium. Dengan ini dia mampu melihat ke segala arah serta mendektesi gerakanyang jauhnya lebih dari 10 meter. Dan kakinya sangat kuat jadi diggunakan untukhinggap di suatu tempat, bukan buat berjalan.
Capung hidup semua dunia, palingbanyak ditemukan pada wilayah tropis seperti Indonesia. Di Indonesia terdapatsekitar 750 jenis capung. Capung pula bisa hayati di pengunungan tinggi dankawasan kutub utara.
Capung menghabiskan sebagian hidupnyasebagai nimfa (sepasin) yg sangat bergantung pada perairanseperti sungai, sawah, danau, kolam, ataurawa.
Capung mengalami siklus hidupnya sebanyaktiga termin, yaitu telur, nimfa, dan dewasa. Daur ini termasuk metamorfosistidak lengkap. Nimfa populer dengan pemangsa yg ganas di dalam air danbernafas menggunakan insang. Pada waktuknya selama lima tahun nimfa naik ke ataspermukaan, memanjat tanaman dan berubah sebagai capung dewasa.
Telur capung ada yang panjang serta bundar ,telurnya terdapt sebuah lubang buat dimasuki sperma sebelum ditaruh olehinduknya. Selama 1-tiga minggu telur akan menetas. Selain itu telur dapat sebagaimakanan ikan besar .
Perilaku menarik capung, capung kawindengan cara yg aneh. Capung akan melakukan perkawinan menggunakan terbang, denganmenggunakan ekornya capung jantan akan mencengkram bagian kepala betina, lalubetina membengkokkan ujung perutnya menuju indera kelamin jantan yg sudah tersisperma. Dan capung memiliki kebiasaanuntuk berjemur.
Manfaat capung bagi kehidupan manusiaada poly salah satunya merupakan. Capung sebagai wangsit para senimanlukis,perancang mode, penulis puisi serta lagu. Dapat juga sebagai kuliner perangsang,menjadi obat, serta dipakai buat menghentikan kebiasaan mengompol pada anak-anak dengan cara si capung menggelitik pusar anak tadi. Capung dapat jugasebagai pembasmi hewan kecil yg berbahaya sepertijentik- jentik nyamuk.
Capung adalah hewan yang akanpunah karena habitat yang rusak lantaran ulah insan. Oleh sebab itu, capungharus dilestarikan. Dengan cara tidak menangkapnya, dimakn atau dimainkan, jugaharus dilestarikan tempat tinggalnya/ tempat asli.










Lampiran02
Latihan
Bacalah artikelberikut, kemudian buatlah sebagai sebuah ikhtisar!
Bahaya Minuman Beralkohol TerhadapKesehatan

Hidayanti Meyliani

Apakah engkau pernah khawatir dengan minuman alkoholyang diminum menjadi sebuah kasus? Di era seperti kini ini telah banyakremaja yg mulai meminum minuman keras misalnya alkohol. Minuman Keras memilikiradar alakohon yang beragam dimulai dari alkohol seperti whiskey yangmengandung 40 % kadar alcohol. Adapun contoh minuman lainnya sepertirum,gin,dan vodka. Berbanding terbalik menggunakan bir yg hanya mempunyai kadaralcohol sekitar 4,lima persen serta anggur 11 persen.
Banyak orang yg tidak mengerti dengan jelas denganpengaruh berdasarkan alkohol yg mereka minum sebenarnya membahayakan diri sendiri.minuman keras dipercaya menjadi prningkat suhu tubuh serta menaruh perasaansenang kepada yg meminumnya.tetapi yg sebenarnya terdapat dampak jelek tehadapkesehatan seperti mempengaruhi lambung, hati, ginjal, serta otak. Meminum minumanalkohol sebenarnya sangat membahayakan diri sendiri.kebanyakan yg sukamengkonsumsi minuman beralkohol adalah anak muda. Mereka sama sekali tidakmenyadari bahaya fisik yg akan dihadapi. Sebagai contoh, alkohol enghilangkanreflex muntah yg mencegah seseorang mengeluarkan muntahan. Alkoholmenghilangkan rasa pengendalian diri serta menghillangkan logika sehat seorang.
Usia remaja yang menciptakan mereka sebagai selalu ingintau mengenai apa yang belum mereka coba.sebagai orang tua yg berperan pentingterhadap anaknya diharuskan untuk mendidik anaknya agar tidak terjerumus kepadahal – hal negatif.hal yang paling mengerikan kalo tidak cepat diobati terutamasakit kanker hati selain itu otakpun bisa terganggu.menurut saya pribadiMinuman yang mengandung alkohol terutama minuman keras mampu berujung padakematian.
Sekarang ini banyak loka yg menyediakan minum –minuman keras yg beralkohol.biasanya misalnya club malam yg selalumenyediakan minuman misalnya yg pada maksud diatas.maka nir mengherankan lagijika poly peristiwa – kejadian tidak baik yang ada disana.meminum alkohol samadengan Mengganggu diri sendiri resikonya tidak lagi hal yang mudah untukdisembuhkan.jika nir dicegah berdasarkan sekarang maka semakin poly sakit yangdidapat.dampak negatif berdasarkan minuman memabukan sangatlah susah untuk disembuhkan.jikaingin hayati damai pada hari tua sebaiknya berhenti buat meminum – minumanberalkohol.
Adapun dalam kitab Ilmu Penyakit Dalam terbitanInternal publishing disebutkan bahwa dampak meminum bir dapatmenyebabkan sakit epidemiologi.keseluruhan insidensi sirosis pada Amerikadiperkirakan 360 per 100.000 penduduk penyebabnya sebagian akbar sakit yangdiakibatkan sang penyakit hati karena kebanyakan menkonsumsi alcohol maupunpenyakit infeksi virus kronik. Prevalensi penyakit hati akibat steatohepatitisalkoholik dilaporkan 0,tiga% juga.di Indonesia serta prevalensi sirosis hati belumada, hanya laporan – laporan berdasarkan beberapa pusat pendidikan saja.dri RSDr.sardjito Yogyakarta jumlah pasien yang berkisar 4,1% menurut persen yangdirawat di Bagian Penyakit Dalam pada kurun waktu 1 tahun (2004).di Medandalam kurun ketika 4 tahun dijumpai pasien sirosis hati sebesar 819 (4%) pasiendari seluruh pasien pada Bagian Penyakit Dalam.
Apabila wanita yang meminum arak bisasaja mengakibatkan gangguan nyeri.jika wanita sedang tiba bulan sebaiknyajangan meminum arak.terlebih bila sedang hamil usahakan jangansekekali minum-minuman keras lantaran bisa membahayakan janin yang dikandung.
Banyak penyakit yang ditimbulkan dampak kebanyakanmenkonsumsi bir. Dalam buku Elizabeth dicantumkan bahwa minumanberalkohol akan mengakibatkan sakit Sirosis.sirosis merupakan kondisi fibrosis danpembentukan jaringan perut yg pada ifus di hati.alkohol merupakan toksin yangpaling tak jarang mengakibatkan cedera dan peradangan hati.sakit yg selanjutnyaadalah Hepatitis.hepatitis adalah peradangan hati.penyakit ini bisa disebabkanoleh infeksi yang diakibat oleh alkohol dan sering dijumpai pada kankerhati.gejala dan tanda masing – masing hepatitis serupa tetapi cara penularan danhasilnya mungkin akan tidak sinkron.gizi jelek yg tak jarang di jumpai dalam pecandualkohol menyebabkan kerusakan pada hati.dapat terjadi gagal hati yangmembutuhkan transplantasi atau menimbulkan kematian.
Karenamemiliki lebih sedikit lemak dalam tubuh mereka dibandingkan menggunakan wanita,laki-laki cenderung lebih tahan terhadap minuman keras daripada wanita meskipun jikakeduanya mempunyai berat tubuh serta tinggi yang sama.salah satu pengaruh fisikterburuk karena meminum terlalu poly alkohol merupakan hangover ( menggantung )yg gejala – gejalanya melip[uti kehilangan cairan tubuh , mual, dan sakit ketua.
Di era yg serba terbaru ini mungkin kebanyakanorang beranggapan bahwa pergi ke club malam serta meminum-minuman beralkoholmelupakan hal yg biasa.tetapi,nir memikirkan esok kedepannyabagaimana.kesehatan akan terancam, acapkali sakit – sakitan, serta syarat tubuhtidak lagi fit.jika nir ingin Mengganggu diri sendiri maka usahakan tidakmenyentuh minuman beralkohol dan banyak meminum air mineral buat sehat itumahal.minuman beralkohol akan menggangu kesehatan apabila nir terkena sekarangmaka akan datang pada masa tua.apabila tidak ingin kesehatan terganggu dan inginmenikmati hayati dimasa tua maka jangan sekekali meminum-bir.




















PanduanPenskoran
a.Kognitif



No

Deskripsi
Aspek yg Dinilai


Jumlah Skor
Kesesuain Isi Inti

Kesesuaian penggunaan (EYD)
1
Jika murid membuatikhtsar dengan sempurna/sempurna serta memakai EYD.
70
30
100
2
Jika murid menciptakan ikhtsar kurang paripurna/kurang dan menggunakan EYD.
60
20
80
3
Jika murid membuat ikhtsar cerpen nir sempurna dan nir dan memakai EYD.
50
10
60
4
Jika murid nir membuat ikhtisar.
0
0
0
Keterangan: nilai tertinggi merupakan 100
b.Psikomotor

No

Deskripsi

Aspek yg Dinilai

Jumlah
Skor
Intonasi
Kesesuain isi

1
Jika anak didik mengomunikasikan ikhtsar dengan sempurna.
50
50
100
2
Jika siswa mengomunikasikan ikhtsar dengan kurang paripurna.
35
35
70
3
Jika murid mengomunikasikan ikhtsar menggunakan tidak sinkron atau tidak sempurna.
15
15
30
4
Jika siswa tidak tampil atau tidak Jika murid mengomunikasikan cerpen.
0
0
0
Keterangan: nilai tertinggi merupakan 100

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel