RPP BIPAMEMPERKENALKAN DIRI SENDIRI DAN ORANG LAIN THAILAND BAGIAN 2


RENCANA PEMBELAJARAN (RP)

2

Tempat:Thailand
BidangStudy : Bahasa Indonesia
Tingkat:A2
Standar Kompetensi: Mampu memahami kalimat serta ungkapan yangsering dipakai yg berhubungan dengan ranah yg paling berkaitan langsungseperti berita personal serta famili, belanja, geografi lokal, pekerjaan,berkomunikasi secara sederhana yang membutuhkan pertukaran berita langsungtentang perkara yang biasa dijumpai serta menyebutkan dalam kalimat sederhanahal yg berhubungan dengan latarbelakangnya dan hal yg siatnya mendesak.
Kompentensi Dasar: Mampu memahami kalimatdan ungkapan yg tak jarang digunakan yg berhubungan dengan ranah yang palingberkaitan langsung seperti fakta personal serta famili, belanja, geografilokal, pekerjaan.
Indikator:

1.Menunjukan kalimat serta ungkapanyang seringkali digunakan yg berhubungan yg paling berkaitan langsung seperti informasipersonal serta keluarga.
2.Menjelaskan kalimat danungkapan yg tak jarang dipakai yg berafiliasi yang paling berkaitan langsungseperti berita personal dan keluarga.
3.Menerapkan kalimat danungkapan yg seringkali dipakai yang berafiliasi yang paling berkaitan langsungseperti informasi personal dan keluarga.
4.Mematuhi kaidahkesantunan ketika menerapkan kalimat dan ungkapan yg acapkali dipakai yangberhubungan yg paling berkaitan pribadi seperti fakta personal dankeluarga.
5.Mematuhi kaidah EYDsaat menerapkan kalimat serta ungkapanyang seringkali dipakai yang berhubungan yg paling berkaitan pribadi misalnya informasipersonal dan famili.
AlokasiWaktu:2X60 Menit

A.Tujuan Pemelajaran

1.Peserta didik bisa menunjukkankalimat serta ungkapan yang sering digunakan yang berafiliasi yang palingberkaitan langsung seperti fakta personal serta keluarga.

2.Peserta didik bisa menjelaskankalimat dan ungkapan yang seringkali dipakai yang bekerjasama yang palingberkaitan langsung seperti berita personal dan famili.

3.Peserta didik bisa menerapkan kalimat dan ungkapan yg seringdigunakan yang berafiliasi yang paling berkaitan langsung misalnya informasipersonal dan famili.

4.Peserta didik bisa mematuhi kaidah kesantunan waktu menerapkankalimat serta ungkapan yang tak jarang digunakan yg berhubungan yg palingberkaitan eksklusif seperti fakta personal dan keluarga.

5.Peserta didik bisa mematuhi kaidah EYD serta rapikan bahasa ketika menerapkan kalimat serta ungkapanyang acapkali dipakai yg berafiliasi yang paling berkaitan eksklusif seperti informasipersonal serta keluarga.


B.Materi Pembelajaran

Gambar-gambar ta’aruf,menceritakan perkenaln, mengenal berbagai macam ta’aruf, menggambarkan caraberkenalan, menulis kosa kata yg berkaitan dengan berita personal dankeluarga, menulis kata berimbuhan, menulis kalimat ta’aruf, Kata Subjek (S),Predikat (P), Objek (O), Pelengkap (Pel), Keterangan (Ket).



C.Metode Pembelajaran

1.Ceramah
2.Tanyajawab
3.Diskusi
4.Penugasan



D.KegiatanPembelajaran
KegiatanAwal :

Apersepsi

1.Guru memeriksa kesiapan siswa buat belajar.
2.Guru menyampaikankompetensi yg akan dicapai.
Guru dan siswa bertanya jawab mengenai pelajaran yang akandisampaikan mengenai gambar-gambar ta’aruf,menceritakan ta’aruf, mengenal berbagai macam ta’aruf, mendeskripsikan caraberkenalan, menulis kosa kata yg berkaitan menggunakan informasi personal dankeluarga, menulis istilah berimbuhan, menulis kalimat ta’aruf, Kata Subjek (S),Predikat (P), Objek (O), Pelengkap (Pel), Keterangan (Ket).


KegiatanInti :

Apersepsi

3.Guru memeriksa kesiapan siswa buat belajar.
4.Guru menyampaikankompetensi yg akan dicapai.
Guru dan peserta didik bertanya jawab mengenai pelajaran yg akandisampaikan mengenai gambar-gambar ta’aruf,menceritakan perkenaln, mengenal aneka macam macam ta’aruf, menggambarkan caraberkenalan, menulis kosa istilah yg berkaitan menggunakan liputan personal dankeluarga, menulis istilah berimbuhan, menulis kalimat perkenalan, Kata Subjek (S),Predikat (P), Objek (O), Pelengkap (Pel), Keterangan (Ket).


Kegiatan Inti :

Peserta didik menerima penjelasan menurut guru tentang gambar-gambar ta’aruf, menceritakan perkenaln, mengenalberbagai macam ta’aruf, mendeskripsikan cara berkenalan, menulis kosa katayang berkaitan menggunakan kabar personal serta keluarga, menulis istilah berimbuhan,menulis kalimat ta’aruf, Kata Subjek (S), Predikat (P), Objek (O), Pelengkap(Pel), Keterangan (Ket).

Peserta didik menjelaskankalimat serta ungkapan yang seringkali dipakai yang bekerjasama yang palingberkaitan pribadi sepertiinformasipersonal serta famili.
1)Peserta didik menerapkan kalimat dan ungkapan yg seringdigunakan yg berhubungan yg paling berkaitan pribadi seperti informasipersonal dan keluarga.
2)Peserta didikmematuhi kaidah kesantunan ketika menerapkan kalimat serta ungkapan yg seringdigunakan yg berafiliasi yg paling berkaitan langsung kabar personaldan keluarga.
3)Peserta didik mematuhikaidah EYD ketika kalimat dan ungkapan yang sering digunakan yg berhubunganyang paling berkaitan eksklusif misalnya kabar personal dan keluarga.
4)Pesertadidik dan guru sama-sama menyimpulkan materiatau tema hari ini.


Kegiatan Akhir :

1.guru beserta-sama peserta didik melakukan refleksiterhadap aktivitas yg telah dilaksanakan dengan cara menanyakan apa yang telahdipelajari serta kesulitan yg dihadapi murid.
2.peserta dididk mendpatkan tugas untuk pertemuan berikutnya

E.SumberBelajar

1.Alat/ media: Powerpoint tentang materi.
2.Sumber:powerpoint


F.Penilaian

Teknikdan Instrumen Penilaian
1.Penilaian terhadapketepatan menunjukkangambar-gambar perkenalan, menceritakan perkenaln, mengenalberbagai macam ta’aruf, menggambarkan cara berkenalan, menulis kosa katayang berkaitan dengan liputan personal serta keluarga, menulis istilah berimbuhan,menulis kalimat perkenalan, Kata Subjek (S), Predikat (P), Objek (O), Pelengkap(Pel), Keterangan (Ket).
2.Penilaian terhadapketepatan menjelaskangambar-gambar perkenalan, menceritakan perkenaln, mengenalberbagai macam ta’aruf, menggambarkan cara berkenalan, menulis kosa katayang berkaitan dengan liputan personal serta keluarga, menulis istilah berimbuhan,menulis kalimat perkenalan, Kata Subjek (S), Predikat (P), Objek (O), Pelengkap(Pel), Keterangan (Ket).
3.Penilaian terhadapketepatanmenerapkan gambar-gambarperkenalan, menceritakan perkenaln, mengenal aneka macam macam ta’aruf,mendeskripsikan cara berkenalan, menulis kosa istilah yg berkaitan denganinformasi personal dan famili, menulis kata berimbuhan, menulis kalimatperkenalan, Kata Subjek (S), Predikat (P), Objek (O), Pelengkap (Pel),Keterangan (Ket).
4.Penilaian terhadapketepatan mematuhi kaidah kesantunan ketika membaca gambar-gambarperkenalan, menceritakan perkenaln, mengenal banyak sekali macam ta’aruf,menggambarkan cara berkenalan, menulis kosa istilah yang berkaitan dengan informasipersonal serta keluarga, menulis kata berimbuhan, menulis kalimat perkenalan,Kata Subjek (S), Predikat (P), Objek (O), Pelengkap (Pel), Keterangan (Ket).
5.Penilaian terhadapketepatan mematuhi kaidah EYD ketika membacagambar-gambar yang berkaitan dengan gambar-gambarperkenalan, menceritakan perkenaln, mengenal berbagai macam perkenalan,menggambarkan cara berkenalan, menulis kosa istilah yg berkaitan denganinformasi personal serta keluarga, menulis istilah berimbuhan, menulis kalimatperkenalan, Kata Subjek (S), Predikat (P), Objek (O), Pelengkap (Pel),Keterangan (Ket).




6.Kriteria penilaian

(1)Kognitif
Indikator

Skor

Bobot

Penilaian terhadap ketepatan memperlihatkan gambar-gambar ta’aruf, menceritakan perkenaln, mengenal banyak sekali macam ta’aruf, menggambarkan cara berkenalan, menulis kosa istilah yg berkaitan dengan berita personal serta keluarga, menulis kata berimbuhan, menulis kalimat ta’aruf, Kata Subjek (S), Predikat (P), Objek (O), Pelengkap (Pel), Keterangan (Ket).




1-dua-3


50
Penilaian terhadap ketepatan menjelaskan gambar-gambar ta’aruf, menceritakan perkenaln, mengenal banyak sekali macam ta’aruf, menggambarkan cara berkenalan, menulis kosa istilah yg berkaitan dengan berita personal serta keluarga, menulis kata berimbuhan, menulis kalimat ta’aruf, Kata Subjek (S), Predikat (P), Objek (O), Pelengkap (Pel), Keterangan (Ket).




1-dua-3


50
Total Skor


100
Keterangan:
3=sempurna dan benar, dua=tepat, 1=tidak sempurna
Pedoman penskoran= x 100%
(dua)Psikomotor
LembarPengamatan Kegiatan Praktikum

Nama:

Kelas:

Judul Praktikum:

Berilah centangpada kolom skor

5.apabila peserta didikmelakukan aspek keterampilan dengan sangat sempurna

4.apabila peserta didikmelakukan aspek keterampilan menggunakan tepat

3.apabila peserta didikmelakukan aspek keterampilan menggunakan relatif tepat

2.jika peserta didikmelakukan aspek keterampilan menggunakan kurang tepat

1.jika peserta didikmelakukan aspek keterampilan menggunakan nir tepat

No

Aspek Keterampilan

Jawaban

5

4

3

2

1

1
A.Persiapan
§Mengumpulkan bahan informasi
§Membuat konsep





2
B.Selama Kegiatan
MenerapkanPenilaian terhadap ketepatan menjelaskan gambar-gambar ta’aruf, menceritakan perkenaln, mengenal banyak sekali macam ta’aruf, menggambarkan cara berkenalan, menulis kosa istilah yg berkaitan dengan berita personal serta keluarga, menulis kata berimbuhan, menulis kalimat ta’aruf, Kata Subjek (S), Predikat (P), Objek (O), Pelengkap (Pel), Keterangan (Ket).

§Sikap





3
C.Kegiatan Akhir






(3)Afektif
No

Nama Peserta Didik

Aspek yg Dinilai



Mematuhi kaidah kesantunan ketika membaca gambar-gambar ta’aruf, menceritakan perkenaln, mengenal banyak sekali macam ta’aruf, menggambarkan cara berkenalan, menulis kosa istilah yg berkaitan dengan berita personal serta keluarga, menulis kata berimbuhan, menulis kalimat ta’aruf, Kata Subjek (S), Predikat (P), Objek (O), Pelengkap (Pel), Keterangan (Ket).




Mematuhi kaidah EYD dan tata bahasa ketika membaca gambar-gambar ta’aruf, menceritakan perkenaln, mengenal banyak sekali macam ta’aruf, menggambarkan cara berkenalan, menulis kosa istilah yg berkaitan dengan berita personal serta keluarga, menulis kata berimbuhan, menulis kalimat ta’aruf, Kata Subjek (S), Predikat (P), Objek (O), Pelengkap (Pel), Keterangan (Ket).





Ya

Tidak

Ya

Tidak

1






2






3








Mengetahui,
Pengajar

(Yunidah, S.pd)

Cilegon, 11 Maret 2015
Asisten

(Febrian Ramdhan, S. Pd.)








Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel