TRIKORA TRI KOMANDO RAKYAT

Tri kora adalah usaha bangsaIndonesia buat memasukan balik wilayah Irian Barat pada kekuasaan negara RI.perjuangan ini ditempuh sejak 1951-1963 selama 12 tahun. Dalam perjanjian KMBdisebutkan bahwa Belanda bersedia mengakui kemerdekaan Indoensia serta bersediamenyerahkan kekuasaanya atas Hindia Belanda pada pemerintah RIS, kecualiwilah Irian barat. Disebutkan pula bahwa kasus Irian Barat akan dibicarakanlagi setahun lalu. Oleh karenanya, dalam lepas 27 September 1949kekuasaan atas Irian Barat nir diserahkan kepada RIS.
Pada tahun 1951 pemerintah RImengajak pemerintah Belanda buat membubarkan Irian Barat. Belanda tidakmenanggapinya. Pada tahun berikutnya pemeritah menuntut lagi hal itu, Belandatetap bersikeras mempertahankan Irian Barat. Proses selanjutnyadijelaskan ini dia.
1952: Belanda malah memsukan Irian Barat ke pada daerah kerajaanBelanda serta hal ini tercantum dalam UUD Kerajaan Belanda.
1955: RI membawa kasus Irian Barat ke PBB akan tetapi gagal. Dalam artitidak masukd alam agenda pembicaraan PBB.
1956: di bawa lagi ke PBB, gagal lagi. PBB memberikana lasan bawhwamasalah Irian Barat adalah kasus bilateral, antara Belanda sendiri denganIndonesia yg sanggup diselesaikan secara bilateral pula serta bukan masalah Internasional.rbersikap lebih keras menggunakan cara:
*membatalkan perjanjian KMB
*membentukPemerintahan Irian Barat ad interim menggunakan:
-Ibu kota sementara Soa-siu yang terletak di pulau Tidore.latarbelakangnya bahw adahulu Irian Barattermasuk pada daerah Kesultanan Tidore.
-Irian Barat dipimpin oleh seorang gubernur bernama Zainal Abidin, Sultan Tidorekala itu.
Dansejak waktu itu usaha secara konfrontatif dimulai. Sekalipun belum secarafisik/militer.
1957: dibentuk Front Nasional pembebasan Irian Barat
1958: semua perusahaan Belanda pada Indonesia pada nasionalisisr.pabrik-pabrik, perkebunan-perkebunan dan juga banyak sekali perusahaan Belanda diKuasai Indonesia. Belanda tetap bersikeras menguaai Irian Barat.

Alasan Belanda: Penduduk Irian Barat lain rasdengan warga Indonesia pada Jawa,Sumatera, Kalimantan, dll. Demikian juga keadaan geografis sertageologinya.
Alasan Pihak RI: Bangsa Indonesia mendirikan NRIbukan dari atas suku, agama, keturunan, dan golongan. NasionalismeIndonesia adalah Naionalisme yg berdasar ata sejarah serta persamaan nasib.mendiami suatu wilayah tertentu (geopolitik). Alasan lainnyasejak tanggal 17 Agustus 1945 Irian Barattelah ikut diproklamasikan kemerdekaannya.
1960: dalam lepas 17 Agustus 1960 Pemerintah RI tetapkan hubungandiplomatik dengan Belanda serta menyatakan akan merebut Irian Barat dengankekuatan militer. MM mulai menyadari bahwa perkara Irian Barat akan menggangguperdamaian global.
Sidang umum PBB pada Oktober 1960memutuskan memilih Ellsworth Bunker (seorang diplomat USA)buat sebagai mediator dalam penyelesaianmasalah Irian Barat. Setelah mengadakan rendezvous menggunakan kedua belah pihak,Ellsworth Bunker mengusulkan penyelesaian sebagai berikut:
a.Mula-mulaBelanda meneyrahkan Irian Barat pada PBB
b.Setelahmasa peralihan dua tahun PBB menyerahkan Irian Barat pada RI.
Pihak RI:mendapat usulan ini
Pihak Belanda: menolak dan mengusulkan agar Irian Baratmasuk perwalian PBB sesudah itu merdeka menjadi Negara Papua.
Sejak waktu itu Inodnesia menyiapkankekuatan militer buat merebut Irian Barat dengan kekuatan senjata. Bantuansenjata terutama didapat dari Soviet Rusia. Tanggal 19 Desember 1961 dalamsebuah kedap super besar pada Yogyakarta Pres. Soekarno mengumandangkan TRIKORA. Isidari komando itu adalah:
1)Gagalkanpembentukan negara Papua bikinan Belanda
2)Kibarkansang Merah-Putih pada sleuruh Irian Barat
3)Siapuntuk mobilisasi generik.
Disinilah banyak guru-pengajar mudakita anggota PGRI yang merasa terpanggil dan ikut sebagai sukarelawan Trikora.disusunlah sebuah komando untuk merebut balik Irian Barat. Dengan susunankomando menjadi berikut.
Komandotertinggi: Pres. Soekarno
Wakil:Jendral. A.H. Nasution
KepalaStaf: MayjenAhmad Yani
PanglimaKomando Mandala: MayjenSuharto
Wakil I: Kol. L. Soebono
Wakil II: Kol. U.leo.matimena
Kepala Staf: Kol. A. Tahir.
Dalam bisnis merebut Irian Baratdirencanakan sebuah operasi akbar adonan dengan nama sandi: OperasiJayawijaya. Sebelum operasi ini dilaksankan disusupkan terlebih dahulusatuan-satuan TNI khususnya RPKD dan PGT ke pedalaman Irian Barat ditengah-tengah rimba belantara Irian Barat untuk melakukan serangan-serangangerilya. Ternyata baru 10 kompi yg disusupkan ke Irian Barat telah menyatakanbersedia meneyrahkan Irian Barat kepada Indonesia.
Pertempuranlaut Aru: 15 Januari 1962
Antaraaramada RI (tiga MTB : Macan Tutul, Harimau, dan Macan Kumbang). Dbp komoder YosSudarso menggunakan iring-iringan armada Belanda. Macan tutul pada pertempuran yangtidak seimbang itu tenggelam dan gugur bersama-sama.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel