TUJUH FILM INDONESIA BERTEMA NASIONALISME CINTA INDONESIA KAMU HARUS NONTON


      Menonton filmadalah salah satu cara sebagian akbar orang buat mengisi ketika luang atauwaktu istirahat. Menonton film jua bisa sebagai hobi bagi sebagian orang,lantaran dalam intinya setiap orang menjadikan film menjadi hiburan. Jenis-jenisfilm pada dunia juga pada Indonesia genrenya sangat beragam, mulai berdasarkan genreromantis atau cinta-cintaan,  genrepolitik serta hukum, aliran lawak, genre horor, genre sejarah, hingga genrenasionalisme. Kali ini kita akan mengulas beberapa film-film Indonesia yangbergenre nasionlaisme.berikut merupakan judul-judul film bergenre nasionalisme.
1. Soekarno


       Filmberjudul "Soekarno" ditayangkan dalam tahun 2013 serta disutradari olehHanung Bramantyo. Mengangkat genre nasionalisme kemerdekaan film ini berhasilmenyedot perhatian banyak penonton. Pemeran primer Ario Bayu sebagai Soekarno, LukmanSardi sebagai M. Hatta, Maudy Koesnady menjadi Inggit Garnasih,Tanta Gintingsebagai Sutan Sjahrir, dan Tika Bravani menjadi Fatmawati latar film berlatarpada masa akhir perjuangan kemerdekaan, yaitu ada masa kependudukan KekuasaanNIPPON Jepang.
              Filmberjudul "Soekarno" ini menceritakan bepergian presiden Soekarnomulai berdasarkan beliau dilahirkan, menjadi pemuda yg cerdas serta bersemangatmelawan penajajah, hingga dia menikah serta mempunyai anak. Film inimenceritakan usaha Soekarno dan para pahlawan pada masanya dalammemperjuangkan kemerdekaan Indonesia lantaran itulah Soekarno selalu menjadi incaranpara penjajah. Tetapi soekarno tidak gentar, tak ada rasa takut sedikitpun.
Hingga Pada suatu ketika terjadiperdebatan tentang dasar negara, karena tidak ada yg dapat menaruh solusimengenai dasar negara yang akan dipakai setalah kemerdekaan. Setiap negaraharuslah mempunyai ideologi dan dasar negara,pada pidatonya pada suatu sidangsoekarno mengusulkan Pancasila menjadi dasar negara.soekarno serta Hatta d culikmenjelang proklamasi kemerdekaan Pesan yang didapat berdasarkan film ini adalah"kita wajib menjadi warga negara yg memiliki jiwa nasionalisme yangbereprikemanusiaan dan memperkuat persaudaraan.

2. Di Timur Matahari


Filmberjudul "Di Timur Matahari" ditayangkan pada tahun 2012. Mengangkatgenre nasionalisme kehidupan di wilayah terpencilbagian Timur Indonesia, yaituPapua. Film ini dibintangi oleh Laura Basuki sebagai Vina, Lukman Sardi sebagaipendeta, Ririn Eka Watisebagai Dokter Fatmah, Ringgo Agus Rahman sebagai Ucok.
        Filmberjudul "Di Timur Matahari" ini berkisah tentang keadaan pendidikan,kesehatan, serta ekonomi pada tanah Papua.dimulai menurut seseorang dokter yg bekerjadi Papua serta harus mengobati para pasien yang tak jarang terluka disebabkan
   perangantardusun.bagi seorang dokter setiap nyawa merupakan kudus serta harus diselamatkan,akan namun lain di tempat ini bahwa nyawa harus pada balasa nyawa, gigi pada balasdengan gigi.
   Seorang wanitacantik berdasarkan Jakarta bernama Vina menikah dengan laki-laki Papua suatu haridatang ke kampung suaminya di Papua ini serta menyaksikan
   keadaan ekonomiyang memerihantinkan lantaran sangat mahalnya harga sembako, tidak tersedianyalistrik.
   Adapun pesandidaktis yang didapat dari film ini adalah "Saling memaafkan adalahpilihan terbaik, lantaran cinta dan kedamaian akan membawa kedamaaian bagi kita"

3. Tanah Surga, Katanya?


Filmberjudul "Tanah Surga Katanya?" ditayangkan dalam tahun 2012. Fil inidibintangi sang Aji santosa sebagai Salman, Fuad Idris sebagia Hasyim, RinggoAgus Rahman sebagai Dr. Anwar, Astri Nurdin menjadi Astuti, Ence Bagus menjadi Haris,Tissa Biani Azzahra sebagaiSalinah,dan Gani menjadi Norman Akyuwen.
       Fim inimengisahkan keadaan pendidikan dan, kesehatan serta kekurangan infrastruktur yangada di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia. Seorang guru sekolah dasar bernamaAstuti yang harus mengajar semua kelas lantaran dia adalah satu-satunya guruditempat itu yang ditugaskan. Seorang dokter menurut kota yg tiba menggantikandokter sebelumnya yg sudah meninggal, keterbatasan indera dan obat membuatdokter Anwar memutar otak buat bisa mengobati pasiennya dan mengantarkannyakerumah sakit. Seorang pejuang veteran yang terlupakan menjadi kekuatan dalamfilm ini, artinya pak Hasyim seorang yang mempunyai nasionalisme yg sangattinggi, yg pernah berjuang melawan para penjajah serta ikut serta pada peperangan DWIKORA yang pada pimpinoleh Presiden Soekarno.
   Banyakmasyarakat yg pindah kewarganegaarn ke negri sebrang, yaitu Malaysia.
loading...
Kebanyakan rakyat bersekolah dan berdagang pada Malaysia lantaran menurutmereka hayati di Malaysia lebi menjanjikan serta lezat .
       Adapun pesandari film in merupakan "Apapun yg terjadi jangan sampai kehilangan cintapada negri ini".

4. Jendral Sudirman


  Film yangberjudul "Jendral Sudirman" ditayangkan pada tahun 2015.  Dibintangi sang: Adipati Dolken sebagaiJendral Sudirman, Ibnu Jamil sebagai Capt Cokropranoto, Surawan Prihatmojosebagai Capt Suparjo, Baim Wong sebagai Presiden Soekarno, serta masih banyakpemain pendukung lainnya.
       Film inimengisahkan usaha jendral Sudirman beserta para prajuritnya buat melawanpara penjajah, Jendral Sudirman sebagai buruan utama para penjajah karenakecerdikan dan kepiawaiannya dalam memimpin perang serta menciptakan siasat.

5. Tanah Air Beta


Filmyang berjudul " Tanah Air Beta " ditayangkan pada tahun 2010 dandisutradari oleh Ari Sihasale dan dibintangi oleh: Alexandra Gottado sebagiaTatiana, Asrul Dahlan menjadi Abu Bakar, Yehuda Rumbindi menjadi Carlo, GriffitPatricia sebagai Merry, Lukman Sardi sebagai Lukman, Ari Sihasale menjadi Dr.joseph, Robby Tumewu menjadi Ku Ipin, Thessa Kaunang sebagai Ci Iren, danMarcel Raymond sebagai Mauro.
            Film iniberlatar di wilayah bagian timur Indonesia, yaitu Provinsi Nusa Tenggara Barat.pada film ini mengisahkan banyaknya famili yg tinggal terpisah menurut angotakeluarga lainnya. Hal itu dikarenakan semenjak tanggal 30 Agustus 2005 sudah resmidibuka  gerbang Motain menjadi gerbangperbatasan antara Republik Indonesia dengan Republik Demokratik Timor Leste.berpisahnya Timor Leste menggunakan Indonesia tentu memicu ketidakstabilan ekonomi diwilayah perbatasan tersebutkarena kebijakan menurut dua negara yg tidak selaras.
            Pelajaranyang dapat dipetik berdasarkan film ini merupakan kita diajarkan tentang penantian,pengorbanan, cinta dan afeksi.

6. Naga Bonar Jadi 2


Film Nagabonar jadi dua ,merupakan film yang diluncurkanpada tahun 2007yang merupakan sekuel menurut film Nagabonar (1987).film ini meraihberbagai macam penghargaan sebagai Film terbaik dalam festival film indonesia2007 serta “movie of the year” berdasarkan Guarde awards. Versi novel ini, pula berjudulnagabonar jadi 2, ditulis oleh, Akmal Nasery Basral,novelis yg pernah menjadiwartawan majalah tempo. Film ini sebagai film terlaris ditahun 2007 denganmeraih tiket penjualan mencapai dua,4 juta penonton.
            Cerita film ini dikemas pada dramakomedi, film”NAGABONAR jadi dua” sarat menggunakan pesan cinta baik itu cintalaki-laki serta wanita,Cinta orangtua serta anak, cinta dalam persahabatan dankhususnya cinta terhadap tanah air serta para pahlawan serta cinta dalam melihatperbedaan.
Pemerandan  tokoh  :
1.dedyMizwar ( Nagabonar )
2.toraSudiro ( Bonaga )
3.wulanGuritno (Monita )
4.michaelMuliardo (Jaki )
5.uliherdiansyah ( Roni )
6.dariussinathrya ( Pomo)
7.lukmanSardi (Umar )
8.jajaMiharja ( Laskar Arjuna Banci Club(Banci))
Alur cerira film ini berputartentang hubungan Nagabonar (Dedy Mizwar) serta Bonaga (Tora sudiro) dalam suasanakehidupan anak muda  metropolis.bonaga, seorangpengusaha sukses, menerima proyek pembangunan resort menurut perusahaan jepang. Sialnyalahan yang diincar perusahaan jepang tersebut artinya tak lain huma perkebunansawit milik ayahnya Nagabonar. Maka Bonaga pun memboyong ayahnya kejakarta agardia mampu membujuk Nagabonar  menjuallahan tadi.
         Usaha Bonaga tak berhasil .kekeraskepalaan Nagabonar untukmempertahankan huma perkebunan (dimana disana uga masih ada makan istri,mak dantemannya si bengak Bujang) semakin sebagai-jadi waktu tahu calon pembelitanahnya adalah perusahaan jepang (yg masih dianggapnya penjajah).
            Sementara Nagabonar dan Bonagaberusaha buat salin memahami cara pandang dan nilai-nilai satu sama lain, tenggatwaktu buat Bonaga semakin mendekat. Namun akihrnya Bonaga membatalkanperjanjian tadi, karena ia memahami sebenarnya ayahnya berat untuk menyetujuihal tadi, ia tidak mau menciptakan ayahnya murung , lantaran beliau sangat menyayangiayahnya.

7. Pasukan Garuda : Ileave My Heart in lebanon


   Filmyang berjudul “Pasukan Garuda: I Leave My Heart in Lebanon” ini karyaTebesilalahi Pictures Team. Ditayangkan pada tahun 2016. Film ini diperankanoleh seniman-artis kenamaan serta unusr Tentara Nasional Indonesia, yaitu: Rio Dewanto menjadi Satria,Jowy Khoury menjadi Rania Mahmoud, Revalina S.temat menjadi Diah, Dedy Mizwarsebagai Letkol Purn. Surya, Hadijah Shahab sebagai Salma, Prattu Wildan Jajangsebagai Sersan Ujang, Yama Carlos sebagai Lettu Arga, Baim Wong menjadi Andridan masih poly lainnnya.
           Filmyang berjudul “Pasukan Garuda: I Leave My Heart in Lebanon” ini menceritakanperjuangan Tentara Nasional Indonesia Indonesia pada menjaga perdamaian dunia. Pasukan garuda adalahpasukan yang pada mulanya dibentuk oleh presiden Soekarno dalam masanya gunamendelegaiskan dan membantu perdamaian dunia pada Lebanon serta daerah-daerahkonflik lainnya. Selain itu, film ini menceritakan kisah asmara sesuai juudlnyaI leave my heart in lebanon, terdapat hati yang tertinggal di lebanon. Satria adalahseorang Tentara Nasional Indonesia yang akan menikah dengan seorang dokter bernama Diah, akan tetapibersamaan dengan rencana pernikahannya Satria wajib memenuhi tugasnya sebagaiTNI buat berangkat ke Lebanon selama satu tahun lamanya serta meninggalkan Diah,ad interim itu Diah tetap menunggu Satria untuk mneikahinya nanti. Akan tetapi,Diah cemburu melihat foto-foto kedekatan satria menggunakan wanita Lebanon, seiringdengan itu pula kesetiaan Diah diuji menggunakan kehadiran Andri pria muda kaya dansukses dibidang properti yg melamarnya. Uian kesetiaan jua dialami olehSatria yg semakin dekat rania perempuan Lebanon yang sellau dekat dengannya.

            Demikianreferensi film bertema nasionalis yg dapat sebagai pengisi waktu luang andaseklaigus menumbuhkan serta menguatkan rasa cinta kita terhadap tanah airIndonesia.

            

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel