HEWAN SEBAGAI PERTANDA SIAL DALAM PANDANGAN ISLAM



Meskipun ketika ini kita hayati pada tengah-tengahzaman teknologi serba modern menggunakan segala aktivatas sosial dan jenjangpendidikan yg tinggi. Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian berdasarkan masarakatIndonesia masih percaya terhadap mitos atau lebih kasar diklaim takhayul, yaitupercaya pada benda serta fauna tertentu menjadi indikasi nasib buruk atau sialdan hal-hal gaib. Hal itu, dipercayai secara turun-temurun berdasarkan para nenekmoyang yg kemungkinan akbar ada sebelum Islam masuk ke Indonesia. Banyak halyang dikaitkan menggunakan nasib seorang baik nasib tidak baik juga nasib baik. Akantetapi, kebanyakan dari mitos dan takhayul yang beredar di rakyat, sebagian hewandianggap sebagai pertanda nasib jelek atau naas pada seseorang. Hewan apa sajakahitu? Berikut beberapa hewan yang dipercaya membawa pertanda sial
1.
loading...
DijatuhiCicak
Menurutkepercayaan yg berkembang di rakyat apabila seorang dijatuhi cicak maka iaakan menerima kesialan. Tidak terdapat penerangan spesifik mengapa cicak dianggaphewan yg membawa tanda naas. Namun nir sedikit orang yang mempercayai hal ini.

2.Kucing
Menurut kepercayaan yg berkembang pada masyarkat, jikaseseorang menginjak atau menabrak seekor kucing maka akan ada musibah yangmenimpa orang itu. Oleh jarena itu, orang yg menabrak kucing sampai kucingnyamati maka harus menguburkan kucing itu dengan baju yg dikenakan pada saat ituagar kesialan bisa hilang. Selanjutnya bila seorang tengah berjalan kemudiantiba-datang dikagetkan atau muncul kucing dihadapan kita secara datang-tiba maka kita akan tertimpa kesialan. Untuk itu kita wajib berputar-putar sebanyak 3 kalikemudian meludah agar kesialan yang dibawa kucing tadi hilang.
3.Burunghantu
Menurut kepercayaan yang berkembang pada masyarkat burung hantu adalahburung yang dijafikan tunggangan kuntilanak. Selain itu, jika seorang mendengaratau melihat burung hantu disekitarnya: apabila posisi dan suara burung beradaatau terdengar berdasarkan atas maka akan ada orang yang meninggal menggunakan perkata lainburung hantu yg berada pada atas merupakan burung pembawa pesan kematian; lalu, bila suara burung hantu tersebut berada atau terdengar dari bawahmaka membawa pertanda bahwa ada wanita hamil yg belum diketahui orang,bila sudah diketahui wanita mana yg hamil burung tadi akan berhentiberbunyi pada loka itu.

4.Kupu-kupumasuk rumah
Menurut kepercayaanyang berkembang pada masyarkat, bila ada kupu-kupu yg masuk rumah maka akan adatamu yang datang kerumah tersebut.

5.Kupu-kupupencuri (kecik)
Menurut agama yang berkembangdi masyarkat, jika seorang melihat kupu-kupu akbar yg terlihat menyeramkanmaka itu bukanlah kupu-kupu biasa melainkan kupu kecik kupu-kupu yang mempunyai niat dursila buat mencuri.

6.Menghitugbunyi tokek
Menurut agama yang berkembang di masyarkat suara tokek diyakinimembawa pesan baik serta pesan jelek buat seseorang dengan cara menghitung suaratokek dengan dua pilihan baik dan pilihan buruk dan bunyi terakhir diyakinisebagai pesan yg dibawa sang tokek terlepas pesan baik atau pesan tidak baik yangdibawa oleh tokek itu.
Menyikapi hal tadi islam mempunyai pandangan bahwasanya segala sesuatusudah dipengaruhi oleh Allah SWT, takdir baik dan buruk merupakan kehendak danrahasia Allah yang harus kita yakini. Mempercayai dan meyakini hal-hal kepadaselain Allah adalah hal yg dibenci oleh Allah SWT serta termasuk dosa besar .
Diriwayatkan berdasarkan Imron bin Husein r.A menyampaikan, Rasullulah SAW, bersabda:“bukan termasuk menurut golongan kami, orangyang memilih nasib sial dan laba menurut tanda-indikasi benda, burung danlain-lain, yg bertanya dan yang menyampaikannya, atau yang menyihir untuknya,dan barang siapa yg mendatangi kahin (dukun) serta membenarkan apa yg iakatakan, maka sesungguhnya dia telah kafir menurut yang diturunkan pada MuhamadSAW”. (H.R Al-Bazzaar, dengan sanad jayyid).
Mungkin kita adalah galat satu yang pernah meyakini atau sekedar mengetahuihal-hal indikasi melalui fauna-hewan tersebut, maka yuk kita benahi diri danbertaubat. Rasullulah SAW menyampaikan bahwa ada beberapa orang yangdosanya diampuni, yaitu dosa yang dilakukan karena ia tidak tahu serta dosa yangdilakukan karena terpaksa. Dari hal ini kita sudah mengetahui bahwa percayapada pertanda naas dengan hewan atau pertanda-tanda lainnya adalah bentukkedustaan serta kefasikan. Semoga kita mendapat ampunan serta rahmat Allah SWTAmin. Waullahualam.
Penulis masih dalam termin belajar jika ada kesalahan dalam artikel inimohon sampaikan kritik serta saran dengan bijak supaya penulis bisa melakukan evaluasi dan perbaikanpada goresan pena-tulisan berikutnya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel