CONTOH MATERI S.K.U KEAGAMAAN PRAMUKA KURIKULUM 2019


A.SHOLAT
Sholat secara bahasa adalah doa,sedangkan menurut istilah merupakan suatu bentuk ritual ibadah menghadapkanhati kepada Allah dalam bentuk beberapa ucapan serta perbuatan. Yang mana hal itudiawali menggunakan takbir serta diakhiri dengan salam dan sinkron dengansyarat-kondisi yg telah ditentukan. Hukum melaksanakan sholat.hukum melaksanakan sendiri merupakan harus bagi orang Islam yang telah Aqil Baligh. Mengenaidalil yg mewajibkan sholat sendiri terdapat banyak sekali pada Al Qur’an,diantaranya adalah. “Dirikanlahsholat serta keluarkanlah zakat, serta tunduklah (ruku’lah) bersama orang-orangyang ruku’. (Q.S. Al-Baqarah: 43). “Kerjakanlah sholat, sesungguhnya sholat itu bisa mencegahperbuatan keji serta mungkar. (Q.S. Al-Ankabut: 45). Perintah sholatini hendaknya sudah tertanam didalam hati sejak mulai menurut kanak-kanak, olehsebab itu para orang tua perlu mengajarkan serta menanamkannya sejak dini.didiklah anak-anak mengenai pelajaran sholat ini menggunakan sabar dan telaten,sebagaimana sabda Rasulullah SAW “Perintahlah anak-anak kalian mengerjakansholat pada waktu usia mereka semakin tinggi tujuh tahun, dan pukullah diwaktu merekameningkat sepuluh tahun.” (HR. Abu Dawud) Dan tentu bukan tanpa alasan Allahmewajibkan sholat kepada kita. Ada misteri dan tujuan tersendiridari diwajibkannya sholat kepada Muslim (Sholat tidak diwajibkan pada Non Muslim). Silahkan bacaagar semangat kita pada menjalankan syariat meningkat.
Seorang pramuka muslim wajib melaksanakansholat, sebagaimana tercantum dalam rukun islam nah dibawah ini merupakan niatsholatwaktu :
1.Niat Sholat Subuh
أصليفرضالصبحركعتينمستقبلالقبلةأداء/مأموما/إماماللهتعالى
UsholliFardhos Subhi Rok’ataini Mustaqbilal Qiblati Adaa.an(Sendiri)/Ma’muuman(menjadi ma’mum)/Imaaman (sebagai Imam). “Saya berniatsholat fardhu subuh dua rokaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala/Ma’mumkarena Allah Ta’ala/Imam lantaran Allah Ta’ala”.
2.2.   Niat SholatDhuhur
أصليفرضالظهرأربعركعاتمستقبلالقبلةأداء/مأموما/إماماللهتعالى
UsholliFardhodh Dhuhri Arba’a Roka’aatin Mustaqbilal Qiblati Adaa.an(Sendiri)/Ma’muuman(menjadi ma’mum)/Imaaman (sebagai Imam). “Saya berniatsholat fardhu dhuhur empat rokaat menghadap kiblat karena Allat Ta’ala/Ma’mumkarena Allah Ta’ala/Imam lantaran Allah Ta’ala”.

3.Niat Sholat Ashar

أصليفرضالعصرأربعركعاتمستقبلالقبلةأداء/مأموما/إماماللهتعالى
Usholli Fardhol Ashri Arba’aRoka’aatin Mustaqbilal Qiblati Adaa.an (Sendiri)/Ma’muuman(menjadima’mum)/Imaaman (sebagai Imam). “Saya berniat sholat fardhu asar empatrokaat menghadap kiblat karena Allat Ta’ala/Ma’mum karena Allah Ta’ala/Imamkarena Allah Ta’ala”.

4.Niat Sholat Maghrib

أصليفرضالمغربثلاثركعاتمستقبلالقبلةأداء/مأموما/إماماللهتعالى
Usholli Fardhol MaghribiTsalasa Roka’aatin Mustaqbilal Qiblati Adaa.an(Sendiri)/Ma’muuman(sebagai ma’mum)/Imaaman (menjadi Imam). “Saya berniatsholat fardhu maghrib 3 rokaat menghadap kiblat lantaran AllatTa’ala/Ma’mum karena Allah Ta’ala/Imam lantaran Allah Ta’ala”.

5.Niat Sholat Isya

أصليفرضالعشاءأربعركعاتمستقبلالقبلةأداء/مأموما/إماماللهتعالى
Usholli Fardhol ‘Isya.I Arba’aRoka’aatin Mustaqbilal Qiblati Adaa.an (Sendiri)/Ma’muuman(menjadima’mum)/Imaaman (menjadi Imam). “Saya berniat sholat fardhu isya empatrokaat menghadap kiblat lantaran Allat Ta’ala/Ma’mum lantaran Allah Ta’ala/Imamkarena Allah Ta’ala”.
B.Niat Dan Tata Cara Mandi Wajib
Setiap orang muslim tentu saja tahu apaitu mandi harus. Mandi harus ini merupakan mandi besar yang biasa dilakukan padawaktu – saat tertentu karena sebab sesuatu yang melatar belakanginya. Sekarangini banyak sekali insan yg mulai lalai menggunakan rapikan cara mandi wajib secarasempurna karena terlalu banyaknya kegiatan. Agar tata cara mandi harus besertaniat ini bisa tepat, maka setidaknya luangkanlah waktu buat mempelajarinyapada ulasan berikut adalah. Sekarang ini apabila disadari tingkat pencerahan kaummuslimin dan muslimat telah mulai banyak yang ingin memahami serta mengenal segalasesuatu tentang islam secara mendaam bukan hanya sekedar terbatas dipermukaannya saja. Dalam bahasa arab, mandi merupakan الْغُسْل (ghusl), merupakan berdasarkan bahasa yaitu “pengaliran”. Mandi wajib memiliki istilah lain yaitu mandi junub, yangbrarti mandi junub ini akan dilakukan saat dalam keadaan junub. Menurutistilah mandi wajib merupakan mengalirkan air sampai ke seluruh tubuh, menurut ujungkepala hingga kaki yg diawali menggunakan membaca niatniat mensucikan diri darihadast yang akbar. Melakukan mandi akan membuat perasaan sebagai lebih nyamandan memiliki kepercayaan diri, baik pada keadaan melaksanakan ibadah ataupunsaat melakukan kegiatan atau beraktivitas. Dan buat rapikan cara melakukan mandiwajib nya dengan berpedoman tata cara mandi wajibnya Nabi Muhammad SAW. BagiAnda yg kini ini banyak yg lupa rapikan cara melakukan mandi wajib ,berikut adalah adalah langkah – langkah yang wajib Anda perhatikan.
1.Diawali membaca niat mandi wajib . Membaca niat di awal hukumnya wajib danpasti mengharuskan untuk dijalankan sebelum melakukan mandi harus. Niat iniadalah yang mengakibatkan perbedaan antara mandi harus serta mandi biasa. Untuk tatacara pembacaan ini boleh menggunakan menggunaka suara atu pada pada hati saja.
2.Mencuci keduatangan.supaya mengikuti sunnahnya maka mencuci tangan ini sanggup dilakukan sampai tiga kalipencucian, hal ini bertujuan supaya tangan higienis serta terhindar menurut yang namnayanajis dan benar – benar bersih.
3.Melakukanpembersihkan pada bagian tubuh yang dianggap kotor memakai tangan kiri.bagian tubuh yang umumnya kotor merupakan bagian kemaluan, dubur, ketiak serta lain– lain.
4.Melakukanpencucian Tangan diulang. Melakukan pencucian ulang tangan yangtadi sudah digunakan untuk membersihkan bagian kemaluan, yakni dengan mengusap– usapkan tanah ke tanah kemudian dibilas atau menggunakan sabun lalu dibilas.
5.Berwudhu.lakukanlah tata cara wudhu misalnya halnya akan berwudhu misalnya akan melakukansholat umumnya.
6.Membasahikepala.membasahi kepala dengan mengguyurnya 3 kali hingga seluruh permukaan padakulit serta rambut homogen basah sang air.
7.Memisah –misah rambut. Memisah – misah rambut dengan menyela-nyelanya yakni denganmenyilangkan jari – jari tangan.
8.Membasahiseluruh semua tubuh. Membasahi tubuh secara merata denganmengguyurnya dari ujung rambut sampai ujung kaki, dimulai berdasarkan bagian kananterlebih dahulu kemudian bagian kiri.
9.Gunakanlahsabun beserta sampo. Ketika tata cara diatas sudahterlewati, maka langkah selanjutnya barulah diperbolehkan untuk mencuciulang tubuh menggunakan sabun,dan memberi shampoo pada rambut.

Kewajibanmelakukan mandi harus ini dilakukan dalam saat kondisi sedang normal, danlangkah – langkah tersebut boleh diganti menggunakan tayamum menggunakan debu. Hal iniapabila memang masih ada nir terdapat air atau bahkan jika terdapat mudhorot yangkemungkinan mampu terjadi bila melakukan mandi harus, misalkan jika dalamkeadaan sakit atau sedang pada keadaan di dalam pesawat terbang.


Selain sholat 5 waktu bagi anggotapenggalang wajib bisa menyebutkan dan menjelaskan hari-hari besar padaagamanya. Hari-hari akbar agama yg biasa diperingati di Negara Indonesiameliputi :
1.Agama Islam
a.Idul Fitri dalam tanggal 1 Syawal.
IdulFitri secara bahasa adalah balik kepada fitrah. Pengertian fitrah menurutNabi SAW adalah kondisi kudus, bebas dari dosa, sebagaimana kondisi saatseseorang dilahirkan. 
Bulan Syawal mempunyai makna meningkat.maksudnya merupakan bulan peningkatan amal ibadah setelah sebelumnya umat Islammendapat pendidikan serta pembinaan selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan.

b.Idul Adha, menyembelih ternak dalam hariRaya Haji (10 Zulhijjah) dan hari-hari Tasyriq (11, 12, 13 Zulhijjah).

Hariraya Idul Adha merupakan hari raya Haji atau hari raya Qurban. Pada hari inidiperingati peristiwa qurban, yaitu waktu nabi Ibrahis as yg bersedia untukmengorbankan putra yang paling disayanginya yaitu Ismail as. Akan tetapi ketikaIsmail as akan disembelih, lalu seketika itu juga diganti sang Allah SWTdengan seekor domba yang besar . Pada hari raya ini umat Islam berkumpul padapagi hari dan mendirikan shalat Ied beserta-sama (berjamaah) di masjid maupundi tanah lapang misalnya saat merayakan hari raya Idul Fitri. Setelah shalatdilakukan penyembelihan hewan qurban, buat memperingati perintah Allah kepadaNabi Ibrahim as yg menyembelih domba sebagai pengganti putranya.hari rayaIdul Adha jatuh pada tanggal 10 bulan Zulhijjah, atau persisnya 70 hari setelahperayaan Idul Fitri. Pada tanggal 10 Zulhijjah serta hari-hari Tasyriq  (11,12, 13 Zulhijjah) inilah batas diperbolehkannya menyembelih fauna qurban,diluar ketika itu penyembelihan hewan yg dibagikan pada masyarakat dianggapsebagai sedekah. 

c.Tahun baru Hijriah 1 Muharam.
Tahun baru Hijriahmengingatkan kita pada insiden atau peristiwa spektakuler yg pernahterjadi dalam sejarah Islam, yaitu insiden “Hijrah”. Hijrah secara harfiahartinya perpindahan dari satu negeri  ke negeri lain, dari satu daerah kekawasan lain, atau perubahan lokasi dari titik tertentu ke titik yg lain.secara historis, Hijrah merupakan peristiwa embarkasi Nabi Besar Muhammad SAWdan para sahabatnya berdasarkan kota Makkah menuju kota Yathrib, yg kemudian disebutal-Madinah al-Munawwarah. Merujuk dari historis pada atas maka Tahun Hijriah ditetapkansebagai awal tahun menurut penanggalan atau kalender Islam.

d.Maulid Nabi Muhammad SAW dalam tanggal12 Rabiul Awal.
MaulidNabi Muhammad SAW adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW. Di Indonesiaperingatan Maulid Nabi jatuh dalam tanggal 12 Rabiul Awal. SejarahPeringatan/Perayaan Maulid Nabi diperkirakan pertama kali diperkenalkan olehAbu Said al-Qakburi, seseorang gubernur Irbil di Irak dalam masa pemerintahanSultan Salahuddin Al-Ayyubi (1138-1193). Adapula yang berpendapat bahwa idenyajustru asal menurut Sultan Salahuddin sendiri. Adapun tujuan daridiperingatinya Maulid Nabi Muhammad SAW ini yaitu buat membangkitkan kecintaankepada Nabi Muhammad SAW, serta menaikkan semangat juang kaum muslimin saatitu yang sedang terlibat Perang Salib melawan pasukan Kristen Eropa pada upayamemperebutkan kota Yerusalem dan sekitarnya. Perayaan pada Indonesia dalam umumnyadalam memperingati Maulid Nabi SAW menggunakan mengadakan seremoni keagamaan sepertipembacaan shalawat nabi, pembacaan syair  Barzanji dan pengajian.

e.Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW padatanggal 27 Rajab, dan masih poly lagi yg lainnya.
Isra’ Mi’rajadalah dua bagian dari bepergian yg dilakukan sang Nabi Muhammad SAW dalamwaktu satu malam saja. Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa krusial bagiumat Islam, lantaran pada insiden ini Nabi Muhammad SAW mendapat perintah untukmendirikan shalat 5 ketika sehari semalam. 

2.Agama KristenKatholik
a.Paskah
b.Natal
c.Kenaikan Yesus Kristus
d.Wafat Yesus Kristus 

3.Agama KristenProtestan
a.Paskah
b.Natal
c.Pentakosta
d.Kenaikan Yesus Kristus
e.Wafat Yesus Kristus

4.Agama Budha
a.Waisak
b.Dan lain-lain

5.Hindu
a.Nyepi
b.Galungan
c.Kuningan dan lain-lain

6.Kong Hu Chu
a.Imlek
b.Cap Go Meh serta lain-lain

Adapun yang perlu diketahui olehanggota mengenai agama yang terdapat diindonesia yaitu :
1.Agama Islam
2.Agama Kristen
3.AgamaKatholik
4.Agama Hindu
5.Agama Budha
6.Agama Kong HuChu

C.SURATANPENDRK DAN DO’A-DO’A HARIAN

Sebagai seorang pramuka muslim wajibhafal minimal lima suratan pendek, serta do’a-do’a harian berikut merupakan contohsuratan pendek dan do’a-do’a harian yang perlu dihafalakan menjadi seseorang pramuka muslim :

                                                                                download file

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel