SEJARAH / PROFIL AWAL BERDIRI NEGARA MESIR

Nama orisinil Mesir merupakan Al-Jumhuriyah Al-Arabiyah El-Misriyah. Nama internasionalnya Arab Republic of Egypt. Mesir menjadi republik sejak tahun 1953, sebelumnya berbentuk kerajaan yang diperintah sang Raja Farouk. Presiden pertama republik ini adalah Gamal Abdul Nasser. Tahun 1958 Mesir dan Suriah bergabung menciptakan negara Republik Persatuan Arab. Tetapi pada tahun 1961 adonan ini terpecah lantaran kemudian Suriah menarik diri. Sampai sekarang Mesir bernama Republik Arab Mesir, dengan mak kota Kairo (Cairo).

Pemerintah Mesir

Mesir adalah Negara republik sejak 18 juni 1953, sebelumnya Negara ini berbentuk monarki yg diperintah sang Raja Farouk. Presiden pertama republik Mesir merupakan Gamal Abdul Nasser. Tahun 1958 Mesir serta Suriah bergabung membangun negara Republik Persatuan Arab. Tetapi pada tahun 1961 gabungan ini terpecah karena lalu Suriah menarik diri serta menciptakan pemerintahan sendiri. Sampai kini Mesir bernama Republik Arab Mesir, menggunakan mak kota Kairo (Cairo). Nama lain Negara Mesir artinya Al-Jumhuriyah Al-Arabiyah El-Misriyah ad interim nama internasionalnya adalah Arab Republic of Egypt.

Penduduk Mesir

Saat ini penduduk Mesir telah menembus angka 89.471.500 jiwa. Hampir semua penduduk Mesir berdiam di lembah serta Delta Sungai Nil. Daerah ini termasuk keliru satu daerah yg terpadat penduduknya pada dunia. Mereka secara umum dikuasai petani atau fellahin. Sebagian besar (93%) penduduk Mesir beragama Islam. Mayoritas penduduk mesir beragama islam dan memakai bahasa Arab buat berkomunikasi sehari-hari, bahasa Inggris dipakai dalam keadaan formal saja.

Perekonomian Mesir

Mesir tergolong sebagai keliru satu Negara maju pada kawasan Afrika, waktu ini perkapita negeri piramida ini mencapai  $11.194 per tahunnya. Sektor pertanian Negara Mesir berkembang dengan pesat. Agar produksi pertanian semakin tinggi, di bangunlah beberapa bendungan, yaitu bendungan Aswan, Khartum, Asviut, dan Kairo, tujuannya yaitu buat irigasi huma pertanian dan juga buat mencegah bahaya banjir. Produk pertanian Mesir merupakan kapas, tebu, padi, jagung, terigu, gula, kurma dan minyak zaitun. Sektor pertambangan juga mendukung perekonomian Mesir. Pertambangan di Mesir yg telah berkembang antara lain,adalah minyak bumi, fosfat, bijih besi, serta mangan. Dan terakhir, sektor peternakan banyak diusahakan sang penduduk nomaden yang berdiam pada wilayah gurun. Ternak yg dipelihara adalah jenis fauna ternak besar yaitu, domba, biri-biri, dan unta.

Tentang Negara Mesir :

Luas daerah : 1.001.449 km persegi
Ibu kota : Kairo
Bentuk pemerintahan : Republik
Hari Revolusi : 23 Juli
Kepala Negara : Presiden
Kepala pemerintahan : Perdana Menteri
Presiden : Muhamad Mursi (2013)
Perdana Menteri : Hazem el-Beblawi
Lagu kebangsaan : Ha Ni An Be Au Tu Da To Samil Ma Kam
Jumlah Penduduk (2013) : 76.117.421 jiwa.
Bahasa : Arab, Inggris
Agama mayoritas penduduk : Islam
Mata uang : Pound Mesir
Bandar udara internasional : Kairo Mesir
Perusahaan penerbangan : EgyptAir

Referensi:
//www.sejarah-negara.com/2013/09/tentang-negara-mesir.html
//zonazeruu.blogspot.com/2016/04/mesiradalah-sebuah-negara-yg.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel